KPR Ini Bantu Miliki Hunian Idaman, Apa Saja? Cek di Sini!

7 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Sepertinya tidak dapat dipungkiri bahwa KPR bantu miliki hunian idaman bagi setiap orang, khususnya untuk mereka yang memiliki kondisi finansial pas-pasan. Walaupun sudah banyak orang yang memiliki pengetahuan cukup tentang KPR, namun sepertinya juga cukup banyak masyarakat awam yang belum mengetahuinya.

KPR beriut bantu miliki hunian idaman

Oleh karena itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas lebih dalam lagi tentang hal-hal mengenai KPR itu sendiri. KPR berikut bantu miliki hunian idaman, apa sajakah?

Apa itu KPR?

KPR merupakan sebuah fasilitas pinjaman dana untuk masyarakat yang ingin membeli rumah, apartemen, maupun jenis properti lainnya dengan cara mencicil dan menjadikan properti tersebut sebagai jaminan.

Untuk bisa mengambil KPR, maka kamu diharuskan untuk membayar DP atau uang muka terlebih dahulu agar pembiayaan dari bank tidak akan sepenuhnya 100 persen dari harga pembelian. Sementara itu, BI menentukan bahwa DP KPR minimum sebesar 10 persen dari harga beli properti.

(Baca Juga: Tips Aman Melakukan KPR)

Setelah pengajuan KPR kamu disetujui dan telah membayar DP, maka kedepannya kamu diharuskan untuk membayar cicilan pinjaman dengan angsuran setiap bulan selama tenor yang telah disepakati oleh kedua belah pihak, yaitu kamu sebagai pemohon dan pihak bank yang memberikan permohonan.

Jenis-jenis KPR

Adanya KPR ini jelas sangat membantu masyarakat yang ingin memiliki rumah namun dengan dana yang terbatas. Hanya saja, apabila pengajuan KPR mu disetujui, maka pihak bank memiliki hak atas properti tersebut sampai kamu selesai melunasinya. Tetapi, kamu tak perlu khawatir karena terdapat tiga jenis permohonan KPR yang sejatinya bisa kamu jadikan pilihan lho, yaitu:

KPR Subsidi

  • Ditujukan bagi masyarakat yang memiliki penghasilan di bawah UMR daerah.
  • Bisa dimanfaatkan untuk pembangunan maupun renovasi rumah.
  • Agar adil dan tepat, maka kredit satu ini diatur oleh pemerintah, sehingga akan sangat terlihat apakah seseorang layak mendapatkan KPR subsidi atau tidak.
  • Suku bunga lebih rendah dibandingkan jenis KPR lainnya. Selain itu, DP juga relatif lebih terjangkau.

KPR Non-Subsidi

  • Jenis KPR yang paling umum dan ditujukan bagi seluruh lapisan masyarakat.
  • Syarat dan ketentuan diatur dan dipegang oleh setiap bank yang bersangkutan, termasuk besaran kredit dan suku bunga yang dibebankan.
  • Memiliki subsidi namun dalam bentuk suku bunga.
  • Bebas pajak.

KPR Syariah

  • Menggunakan Prinsip Akad Murabahah (Jual-Beli)

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mengajukan KPR

Perlu diketahui bahwa setiap bank menerapkan persyaratan dan ketentuan yang berbeda-beda untuk para pemohon. Maka dari itu, sebelum memilih tempat yang sesuai dalam mengajukan KPR untuk membantu memiliki hunian idaman, ada baiknya jika kamu turut mengetahui tentang beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengajukan KPR, yaitu sebagaimana berikut ini:

  • Menentukan Properti

Hal pertama, jelas kamu harus menentukan bentuk properti seperti apa yang diinginkan, termasuk lokasi yang strategis serta akses transportasi yang baik. Disarankan untuk memilih lokasi yang paling dekat dengan tempat kerja agar kamu tidak akan menghadapi kesulitan ketika harus bermobilitas.

Selain itu, perhatikan pula fasilitas yang ada, mulai dari ketersediaan transportasi umum, jarak ke jalanan besar, stasiun terdekat, hingga fasilitas lainnya yang sekiranya dibutuhkan untuk mendukung aktivitas sehari-hari, seperti supermarket, tempat ibadah, sekolah, dan lain-lain.

