KTA Syariah Terdaftar OJK, Solusi Pinjam Dana Tanpa Takut Riba!

Sulit cari kredit tanpa agunan atau KTA syariah terdaftar OJK (Otoritas Jasa Keuangan)? Jangan khawatir, meski susah, tapi ada kok KTA syariah dari lembaga keuangan syariah atau dari bank dengan tajuk syariah.

KTA Syariah Terdaftar OJK, Solusi Pinjam Dana Tanpa Takut Riba!

Seperti yang diketahui, bahwa bank konvensional biasa, memiliki sistem “bunga” sebagai bentuk jasa atau imbalan, yang besarannya bisa disesuaikan dengan nilai dan tenor pinjaman.

Jika KTA syariah terdaftar OJK tidak menggunakan sistem bunga, lantas menggunakan apa?

Nah, untuk KTA dari lembaga keuangan syariah bisa memberikanmu pinjaman syariah bukan dengan sistem bunga, melainkan dengan bentuk bagi hasil, karena menganut sistem kemitraan.

Bahkan, sebelum dana dicairkan dari lembaga keuangan syariah, nasabah akan ditanyakan terlebih dahulu, terkait penggunaan pinjaman tersebut. Karena, harus dipastikan digunakan untuk hal-hal yang halal.

Perlu kamu ketahui juga, bahwa ada istilah lain di KTA syariah, yang tidak ada di KTA dari bank konvensional. Setidaknya ada tiga jenis perjanjian kredit, dalam pinjaman KTA syariah.

(Baca Juga: Mengenal Prinsip Dasar Bank Syariah)

Istilah yang Ada di KTA Syariah

  • Murabahah (jual-beli)
  • Ijarah (sewa)
  • Musyarakah (bagi hasil)

Selain itu, pinjaman KTA syariah terdaftar OJK juga memiliki keuntungan yang mencakup pembiayaan multiguna. Sehingga, tujuan pinjamannya harus jelas.

Seperti untuk modal bisnis, ibadah, renovasi rumah, bayar biaya pendidikan, sebagai tambahan biaya pernikahan, dana darurat pengobatan, dan lainnya.

Jadi, buat kamu yang lebih percaya dengan pinjaman dana berbasis syariah, bisa ajukan KTA syariah terdaftar OJK, yang akan dibahas di sini. Yuk, langsung saja, berikut deretan KTA syariah yang dilansir dari berbagai sumber.

KTA Syariah Terdaftar OJK

1. KTA Syariah Bank Permata

KTA Syariah Bank Permata - KTA Syariah Terdaftar OJK Solusi Pinjam Dana Tanpa Takut Riba

Produk KTA syariah terdaftar OJK yang pertama adalah Kta syariah Bank Permata. Seperti yang dikatakan sebelumnya, untuk pinjaman syariah, tidak menggunakan sistem bunga, dan KTA syariah ini menggunakan akad Murabahah dan Ijarah.

Bagaimana prosesnya? Adapun transaksi yang terjadi adalah nantinya pihak bank akan melakukan pembayaran ke pihak ketiga, selanjutnya kamu sebagai nasabah, membayar cicilannya ke bank.

Sehingga, kamu akan diminta pihak bank untuk menyertakan invoice atau tagihan, yang menjadi bukti pemesanan barang dan jasa.

Tidak hanya itu, pihak bank juga akan memintamu nomor rekening, bahkan nama vendor yang menjadi penyedia barang dan jasa yang bersangkutan.

Pasalnya, jika syarat tersebut tidak kamu lakukan, dimana hal tersebut bisa digunakan sebagai bukti pemesanan, maka otomatis pengajuan kreditmu bakal ditolak.

Jadi, ketika meminjam di KTA syariah Bank Permata, kamu tidak bisa seenaknya menggunakan dana untuk kepentingan yang tidak penting.

Maka tak heran, jika dana yang kamu pinjam di Permata iB Multiguna, pastinya akan lebih aman dan sesuai dengan keperluan.

Misalnya, kamu sedang membutuhkan untuk membeli peralatan untuk bisnis, senilai Rp20.juta.

Nah, nanti kamu bisa langsung berikan invoice-nya ke pihak bank, dan bank akan membayarkannya. Sehingga, kamu tidak akan dikirimi dana tunai yang ditransfer oleh bank.

