Jenis-jenis KTA, Kenali Sebelum Mengambilnya!

4 min membaca Oleh Maria Nofianti on

Kini tak perlu risau lagi menentukan jenis pinjaman jika tak memiliki sertifikat atau agunan surat berharga. Karena ada jenis-jenis KTA yang tak mewajibkanmu memberikan agunan.

Kalau dahulu, meminjam uang ke instansi resmi mewajibkan kita untuk memiliki jaminan atau agunan.

Kini dunia keuangan sudah memiliki banyak terobosan, salah satunya dengan menghadirkan pinjaman tanpa agunan atau KTA.

Jenis-jenis KTA disesuaikan dengan lamanya pembayaran, sistem bunga, atau pun prosesnya. Pilihan yang menarik untuk memenuhi kebutuhan keuangan yang mendadak dapat dipenuhi oleh KTA.

Yuk Kenali Dulu Jenis-Jenis KTA Sebelum Memilihnya!

KTA banyak diminati oleh masyarakat karena tidak adanya jaminan saat kita akan mengajukan pinjaman ini. Meski tanpa jaminan bukan berarti bank akan dengan mudah memberikan pinjaman KTA ini.

Karena tidak ada jaminan maka bank memberikan penilaian berdasarkan riwayat kredit yang kita miliki. Jika riwayat kredit kita bagus maka kita berpeluang untuk mendapatkan pinjaman itu.

Semakin populer kredit tanpa agunan atau KTA maka jenis-jenis KTA juga akan semakin banyak. Sebelum kita akan memutuskan akan mengambil KTA yang mana ada baiknya kita tahu lebih dulu jenis-jenis KTA yang ada di Indonesia.

Dengan mengenali jenis-jenis KTA ini kita bisa memutuskan KTA mana yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan kita. Yuk simak terus tulisan ini.

Jenis-Jenis KTA

KTA seringkali menjadi andalan saat kita membutuhkan dana cepat dalam kondisi mendesak. KTA ini juga memiliki banyak keunggulan dibandingkan jenis pinjaman lain, makanya tak heran jika KTA menjadi populer.

Keunggulannya antara lain mengenai prosesnya yang cepat karena tidak ada pengecekan jaminan, suku bunga yang ditetapkan kebanyakan bunga flat, syarat dokumennya pun sedikit, serta yang paling diincar adalah kemudahan dalam melakukan cicilan.

Nah setelah tahu keunggulan-keunggulan KTA, saatnya kita beralih mengenal jenis-jenis KTA yuk.

(Baca Juga: 5 KTA untuk Memulai Bisnis Franchise)

Jenis-jenis KTA yang perlu kita ketahui sebelum yakin untuk mengambilnya antara lain:

1. KTA Dana Cepat

Jenis-jenis KTA yang pertama adalah KTA Dana Cepat. Ini adalah produk pinjaman yang memiliki keunggulan dalam hal waktu pencairan yang cepat.

Waktu memang seringkali menjadi pertimbangan, proses dan waktu yang lama kadang membuat kita enggan meminjam uang pada bank atau instansi resmi.

Jadi pinjaman KTA ini, sangat cocok untuk kita yang sedang membutuhkan dana dalam jumlah yang besar, dan dalam waktu yang singkat.

Biasanya dana pinjaman dari KTA Dana Cepat ini, bisa dicairkan hanya dalam waktu kurang dari satu minggu.

Tentu ini akan sangat membantu kita yang butuh dalam waktu yang singkat. Misalnya saja untuk pembayaran biaya rumah sakit keluarga yang mengalami kecelakaan yang biasanya membutuhkan dana dalam jumlah besar dan waktu yang singkat.

KTA Dana Cepat ini juga memiliki suku bunga yang kompetitif. Biasanya tenor yang diberikan juga singkat dan tidak terlalu lama.

Beberapa contoh bank yang menawarkan KTA Dana Cepat adalah Bank Bukopin, CIMB Niaga, Maybank, Bank Permata, DBS dan Standard Chartered Bank.

Pada umumnya kita akan dimintai persyaratan kepemilikan kartu kredit, saat mengajukan pinjaman KTA jenis ini.

