7 Jenis Bahan Bakar Kendaraan beserta Harga dan Golongan Pemakaiannya

Tahukah kamu, bila ada beberapa jenis bahan bakar kendaraan yang penggunaannya mesti disesuaikan dengan tipe dari kendaraan tersebut? Nah, berikut ini informasi lebih detilnya.

Pemilik kendaraan, baik mobil maupun motor, seharusnya mengetahui terlebih dulu jenis mesin yang digunakan.

Pasalnya, setiap kendaraan punya mesin yang tak sama dan butuh perawatan yang berbeda pula. Begitupun jika kita berbicara mengenai jenis bahan bakarnya.

Bahan bakar yang digunakan oleh kendaraan umumnya memiliki jenis yang berbeda. Hal ini jugalah yang terkadang kurang dipahami oleh pengguna.

Padahal, pemakaian bahan bakar yang sesuai akan membuat performa kendaraan meningkat.

Untuk itu, lewat artikel ini, CekAja bakal ngajak kamu untuk memahami lebih dalam mengenai jenis-jenis bahan bakar kendaraan, baik yang digunakan oleh mobil maupun motor. Check this out.

Jenis-jenis Bahan Bakar Kendaraan dan Harganya

1. Premium

Jenis bahan bakar kendaraan yang pertama adalah Premium. Jenis ini memang paling umum dipakai masyarakat Indonesia, baik untuk motor maupun mobil.

Ciri khas dari bahan bakar Premium ialah warnanya yang kuning jernih akibat dari adanya zat pewarna tambahan.

Bahan bakar Premium memiliki harga jual yang lebih terjangkau, bahkan sering mendapat subsidi dari pemerintah.

Kendaraan yang cocok menggunakan Premium adalah kendaraan lawas yang diproduksi di bawah tahun 2000-an.

Nah, karena penggunaannya hanya untuk kendaraan lama, maka dari itu pemerintah berencana untuk menghapuskan bahan bakar Premium, terhitung mulai tahun ini.

Mengutip dari laman Kompas, penghapusan penggunaan bahan bakar Premium rencananya akan berlaku untuk wilayah Jawa, Bali, dan Madura.

Kisaran Harga Bahan Bakar Premium: Rp 6.450

(Baca Juga: Perbandingan Harga BBM di Negara Asean)

2. Pertamax

Masih dari jenis mesin bensin, berikutnya ada Pertamax yang juga biasa digunakan oleh mobil dan motor.

Jenis bahan bakar kendaraan yang satu ini, diproduksi oleh Pertamina dan termasuk dalam kategori BBM level tinggi. Warna bahan bakarnya adalah biru.

Dengan angka oktan mencapai 92, Pertamax sangat direkomendasikan bagi kendaraan modern, paling tidak setara dengan teknologi Electronic Fuel Injection, karena hasil pembakarannya tidak meninggalkan residu.

Selain itu, Pertamax juga diformulasikan dengan teknologi PERTATEC, yang fungsinya untuk membersihkan sisa endapan kotoran dalam mesin, sehingga mesin lebih awet pemakaian.

Kisaran Harga Bahan Bakar Pertamax: Rp 9.000

3. Pertalite

Jenis bahan bakar kendaraan yang berikutnya adalah Pertalite. Ini adalah bahan bakar yang digunakan untuk mesin bensin dengan angka oktan sebesar 90.

Pertalite juga memiliki warna bahan bakar yang berbeda dari Premium dan Pertamax, yakni berwarna hijau terang. Bahan bakar kendaraan ini pertama kali meluncur di Indonesia pada 2015 silam.

Harganya yang terjangkau dan dengan kualitas jauh lebih baik ketimbang Premium, menjadikan Pertalite sebagai salah satu jenis bahan bakar kendaraan yang banyak dipilih masyarakat.

Bahan bakar tersebut cocok digunakan pada kendaraan, baik motor maupun mobil, yang diproduksi sekitar tahun 2000-an ke atas. Beberapa contohnya seperti Avanza, Xenia, serta motor Beat.

Kisaran Harga Bahan Bakar Pertalite: Rp 9.000

4. Pertamina Dex

Beralih dari mesin bensin, selanjutnya yang akan kita bahas adalah jenis bahan bakar kendaraan untuk mesin diesel. Salah satu contohnya adalah Pertamina Dex.