  • Memilih Bank yang Tepat

Seperti yang telah sedikit dibahas sebelumnya bahwa setiap bank pada umumnya menerapkan persyaratan dan ketentuan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pastikan bahwa kamu memilih bank yang paling sesuai dengan seluruh persyaratan dan ketentuan yang diterapkan. Jika memungkinkan, carilah bank yang menawarkan bunga rendah serta tidak terlalu sulit dalam memenuhi berbagai persyaratan yang diberikan.

Agar lebih mudah, kamu bisa mengajukan KPR di bank tempat kamu membuka rekening. Karena dengan begitu permohonan KPR yang kamu ajukan akan besar kemungkinannya untuk disetujui.

  • Menentukan Developer

Pastikan bahwa pengembang atau developer yang kamu pilih memang telah terbukti memiliki histori yang baik sebelumnya. Bukan bermaksud menakut-nakuti, hanya saja tak jarang peristiwa masyarakat yang mengalami kerugian karena salah memilih developer.

Jika ada, pilihlah developer yang memang melakukan kerjasama dengan bank tempat kamu ingin mengajukan guna meminimalisir hal-hal yang tak diinginkan. Selain itu, pilih juga developer dengan kualitas yang baik dan terpercaya serta memiliki izin untuk membangun proyek.

Bank Berikut Bantu Miliki Hunian Idaman, Apa Saja?

1. BCA

BCA - KPR Ini Bantu Miliki Hunian Idaman Apa Saja Cek di Sini

BCA sepertinya memang sudah sangat terkenal di masyarakat dari berbagai lapisan sebagai penyedia KPR terbaik. Mengapa? Salah satu alasannya adalah karena BCA memberikan suku bunga yang terbilang paling rendah dibandingkan lembaga keuangan lainnya.

Disamping itu, BCA juga mengeluarkan skema suku bunga yang inovatif sehingga bisa memberikan nasabah beberapa pilihan yang menurut mereka paling sesuai dengan kondisi finansial dan kemampuan.

Beberapa skema bunga yang diterapkan oleh BCA adalah:

  • FIX 1 – 2 tahun: Pelunasan Tanpa Penalti, yaitu kamu bisa mendapatkan suku bunga yang pasti selama 1 – 2 tahun pertama dan bebas penalti ketika menjelang pelunasan.
  • FIX 3 atau 5 tahun: Kepastian Nilai Suku Bunga, yaitu bunga tetap selama 5 tahun sehingga sangat cocok bagi kamu yang menginginkan kepastian dalam hal jumlah angsuran per bulannya. Ketika masa FIX selesai, maka KPR BCA akan memastikan bahwa bunga tetap stabil sehingga tidak akan memberatkan angsuran kamu.
  • FIX & CAP, yaitu kombinasi dalam memberikan kepastian suku bunga selama 5 tahun. Dengan ini, kamu akan diberikan kombinasi bunga yang tetap dan bunga maksimal.

Hanya saja, meskipun suku bunga tergolong rendah, mengajukan KPR di BCA sejatinya tidak semudah yang kita kira, karena persyaratan yang cukup banyak serta proses pengajuan yang membutuhkan waktu lama.

Tetapi, mungkin ini merupakan salah satu cara BCA agar dapat memilih nasabah pinjaman yang dianggap paling mumpuni dan menjaga kualitas portfolio agar bunga bisa tetap rendah.

2. Mandiri

Mandiri - KPR Ini Bantu Miliki Hunian Idaman Apa Saja Cek di Sini

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa jaringan yang dimiliki oleh Mandiri bahkan bisa mencapai pelosok Indonesia yang tentunya memberikan kemudahan bagi kamu yang tinggal di daerah namun tetap bisa menggunakan layanan dari bank milik pemerintah satu ini.

Mandiri KPR diberikan secara perorangan untuk membeli rumah tingga, apartemen, ruko, maupun rukan, dengan fitur sebagaimana berikut ini:

  • Mandiri Take Over, yaitu pembiayaan untuk pengambilalihan kredit dari KPR lembaga keuangan lain, dengan maksimum limit sebesar sisa pinjaman terakhir di bank asal atau limit baru yang disesuaikan dengan perhitungan bank.
  • Mandiri Top Up, yaitu penambahan limit Mandiri KPR yang telah berjalan setidaknya minimal satu tahun, asalkan status pembayaran berjalan lancer setidaknya selama enam bulan terakhir.
  • Mandiri Flexible, yaitu sistem pembayaran angsuran yang bersifat flexible sehingga memungkinkan memilih sendiri jangka waktu serta pembagian kredit atas properti yang dibeli.
  • Mandiri Angsuran Berjenjang, yaitu mempermudah karyawan dengan memberikan keringanan berupa penundaan pembayaran sebagian angsuran pokok sampai tahun ketiga. Kemudian pada tahun keempat, jumlah angsuran akan Kembali normal.

