Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Peluang Bisnis Makanan Sehat Di Tengah Penyebaran Pandemi Virus Korona

by Teti Purwanti on 31 Maret, 2020

Saat ini dunia sedang dihebohkan dengan penyebaran virus korona yang telah merebak ke hampir seluruh dunia.

bisnis makanan sehat

Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian.

Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang lebih dikenal dengan nama virus Corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia.

Virus ini mudah menyebar pada orang yang memiliki daya tahan tubuh kurang optimal. sehingga imunitas tubuhnya menurun. Oleh karena itu, guna meningkatkan daya tahan tubuh, perlu pola makan dan asupan makanan yang sehat.

Terkait makanan sehat, saat ini bisnis penyediaan makanan sehat memiliki peluang yang cukup besar karena permintaan akan makanan sehat di masyarakat tengah meningkat.

Kesadaran hidup sehat meningkat

Kesadaran masyarakat untuk menerapkan gaya hidup sehat kian meningkat, terlebih lagi di tengah penyebaran virus saat ini. Salah satu cara penerapan gaya hidup sehat adalah dengan mengurangi makanan cepat saji dan menggantinya dengan menu makanan yang lebih sehat.

Akan tetapi, mempersiapkan makanan sehat membutuhkan waktu lebih lama karena tidak bisa disiapkan dalam waktu instant. Kondisi ini seringkali menjadi kendala orang yang ingin menerapkan gaya hidup sehat.

Namun, sesungguhnya keterbatasan waktu yang dimiliki orang untuk mempersiapkan menu makanan sehat sesungguhnya adalah peluang bisnis untuk kamu yang memang tertarik berbisnis penyediaan makanan sehat.

Peluang bisnis penyediaan makanan sehat terus berkembang pesat. Sehingga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah apabila kamu bisa memanfaatkan peluang tersebut.

Potensi bisnis di bidang ini masih sangat besar. Karena pemain yang berbisnis dalam penyediaan makanan sehat masih belum terlalu banyak.

Kondisi ini sangat berbeda pada bisnis makanan cepat saji yang pemainnya sudah sangat banyak baik dalam bentuk kedai, ataupun restoran. Karena segmen pasar untuk makanan cepat saji memang sangat luas.

Segmen pasar untuk makanan sehat memang tidak sebesar makanan cepat saji, namun memiliki kebutuhan yang besar pada penyediaan makanan sehat. Sehingga biasanya mereka rela untuk mengeluarkan uang lebih banyak selama bisa mendapatkan pasokan menu makanan sehat untuk bisa menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh, terlebih pada kondisi saat ini.

Langkah memulai bisnis makanan sehat

Sebagaimana memulai bisnis pada umumnya, memulai bisnis makanan sehat juga tidak mudah, walau terdengar sederhana. Perlu tips dan trik dalam memulai bisnis makanan sehat agar bisa menghasilkan keuntungan. Beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum memulai bisnis ini adalah:

Mengamati minat masyarakat

Kamu perlu mengamati minat masyarakat dan pasar yang dituju untuk memasarkan menu makanan sehat, khususnya terkait segmentasi pasar.

Segmentasi pasar merupakan kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda.

Contoh dalam melakukan segmentasi pasar adalah apabila kamu memilih untuk menjual makanan sehat (catering) dengan harga murah, maka akan terdapat pasar yang sangat luas.

Kamu harus memikirkan bagaimana cara agar pasar bisa mengenal makanan sehat yang kamu produksi dan mengetahui apa bedanya dengan makanan sehat lainnya.

Kemudian, apabila kamu memilih untuk menjual makanan sehat spesifik seperti granola, maka kamu harus menentukan kira-kira siapa orang yang mau dan mampu membelinya untuk menentukan segmen pasar.

Setelah menentukan pasar, maka kamu perlu menentukan produk atau jasa yang ingin dijual. Jika sudah menentukan produk yang dijual adalah makanan sehat, maka makanan sehat seperti apa yang akan kamu jual?

Kamu tidak perlu ragu melakukan riset untuk mengetahui minat masyarakat. Sehingga bisa meminimalisir kegagalan dalam bisnis makanan sehat ini.

Susun rencana keuangan dan sumber pendanaan

Dalam memulai bisnis, tentu permodalan merupakan aspek yang sangat penting, khususnya pada sumber pendanaan itu sendiri.

Kamu perlu membuat perencanaan yang matang dalam menghitung jumlah dana yang dibutuhkan, mulai dari investasi awal hingga biaya operasional setelah usaha kamu berjalan.

Terkait sumber pembiayaan, ada banyak alternatif yang bisa kamu optimalkan, baik melalui dana simpanan sendiri, ataupun pinjaman dari lembaga keuangan yang bisa kamu ajukan untuk mendapatkan tambahan permodalan.

Selain itu, kamu juga perlu untuk mengetahui cara memaksimalkan dana yang ada menjadi penghasilan yang menguntungkan. Sehingga bisa membuat investor ataupun pemilik dana tertarik untuk berinvestasi pada usaha yang kamu rintis.

Strategi yang matang sangat diperlukan dalam bisnis. Karena sebagai pebisnis pasti bisa mengalami kegagalan apabila tidak diiringi dengan perencanaan keuangan yang baik.

Oleh karena itu, kamu perlu membuat perencanaan keuangan serta memantau kondisi keuangan secara berkala.

Buat strategi dalam menentukan harga jual

Harga merupakan salah satu daya tarik bisnis. Oleh karena itu, kamu juga perlu melakukan riset pasar untuk bisa menentukan harga jual produk makanan sehat yang akan kamu jual.

Penetapan harga jual yang pas sangat diperlukan agar kamu tidak kalah dari para pesaing yang juga memiliki bisnis serupa. Dalam menentukan harga jual, ada beberapa faktor yang perlu menjadi pertimbangan, antara lain bahan baku yang digunakan, jumlah bahan baku yang digunakan per porsi, kualitas bahan baku yang digunakan, pasar yang disasar, keuntungan yang diharapkan, dan harga pesaing sejenis, serta faktor penetapan harga lainnya.

Rencanakan strategi promosi yang tepat

Pemasaran yang direncanakan dengan baik melalui strategi promosi yang tepat juga bisa menjadi faktor yang menentukan kesuksesan bisnis. Seenak dan sesehat apapun makanan yang kamu produksi, apabila tidak diimbangi dengan strategi pemasaran dan promosi yang tepat, maka akan sia-sia. Karena masyarakat tidak akan mengenalinya. Sehingga penjualan pun seret.

Oleh karena itu, dalam menjalani bisnis makanan sehat jangan pernah mengabaikan strategi pemasaran dan juga promosi, terlebih saat ini sudah banyak media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk bisa melakukan pemasaran produk, seperti melalui Instagram, Facebook, Twitter, ataupun media sosial lainnya.

Perkembangan internet yang aksesnya sudah meluas dan cepat juga sangat membantu dalam melakukan pemasaran yang efektif dan efisien. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan marketplace untuk memperluas jaringan pemasaran. Sehingga bisa lebih dikenal publik secara luas dan cepat.

Kamu juga bisa memanfaatkan layanan pemasaran pada aplikasi transportasi online untuk pemasaran produk, sekaligus juga memanfaatkan jasa transportasi online sebagai jasa pengiriman produk yang kamu jual kepada pembeli.

Untuk membuat strategi pemasaran yang efektif dan lebih luas, kamu juga bisa membuat blog sederhana melalui berbagai situs blog gratisan yang ada, untuk memasarkan produk, termasuk menampilkan testimoni dari pembeli, penjelasan produk, dan informasi lain yang relevan dengan produk yang kamu jual.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan teknik pemasaran yang lebih menyeluruh seperti memanfaatkan SEO (Search Engine Optimization) dalam situs pencarian seperti Google.

Dengan memahami SEO, secara tidak langsung kamu mempermudah pencarian produk kamu di dunia maya Jangan lupa juga menjalankan strategi pemasaran konvensional seperti memasang spanduk unik dengan disertai gambar di depan lokasi usaha, membagikan brosur, serta membuat program promosi yang menarik.

Contoh menu makanan sehat

Kamu bisa menjual menu-menu makanan sehat yang memiliki tampilan menarik serta cita rasa nikmat, namun tetap mengutamakan kesehatan. Menu-menu yang bisa kamu produksi antara lain:

Salad Buah

Buah-buahan memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan. Karena mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab berbagai penyakit.

Kamu bisa memanfaatkan bahan dasar buah-buahan untuk mengawali bisnis kuliner sehat yang ingin kamu bangun. Selain jus buah, kamu bisa mencoba bisnis salad buah.

Sediakan pilihan buah yang beragam dengan dressing ataupun topping yang bervariasi untuk menarik minat pelanggan. Misalnya, aneka buah-buahan yang dipotong dadu disiram dengan mayones, susu kental manis, juga parutan keju di atasnya.

Aneka Puding

Menu pudding bisa menjadi salah satu produk yang bisa kamu pasarkan. Karena sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia.

Makanan sejenis jelly yang ditambahkan dengan susu ini biasanya dikonsumsi sebagai makanan penutup. Mengkonsumsi puding sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat puding juga mudah ditemukan di pasaran dengan harga yang relatif terjangkau.

Kamu tinggal bermain dengan rasa dan juga bentuk dari puding yang bervariasi untuk menarik perhatian konsumen. Selain itu, kamu harus pintar-pintar mengatur kapasitas produksi yang disesuaikan dengan permintaan konsumen, mengingat puding tidak bisa bertahan lama.

Kreasi ubi jalar manis

Sama halnya dengan singkong, ubi jalar menjadi makanan yang tidak banyak diminati oleh masyarakat. Padahal kandungan gizi dan juga harganya yang murah sangat potensial untuk dijadikan peluang usaha kuliner sehat yang menguntungkan.

Oleh karena itu, agar tampilan ubi jalar lebih menarik untuk dilirik calon pelanggan, sebaiknya kamu mengkreasikannya menjadi sajian kuliner yang tidak biasa. Sehingga menggoda selera pembeli.

Kamu bisa menggunakan ubi merah sebagai bahan dasarnya, kemudian usung konsep ubi merah panggang dengan varian topping yang beragam.

(Baca Juga: Kuy Kepoin Peluang Bisnis Thrift Store Buat Nambah Cuan)

Untuk topping-nya, usahakan kamu menggunakan bahan-bahan yang juga menunjang kesehatan seperti buah-buahan dan sayuran segar atau asupan protein seperti telur, serta ditaburi dengan bumbu-bumbu khas untuk menambah selera.

Selain menu-menu makanan di atas, masih banyak menu makanan sehat lain yang bisa kamu buat dan pasarkan dalam bisnis penyediaan makanan sehat, antara lain dengan membuat kreasi dari susu dan yogurt, serta varian menu makanan berbahan dasar buah dan biji-bijian.

Penyediaan menu makanan sehat sangat layak untuk dijadikan bidang bisnis yang ditekuni. Karena minat masyarakat akan gaya hidup sehat semakin meningkat.

Tentang Penulis

Teti Purwanti

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.