9 Kerajinan Indonesia yang Laku di Luar Negeri, Ada yang Tembus Rp35 Juta!

Seperti yang diketahui, Indonesia memiliki banyak sekali kerajinan unik yang sangat terkenal, namun apakah kerajinan Indonesia yang laku di luar negeri juga banyak? Eits, jangan khawatir!

9 Kerajinan Indonesia yang Laku di Luar Negeri, Ada yang Tembus Rp35 Juta!

Faktanya, kerajinan Indonesia yang laku di luar negeri ada sangat banyak, mulai dari kerajinan kain batik, wayang, hingga anyaman bambu.

Semua kerajinan tersebut laku di luar negeri, tentunya karena memiliki nilai filosofi dan estetika tersendiri, yang menjadi ciri khas dari kerajinan Indonesia.

Namun selain kain batik, wayang dan anyaman bambu, masih banyak lagi kerajinan Indonesia lainnya yang sangat diminati dan laku di pasar luar negeri, yang semuanya akan diulas secara lengkap oleh CekAja.com khusus untuk kamu berikut ini.

Sekilas tentang Kerajinan

Poin pertama yang akan dibahas sebelum kamu mengetahui kerajinan Indonesia yang laku di luar negeri, yaitu informasi dasar dari kerajinan itu sendiri.

Pada dasarnya, kerajinan merupakan proses membuat suatu produk, yang memfokuskan pada fungsi dari produk itu sendiri, apakah untuk dipakai atau dijadikan pajangan dengan nilai estetika yang tinggi.

Selain itu, kerajinan juga dapat dikatakan sebagai usaha yang dilakukan secara konstan dengan teguh, gigih, cekatan, dedikasi tinggi, serta memiliki daya juang untuk maju dalam membuat suatu karya.

Nah dari semua definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa kerajinan merupakan suatu proses pembuatan produk, yang dilakukan secara konstan dengan penuh kegigihan, serta menekankan fungsi dari produk kerajinan tersebut.

Suatu kerajinan secara umum akan dibanderol dengan harga yang sangat mahal, apabila kualitas bahan yang digunakan tinggi dan proses pembuatannya rumit.

Sehingga, semakin baik dan tinggi kualitas bahan yang digunakan suatu produk, serta tingkat kesulitan pembuatan yang tinggi, maka harga yang dibanderol untuk satu buah kerajinan pun akan semakin mahal.

Dan untuk fungsinya, kerajinan memiliki dua fungsi, yaitu fungsi pakai dan fungsi hias. Maksud dari fungsi pakai, yaitu sebuah produk kerajinan akan lebih mengedepankan aspek fungsional, yang berguna dalam membantu pekerjaan sehari-hari.

Sementara, fungsi hias lebih mengedepankan aspek estetika atau keindahan, dibandingkan fungsi produknya.

Dengan begitu, produk kerajinan dengan fungsi estetika, biasanya tidak bisa digunakan untuk membantu pekerjaan sehari-hari, karena memang dibuat hanya untuk hiasan saja seperti misalnya patung dan miniatur.

(Baca Juga: 15 Kerajinan dari Kayu)

Daftar Kerajinan Indonesia yang Laku di Luar Negeri

Setelah di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui sekilas informasi tentang kerajinan, maka di pembahasan kali ini kamu akan mengetahui sederet daftar kerajinan Indonesia yang laku di luar negeri.

Sebenarnya, jika berbicara tentang daftar kerajinan Indonesia yang laku di luar negeri ada sangat banyak sekali, mulai dari pakaian, hiasan, makanan, dan lain sebagainya.

Namun, kali ini CekAja.com akan mengulas beberapa kerajinan Indonesia yang laku di luar negeri paling banyak, karena unik dan paling diminati.

Penasaran, apa saja kerajinan Indonesia yang laku di luar negeri tersebut? Yuk, simak bersama-sama ulasan lengkapnya berikut ini!

1. Kain batik

Kerajinan Indonesia yang Laku di Luar Negeri - Kain Batik

Kerajinan Indonesia yang laku di luar negeri paling banyak, yaitu kain batik. Ini mungkin bukan sesuatu yang mengejutkan, karena kain batik Indonesia memang sangat menawan dan memiliki kualitas terbaik.

Popularitas kain batik Indonesia di mata dunia pun sudah tidak diragukan lagi. Sebab, pada beberapa kesempatan, kain batik Indonesia kerap digunakan oleh orang-orang penting di sejumlah negara, seperti misalnya artis mancanegara ternama.

