9 Jenis Tanaman Pemakan Serangga Terbaik, Cocok untuk Membersihkan Rumah!

Tahukah kamu, kalau ternyata jenis tanaman pemakan serangga ada sangat banyak. Dan uniknya, jenis tanaman pemakan serangga itu, bisa tumbuh dan bertahan hidup dengan nutrisi yang didapat dari serangga.

Ya, jenis tanaman tersebut memperoleh makanannya melalui fotosintesis serangga. Sehingga, kemampuan bertahan hidup tanaman ini, sangat bergantung pada serangga.

Namun jika tidak ada serangga, tanaman ini juga bisa mengonsumsi hewan seperti kadal, maupun mamalia. Bagaimana, cukup menyeramkan ya?

Jika kamu ingin tahu apa saja jenis tanaman pemakan serangga tersebut, pada kesepatan kali ini, CekAja.com akan memberikan beberapa daftarnya, yang akan diulas secara lengkap sebagai berikut. Simak bersama-sama, yuk!

Jenis Tanaman Pemakan Serangga

Seperti yang sudah dijanjikan sebelumnya, kalau kali ini CekAja.com akan memberikan beberapa daftar jenis tanaman pemakan serangga.

Yang mana, jenis tanaman pemakan serangga ada cukup banyak. Namun, untuk memudahkanmu mengetahui jenis tanaman pemakan serangga, di bawah ini CekAja.com telah merangkum sembilan di antaranya yang terdiri dari:

1. Kantong Semar

Jenis tanaman pemakan serangga yang pertama, yaitu Kantong Semar. Tanaman yang bisa tumbuh hingga 15 – 20 meter ini, memiliki bentuk kantong dengan tutup di atasnya.

Kantong tersebut berguna untuk menarik perhatian serangga, karena mampu menghasilkan aroma manis.

Jadi, ketika serangga hinggap di bagian atas mulutnya, maka secara otomatis serangga akan langsung terjebak, dan masuk ke dalam kantong tersebut.

Akhirnya, serangga itu pun mati dalam sekejap, karena terinfeksi enzim mematikan yang ada di dalam kantong semar.

Tanaman pemakan serangga yang satu ini pun unik, karena hanya bisa tumbuh subur di tanah yang kandungan unsur haranya sedikit, tanah kapur, tanah berpasir dan tanah merah.

(Baca Juga: Tanaman Pengusir Nyamuk)

2. Venus Flytrap

Berikutnya, yaitu Venus Flytrap. Menjadi salah satu jenis tanaman pemakan serangga, Venus Flytrap memiliki ukuran yang cukup kecil, sehingga bisa ditempatkan di dalam pot, dan dijadikan sebagai tanaman hias.

Hanya saja, kamu harus berhati-hati jika ingin menjadikan Venus Flytrap sebagai tanaman hias.

Sebab, tanaman ini memiliki duri yang berada di sekeliling daun menyerupai mulut, dan bisa mengatup.

Untuk menjebak serangga, tanaman ini menggunakan cara dengan mengeluarkan lendir, kemudian menyerap kandungan nitrogen.

3. Sarracenia

Selain dua tanaman di atas, ada juga Sarracenia yang masuk ke dalam daftar jenis tanaman pemakan serangga, versi CekAja.com.

Sebagai tanaman karnivora yang memakan daging serangga, tanaman ini memiliki bentuk corong panjang, dengan kelopak bagian atas berwarna merah.

Tanaman yang bisa ditemukan di Amerika Serikat atau Kanada bagian tenggara ini, memiliki trik khusus untuk menjebak mangsa, yaitu dengan mengeluarkan aroma sangat harum.

Nah disamping aroma yang dikeluarkan, tanaman ini juga memiliki cairan yang terletak dibagian tepi kelopaknya, untuk membuat serangga yang hinggap terpeleset dan jatuh ke dalam corong tanaman ini.

4. Roridula

Di urutan keempat ada tanaman Roridula. Sebenarnya, tanaman ini tidak memakan serangga secara langsung.

Namun, ia menyerang dan menangkap serangga, menggunakan rambut lengket yang dimilikinya.

Kemudian, setelah serangga berhasil ditangkap, Roridula akan memberikannya kepada serangga lain bernama Pameridea roridulae. Di sini, keduanya memiliki hubungan simbiosis mutualisme.

Sebab, Roridula yang memberikan serangga kepada Pameridea roridulae, akan mendapatkan nutrisi dari hasil ekskresi serangga Pameridea tersebut.