Salah satu keunggulan mengajukan KPR di bank Mandiri adalah, masa tenor yang terbilang sangat panjang, yakni mencapai 20 tahun. Oleh karena itu, hal ini jelas memberikan keringan bagi kamu yang masih memiliki gaji pas-pasan.

3. Permata

Permata - KPR Ini Bantu Miliki Hunian Idaman Apa Saja Cek di Sini

Mengajukan KPR di bank Pertama maka kamu akan diberikan dua pilihan, yaitu kredit dalam bentuk konvensional atau Syariah. Mengajukan KPR di bank Permata kamu bisa menikmati bunga hingga 0 persen dengan menambahkan saldo tabungan, yang mana saldo tabungan tersebut juga bisa digunakan untuk mengurangi jumlah pokok pinjaman sehingga kamu bisa mencicil dengan jumlah angsuran yang sama tetapi dengan tenor yang lebih cepat.

Permata Konvensional

  • PermataHome Ready Cash, yaitu fasilitas pinjaman flexible yang mana suku bunga dapat dibayarkan sesuai pemakaian serta pinjaman rekening Koran yang dapat ditarik setiap saat sesuai kebutuhan.
  • Permata Cicilan Tetap, yaitu fasilitas kredit dengan cicilan tetap yang mempermudah kamu dalam mengatur keuangan.

Permata Syariah

  • Permata iB MMQ, yaitu berupa pembiayaan dengan menggunakan konsep kepemilikan bersama antara bank dan nasabah. Namun, seiring dengan berjalannya angsuran yang dilakukan oleh nasabah, maka porsi kepemilikan properti untuk bank akan berkurang sementara porsi nasabah akan meningkat. Pada akhirnya, properti akan dimiliki sepenuhnya oleh nasabah.
  • Permata iB Murabahah, yaitu pembiayaan dengan prinsip jual-beli yang menyertakan harga pokok dan keuntungan (margin) yang telah disepakati. Selama masa cicilan, besaran angsuran tidak akan pernah berubah meskipun kondisi ekonomi sedang tidak menentu sekalipun.

4. BNI 46

BNI 46 - KPR Ini Bantu Miliki Hunian Idaman Apa Saja Cek di Sini

BNI memiliki layanan KPR yang disebut sebagai BNI Griya. BNI Griya itu sendiri merupakan fasilitas pembiayaan yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti pembelian, pembangunan atau renovasi, Top Up, Refinancing atau Take Over atas properti berupa rumah tinggal, villa, apartemen, kondominium, ruko, hingga tanah kavling.

Yang menjadi salah satu keunggulan dari BNI adalah, masa tenor yang tergolong sangat panjang, yaitu mencapai 25 tahun. Tak hanya itu, BNI juga menyediakan kredit untuk properti yang sudah kamu miliki lho, yang dinamakan sebagai BNI Griya Multiguna.

BNI Griya Multiguna pada nantinya akan diberikan pada masyarakat dengan agunan berupa properti siap huni dengan kepemilikan agunan atas nama pemohon atau pasangan pemohon, selama tidak ada perjanjian pisah harta.

(Baca Juga: Perbedaan KPR Subsidi dan Non-Subsidi)

Nah, agar kamu bisa lebih mudah mengajukan KPR, kamu juga bisa lho mengajukannya di CekAja.com. Karena, CekAja telah bekerjasama dengan sejumlah bank penyedia KPR bagi kamu yang membutuhkan. Melalui CekAja.com, kamu tak perlu lagi meluangkan waktu untuk keluar rumah karena sepenuhnya sudah bisa dilakukan secara online. Sangat praktis dan efisien, bukan?

Selain itu, di CekAja.com kamu bahkan juga bisa melakukan perbandingan tentang bank-bank mana saja yang sekiranya memiliki persyaratan dan ketentuan paling sesuai dengan apa yang kamu butuhkan. Jadi, yuk segera ajukan KPR mu hanya di CekAja.com.

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha