Lindungi Si Kecil Sejak Dini Dengan Asuransi Untuk Bayi

7 min. membaca Oleh Maria Nofianti on

Memiliki seorang anak adalah satu kebahagiaan yang akan dirasakan dalam sebuah hubungan rumah tangga dan pernikahan. Karena kehadirannya akan memberikan cinta dan cerita tersendiri dalam hidup kita. Oleh karena itu, menjaganya dan memberikan yang terbaik adalah satu kewajiban yang harus kita jalankan dengan baik, tanpa terkecuali.

Asuransi Untuk Bayi

Memang menjadi orang tua baru selalu menjadi hal yang menyenangkan bahagia sebagian besar orang. Melihat kehadiran buah hati yang sehat dan selamat seolah menghilangkan beragam kegelisahan yang muncul selama masa kehamilan.

Namun ternyata tak hanya bahagia saja yang dirasakan, karena menjadi orang tua baru artinya memikul banyak tanggung jawab dan peran baru juga dalam kehidupan kita yang sudah menjadi orang tua.

Kita akan mulai membiasakan diri dengan mengganti popok si kecil secara rutin agar bayi selalu nyaman, memberi makan si kecil setiap tiga jam dan dituntut untuk begadang saat si kecil mengajak main tengah malam, dan ini akan membuatmu tidak cukup tidur. Itu adalah beberapa tantangan biasa yang bisa dihadapi setiap orangtua.

Selain persyaratan pengasuhan ekstensif yang akan dibutuhkan oleh anak kamu yang baru lahir, bidang lain yang tidak boleh diabaikan oleh orang tua adalah kebutuhan untuk membeli polis asuransi yang tepat untuk bayi mereka.

(Baca Juga: Asuransi Syariah Keluarga, Yuk Proteksikan Keluarga Kamu)

Ya, saat ini, jaminan dan perlindungan kesehatan adalah satu hadiah penting dan utama yang wajib diberikan oleh orang tua pada anak mereka, bahkan yang baru lahir. Maka tak heran pemerintah pun mendukung hal ini melalui program BPJS.

Karena saat ini juga kebanyakan orang memahami pentingnya asuransi. Kita membayar premi untuk membeli polis asuransi dengan imbalan perlindungan yang diberikannya kepada kita.

Jadi, saat kita memiliki seorang anak atau memiliki bayi, tanggung jawab akan terletak pada orang tua untuk memahami tingkat kepentingan dan cakupan yang memadai untuk anak mereka.

Mendapatkan pertanggungan asuransi sedini mungkin mungkin juga bijaksana. Berikut ini tiga alasan mengapa asuransi untuk bayi itu sangat penting.

Asuransi Untuk Bayi Tanpa Pengecualian

Meski banyak bayi yang baru lahir diberkahi dengan kondisi kesehatan yang baik. Namun, apakah ini berarti bahwa ketika kamu membeli polis asuransi untuknya, asuransi ini akan tidak efektif?

Mungkin ini berbeda dengan anak yang lebih tua, yang mungkin memiliki kondisi yang sudah ada sebelumnya dan hanya dapat menerima perlindungan dengan beberapa pengecualian.

Realitas kehidupan adalah bahwa ketika anak-anak dan orang-orang pada umumnya bertambah tua, selalu ada kemungkinan mereka akan mengalami kecelakaan dan mereka akan jatuh sakit, dan dalam beberapa situasi kondisi kesehatan yang lebih serius atau kronis mungkin menimpa mereka.

Ingat bahwa asuransi ini bukan hanya untuk orang yang sakit, dan bukan berarti juga jika mengambil asuransi maka kita mengharapkan sakit agar asuransi berguna.

Jadi jangan berpikir terlalu lama mengambil asuransi untuk bayi. Karena semakin lama kamu menunggu sebelum membeli polis asuransi untuk bayimu, semakin tinggi kemungkinan kondisi kesehatan tak terduga ini dapat terjadi.

Jika itu terjadi, perusahaan asuransi dapat mengecualikan kondisi tertentu dari cakupan mereka, atau bahkan memutuskan untuk menolak aplikasi sepenuhnya.

Setelah itu terjadi, akan sulit bagimu untuk membeli asuransi untuk anak-anak walaupun kamu menginginkannya.

Jadi berikan asuransi untuk bayi tanpa terkecuali, karena sedia payung sebelum hujan itu jauh lebih penting dan jauh lebih mudah.