Adapun keuntungan lain dari pinjaman KTA syariah Bank Permata iB Multiguna, yang bisa kamu nikmati adalah sebagai berikut:

  • Gak perlu membayar uang muka alias down payment
  • Margin: 1,15 persen perbulan atau 0,99 persen bagi nasabah lama Bank Permata
  • Maksimal tenor hingga tiga tahun

2. KTA Syariah Bank Mandiri

KTA Syariah Bank Mandiri - KTA Syariah Terdaftar OJK Solusi Pinjam Dana Tanpa Takut Riba

KTA syariah terdaftar OJK selanjutnya, yang bisa jadi alternatif adalah KTA syariah Bang Mandiri, atau BSM Implan.

Adapun BSM Implan ini merupakan produk pinjaman Mandiri Syariah, yang bisa diajukan tanpa menggunakan jaminan atau dengan menggunakan jaminan, namun dengan tujuan untuk:

  • Pembelian barang konsumer halal
  • Untuk renovasi rumah
  • Pinjaman dana pendidikan syariah

Nah, untuk kamu yang ingin mengajukan BSM KTA syariah Mandiri, bisa intip syarat berikut, karena pinjaman ini ditujukan kepada:

a. Karyawan tetap perusahaan yang jumlah karyawannya terbatas,
b. Karyawan yang di perusahaannya tidak ada koperasi karyawan, atau koperasi perusahaan belum berpengalaman dalam kegiatan simpan pinjam.

Pengajuan KTA BSM harus secara kolektif (oleh lebih dari 1 karyawan) karena pinjaman tersebut diberikan ke sekumpulan orang (bukan pinjaman perorangan).

Akad Pembiayaan Pinjaman Syariah Mandiri ada 2 yaitu:

  • Pinjaman untuk pembelian barang konsumer halal = Wakalah wal Murabahah (jual-beli)
  • Pinjaman untuk manfaat atau jasa = Wakalah wal Ijarah (sewa)

3. KTA Syariah Bank BRI

KTA Syariah Bank BRI - KTA Syariah Terdaftar OJK Solusi Pinjam Dana Tanpa Takut Riba

Alternatif atau solusi lainnya, jika dua KTA syariah terdaftar OJK di atas, belum sesuai dengan kebutuhan kamu, maka Bank BRI Syariah bisa dijadikan pilihan.

Bank BRI syariah ini memiliki produk pinjaman syariah bernama Kepemilikan Multi-Faedah (KMF).

Adapun produk ini dibuat untuk memberikan fasilitas pembiayaan barang atau jasa, dengan menggunakan prinsip murabahah (jual beli) atau ijarah (sewa menyewa).

Apa saja hal-hal yang bisa dibiayai oleh KMF pinjaman BRI Syariah tanpa agunan tersebut?

Pembelian barang:

  • Perabotan rumah tangga
  • Elektronik
  • Kendaraan roda 2 non-niaga
  • Renovasi rumah
  • Konsumtif lain selain tanah / bangunan / mobil yang tidak bertentangan dengan syariah

Jasa

  • Jasa pendidikan
  • Kesehatan
  • Wisata Muslim
  • Jasa lain yang tidak bertentangan dengan prinsip syariah

Take over pembiayaan Multiguna / Multi Jasa dari Bank Konvensional

Bagaimana dengan Akad Pembiayaannya:

  • Pinjaman untuk pembelian barang konsumer halal = Wakalah wal Murabahah (jual-beli)
  • Pinjaman untuk manfaat atau jasa = Wakalah wal Ijarah (sewa)

(Baca Juga: Tanpa Riba, Cek Pinjaman Online Syariah Terbaik Ini)

Nah, itu dia beberapa informasi terkait pilihan KTA syariah terdaftar OJK, jika kamu kesulitan mencari pinjaman, namun tanpa adanya riba.

Jadi, jangan sampai salah mengajukan ya, karena dari sistemnya juga beda. Jangan sampai, kamu tiba-tiba diminta tagihan dengan bunga.

Namun, jika menurutmu pinjaman KTA di bank konvensional, bisa lebih membantu kebutuhanmu, tidak ada salahnya.

Jika masih bimbang, kamu bisa cek, lihat-lihat informasi, syarat dan ketentuan, serta membandingkan produk, bahkan sekaligus mengajukan secara online, melalui CekAja.com.

CekAja.com di sini bisa membantu kamu, untuk mendapatkan produk KTA, yang paling tepat dengan kebutuhan dan kondisi ekonomi kamu.

Jadi, CekAja.com akan melayani sampai kamu dapat produk KTA yang tepat. Yuk, tunggu apa lagi? Kunjungi segera situs CekAja.com dan pilih produk KTA terbaik!