5 Tips Merawat Pisau Agar Tetap Tajam dan Anti Karat

Tips merawat pisau agar tetap tajam perlu diketahui untuk menjaga fungsi pisau saat digunakan di dapur. Pisau yang tidak tajam dan dibiarkan dalam waktu lama bisa lebih cepat tumpul kembali di kemudian hari. Simak tips jitunya berikut ini!

Mengenal Sejarah Pisau

Pisau merupakan alat pemotong dan penyacah berbagai benda serbaguna. Sejarah panjang pisau seolah menemani revolusi kehidupan manusia.

Sebab, pisau diperkirakan sudah digunakan oleh manusia purba pada Zaman Batu, 40.000 SM. Pisau pertama ini dibuat dari tulang hewan atau batu yang kemudian dipipihkan dan ditajamkan.

Pisau terus digunakan dari zaman ke zaman, dengan perubahan bahan pembuatnya. Mulai dari batu, gading gajah, bambu, hingga menggunakan logam pada masa peperangan Romawi 390 SM.

Semua generasi memiliki tips merawat pisau agar tetap tajam yang berbeda-beda.

Namun yang pasti, mereka menggunakan metode asah manual dengan menggesekkan ujung mata pisau ke benda keras, misalnya seperti batu.

Penggunaan bahan logam kemudian beralih ke campuran besi dan karbon yang dileburkan oleh bangsa India. Terakhir, pada tahun 1713, muncullah gagasan membuat pisau dapur untuk membantu manusia memasak.

Kini, pisau dapur menjadi barang umum yang dijual di mana saja. Materialnya pun beragam, mulai dari stainless steel, besi karbon, keramik, dan lain sebagainya.

Karena menjadi barang yang sangat penting dalam proses memasak, penggunaan pisau dalam waktu lama bisa membuatnya tumpul.

Untuk mengatasi ketidaktajaman pada pisau, kamu harus menerapkan beberapa tips merawat pisau agar tetap tajam.

Jenis-jenis Pisau Dapur

Sebelum mengetahui informasi lebih detil seputar tips merawat pisau agar tetap tajam, ketahui dulu jenis-jenis pisau dapur yang bisa kamu pilih.

Sebab saat ini, pisau dapur memiliki banyak bentuk yang disesuaikan dengan kegunaannya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini jenis-jenis pisau dapur:

  • Pisau serbaguna, untuk kebutuhan memotong apa saja
  • Pisau besar, untuk memotong daging
  • Pisau iris, untuk mengiris bahan masakan menjadi tipis
  • Pisau fillet, untuk menyayat bagian daging yang dipisahkan dari lemaknya
  • Pisau roti, untuk menghasilkan potongan roti tanpa remah
  • Pisau keju, untuk menghasilkan potongan keju yang rapi
  • Pisau kupas, untuk mempercepat proses pengupasan
  • Pisau ukir, untuk mengukir gambar mendetil pada buah atau sayur
  • Pisau cincang, untuk menyincang bahan masakan dengan halus

(Baca Juga: 5 Pisau Chef Tajam yang Wajib Kamu Punya di Dapur)

Penyebab Pisau Tumpul

Pisau jenis apapun bisa mengalami penurunan kualitas jika dipakai dalam waktu yang lama tanpa perawatan yang baik. Pisau bisa menjadi tumpul, bahkan berkarat.

Kalau sudah begini, maka pisau akan kehilangan fungsinya dan tentu saja tidak akan digunakan karena karat pada pisau bisa memindahkan bakteri yang mengontaminasi bahan makanan.

Ternyata, ada beberapa kebiasaan yang sering kita lakukan yang menyebabkan pisau tumpul.

Berikut ini beberapa penyebab pisau menjadi tumpul:

Menggeletakkan pisau di bak cuci piring setelah digunakan

Hal ini dapat membuat pisau menjadi cepat tumpul karena kondisi lembab pada bak cuci piring. Selain itu, kebiasaan ini juga bisa mempercepat mata pisau copot dari gagangnya.

Menaruh pisau di tempat yang sama dengan sendok dan garpu

Menaruh pisau dalam satu tempat dengan alat makan atau alat masak lainnya akan menimbulkan gesekan antara keduanya. Ini membuat mata pisau cepat tumpul, sehingga harus diasah lebih sering.

Pisahkan wadah penempatan pisau dari peralatan lainnya.