5. Butterwort

Jenis tanaman pemakan serangga yang kelima, yaitu Butterwort. Memiliki bentuk yang mungil, dengan tampilan visual yang cantik, membuat tanaman ini mampu menarik perhatian, sekaligus menjebak para serangga.

Pasalnya, tanaman yang memiliki warna daun hijau atau merah ini, memiliki cairan lengket yang dapat menjebak semut dan serangga lainnya yang lewat.

Setelah berhasil menjebak, tanaman ini selanjutnya akan mengeluarkan zat lain untuk mencerna nutrisi dari serangga.

Maka dari itu, jika kamu menemukan banyak serangga di salah satu bagian rumahmu, langsung saja taruh tanaman ini untuk membasmi semua serangga yang ada.

6. Drosera

Nama jenis tanaman pemakan serangga yang unik ini, ternyata sering mengeluarkan embun.

Oleh karena itu, tanaman ini juga kerap disebut dengan tanaman embun matahari, atau sundew.

Memiliki tampilan visual yang sangat cantik dan menarik, tanaman ini nyatanya mampu menjebak serangga melalui cairan lengket yang dihasilkannya.

Melalui cairan tersebut, serangga yang lewat maupun yang hinggap di atasnya akan langsung terjebak, dan akan dieksekusi saat itu juga, agar Drosera bisa langsung memperoleh nutrisinya.

7. Kincir Air

Dalam hal ini, Kincir Air merupakan jenis tanaman pemakan serangga yang cukup berbahaya.

Bagaimana tidak, pasalnya daun tanaman ini akan mengapung di atas air untuk menjebak serangga yang hinggap di atasnya.

Setelah terjebak, tanaman ini akan langsung menangkapnya melalui batang yang berisi udara. Sehingga ketika serangga berhasil masuk, bagian batang akan langsung menutup.

Dengan begitu, serangga yang sudah masuk ke dalam batang tanaman ini tidak bisa keluar lagi, dan Kincir Air pun akan langsung memperoleh nutrisi dari serangga.

8. Utricularia

Di urutan kedelapan ada Utricularia, yang juga menjadi bagian dari jenis tanaman pemakan serangga, menurut CekAja.com.

Utricularia sendiri, pada dasarnya memiliki spesies lebih dari 200, dan tidak hanya memakan serangga.

Ya, tanaman ini juga mampu memangsa dan memakan berudu, ikan kecil, protozoa, hingga serangga air melalui kantong dalam air yang dimilikinya.

Kantong tersebut merupakan batang, yang mampu mengeksekusi langsung hewan yang masuk ke dalamnya, agar mati secara perlahan karena dicerna menggunakan enzim khusus.

9. Lili Kobra

Jenis tanaman pemakan serangga yang terakhir, yaitu Lili Kobra. Buat kamu yang belum tahu, Lili Kobra merupakan salah satu tumbuhan purba, yang populasinya sudah sangat langka.

Tanaman ini pun, sejauh ini hanya bisa tumbuh dan ditemukan di California dan Oregon, Amerika Serikat.

Lili Kobra memiliki cara yang unik dalam menjebak mangsanya, yaitu dengan mengeluarkan aroma manis dan jalur pintu keluar palsu, yang akan membingungkan mangsa (serangga), yang sudah berada di dalam rongga tanaman ini.

Dengan begitu, serangga pun tidak bisa keluar dari dalam rongga, dan Lili Kobra pun akan mulai mencerna nutrisi yang dimiliki serangga.

(Baca Juga: Tanaman Pengusir Tikus)

Itulah sembilan jenis tanaman pemakan serangga, yang sudah kamu ketahui secara lengkap informasinya di pembahasan sebelumnya.

Semua jenis tanaman itu, tentu memiliki fungsi yang sangat efektif dalam membasmi serangga.

Sehingga, jika kamu tertarik untuk memiliki tanaman ini, kamu bisa langsung membelinya di toko tanaman, maupun secara online melalui ecommerce.

Namun satu yang pasti, harga dari setiap tanaman pemakan serangga cenderung mahal. Maka dari itu, sebaiknya kamu membelinya pakai kartu kredit.

Sebab, kartu kredit seringkali memberikan banyak promo menarik, yang dapat dinikmati para penggunanya, baik dalam bentuk diskon, cashback atau rewards point.

Maka dari itu, buat kamu yang belum memiliki kartu kredit, namun ingin mendapatkan semua promo tersebut, bisa segera mengajukannya melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk kartu kredit, yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kalau begitu tunggu apalagi? Yuk, ajukan kartu kreditmu sekarang juga!