Premi Rendah

Ada banyak jenis asuransi yang saat ini beredar dan ditawarkan di pasaran. Tapi, baik itu asuransi kesehatan atau jiwa, jumlah premi yang harus dibayar cenderung lebih rendah secara signifikan ketika tertanggung memiliki usia yang lebih muda.

Ini berarti bahwa jika kamu membeli polis asuransi untuk anakmu ketika mereka masih muda, kamu mungkin perlu membayar premi yang lebih rendah dibandingkan ketika membelinya ketika mereka lebih tua, atau ketika mereka membeli polis yang sama untuk diri mereka sendiri ketika mereka dewasa. Jadi, tunggu apalagi, berikan asuransi untuk bayi lucumu sekarang juga.

Manfaat Perlindungan Sejak Dini

Berapapun usianya, tidak seorang pun ingin jatuh sakit atau dirawat di rumah sakit untuk menjalani perawatan, atau untuk melihat orang yang dicintai harus dirawat di rumah sakit.

Karena hal semacam ini dapat menguras emosi dan menyusahkan anak secara emosional. Selain itu harus berkorban secara fisik dan mental juga pada semua orang di keluarga.

Karena banyak juga yang bilang bahwa menunggui orang sakit di rumah sakit itu lelahnya bukan main, dan badan pun akan terasa seperti orang tak sehat juga.

Nah, bagaimana jika yang bermasalah adalah kesehatan bayi kita, jelas itu akan jauh lebih sulit.

Karena saat seorang anak masih bayi, mereka tidak dapat mengekspresikan secara verbal bagaimana perasaan mereka, atau ketidaknyamanan yang mereka hadapi.

Mereka hanya bisa menangis dan menangis, dan tentu saja ini akan membuat pikiran orang tua menjadi kalut.

Dalam keadaan seperti itu, ketika mereka sakit dan disertai dengan demam tinggi atau beberapa gejala berbahaya lainnya, ada kemungkinan besar bahwa para dokter akan meminta mereka dirawat di rumah sakit untuk observasi dan tes lebih lanjut.

Mereka cenderung mengambil lebih banyak tindakan pencegahan daripada ketika orang dewasa atau anak yang lebih tua memiliki gejala yang sama.

Selain tiga alasan utama di atas kamu juga harus menyadari pentingnya menyiapkan asuransi untuk bayi. Beberapa diantaranya adalah:

1. Proses persalinan

Saat akan memiliki anak, banyak pasangan yang tidak bisa menyiapkan semua kebutuhan yang mungkin didalamnya ada kebutuhan asuransi kesehatan. Padahal asuransi kesehatan ini penting saat si ibu hamil akan melahirkan nanti loh.

Jika misalnya janin dalam kondisi yang bermasalah dan tidak bisa melahirkan normal maka disini fungsi asuransi kesehatan berperan.

Kamu juga bisa memilih menggunakan BPJS jika kamu karena fungsinya sama seperti asuransi kesehatan swasta.

Namun sejauh ini dari pengalaman beberapa orang, menggunakan asuransi kesehatan swasta jauh lebih membuat mereka “nyaman” saat melalui proses persalinan dan perawatan setelahnya.

2. Riwayat penyakit turunan

Apakah kamu atau pasanganmu memiliki riwayat penyakit yang bisa diturunkan? Jika iya maka bayi yang akan dilahirkan oleh kamu atau pasangan kemungkinan besar akan mengidap penyakit itu. Maka dari itu memiliki asuransi untuk bayi sedini mungkin adalah solusinya.

Jika suatu ketika anak jatuh sakit kamu bisa memanfaatkan fasilitas asuransi itu. Pilih asuransi untuk bayi yang sesuai dengan kebutuhan kamu dan lakukan perbandingan dulu antar produk asuransi terutama biaya dan manfaat.

Saat memilih asuransi untuk bayi, dalam hal ini asuransi kesehatan kamu juga harus mempertimbangkan hal-hal khusus agar mendapatkan asuransi kesehatan yang cocok untuk bayi kamu. Hal yang perlu kamu perhatikan adalah:

Jenis kebijakan

Mungkin tidak mungkin mendapatkan pertanggungan kesehatan individu untuk bayi baru lahir, tetapi ia dapat dimasukkan atau ditambahkan ke kebijakan keluarga floater atau asuransi kesehatan kelompok yang ada.