Memotong di alas potong berbahan keras

Penggunaan alas potong atau talenan juga mempengaruhi tingkat ketajaman pisau. Gesekan talenan batu atau keramik dengan pisau akan membuat keduanya cepat rapuh.

Pisau dibiarkan kotor

Membiarkan pisau dalam kondisi kotor tanpa mencucinya juga membuat pisau cepat tumpul. Pastikan selalu menjaga kebersihan pisau dengan mencuci menggunakan air bersih dan sabun.

Tips Merawat Pisau Agar Tetap Tajam

Semua pisau pasti akan tumpul pada waktunya. Untuk menjaga fungsi pisau tetap terjaga, pastikan kamu mengetahui sederet tips merawat pisau agar tetap tajam.

Berikut ini beberapa tips merawat pisau agar tetap tajam yang bisa kamu lakukan di rumah:

1. Gunakan Alas Potong Berbahan Kayu Atau Plastik

Tips merawat pisau agar tetap tajam yang pertama adalah dengan memilih alas potong atau talenan yang tepat.

Jangan menggunakan pisau di atas talenan berbahan keramik atau batu, karena gesekan keduanya dapat membuat talenan retak dan pisau menjadi tumpul.

Pilihlah talenan berbahan kayu atau plastik agar penggunaan dengan pisau tidak menimbulkan gesekan.

2. Asah Pisau Secara Berkala

Kedua, kamu bisa menerapkan tips merawat pisau agar tetap tajam dengan mengasah pisau secara berkala.

Intensitas mengasah pisau sebenarnya berbeda-beda, tergantung dengan penggunaan dan kualitas pisau itu sendiri.

Namun, kamu bisa mengasah pisau setidaknya satu minggu sekali jika pisau dipakai terus setiap hari.

Mengasah pisau kini enggak perlu ribet dengan cara konvensional. Sebab sudah ada alat mengasah pisau elektrik yang praktis, tanpa harus menggesekkan pisau ke batu asahan.

3. Cuci Pisau Setelah dipakai

Seperti yang sudah dikatakan sebelmnya, menjaga kebersihan juga merupakan salah satu tips merawat pisau agar tetap tajam.

Selain menjaga ketajaman, pisau bersih juga membuat bahan makanan terpotong dengan baik dan lebih sehat. Karena minim terkontaminasi dengan kuman dan bakteri dari pisau.

Kamu disarankan untuk langsung mencuci pisau yang digunakan dengan sabun dan air bersih.

(Baca Juga: 15 Daftar Bumbu Dapur Khas Indonesia Beserta Manfaatnya)

4. Pastikan Pisau Selalu Kering

Kondisi pisau juga harus tetap kering agar senantiasa tajam. Setelah mencucinya, pastikan kamu langsung menyeka air sisa pada pisau dengan lap bersih atau tisu, agar pisau kering sempurna.

Pisau yang lembab karena sisa air yang masih menempel akan membuatnya lebih cepat tumpul dan berkarat. Kamu tentu enggak mau dong melihat pisau kesayangan menjadi begitu?

5. Simpan di Tempat yang Tepat

Tips merawat pisau agar tetap tajam yang terakhir adalah dengan memperhatikan tempat penyimpanan pisau.

Pilih tempat yang kering dan jangan mencampur tempat penyimpanan pisau dengan alat masak lainnya. Agar tidak terjadi gesekan yang mengakibatkan pisau lebih cepat tumpul.

Itulah beberapa tips merawat pisau agar tetap tajam yang bisa kamu lakukan di rumah. Di zaman sekarang, memiliki alat masak dengan kualitas baik seolah menjadi investasi di masa depan.

Miliki berbagai perabotan rumah tangga berkualitas dengan promo menarik yang diberikan kartu kredit dari CekAja.

Kamu bisa mengecek perbandingan berbagai jenis kartu kredit ternama melalui sistem CekAja. Kami akan menyesuaikan rekomendasi kartu kredit terbaik sesuai dengan kebutuhan dan profil finansialmu.

Proses pengajuan kartu kredit di CekAja juga dijamin mudah dan cepat, karena semuanya dilakukan serba online.

Jadi, kamu hanya perlu mengajukannya dan menunggu sampai kartu kredit dikirimkan ke alamat yang tempat tinggalmu. Gampang banget, kan?

Tunggu apa lagi? Bandingkan dan ajukan kartu kredit sekarang juga hanya melalui CekAja!