2. KTA Tenor Panjang

Selanjutnya ada KTA Tenor Panjang yang masuk dalam jenis-jenis KTA. KTA jenis ini memiliki tenor yang lebih lama dibandingkan pinjaman lainnya.

Biasanya diberikan lebih dari 3 tahun. KTA ini cocok untuk kita para pengusaha yang membutuhkan waktu lama untuk membayar cicilannya. Ini juga membuat cicilan tiap bulan tidak begitu berat.

Ada banyak bank ternama yang menawarkan KTA Tenor Panjang, dengan jumlah plafon yang cukup besar sampai ratusan juta.

Beberapa bank itu antara lain BNI, ANZ, Bank Mandiri, Bank Permata, QNB Indonesia, Maybank, Standard Chartered Bank.

KTA ini menambah biaya-biaya tambahan yang tentu saja tidak memberatkan debitur.

3. KTA Bisa Bayar Awal

Jenis-jensi KTA selanjutnya ada KTA Bisa Bayar Awal. Biasanya untuk produk KTA selalu ada biaya penalti jika kita membayar lunas hutang kita lebih cepat dari tanggal jatuh tempo yang sudah disepakati.

Jenis-jenis KTA seperti ini, sebenarnya sangat membantu kita yang ingin hutangnya cepat selesai.

Nah dengan KTA bisa bayar awal ini, kita tak perlu lagi membayar biaya penalti pelunasan dipercepat.

Di KTA ini kita bisa mendapatkan dana pinjaman dengan jumlah besar dengan suku bunga yang kompetitif juga.

Bank yang menawarkan KTA seperti ini adalah ANZ, BNP, BNI, QNB Indonesia dan Bank Amar.

4. KTA Payroll

Jenis-jenis KTA selanjutnya adalah yang paling populer yaitu KTA payroll. Ini adalah KTA bagi para karyawan yang penghasilannya disalurkan melalui bank tertentu.

Dengan sistem payroll seperti ini bank menjadi lebih yakin kita bisa membayar kembali hutang kita karena sudah pasti ada penghasilan yang masuk tiap bulannya.

Selain itu, sangat berguna untuk kita yang sering lupa tanggal cicilan. Dan yang menarik adalah KTA jenis ini suku bunganya lebih kecil dibandingkan KTA reguler.

Proses pencairannya juga lebih cepat. Bank-bank yang menawarkan KTA payroll antara lain Bank Mandiri, BCA, BNI, BNP, Maybank dan Bank Permata.

5. KTA Tanpa Kartu Kredit

Jenis-jenis KTA yang terakhir adalah KTA Tanpa Kartu Kredit. Ini adalah pilihan bagus bagi kita yang tidak memiliki kartu kredit atau belum memiliki riwayat kredit apapun tapi ingin mengajukan KTA.

Karena tak ada kartu kredit maka suku bunga yang diberikan sedikit lebih tinggi daripada KTA lainnya. Tenor dan jumlah dana pinjaman yang bisa didapatkan juga memiliki banyak pilihan.

(Baca Juga: Pilihan KTA Cicilan 12 Terbaik Untukmu)

Jika syarat dan ketentuan dipenuhi maka proses pencairan bisa berlangsung dengan cepat. bank yang menawarkan pinjaman jenis ini adalah Bank Amar.

Nah itu dia jenis-jenis KTA yang perlu kita ketahui untuk tahu mana KTA yang tepat. Dengan banyaknya jenis-jenis KTA ini juga bisa menjadi bahan pertimbangan bagi kita saat akan memutuskan mengambil dana pinjaman KTA.

Bandingkan satu jenis KTA dengan yang lain baik keuntungannya maupun kerugiannya terutama dalam hal kebijakannya. Jadi saat kita memutuskan mengambil KTA, pastikan untuk memakainya dengan cerdas ya.

Untuk membandingkannya kita bisa membuka laman CekAja.com. Disana kita juga bisa melakukan pengajuan langsung KTA dengan cepat.

Tenang saja, untuk keamanannya pasti terjamin, karena CekAja.com sudah diawasi secara langsung oleh OJK.

Yuk tunggu apalagi, nikmati jenis-jenis KTA sesuai pilihan kebutuhanmu melalui CekAja.com.

Tentang kami

Maria Nofianti

Maria Nofianti