6 Penyebab Mobil Bergetar Saat Kecepatan Tinggi yang Perlu Diketahui

5 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Kira-kira apa sih penyebab mobil bergetar saat kecepatan tinggi? Umumnya, kondisi ini disebabkan oleh kondisi mobil yang sedang dalam keadaan kurang baik.

Akan tetapi, khususnya untuk kamu yang merupakan pengendara pemula, masalah seperti ini mungkin akan sulit untuk dianalisis.

(Baca Juga: 6 Bahaya Tangki Mobil Kosong)

diketahui bahwa getaran yang ‘tidak wajar’ pada mobil harus segera dibenahi. Selain agar tidak menyebar ke komponen mobil lainnya, namun juga untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan ketika berkendara, seperti terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Maka dari itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa penyebab mobil bergetar saat kecepatan tinggi beserta cara mengatasinya yang perlu kamu ketahui. Apa sajakah itu? Yuk kita simak bersama!

Penyebab Mobil Bergetar Saat Kecepatan Tinggi

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa penyebab mobil bergetar saat kecepatan tinggi yang perlu kamu ketahui, yaitu adalah:

1. Ban

Penyebab mobil bergetar saat kecepatan tinggi yang pertama adalah terjadinya masalah pada ban. Perlu diketahui bahwa untuk setiap kendaraan bermotor, apalagi mobil, ban merupakan salah satu komponen utama yang sangat penting.

Sehingga apabila terdapat masalah yang dialami oleh ban, maka hal tersebut akan begitu terasa pada mobil yang sedang kamu kendarai, seperti terjadinya getaran.

Umumnya, penyebab mobil bergetar saat kecepatan tinggi yaitu karena kondisi ban yang sedang tidak seimbang.

Dalam artian, bisa saja jumlah angin yang terdapat di dalam ban berbeda satu sama lain, yang membuat mobil menjadi bergetar ketika dikendarai.

Nah, perputaran yang tidak selaras pada ban ini tentunya membuat keseimbangan mobil bisa menjadi goyah.

Bukan hanya bisa menimbulkan rasa kurang nyaman, baik itu bagi pengendara maupun penumpang, melainkan juga bisa membahayakan jiwa orang yang berada di dalam mobil tersebut.

Selain itu, penyebab mobil bergetar saat kecepatan tinggi selanjutnya adalah karena tekanan udara pada ban yang berbeda satu sama lain, sehingga shockbreaker bekerja lebih berat dan akhirnya menyebar pada sistem kemudi.

Ketika kamu mulai merasakan getaran saat berkendara, alangkah lebih baiknya jika kamu langsung mencari tempat untuk mengisi angin pada ban. Umumnya, tempat pengisian angin pada ban ini bisa kamu jumpai di pom bensin.

Sebab, apabila tidak segera diatasi, maka hal tersebut bisa membuat ketahanan ban menjadi berkurang seiring berjalannya waktu, dan berpotensi untuk membuat ban meletus di tengah jalan.

2. Mesin

Penyebab mobil bergetar saat kecepatan tinggi selanjutnya adalah terdapat masalah pada mesin. Apabila mesin mobil tidak mendapatkan pasokan bahan bakar yang sesuai, maka hal tersebut akan menimbulkan masalah pada sistem kelistrikan dan kompresi.

Tak hanya itu, kopling yang habis dan setelan mobil yang kurang tepat juga diduga mampu mengganggu performa mesin.

Oleh karena itu, salah satu cara mengatasinya adalah dengan melakukan pengecekan pada penyuplaian bahan bakar atau filter bensin pada mobil kamu.

Selain itu, lakukan pula pengecekan pada komponen mesin, seperti busi dan filter bensin, apakah dalam keadaan kotor dan tersumbat atau tidak.

Alangkah baiknya apabila kamu melakukan pergantian secara berkala sebagaimana yang direkomendasikan oleh pabrik.

3. Shockbreaker

Penyebab mobil bergetar saat kecepatan tinggi selanjutnya bisa datang dari shockbreaker. Nah, shockbreaker itu sendiri berfungsi dalam mengurangi atau meredam getaran ketika mobil tengah berlaju.

Sehingga, apabila bagian satu ini rusak, maka dapat dipastikan mobil akan terus-menerus bergetar secara otomatis.

Umumnya, getaran ini akan muncul ketika mobil sedang melaju di kecepatan yang cukup tinggi. Namun, jika getaran justru bisa dirasakan ketika mobil secara melaju pada kecepatan rendah, maka itu tandanya shockbreaker mobil kamu sudah benar-benar dalam keadaan rusak parah.

Maka dari itu, salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengganti bagian shockbreaker lama dengan yang baru, agar getaran mobil dapat diredam ketika mobil tengah melaju, baik itu kecepatan rendah maupun pada kecepatan tinggi.

