7 Jenis Moge Polisi Indonesia, Gahar, Mewah dan Mahal!

Tidak hanya dibekali dengan kemampuan mumpuni serta senjata api, polisi Republik Indonesia, juga dibekali dengan fasilitas berupa kendaraan yang bagus untuk tugas harian mereka, seperti moge atau motor gede. Jenis moge polisi Indonesia juga bermacam-macam, yang biasa digunakan sesuai kebutuhannya.

Advertisement

Nah, kira-kira kamu sendiri tahu nggak sih, apa saja jenis moge polisi Indonesia? Terlebih, moge merupakan jenis motor mewah dan mahal, yang biasa digunakan untuk touring, hingga koleksi.

Maka tak heran, jika moge yang ditunggangi baik polisi maupun polwan ini, sering menjadi perhatian masyarakat. Tidak hanya di kalangan pecinta otomotif, orang awam pun mungkin akan terkesima dengan kerennya moge yang dibawa para polisi ini.

Kendaraan moge polisi Indonesia sendiri, sering digunakan untuk kegiatan pengawalan. Jenis moge polisi Indonesia ini juga, tentunya memiliki kapasitas mesin dan dimensi yang besar.

Berbeda dengan moge milik warga biasa yang desainnya terlihat antik, moge yang ditunggangi aparatur negara ini, diberi sedikit modifikasi dan sentuhan ciri khas polisi Indonesia.

(Baca Juga: Motor Retro Modern dan Klasik Terbaru)

Seperti perubahan warna, penambahan logo polisi Indonesia, hingga fitur khusus. Namun, meski dilakukan modifikasi, beberapa jenis moge polisi Indonesia ini, tetap terlihat keren, mewah, dan tentunya mahal.

Nah, buat kamu yang penasaran, kira-kira apa saja jenis moge polisi Indonesia, yang sering mondar-mandir jalan raya, yuk langsung saja simak daftarnya berikut ini.

Jenis Moge Polisi Indonesia

1. Kawasaki Z900

Jenis moge polisi Indonesia yang pertama adalah Kawasaki Z900. Tidak semua polisi dibekali motor gede jenis ini, contohnya seperti di Kota Malang, hanya ada beberapa anggota kepolisian dibekali dengan Kawasaki Z900.

Moge polisi yang baru digunakan pada 2018 ini mengusung mesin 900cc, yang mampu menghasilkan daya setara 125 tenaga kuda. Tidak hanya itu, motor ini juga memiliki konfigurasi empat silinder segaris, DOHC, 16 katup, dan berpendingin cairan.

Bahkan disebut-sebut, moge Kawasaki Z900 ini sebagai pengganti Yamaha FZ1, motor yang sering digunakan oleh Paspampres. Untuk soal harga jangan ditanya, karena moge mewah ini harganya bisa mencapai Rp225 juta.

2. Kawasaki Versys

Jenis moge polisi Indonesia yang selanjutnya adalah Kawasaki Versys. Tidak berbeda jauh dengan Kawasaki Z900, dimana motor ini memiliki dapur pacu 650cc 2 silinder DOHC yang didukung oleh sistem digital fuel-injection.

Tidak hanya itu, moge yang memiliki genre dual-sport ini juga, disebut-sebut menjadi moge yang cukup digemari oleh para pecinta motor-adventure.

Untuk soal harga, motor gede Kawasaki jenis ini, dipatok sekitar Rp170 jutaan. Bagaimana pecinta moge? Berminat beli?

3. Yamaha XJ900P

Jika kamu sering melihat polisi yang sedang mengawal rombongan pejabat sampai ambulans, mungkin kamu akan tersita perhatiannya oleh jenis moge polisi Indonesia, yang satu ini. Jenis moge tersebut adalah Yamaha XJ900P.

Motor gede produksi pabrik berlogo garpu tala ini, menyematkan mesin 4 silinder in-line berkubikasi 892cc 5 percepatan.

Sehingga, daya yang bisa dihasilkan dari motor ini mencapai 89hp @8.250rpm, dengan torsi menembus angka 83Nm @7.500rpm.

Selain itu, jika dilihat motor ini mungkin bisa disebut moge yang paling tua, karena sistem pembakarannya masih menggunakan karburator.

Nah, buat kamu yang fokus pada huruf P dalam XJ900P, maksudnya adalah Police, yang berarti motor ini diciptakan memang untuk memenuhi kebutuhan polisi. Harga untuk satu unit moge ini mencapai Rp300 jutaan.

