Kelebihan dan Kekurangan Motor Matic Beserta Sejarahnya di Indonesia

5 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Semakin diminati warga Indonesia, apa kamu sudah tahu kelebihan dan kekurangan motor matic? Pasalnya, kini motor matic sudah mendominasi populasi sepeda motor di Indonesia.

Hal tersebut pun dibuktikan dari data hasil penjualan, yang dikeluarkan oleh Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI).

Dilansir dari tagar.id data penjualan motor matic pada dua bulan pertama tahun 2019 saja, motor jenis matic bisa menguasai pasar sekitar 85 persen, dari penjualan semua tipe motor.

Semenjak keluar di Indonesia, motor matic langsung menjadi incaran warga. Terlebih, jika dilihat dari kelebihan dan kekurangan motor matic, memang lebih menguntungkan.

Sejarah Motor Matic di Indonesia

Sebelum membahas kelebihan dan kekurangan motor matic, apa kamu sudah tahu motor matic, yang pertama muncul di Indonesia?

  • Vespa Corsa PK125

Untuk pertama kalinya, Indonesia kedatangan motor matic 2-tak asal Italia, yakni Vespa Corsa PK125, yang hadir di Indonesia pada tahun 1991.

Dilengkapi dengan mesin berkapasitas 121,2 cc 2-tak, beserta pendingin udara. Selain itu, motor ini juga dilengkapi dengan persneling di bagian stang kiri, yang digunakan untuk memilih posisi transmisi neutral.

(Baca Juga: 12 Daftar Motor Matic Bagasi Besar)

  • Kymco Jetmatic Trend 125

Pernah memiliki motor matic yang satu ini? Ya, Kymco merupakan motor matic kedua yang hadir di Indonesia, pada tahun 2000 lalu.

Motor matic asal Taiwan ini, menjadi andalan motor matic, karena bentuknya yang simpel, dan performa yang cukup kuat.

Bahkan, salah satu konsumen Kymco pernah melakukan tes, dengan melakukan perjalanan Jakarta-Bali, secara nonstop, selama 100 jam.

Dengan pencapaian tersebut, Kymco mendapat penghargaan MURI. Motor ini dilengkapi mesin SOHC berkapasitas 124,6 cc, bermesin 4-tak.

  • Yamaha Majesty 125 dan Glide 100

Sebelum Yamaha Mio keluar, ternyata Yamaha Majesty lebih dulu muncul sebagai salah satu motor matic pertama di Indonesia.

Muncul pada tahun 2000, motor matic ini hadir dengan CBU (completely built up), yakni Yamaha Majesty 125 dan Yamaha Glide 100.

Setelah itu, Yamaha kembali merilis Yamaha Nouvo AT 115 pada 2002 silam. Selanjutnya, Yamaha Mio pun muncul dan memberikan kesuksesan besar, bahkan hingga merajai pasar motor matic Indonesia.

  • Honda Vario 110

Setelah Yamaha, Honda juga ikut luncurkan motor matic, bernama Vario pada 2006. Selang dua tahun, Honda langsung meluncurkan Honda Beat, yang menjadi pesaing besar Yamaha Mio.

  • Suzuki Spin

Tidak mau kalah, pabrikan asal Jepang Suzuki juga merilis motor matic pertamanya, yakni Suzuki Spin pada 2006 lalu.

Nah, kamu pernah punya yang mana? Apa pertimbanganmu memilih motor matic?

Banyak pemilik motor yang bingung dengan pilihan antara motor matic dan motor manual atau motor bebek.

Namun, jika dilihat dari kelebihan dan kekurangan motor matic berikut ini, mungkin bisa membuat pikiran kamu terbuka.

Kira-kira lebih banyak kelebihannya atau kekurangannya ya? Yuk, langsung simak saja kelebihan dan kekurangan motor matic berikut ini!

Kelebihan dan Kekurangan Motor Matic

Kelebihan Motor Matic

1. Motor lebih mudah dioperasikan atau digunakan

Kelebihan motor matic yang pertama adalah motor lebih mudah untuk dioperasikan atau digunakan.

Pasalnya, dengan motor matic, kamu tidak perlu mengatur oper gigi hingga kopling. Karena, kamu hanya perlu mengoperasikan gas dan rem saja.

2. Memiliki ruang yang lebih banyak untuk menaruh barang

Kelebihan motor matic yang kedua adalah lebih banyak memiliki ruang yang besar, terlebih untuk menaru barang.

Pertama ada di sisi depan atau tempat untuk pijakan kaki, di jok belakang, dan di bagasi yang rata-rata, memiliki ruang yang besar, ketimbang motor manual.

3. Lebih lincah dan gesit

Karena bodinya lebih simpel, terlebih mempunyai wheelbase pendek, sehingga membuatnya lebih lincah dan gesit di jalanan.

