Daftar Makanan Khas Indonesia Paling Ikonik dan Tenar di Luar Negeri

8 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Tidak hanya kaya akan kesenian tradisional, negara yang memiliki 34 provinsi ini, juga punya makanan khas Indonesia paling ikonik, bahkan terkenal hingga ke luar negeri.

Daftar Makanan Khas Indonesia Paling Ikonik dan Tenar di Luar Negeri

Dari sekian banyak makanan khas Indonesia, beberapa di antaranya, mungkin sudah pernah kamu coba bukan?

Selain enak, daftar makanan khas Indonesia juga unik-unik, dari segi rasa, penampilan, penggunaan bahan-bahan, hingga soal harga.

Pasalnya, makanan juga bisa dijadikan suatu warisan, yang perlu dijaga dan sebagai warga negara Indonesia, kita harus bangga karena memiliki makanan khas Indonesia sebanyak ini.

Keberadaannya yang tersebar di seluruh Indonesia, membuat kamu wajib mengunjungi daerah yang memiliki makan khas tertentu.

Misalnya, jika mau gudeg kamu harus ke Yogyakarta, jika mau pempek kamu harus ke Palembang, dan lainnya.

(Baca Juga: Resep Nasi Kebuli Kambing Mudah)

Jadi, kamu bisa sekalian wisata kuliner sambil keliling Indonesia deh! Namun, kini bisnis makanan khas Indonesia juga sudah banyak dibuka, di beberapa kota besar, sehingga jika kamu rindu makanan khas di daerah yang jauh, kamu bisa membelinya dengan mudah.

Daftar Makanan Khas Indonesia

Nah, kira-kira makanan khas Indonesia apa saja sih, yang paling ikonik, bahkan hingga terkenal sampai ke luar negeri! Yuk, simak rangkumannya di sini.

1. Gudeg

Gudeg - Daftar Makanan Khas Indonesia Paling Ikonik dan Tenar di Luar Negeri

Makanan khas Indonesia yang pertama adalah gudeg, yang berasal dari Kota Yogyakarta. Tidak hanya di Yogyakarta dan Indonesia, gudeg juga menjadi makanan yang disukai oleh warga mancanegara.

Bahkan, gudeg juga telah menjadi makan internasional, setelah diakui dunia. Gudeg sendiri merupakan makanan yang terbuat dari nangka muda, yang diolah dengan santan.

Tidak sebentar, pengolahan gudeg harus dilakukan hingga berjam-jam, hingga warnanya kecoklatan dan empuk. Biasanya, gudeg disajikan dengan nasi, tahu, ayam goreng, krecek, opor ayam, telur rebus, hingga telur pindang.

Buat kamu yang suka gudeg, tapi terlalu jauh untuk datang ke Kota Yogyakarta, kamu tetap bisa menikmatinya loh. Karena, kini gudeg disajikan dalam bentuk kemasan, agar lebih mudah dikirim ke seluruh Indonesia, bahkan luar negeri.

2. Pempek

Pempek - Daftar Makanan Khas Indonesia Paling Ikonik dan Tenar di Luar Negeri

Makanan khas Indonesia yang selanjutnya adalah pempek khas Palembang. Meski banyak penjual pempek yang tersebar di seluruh Indonesia, namun pempek asli Palembang tentunya lebih enak, lezat dan harganya lebih mahal.

Pempek merupakan makan yang terbuat dari ikan (biasanya ikan tenggiri atau tongkol), yang digiling halus dan ditambahkan tepung kanji. Tidak hanya itu, bahan-bahan pembuatan pempek juga ditambah beberapa komposisi lain seperti telur, bawang putih, penyedap rasa, dan garam.

Ada berbagai macam bentuk pempek yang biasanya disediakan. Untuk cara penyajiannya, pempek biasa disajikan dengan kuah gula merah yang pedas, mentimun, dan mie.