Populernya kain batik di luar negeri tentu saja karena kain batik Indonesia memiliki beragam warna serta motif yang unik dan berkarakter, sesuai dengan ciri khas daerah asal pembuatan kain batik.

2. Ukiran kayu

Kerajinan Indonesia yang Laku di Luar Negeri - Ukiran Kayu

Berikutnya ada ukiran kayu, yang juga menjadi salah satu kerajinan Indonesia yang laku di luar negeri.

Bagaimana tidak, pasalnya ukiran kayu asal Indonesia memiliki ciri khas yang terletak pada kerumitan bentuk, motif dan desainnya. Dengan ciri khas tersebut, ukiran kayu asal Indonesia pun lebih mudah dikenal.

Selain karena kerumitan bentuk dan motifnya, ukiran kayu Indonesia juga terkenal memiliki bahan yang berkualitas.

Sebab, kayu Indonesia tumbuh di negara tropis, yang membuatnya cenderung lebih kuat dan tahan lama.

Salah satu kota di Indonesia, yang terkenal sebagai pusat produksi ukiran kayu terbaik adalah Jepara.

Di sana, banyak ditemukan ukiran kayu dalam bentuk patung, kaligrafi, relief dan lain sebagainya, yang sudah sukses go international hingga ke Eropa.

Maka dari itu, tidak heran bukan, apabila ukiran kayu menjadi kerajinan Indonesia yang laku di luar negeri dan sangat diminati hingga saat ini.

3. Kerajinan batu dan logam

Kerajinan Indonesia yang Laku di Luar Negeri - Kerajinan batu dan logam

Siapa sangka, kalau kerajinan batu dan logam juga menjadi kerajinan Indonesia yang laku di luar negeri.

Ya, salah satu kerajinan batu yang paling terkenal adalah batu mulia. Sebab, kerajinan tersebut sempat menjadi perbincangan dimana-mana, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Kerajinan batu mulia ini ramai diperbincangkan, karena banyak selebritis dunia yang menggunakan batu mulia asal Indonesia.

Namun selain itu, kerajinan batu mulia ini memang memiliki tampilan yang sangat cantik dan menawan. Oleh karena itu, batu mulia dijadikan sebagai bahan baku pembuatan perhiasan di dunia.

4. Kerajinan kayu

Kerajinan Indonesia yang Laku di Luar Negeri - Kerajinan kayu

Jika di pembahasan sebelumnya kayu dijadikan sebagai bahan utama pembuatan kerajinan ukir, maka kali ini kayu digunakan sebagai bahan pembuatan jam.

Bagi milenial, ini mungkin bukan hal yang mengherankan. Sebab, belakangan ini banyak hadir merek jam tangan yang dibuat menggunakan bahan dasar kayu.

Salah satu merek jam tangan kayu, yang sangat terkenal bahkan hingga ke luar negeri adalah Matoa. Sebagai produk jam tangan lokal asal Bandung, Jawa Barat, Matoa hadir dengan konsep yang unik dan berbeda dari jam tangan lainnya.

Sebab, Matoa menghadirkan jam tangan dengan kolaborasi seni, kreativitas dan pola pikir ekologi.

Sehingga, hasil dari jam tangan Matoa sangat berbeda, unik, menarik dan tentunya tetap memberikan kesan elegan ketika digunakan.

Dengan begitu, tidak heran bukan apabila kerajinan kayu berupa jam tangan ini, menjadi kerajinan Indonesia yang laku di luar negeri?

5. Wayang

Kerajinan Indonesia yang Laku di Luar Negeri - Wayang

Siapa sih di antara kamu yang tidak tahu wayang? Kerajinan yang sangat kental dengan tradisi Jawa dan identik dengan hal mistis ini, nyatanya menjadi kerajinan Indonesia yang laku di luar negeri.

Minat wisatawan luar negeri terhadap kerajinan satu ini, membuat produksi wayang semakin hari semakin meningkat.

Jika dahulu wayang lebih banyak digunakan untuk pertunjukkan, namun seiring perkembangan zaman wayang juga digunakan sebagai hiasan untuk memperindah dekorasi rumah, karena dinilai memiliki bentuk unik dan nilai seni yang tinggi.

6. Keramik

Kerajinan Indonesia yang Laku di Luar Negeri - Keramik

Kerajinan Indonesia yang laku di luar negeri keenam adala keramik. Sebenarnya, keramik bukanlah kerajinan asli Indonesia.

Tetapi, meski begitu keramik buatan Indonesia juga tidak kalah bagus dari negara lainnya, dan memiliki angka permintaan yang cukup tinggi.