4. Honda Goldwing

Jenis moge polisi Indonesia yang sering mondar-mandir di jalanan adalah Honda Goldwing.

Motor dengan keluarga terbesar GL-series ini, disebut mampu mengeluarkan daya setara 117 tenaga kuda. Hal tersebut dikarenakan, adanya mesin boxer 6 silinder berkapasitas 1832cc, SOHC, dan sudah menggunakan teknologi injeksi.

Untuk kebutuhan kepolisian, moge ini menjadi salah satu yang punya fitur paling lengkap, bahkan fitur-fiturnya bisa menyaingi mobil. Maka tak heran jika harganya tembus Rp1 miliar.

5. Harley Davidson Electra Glide

Siapa yang tidak tahu merk moge yang satu ini? Merk Harley Davidson Electra Glide, juga menjadi salah satu merk dan jenis moge polisi Indonesia loh.

Tidak hanya menggunakan moge produk Jepang, seperti Yamaha hingga Honda, beberapa polisi Indonesia juga dibekali dengan motor asal Amerika, Harley Davidson Ultra Glide.

Motor besar nan mewah ini menopang mesin sebesar 1.690cc V-Twin. Tidak hanya itu, meski ini motor, namun fiturnya bisa mengalahkan mobil, yang dilengkapi dengan backrest, MP3 port, dan Radio.

Selain itu, moge Electra Glide Ultra Classic ini, juga dibekali dengan mesin jenis Milwaukee-Eight V-Twin dengan kapasitas mencapai 1.746 cc.

Dengan memiliki tenaga dan torsi demikian, sudah pasti motor ini bisa mengakomodasi semua kebutuhan Polri saat bertugas. Bahkan, beberapa Polri juga menggunakan moge Electra Glide, dengan mesin 1.300cc.

Untuk harganya, satu unit motor gede ini bisa dibanderol sekitar Rp495 jutaan.

6. BMW R 1200 RT

Jenis moge polisi Indonesia selanjutnya adalah BMW R 1200 RT. Moge jenis R 1200 RT ini, menggunakan model half fairing.

Untuk kapasitas mesinnya adalah 1.170cc, dengan tenaga yang dihasilkan sama seperti moge R 1200 GS.

Bagaimana? Pernah lihat polisi menunggangi moge BMW R 1.200 RT? Berapa harganya? Ternyata harganya bisa mencapai Rp274 jutaan.

7. Victory Vision

Jenis moge polisi Indonesia yang terakhir adalah Victory Vision. Jika dilihat dari fisiknya, banyak yang mengira bahwa, moge ini keluaran Harley-Davidson.

Pasalnya, jenis mesin yang dipakai memang sama-sama menggunakan V-Twin, tapi ini bukan Harley-Davidson, melainkan adalah Victory Vision, dengan mesin berkapasitas 1.731 cc. Harganya juga tak main-main, karena bisa mencapai Rp280 jutaan.

(Baca Juga: Rekomendasi Moge Murah untuk Pemula)

Nah, itu dia beberapa informasi terkait jenis moge polisi Indonesia. Buat kamu yang tidak ingin kalah keren dengan polisi, juga bisa loh miliki moge dengan merek di atas, walau memang harganya cukup mahal.

Akan tetapi, bagi pecinta otomotif, moge dengan harga ratusan juga pasti akan tetap, akan tetap menjadi primadona, baik untuk dikoleksi, maupun untuk digunakan sehari-hari.

Karena harganya mahal, bahkan setara dengan mobil, maka kamu butuh memiliki double proteksi, berupa asuransi kendaraan.

Asuransi kendaraan akan membantumu untuk meminimalisir risiko kecelakan, kehilangan, kerugian, hingga memudahkan dalam urusan perbaikan di bengkel resmi atau bengkel yang bekerja sama.

Kamu bisa ajukan produk asuransi kendaraan terbaik, melalui CekAja.com secara online dengan mudah dan praktis.

Selain itu, CekAja.com juga menyediakan banyak produk asuransi kendaraan, dari berbagai perusahaan asuransi kendaraan ternama di Indonesia.

Yuk, segera ajukan asuransi kendaraan terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com, dan gunakan moge dan kendaraan mewah lainnya, dengan rasa tenang.

Advertisement