Apalagi, jika kamu menggunakannya ketika jalanan macet, sehingga kamu lebih mudah untuk menyalip, di jalanan sempit dengan mudah.

4. Lebih ringan

Selain gesit karena bodinya yang simpel, kelebihan motor matic lainnya adalah memiliki berat yang ringan.

Sehingga, motor ini sangat cocok untuk dikendarai para wanita. Terlebih, kini banyak wanita yang mengendarai motor matic, dengan bebas, bahkan ketika menggunakan rok hingga high heels sekalipun.

5. Cocok untuk jalan-jalan keluarga

Kelebihan motor matic berikutnya adalah motor ini cocok digunakan untuk jalan-jalan keluarga. Jangankan jalan-jalan, motor matic juga sering digunakan untuk mudik ke lokasi yang jauh.

Kekurangan Motor Matic

1. Lebih boros bahan bakar

Kekurangan motor matic yang pertama adalah motor jenis ini lebih boros bahan bakar atau BBM.

Meski saat ini banyak motor matic yang sudah menggunakan teknologi injeksi, tetap saja motor matic, tidak bisa mengalahkan keiritan motor bebek.

2. Memiliki diameter roda yang lebih kecil

Seperti yang diketahui, bahwa motor matic memang lebih pendek ketimbang motor bebek, dan hal tersebut dikarenakan motor matic, memiliki diameter roda yang lebih kecil.

Namun, dengan diameter roda yang kecil, selain menguntungkan, ternyata juga bisa menjadi sebuah kekurangan motor matic.

Karena, dengan roda yang kecil dan pendek, akan membuat motor matic kurang nyaman, jika dikendarai pada permukaan yang kurang rata atau berbatu.

Apalagi, ketika kamu melewati polisi tidur yang tinggi. Meski tidak semua, namun sebaiknya kamu lebih waspada ketika melewati jalanan jelek, dengan motor matic.

3. Pemilik harus lebih rajin cek ke bengkel

Tahukan kamu, kekurangan motor matic ini, lebih sensitif, karena pemilik harus rajin-rajin membawanya ke bengkel.

Pasalnya, motor matic digerakkan dengan CVT atau continuously variable transmission. Jika, tak rajin dibawa ke bengkel, maka CVT akan lebih mudah berat, dan kenyamanan terganggu.

4. Biaya perawatan lebih mahal

Selain harus rajin cek ke bengkel, biaya perawatan dan service motor matic juga lebih mahal, dan ini menjadi salah satu kekurangan motor matic selanjutnya.

Sehingga, kamu harus lebih siap soal segala biaya yang akan dikeluarkan, ketika motor bermasalah.

5. Hanya memiliki satu shockbreaker

Jika kamu perhatikan, motor matic hanya memiliki satu shockbreaker, di bagian samping kanan bawah jok motor. Berbeda dengan motor bebek, yang memiliki dua, sehingga lebih kuat dalam membawa beban.

Sehingga, untuk para pengguna motor matic, disarankan tidak membawa beban terlalu banyak, terutama penumpang.

(Baca Juga: Vespa Limited Edition yang Ada di Indonesia)

Nah, itu dia beberapa kelebihan dan kekurangan motor matic, yang bisa dijadikan pertimbangan.

Jika dilihat dari nilai di atas, kelebihan dan kekurangan seimbang, jadi bisa disesuaikan saja dengan kebutuhan kamu.

Selain itu rajin dibawa ke bengkel, kamu juga harus memperhatikan hal-hal kecil, yang bisa membuat motor tidak nyaman.

Meski sudah dibawa ke bengkel, hal-hal kecil pada motor matic juga bisa menjadi faktor kecelakaan.

Misalnya, tangki oli bocor dan lainnya. Maka dari itu, penting untuk mendaftarkan asuransi kendaraan motor matic kesayangan kamu.

Dengan mendaftarkan asuransi kendaraan, akan membuat kamu lebih aman dalam berkendara, lebih meminimalisir kecelakaan, dan meminimalisir kerugian finansial.

Pasalnya, ketika kita sudah sangat waspada, orang lain belum tentu waspada! Agar lebih praktis, yuk daftarkan motor matic kamu asuransi kendaraan, melalui CekAja.com!

Seperti yang diketahui, bahwa biaya perawatan dan service nya, cukup mahal, sehingga kamu butuh mengasuransikan motor matic kesayanganmu.

Yuk, pilih asuransi kendaraan terbaik untuk motor matic kamu, hanya di CekAja.com!

Di CekAja.com, menyediakan banyak produk asuransi kendaraan terbaik, dari berbagai perusahaan asuransi kendaraan ternama di Indonesia.

Jadi, buat kamu yang sedang cari asuransi kendaraan untuk melindungi motor matic kesayanganmu, segera kunjungi CekAja.com, dan dapatkan produk asuransi kendaraan terbaik pilihanmu!