Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Kunci Bisnis Online Sukses! Hindari 5 Penyebab Kebangkrutan Ini

by Miftahul Khoer on 1 April, 2020

Peluang bisnis online di tengah pandemi corona semakin terbuka lebar. Sebab, kini hampir semua orang memilih untuk berbelanja lewat online karena terbatasnya ruang gerak. Tapi jangan salah lho, persaingan pun kini semakin ketat. Jika kamu tidak pintar-pintar dalam mengelola bisnis tersebut, bisa-bisa karam di tengah jalan. 

Penyebab Kebangkrutan dalam Berbisnis

Sebelum berusaha untuk meningkatkan penjualan bisnis online milikmu, ketahui terlebih dulu apa saja faktor yang sering membuat suatu bisnis terpaksa gulung tikar. Dengan begitu, kamu bisa menghindarinya dan fokus menjalankan bisnis secara jangka panjang. Ketahui 5 penyebab kebangkrutan bisnis online berikut ini:

1. Kualitas produk jelek

Setiap konsumen akan selalu berprinsip sama, ingin produk yang bagus dengan harga yang relatif murah. Namun, perhatikan juga kualitas produk jualanmu. Bayangkan jika kompetisi sudah semakin tinggi, namun tidak diimbangi dengan kualitas produk yang berkualitas. Alhasil, produkmu jadi tersingkirkan oleh toko lain. 

Biasakan mengedepankan kualitas di atas segalanya. Apalagu kalau produkmu itu makanan atau pakaian yang notabene paling terlihat kalau jelek sedikit. Konsumen online kini sudah lebih cerdas dan berhati-hati dalam memilih barang mana yang berkualitas atau cuma ‘kaleng-kaleng’.

2. Foto produk tidak maksimal

Kesalahan fatal yang biasa dilakukan pebisnis online, umumnya mereka juga luput untuk memperhatikan foto produk. Padahal hal ini sangat penting untuk memberi first impression terbaik kepada calon konsumen. Sementara bisnis online ini adalah permainan citra, bagaimana foto tersebut bisa menggoda calon pembeli.

Kalau memang tak ada budget untuk menyewa fotografer, gunakan smartphone atau kamera profesional yang lebih bagus. Tentu jenis kamera akan sangat mempengaruhi kualitas foto. Selanjutnya, pertajam skill dalam memotret produk. Lihat referensi foto produk dari website seperti Pinterest sebagai inspirasi angle dan style. Gunakan juga properti pendukung seperti backdrop, alas, sampai tanaman hias agar hasil foto semakin terlihat catchy.

(Baca Juga: KTA Digibank, Sumber Pembiayaan Untuk Modal Bisnismu)

3. Kurang promosi

Bisnis online tak berarti membuatmu cuma duduk manis menunggu konsumen bermunculan. Tetap saja perlu usaha untuk mempromosikannya secara jor-joran. Apalagi di tengah persaingan yang semakin ketat, giat promosi sudah menjadi keharusan. Selain rajin membuat psotingan agar calon pembeli noticed, kamu juga bisa menggunakan media promosi seperti iklan di Google AdWords atau Instagram Ads. Manfaatkan juga fasilitas lapak gratis dari berbagai marketplace yang kini sangat membantu dalam memasarkan bisnis online seseorang dengan jangkauan lebih luas.

4. Tidak melakukan riset

Penyebab kegagalan dalam bisnis online ini biasanya juga akibat kurang riset.  Riset yang dimaksud di sini adalah mencari informasi-informasi mengenai segala hal tentang bisnis online. Salah satunya riset pasar, hal ini sangat dibutuhkan untuk membidik  calon-calon konsumenmu. Faktor kegagalan biasanya karena penjual tidak memahami apa yang diinginkan dan yang dibutuhkan konsumen; apa yang sedang hype, apa yang paling banyak dicari, merk apa yang tengah digandrungi. Mengikuti kemauan pasar merupakan salah satu strategi bisnis agar selalu bertahan dan menarik banyak konsumen.

5. Tidak inovatif

Bisnis online itu sifatnya dinamis. Sama halnya dengan persaingan yang sudah semakin ketat, selalu ada perkembangan di segala sisi. Para pelaku usaha yang baru kerap mencari cara agar bisa bersaing dengan pemain lama, sehingga kamu harus melakukan hal yang sama. Tentu saja jika seorang pebisnis online tidak melakukan inovasi-inovasi, bakal terlindas dan terkalahkan oleh pebisnis yang lain.  

Ada beragam macam inovasi yang bisa kamu gali. Misalnya kamu bisa ulik dari sisi teknologi website, inovasi dalam hal cara pemasaran, atau mengubah gaya berkomunikasi dengan konsumen. Contoh inovasi misalnya teknologi website AMP (Accelerate Mobile Page), cara berkomunikasi dengan konsumen melalui WhatsApp dan Facebook Messenger.

Nah, itulah 5 penyebab yang sering kali membuat bisnis online cepat ambruk alias mengalami kebangkrutan. Semoga bermanfaat dan lancar terus ya bisnisnya.

Butuh modal untuk membangun bisnis yang sudah kamu impikan selama ini? Wujudkan hanya dengan fasilitas KTA (Kredit Tanpa Agunan) dari Permata Bank. Nantinya kamu berhak atas pinjaman dana hingga Rp300 juta. Tunggu apa lagi, apply sekarang juga melalui CekAja.com!

(Baca Juga: Peluang Bisnis Makanan Sehat di Tengah Pandemi Corona)

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.