4. Rem

Penyebab mobil bergetar saat kecepatan tinggi selanjutnya juga bisa akibat adanya masalah pada rem mobil.

Akan tetapi, penyebab satu ini biasanya dapat kamu rasakan ketika sedang menginjak rem. Nah, jika demikian, maka masalah pada cakram rem bisa menjadi jawabannya.

Cakram rem yang sudah tidak presisi pada tempatnya atau fisiknya yang sudah mulai tidak bagus bisa menyebabkan getaran ketika rem sedang diinjak.

Oleh karena itu, apabila kamu bisa merasakan getaran tersebut, maka salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengganti cakram.

Tak hanya itu, perhatikan pula kampas remnya. Karena, kampas yang sudah memiliki kualitas buruk juga bisa menjadi salah satu penyebab mobil bergetar saat kecepatan tinggi.

Perlu diketahui bahwa sistem pengereman merupakan komponen yang paling penting dalam berkendara.

Sehingga, masalah sedikit pun harus segera diatasi, guna meminimalisir terjadinya hal-hal yang tak diinginkan.

5. Propeller

Propeller juga merupakan salah satu penyebab mobil bergetar saat kecepatan tinggi. Akan tetapi, kemungkinannya sangat kecil, sebab propeller itu sendiri memang dibuat dengan kemampuan menahan getaran saat mentransmisikan data dari gearbox ke diferensial.

Selain itu, propeller juga dibuat dengan keunggulan yang dapat menyesuaikan dengan kondisi permukaan jalan serta jumlah beban yang didapatnya.

Propeller bahkan juga memiliki ketahanan apabila mengalami tekanan yang dapat menimbulkan pembengkokan.

Hanya saja, perputaran propeller juga bisa menghambat performa mobil ke tingkat maksimal apabila mengalami masalah.

6. As Roda

Nah, penyebab mobil bergetar saat kecepatan tinggi yang terakhir akan kita bahas yaitu datang dari as roda.

Perlu diketahui, apabila mobil kamu pernah mengalami kecelakaan sebelumnya, maka ada kemungkinan as roda ini akan rusak.

Nah, as roda yang mengalami kerusakan juga bisa membuat perputaran roda menjadi tidak stabil, sehingga menimbulkan getaran, terutama ketika mobil sedang melaju pada kecepatan tinggi.

Kerusakan as roda ini bukanlah masalah umum yang sering terjadi, melainkan berpotensi terjadi pada mobil yang memiliki riwayat kecelakaan.

As roda itu sendiri merupakan salah satu komponen utama pada mobil, karena posisinya yang terletak telah di bawah mobil.

Sehingga, apabila terdapat masalah, kamu bisa dengan sangat jelas merasakan kerusakannya. Karenanya, alangkah lebih baiknya apabila kamu segera melakukan perbaikan ketika masalah ini terjadi.

Namun, patut diketahui pula bahwa biaya perbaikan as roda cukup menguras dompet. Meski begitu, tak perlu khawatir sebab as roda merupakan bagian mobil yang sangat kuat, sehingga tidak akan mudah rusak kecuali mobil mengalami kecelakaan fatal.

Lindungi Kendaraan Kesayangan Kamu Bersama CekAja.com!

Jadi, itulah beberapa penyebab mobil bergetar saat kecepatan tinggi yang perlu kamu ketahui. Berdasarkan pembahasan kita kali ini, maka dapat diketahui bahwa banyak sekali risiko yang berpotensi untuk terjadi ketika kamu berkendara dengan mobil.

Dikarenakan hal itu, asuransi kendaraan perlu untuk dimiliki. Karena melalui asuransi kendaraan, kamu setidaknya bisa meminimalisir kerugian finansial ketika terjadi suatu risiko terhadap mobil kesayangan kamu, seperti kecelakaan hingga kerusakan pada komponen mobil.

Apalagi melihat bahwa biaya reparasi kian mahal dari waktu ke waktu, membuat hadirnya asuransi kendaraan akan sangat membantu.

(Baca Juga: 6 Ciri-ciri Knalpot Rusak)

Lantas, bagaimana jika belum memiliki asuransi kendaraan? Kamu bisa mengajukannya di CekAja.com!

Di sini, kamu bisa melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis asuransi kendaraan manakah yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kamu dalam membayar premi.

Tak hanya itu, seluruh proses pengajuan juga dapat dilakukan secara online, sehingga kamu bisa melakukan pengajuan dimanapun dan kapanpun.

Sungguh sangat menghemat waktu. Jadi, tunggu apa lagi? Segera lindungi mobil kesayangan kamu bersama asuransi kendaraan dari CekAja.com!

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha