Lindungi Laptopmu Saat WFH dengan EI, Biar Tidak Bikin lelah Saat Bekerja

4 min. membaca Oleh CekAja on

Menjaga tubuh tetap fit dan tidak mudah lelah saat bekerja seharian memang bukan hal mudah. Apalagi bagi kamu yang sedang menjalankan puasa.

Aktivitas pekerjaan Work From Home alias WFH membuat kita tak bisa lepas dari laptop. Namun, bekerja menggunakan laptop ini juga perlu trik-trik khusus agar kamu bisa bekerja secara maksimal dan tidak mudah lelah.

7 Laptop Desain Grafis Terbaik 2020, Harga, dan Spesifikasinya

Ada banyak orang yang tidak maksimal ketika bekerja di rumah karena beberapa faktor, termasuk mudah lelah.

Salah satu faktor yang menyebabkan mudah lelah itu karena salah ketika menggunakan laptop.

Ditambah lagi dengan kurangnya fasilitas yang lengkap di rumah, seperti kursi dan meja kerja yang didesain secara khusus untuk kenyamanan kerja.

Oleh sebab itu, penting untuk kamu tahu cara untuk menggunakan laptop dengan secara tepat. Berikut 5 tips yang bisa kamu coba di rumah agar tubuh kamu tidak mudah lelah dan tetap produktif bekerja WFH.

(Baca juga: Intip Harga dan Spesifikasi Laptop ASUS 2020 Terbaru Khusus Gaming)

1. Letakkan laptop di atas meja

Letakkan laptop di atas meja untuk menghindari posisi yang tidak nyaman. Posisi tubuh kamu akan mengikuti posisi laptop. Jika kamu meletakkannya di atas meja, posisi laptop akan berdiri ajeg karena berada di atas permukaan yang rata.

Untuk menghindari posisi miring, jangan sampai kamu meletakkan laptop kamu di atas kasur atau di atas bantal.

Namun, ketika posisi laptop kamu di atas meja, kamu akan merasa suasana seperti bekerja di kantor. Ini untuk merefleksikan suasana kantor agar kamu bisa bekerja secara profesional sekalipun kamu berada di rumah.

Tentu saja kamu perlu memasang kursi yang sesuai dengan tinggi meja kamu.

2. Layar laptop sejajar dengan pandangan mata

Posisi pandangan mata dan posisi layar laptop yang sejajar ini kamu berfungsi untuk menjaga posisi tubuh kamu tetap tegak.

Artinya ketika posisi pandangan mata kamu dengan layar laptop sama tinggi, posisi tubuh kamu berada dalam posisi tegak dan normal.

Hal tersebut juga akan memberi kenyamanan pada saat mengetik. Selain itu juga berfungsi untuk menghindari posisi tubuh agar tidak bungkuk.

Sebab ketika bungkuk, otot-otot leher kamu akan tegang dan kamu akan cepat merasa pegal dan lelah.

3. Laptop mengarah ke jendela

Letakkan laptop kamu dengan posisi mengarah ke jendela. Posisi ini bertujuan untuk menghindari silau akibat pancaran cahaya langsung ke layar laptop kamu pada saat kamu bekerja.

Cahaya yang terlalu terang bisa membuat mata kamu kesulitan melihat dan sulit berkonsentrasi pada satu objek.

Diusahakan agar kamu juga bisa memasang tirai untuk mengatur cahaya yang masuk agar tidak terlalu terang. Jadi, duduklah menghadap ke jendela.

Untuk menghindari pantulan cahaya silau di meja, kamu juga bisa menggunakan penutup berupa taplak atau kain berwarna gelap.

4. Sandarkan telapak kaki

Untuk mendapatkan kenyamanan saat duduk di atas kursi, sebaiknya kedua telapak kaki bersandar atau bertolak pada lantai atau pada palang kursi atau meja yang ada di bagian bawah.

Jika telapak kaki kamu tidak sampai menyentuh lantai, gunakan alas lain agar kaki kamu tidak bergelantungan.

Jangan sampai kaki kamu bergelantungan, karena bisa menghambat peredaran darah di paha kamu. Usahakan agar telapak kaki kamu menekan benda atau menyentuh lantai.

Hal ini juga berfungsi agar ada tekanan aliran darah dari kaki menuju tubuh sehingga peredaran darah kamu tetap lancar. Pada saat aliran darah lancar, tubuh kamu akan tetap bugar dan tidak cepat merasa lelah.

5. Letakan dokumen sejajar layar

Ketika kamu melihat materi dari dokumen atau ipad. Biasakan untuk menaruh posisinya secara tepat. Jangan sampai kamu meletakkannya di atas meja dengan posisi horizontal.

Aturlah sedemikian rupa dokumen tersebut dengan posisi berdiri di samping laptop, sejajar dengan layar laptop guna mempermudah gerakan mata dan kepala untuk bergerak ke samping bukan ke atas bawah.

Sebab gerakan ke atas bawah ini bisa bikin leher kamu mudah pegal. Selain itu, ketika kamu melakukannya beberapa kali, mata kamu juga akan merasa lelah karena terus menerus bergerak ke atas dan ke bawah melihat dokumen yang kamu taruh di atas meja.

(Baca juga: Cara Cek Usia Laptop atau PC Termudah Buat Kamu yang Gaptek)

Lindungi Laptopmu dari kerusakan dengan EI

Saat tengah bekerja dari rumah alias WFH, penggunaan laptop menjadi lebih sering dari biasanya.

Untuk itu, perlu perhatian khusus agar kinerjanya bisa tetap maksimal. Kamu bisa melakukan perawatan rutin ataupun membersihkan perangkat kerasnya dengan mandiri.

Tetapi kadang, hal itu juga tidak cukup jika melihat waktu pemakaiannya yang terus menerus. Alhasil kamu harus membawanya ke tempat reparasi dan biasanya sudah pasti mahal.

Belum lagi jika dirumah, risiko terciprat air minum atau ketumpahan susu si kecil secara tidak sengaja, bisa membuat laptopmu rusak. Kamu bisa menggunakan electronic insurance dari Axa Mandiri.

Risiko terkena air merupakan hal yang paling sering terjadi. Jika sudah begitu, kamu harus mengganti satu set keyboard laptop. Belum lagi jika ternyata air masuk ke dalam dan mengenai perangkat keras.

Maka siap-siap dompet kamu bakal terkuras lebih dalam lagi. Tetapi dengan proteksi dari Axa Mandiri, kamu hanya perlu membayar premi setiap bulan dengan nilai pertanggungan maksimal senilai Rp25 juta.

Laptop kamu aman dari segala risiko terkena air, hilang karena dicuri, rusak karena jatuh dan jenis kerusakan yang tidak disengaja lainnya.

Selain itu, kantong kamu juga secara tidak langsung terlindungi, karena preminya murah lo, mulai dari Rp31.200. Kamu bisa ajukan di CekAja.com

Tentang kami

CekAja

CekAja