3. Rendang

Rendang - Daftar Makanan Khas Indonesia Paling Ikonik dan Tenar di Luar Negeri

Untuk makanan khas Indonesia yang satu ini, mungkin kamu sudah pernah mencobanya bukan? Makanan khas Minangkabau ini, merupakan masakan daging yang dimasak dalam suhu rendah dalam waktu yang lama.

Rendang dimasak menggunakan aneka rempah-rempah dan santan. Semua bahan, akan dimasukan ke dalam wadah, dimasak dalam waktu berjam-jam, hingga menyisakan potongan daging berwarna hitam pekat dan dedak.

Rendang sendiri juga memiliki berbagai jenis, yakni ada rendang manis dan pedas. Rendang juga biasa disajikan dengan nasi, ketupat, leman, daun singkok, sambal.

4. Soto Betawi

Soto Betawi - Daftar Makanan Khas Indonesia Paling Ikonik dan Tenar di Luar Negeri

Seperti namanya, makanan khas Indonesia yakni soto Betawi adalah makanan yang berasal dari daerah Jakarta. Hampir sama dengan soto Madura dan soto Sulung, soto Betawi pun menggunakan bahan jeroan dan daging sapi.

Soto yang memiliki kuah berwarna putih kekuningan ini, juga biasa disajikan dengan emping, potongan tomat, daun bawang, bawang goreng, kentang rebus dan nasi.

Tidak perlu harus datang ke Jakarta, karena kini penjual soto Betawi sudah banyak tersebar. Atau bahkan, kamu ingin membuka warung soto Betawi selanjutnya?

5. Pecel

Pecel - Daftar Makanan Khas Indonesia Paling Ikonik dan Tenar di Luar Negeri

Selanjutnya ada pecel, yakni makanan khas Indonesia yang biasa ditemukan di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pecel sendiri merupakan makanan yang terdiri dari sayuran seperti bayam, kacang panjang, kol, kangkung, labu yang direbus, lalu disajikan dengan bumbu sambal kacang.

Makanan ini biasanya populer dan paling mudah ditemukan di Kota Yogyakarta dan Surabaya. Selain dengan sambal, pecel juga biasa disajikan dengan nasi, lontong, gorengan.

Namun, sekarang pecel sudah sangat mudah ditemukan di berbagai daerah. Bahkan, karena bahannya yang sederhana dan murah, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah, atau menjualnya.

6. Mie Aceh

Mie Aceh - Daftar Makanan Khas Indonesia Paling Ikonik dan Tenar di Luar Negeri

Makanan khas Indonesia berikutnya adalah mie Aceh. Seperti namanya, makanan ini memang berasal dari Aceh. Mie Aceh sendiri terdiri dari mie yang tebal berwarna kuning, irisan daging sapi atau kambing, seafood, kuah kental kari.

Namun, mie Aceh juga ternyata terdiri dari tiga macam, yakni mie Aceh goreng, tumis, dan kuah. Jadi, untuk penyajiannya kamu bisa pilih sesuai selera.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa makan mie Aceh yang disajikan dengan emping, perasan jeruk purut, bawang merah, hingga bawang goreng.

7. Kerak Telor

Kerak Telor - Daftar Makanan Khas Indonesia Paling Ikonik dan Tenar di Luar Negeri

Sudah hampir tak terlihat, kerak telor merupakan makanan khas Indonesia, yang berasal dari Jakarta. Kerak telor sendiri merupakan makanan yang terdiri dari beras ketan putih, telur ayam atau bebek, ebi, bawang goreng, serundeng, cabai merah, kencur, jahe, merica, garam, dan gula pasir.

Bukan dimasak menggunakan kompor, kerak telor dimasak menggunakan kuali kecil dan bara api. Bahkan, agar cepat matang, kerak telor dimasak terbalik menghadap bara api, bersama kualinya.

Kerak telor biasa ditemukan di daerah wisata di Jakarta, seperti kawasan museum, cagar alam, taman rekreasi, di acara-acara besar Jakarta, hingga di pusat kuliner Jakarta.