Pertamina Dex adalah bahan bakar diesel yang sudah menggunakan standar EURO 3, sehingga pemakaiannya aman untuk lingkungan sekitar.

Dengan Pertamina Dex, proses pembakaran pada kendaraan dinilai jauh lebih sempurna, sekaligus menghasilkan suara mesin yang halus serta bertenaga.

Kandungan sulfurnya yang tergolong rendah, bakal membuat kondisi mesin awet dan tangguh, bahkan untuk setiap medan yang dilalui.

Pertamina Dex direkomendasikan untuk jenis kendaraan yang menggunakan teknologi common rail, seperti Toyota Fortuner, Suzuki Ertiga, Mitsubishi, serta truk dan bus.

Kisaran Harga Bahan Bakar Pertamina Dex: Rp 10.200

(Baca Juga: Keuntungan Kartu Kredit Promo Isi Bensin dan Jenisnya)

5. Dexlite

Sekilas, mungkin Pertamina Dex dan Dexlite itu sama bahkan seperti tidak terlihat perbedaannya. Namun, jika ditelusuri kembali, ketimbang Pertamina Dex, bahan bakar ini lebih bersih.

Artinya, gas buangan dari penggunaan bahan bakar Dexlite cenderung tidak menimbulkan polusi, sebab kandungan sulfurnya lebih kecil.

Angka cetane-nya juga sangat tinggi, yakni mencapai 51, yang berarti pembakaran mesinnya lebih baik serta pemakaiannya tidak boros.

Harganya juga terjangkau dan penggunaannya pun cocok untuk pemakaian kendaraan diesel sehari-hari.

Beberapa jenis mobil diesel yang bisa menggunakan bahan bakar Dexlite diantaranya Toyota Innova, Pajero Sport non-VGT, dan Nissan Frontier.

Kisaran Harga Bahan Bakar Dexlite: Rp 9.500

6. Solar

Memiliki ciri khas berwarna kuning, bahan bakar yang satu ini paling tepat digunakan pada kendaraan bertipe diesel, yang menggunakan electronic injection, dan injection pump.

Performa cetane-nya termasuk yang tinggi, sekitar 45 hingga 48. Begitupun dengan kandungan sulfurnya, yang berkisar 2500 ppm.

Minyak Solar paling dianjurkan untuk kendaraan yang mengutamakan kekuatan, misalnya truk dan bus.

Sebaliknya, bahan bakar ini kurang cocok digunakan oleh kendaraan kecil seperti mobil dan motor.

Kisaran Harga Bahan Bakar Solar: Rp 9.500

7. BBG

Jenis bahan bakar kendaraan yang terakhir adalah BBG alias bahan bakar gas.

Jenis ini memang paling jarang digunakan oleh masyarakat, karena lebih diperuntukkan bagi bus dan bajaj.

Namun, pemerintah berencana untuk menyetok kembali bahan bakar gas disektor transportasi.

Mengutip dari laman CNBC Indonesia, rencananya pasokan bahan bakar gas bakal disalurkan ke berbagai SPBG yang telah ada.

Rencana tersebut bakal direalisasikan pada tahun ini, dan untuk kendaraan yang menggunakan bahan bakar gas akan diberi label tersendiri, yaitu BBG.

Nah, itu dia informasi mengenai jenis-jenis bahan bakar kendaraan yang perlu kamu ketahui. Mengisi bensin kendaraan sekarang jauh lebih hemat jika kamu menggunakan kartu kredit.

Kartu kredit biasanya akan memberikan promo berupa potongan harga untuk pengisian bahan bakar minyak.

Apabila kamu belum memiliki kartu kredit, bisa langsung mengeceknya di halaman utama CekAja.com.

Pengajuan yang praktis bahkan kamu dapat mencoba layanan perbandingannya terlebih dulu, membuat kartu kredit yang nantinya dimiliki sesuai dengan kebutuhan, gaya hidup, sekaligus bujetmu.

Jadi, yuk langsung ajukan kartu kredit terbaik versimu hanya di CekAja.com!