Usia minimum

Nama bayi yang baru berusia beberapa hari tidak dapat ditambahkan ke jaminan kesehatan, karena hari-hari awal dianggap berisiko.

Sementara, perusahaan asuransi biasanya mengizinkan penambahan setelah 90 hari, namun penentuan usia ambang batas mungkin berbeda untuk perusahaan.

Lindungi dari awal

Beberapa perusahaan mengasuransikan bayi baru lahir sejak hari pertama di bawah persalinan dan bayi baru lahir sebagai manfaat atau pertanggungan tambahan.

Aplikasi

Aplikasi untuk penambahan anak pada polis dapat dilakukan pada saat pembaruan tahunan dalam bentuk yang ditentukan oleh perusahaan asuransi, bersama dengan dokumen pendukung.

Dalam hal penanggung siap melindungi bayi sejak hari pertama, perusahaan harus memasukkannya dalam waktu satu minggu setelah kelahiran bayi.

Dokumen

Dokumen-dokumen yang berkaitan dengan kelahiran, seperti salinan akta kelahiran, kartu debit bersalin, dan laporan jika ada kondisi medis yang mencukupi.

Kredibilitas perusahaan asuransi

Sebelum kamu mengambil asuransi untuk bayi, sebaiknya selalu cari tahu tentang kredibilitas perusahaan asuransi itu.

Karena, di Indonesia ada banyak sekali perusahaan asuransi maka kamu harus benar-benar teliti apakah perusahaan asuransi itu memiliki kepercayaan tinggi di mata masyarakat.

Ada banyak cara untuk mengetahuinya, seperti bertanya kepada teman-teman dan saudara, mencari di surat kabar atau internet.

Jangan sampai kamu tergiur dengan premi yang murah, tapi manfaat yang akan kamu dapatkan sangat sedikit.

Kemudahan klaim

Hal ini juga menjadi satu hal yang patut dipertimbangkan. Bacalah lebih dulu ketentuan klaim apakah itu mudah syaratnya atau malah terlihat lebih merepotkan.

Jika itu terlihat merepotkan bagi kamu di situasi darurat maka lebih baik kamu mencari asuransi lainnya yang proses klaimnya mudah, karena kesehatan biasanya bersifat darurat.

Jadi jangan sampai saat kita membutuhkan asuransi dan akan menggunakannya, kita terlibat dalam masalah karena proses klaim yang tak mudah dan menuntut banyak syarat.

Mengenai perlu atau tidaknya asuransi bagi bayi sebenarnya itu merupakan situasi yang kondisional apalagi dengan faktor-faktor di atas. Memiliki asuransi untuk bayi akan menjadi perlu asalkan kamu sudah merencanakan lebih dulu.

Saat bayi masih berada di kandungan ibu, kamu dan pasangan sudah bisa untuk mengambil asuransi untuk bayi jika lahir nanti.

Mempunyai dana yang bersifat darurat untuk situasi semacam ini bisa menjadi pilihan kamu. Dengan mendapatkan asuransi untuk bayi kamu sejak dini maka kamu tidak akan kebingungan saat bayi kamu jatuh sakit dan memerlukan pengobatan di rumah sakit.

(Baca Juga: Hal yang Perlu Dipahami Saat Mau Klaim Asuransi Mobil Hilang)

Namun perlu di ingat bahwa pengajuan untuk asuransi harus pada saat keadaannya sehat, jadi janganlah menunggu bayi sakit baru akan mendaftarkannya, karena ini jelas sangat tak bijak, dan juga biasanya pihak asuransi akan menolak jika kamu mendaftarkannya saat bayi kamu sudah dalam keadaan sakit.

Maka dari itu, perencanaan yang sejak dini bagi asuransi untuk bayi memang mutlak diperlukan. Semoga tulisan ini akan membantu kamu tentang perlunya asuransi untuk bayi kamu di masa mendatang.

Ingat, anak adalah tanggung jawab dan aset masa depan yang harus dijaga, maka berikanlah hal terbaik untuknya, berikan ia perlindungan kesehatan yang penuh manfaat, dan jangan ragu untuk mengambil asuransi terbaik untuk anak kita.

Lindungi keluarga dan juga si buah hati dengan proteksi tambahan produk asuransi hanya di Cekaja.com.

Tentang kami

Maria Nofianti

Maria Nofianti