Bahkan menariknya, Tiongkok selaku negara penghasil keramik juga tertarik dengan keramik buatan Indonesia.

Tidak hanya itu, usaha keramik Indonesia pun sudah diakui dan sangat terkenal di negara-negara Eropa.

Adapun beberapa jenis keramik yang memiliki angka permintaan yang cukup tinggi, yaitu guci, vas bunga dan patung.

7. Kerajinan kulit kerang

Kerajinan Indonesia yang Laku di Luar Negeri - Kerajinan kulit kerang

Meski terdengar asing, namun kerajinan kulit kerang menjadi salah satu kerajinan Indonesia yang laku di luar negeri, loh!

Bahkan kabarnya, kerajinan satu ini sudah berhasil menembus pasar Eropa. Bentuk dari kerajinan kerang sendiri ada sangat banyak, mulai dari hiasan kulit kerang, pernak-pernik hasil laut maupun fosil kerang laut.

Melansir dari merdeka.com, hiasan kulit kerang yang diolah menjadi sendok dan mangkok oval saja, dibanderol dengan harga yang fantastis, yaitu sekitar Rp10 juta.

Sementara, fosil kerang laut jenis nautilus dengan diameter sekitar 21 cm, dibanderol dengan harga Rp35 juta.

Semua kerajinan kulit kerang tersebut, rata-rata dibanderol dengan harga yang sangat fantastis.

Meski begitu, namun kerajinan ini tetap diminati banyak masyarakat, baik lokal maupun internasional, karena memiliki penampilan yang sangat cantik dan menawan.

Adapun beberapa masyarakat luar negeri yang sangat tertarik dengan kerajinan Indonesia satu ini, yaitu Jerman, Korea, Tiongkok, Belanda dan Jepang.

8. Lukisan tenun

Kerajinan Indonesia yang Laku di Luar Negeri - Lukisan tenun

Selain tujuh kerajinan di atas, lukisan tenun juga menjadi salah satu jenis kerajinan Indonesia yang laku di luar negeri.

Hal itu karena, lukisan tenun ini menggunakan potongan-potongan kain tenun sebagai bahan utama pembuatan lukisannya.

Berbeda dengan lukisan lainnya, yang umumnya menggunakan cat sebagai bahan untuk melukis.

Karena pada dasarnya, lukisan tenun atau yang kerap disebut colaste ini, merupakan karya seni yang memadukan seni foto kolase dengan pertenunan.

Uniknya kerajinan yang dimiliki Indonesia satu ini, membuatnya berhasil menembus pasar Malaysia, Beijing dan Shanghai.

9. Anyaman bambu

Kerajinan Indonesia yang Laku di Luar Negeri - Anyaman bambu

Kerajinan Indonesia yang laku di luar negeri terakhir adalah anyaman bambu. Seperti yang diketahui, beberapa produk anyaman bambu biasanya berbentuk perabot rumah tangga seperti tudung saji dan kursi.

Namun tidak hanya itu, karena beberapa aksesoris rumah pun ternyata banyak dibuat dari anyaman bambu.

Hal tersebut dikarenakan, produk-produk yang terbuat dari anyaman bambu umumnya lebih kuat dan tahan lama.

Bukan hanya itu saja, tetapi produk-produk anyaman bambu juga memiliki bentuk yang unik dan berkarakter.

Hal itulah yang kemudian mencuri perhatian masyarakat Indonesia, maupun masyarakat atau wisatawan asing.

(Baca Juga: Kerajinan dari Sabut Kelapa)

Beberapa kerajinan Indonesia yang laku di luar negeri sudah kamu ketahui di pembahasan sebelumnya. Bagaimana, sangat banyak bukan kerajinan unik dan menarik milik Indonesia?

Semua kerajinan tersebut tentunya tidak hanya memiliki tampilan visual yang menarik, tetapi juga berkualitas tinggi.

Jika di antara kamu ada yang tertarik untuk memiliki salah satu dari semua kerajinan tersebut, kamu bisa langsung membelinya menggunakan kartu kredit.

Pasalnya, harga yang dibanderol sebagian besar kerajinan tersebut sangat mahal, bahkan ada yang mencapai puluhan juta rupiah.

Nah dengan menggunakan kartu kredit, kamu tetap bisa membelinya meskipun tidak memiliki dana yang besar.

Dan dengan menggunakan kartu kredit juga, kamu juga bisa membayar tagihannya dengan cara dicicil sesuai kemampuan finansial.

Maka dari itu, buat kamu yang hingga saat ini belum memiliki kartu kredit, bisa segera mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk kartu kredit yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan kartu kredit terbaikmu sekarang juga!