Info Lengkap Jenis, Syarat dan Cara Pengajuan KUR Mandiri 2022!

Tengah merancang ide atau pengembangan bisnis? Program KUR Mandiri ini bisa kamu manfaatkan untuk tambahan modal loh! Berikut info lengkap mengenai syarat dan cara pengajuannya.

Info Lengkap Jenis, Syarat dan Cara Pengajuan KUR Mandiri 2022!

Menjadi salah satu bank terbesar di Indonesia dengan banyaknya nasabah yang dimiliki, Bank Mandiri selalu menciptakan produk perbankan yang beragam, salah satunya KUR Mandiri.

Berbeda dari pinjaman yang digunakan untuk keperluan konsumtif, program KUR Mandiri diberikan khusus untuk membantu kemajuan UMKM di Indonesia.

Kredit Usaha Rakyat dari Bank Mandiri ini, kamu bisa mengajukan pembiayaan modal kerja perseorangan skala UMKM yang produktif dan layak namun belum memiliki dana yang cukup.

5 Jenis Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mandiri

Program KUR Mandiri dibedakan menjadi beberapa jenis yang memiliki target market berbeda serta keunggulan dan kelemahannya masing-masing.

1. KUR Super Mikro

Program KUR Mandiri pertama ada KUR Super Mikro yang memberikan limit kredit maksimal hingga Rp10 juta.

Limit tersebut bisa kamu ajukan dengan maksimal jangka waktu pelunasan 3 tahun untuk Kredit Modal Kerja (KMK) dan 5 tahun untuk Kredit Investasi (KI).

2. KUR Mikro

Program KUR Mikro ini bisa kamu ajukan untuk kamu yang membutuhkan dana di atas Rp10 juta, dengan maksimal limit Rp50 juta per debitur.

Untuk jangka waktu pelunasan jika kamu mengajukan pinjaman KUR Mikro yaitu 3 tahun untuk Kredit Modal Kerja (KMK) dan 5 tahun untuk Kredit Investasi (KI)

3. KUR Kecil

KUR Mandiri yang selanjutnya adalah KUR Kecil dengan limit kredit di atas Rp50 juta dengan maksimal Rp500 juta per debitur.

Dengan jangka waktu pelunasan maksimal selama 4 tahun untuk Kredit Modal Kerja (KMK) dan 5 tahun untuk Kredit Investasi (KI).

4. KUR Penempatan TKI

Pinjaman yang satu ini dikhususkan bagi calon tenaga kerja Indonesia dengan limit maksimal Rp25 juta dengan jangka waktu sesuai masa kontrak kerja namun tidak lebih dari 3 tahun.

5. KUR Khusus

Program KUR Mandiri terakhir yaitu KUR Khusus yang memberikan limit sampai dengan Rp500 juta. Pinjaman ini diberikan kepada kelompok yang akan dikelola bersama dalam bentuk klaster dengan mitra usaha untuk komoditas.

Seperti komoditas perkebunan rakyat dan peternakan rakyat serta perikanan rakyat, industri usaha mikro, kecil, dan menengah, atau komoditas sektor produktif lain yang bisa dikembangkan menjadi KUR Khusus.

Adapun untuk jangka waktu pelunasan KUR Khusus yaitu maksimal 4 tahun untuk Kredit Modal Kerja (KMK) dan 5 tahun untuk Kredit Investasi (KI).

(Baca juga: Cara Memperoleh KUR Online di BNI dan BRI Terbaru)

Persyaratan Penerima Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Jika tertarik untuk mengajukan KUR Mandiri, terdapat beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi sebagai penerima Kredit Usaha Rakyat, diantaranya sebagai berikut:

  • Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah
  • Anggota keluarga dari karyawan atau karyawati yang berpenghasilan tetap atau bekerja sebagai pekerja migran Indonesia
  • Pekerja migran Indonesia yang pernah bekerja di luar negeri
  • Memiliki usaha yang ada di wilayah perbatasan dengan negara lain
  • Pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS), Tentara Nasional Republik Indonesia dan Kepolisian Indonesia dan/atau pegawai pada masa persiapan pensiun
  • Kelompok Usaha Mikro, Kecil dan Menengah yang meliputi Kelompok Usaha Bersama (KUBE), Gabungan Kelompok Tani dan Nelayan (Gapoktan) atau kelompok usaha lainnya
  • Pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK)
  • Calon peserta magang di luar negeri
  • Ibu rumah tangga

Persyaratan Dokumen

Selain persyaratan di atas, kamu juga perlu melengkapi persyaratan lain berupa dokumen yang berbeda di setiap jenis KUR Mandiri, diantaranya:

1. KUR Super Mikro, KUR Mikro, KUR Kecil, dan KUR Khusus

  • Nomor Induk Berusaha (NIB) atau Surat Keterangan Usaha Mikro dan Kecil yang diterbitkan oleh RT/RW, kelurahan/desa, atau pejabat yang berwenang dan/atau surat keterangan yang dipersamakan lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang undangan
  • Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang dibuktikan dengan kartu identitas berupa e-KTP atau Surat Keterangan Pembuatan e-KTP
  • NPWP untuk limit diatas Rp50 juta
  • Fotocopy Kartu Keluarga
  • Fotocopy Surat/Akta Nikah/Cerai (untuk calon debitur yang sudah menikah atau cerai)

2. KUR Penempatan Tenaga Kerja Indonesia

  • Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang dibuktikan dengan kartu identitas berupa e-KTP atau Surat Keterangan Pembuatan e-KTP
  • Perjanjian penempatan Pekerja Migran Indonesia yang ditempatkan oleh pelaksana penempatan tenaga kerja dan/atau tenaga magang Indonesia
  • Perjanjian Kerja dengan pengguna bagi Pekerja Migran Indonesia baik yang ditempatkan oleh pelaksana penempatan tenaga kerja dan/atau tenaga magang Indonesia, Pemerintah atau Pekerja Migran Indonesia yang bekerja secara perseorangan
  • Fotocopy Kartu Keluarga
  • Fotocopy Surat/Akta Nikah/Cerai (untuk calon debitur yang sudah menikah atau cerai)

Cara Pengajuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mandiri

Setelah mengetahui persyaratan apa saja yang harus kamu lengkapi, kamu bisa segera mengajukan KUR Mandiri dengan cara sebagai berikut:

1. Lengkapi Persyaratan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk mengajukan KUR Mandiri tentunya menyiapkan berkas permohonan sesuai dengan persyaratan jenis KUR yang akan kamu ajukan.

2. Ajukan Permohonan ke Cabang Mandiri Terdekat

Selanjutnya kamu bisa mengunjungi cabang Bank Mandiri terdekat yang ada di wilayah tempat tinggalmu.

3. Verifikasi Berkas

Ketika sudah mengunjungi Bank Mandiri dan menjelaskan maksud kedatanganmu, pihak Bank akan melakukan verifikasi berkas yang kamu berikan.

4. Survei Kelayakan Pinjaman

Setelah berkas yang kamu berikan telah diverifikasi lengkap dan benar, pihak Bank Mandiri akan mengirimkan surveyor untuk pemeriksaan singkat guna memastikan apakah kamu layak untuk mendapat pinjaman atau tidak.

5. Tanda Tangan Kontrak

Apabila pihak Bank sudah memastikan kamu layak mendapatkan pinjaman dan berkas dokumen yang kamu berikan lengkap, pinjaman KUR yang kamu ajukan akan disetujui.

Kamu hanya perlu menunggu hingga dihubungi oleh pihak Bank Mandiri untuk melakukan tanda tangan kontrak kredit.

(Baca juga: Pinjaman Tanpa Minimal Gaji dengan Kredit Pintar, Begini Caranya!)

Ajukan Kredit dengan Agunan untuk Modal Usaha Melalui CekAja.com

Nah itu dia info lengkap mengenai KUR Mandiri yang dapat kamu ketahui mulai dari jenis, syarat, hingga cara pengajuannya.

Tidak perlu khawatir, jika kamu tidak masuk kedalam syarat penerimaan KUR Mandiri atau pinjaman KUR Mandiri mu tidak disetujui, kamu juga bisa mengajukan pinjaman melalui CekAja.com loh!

Terdapat berbagai produk pinjaman yang bisa kamu ajukan di CekAja.com, salah satunya adalah Kredit Dengan Agunan.

CekAja.com bekerjasama dengan beberapa mitra produk multifinance yang dapat kamu gunakan untuk mendapatkan pinjaman dana usaha dengan mudah dan cepat.

Kamu dapat menjaminkan barang atau aset berharga yang kamu miliki untuk mendapatkan pinjaman dana untuk bisnis yang akan kamu jalankan.

Kamu bisa memilih berbagai produk Kredit Dengan Agunan yang ada di CekAja.com mulai dari Adira Finance, BFI Finance, dan WOM Finance.

Tidak perlu bingung, kamu bisa membandingan produk pinjaman di atas dan pilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial mu, mudah kan?

Yuk, tunggu apalagi? Ajukan pinjaman Kredit Dengan Agunan melalui CekAja.com!