8. Ayam Taliwang

Ayam Taliwang - Daftar Makanan Khas Indonesia Paling Ikonik dan Tenar di Luar Negeri

Selanjutnya ada ayam Taliwang, yang menjadi makanan khas Indonesia. Berasal dari Lombok, Kampung Karang Taliwang, Kota Mataram, NTB.

Seperti namanya, makanan ini adalah masakan olahan daging ayam. Apa yang berbeda dari olahan ayam lainnya? Tentu saja dari bahan-bahan yang digunakan.

Beberapa bahan yang diperlukan di antaranya adalah jeruk limau, cabai, bawang merah dan putih, tomat, kencur, gula merah, garam, kaldu.

Semua bumbu diolah dengan cara ditumis, lalu bumbu dilumurkan ke daging ayam, dan selanjutnya dibakar.

9. Betutu

Betutu - Daftar Makanan Khas Indonesia Paling Ikonik dan Tenar di Luar Negeri

Masih bicara olahan ayam, makanan khas Indonesia yang menggunakan bahan dasar daging ayam selanjutnya adalah ayam betutu. Betutu sendiri merupakan sebuah lauk utama yang terbuat dari ayam atau bebek utuh, yang berisi bumbu.

Makanan tradisional khas Bali ini, diolah dengan cara dipanggang dalam api sekam. Untuk bumbunya sendiri, terdiri dari jeruk nipis, daun belimbing, serai, garam, gula merah, daun jeruk, bawang, cabai, kencur, kunyit, jahe, lengkuas, terasi, ketumbar, merica, dan daun pisang untuk memanggang.

10. Soto Mie Bogor

Soto Mie Bogor - Daftar Makanan Khas Indonesia Paling Ikonik dan Tenar di Luar Negeri

Kalau makanan khas Indonesia yang satu, biasa kita temui di Kota Bogor, apa lagi kalau bukan soto mie Bogor. Soto mie Bogor merupakan hidangan mie berkuah kaldu, yang biasa disajikan dengan cita rasa gurih dan pedas.

Soto mie Bogor juga terdiri dari mie lurus kuning, daging sapi, kikil, risol atau kroket, emping, tomat, lobak, bawang goreng, dan disajikan dengan nasi putih.

Memiliki rasa yang segar dan khas, bahkan soto mie Bogor sudah dikenal di Malaysia dan Singapura.

11. Asinan

Asinan - Daftar Makanan Khas Indonesia Paling Ikonik dan Tenar di Luar Negeri

Masih di Kota Bogor, Indonesia juga punya makanan khas asinan, yang merupakan makanan pelengkap. Terdiri dari buah dan juga sayuran segar yang diberi sambal pedas, membuat makanan ini sangat cocok untuk yang suka pedas.

Asinan diolah dengan cara pengacaran. Adapun bahan yang diacarkan di antaranya adalah berbagai jenis sayuran seperti tauge, kol, bengkoang, mentimun, serta buah seperti jambu air, kedondong, nanas, hingga ubi.

Asinan juga biasa disajikan dengan taburan kacang tanah dan kerupung. Asinan sangat mudah ditemukan di daerah wisata Kota Bogor, bahkan di Jakarta juga banyak ditemukan.

12. Bubur Manado

Bubur Manado - Daftar Makanan Khas Indonesia Paling Ikonik dan Tenar di Luar Negeri

Bukan sekadar bubur biasa, bubur Manado juga masuk ke dalam daftar makanan khas Indonesia. Makanan yang berasal dari Manado, Sulawesi Utara ini, memiliki tampilan yang berbeda dari jenis bubur lainnya.

Pembuatan bubur Manado ini terdiri dari beras, air, labu kuning yang sudah dikukus, ubi kuning, jagung, kangkung atau bayam, bawang putih, daun bawang, kaldu, garam, dan merica.

Bukan dengan cakwe, bubur Manado biasa disajikan dengan ikan asin yang digoreng hingga renyah, dan sambal terasi.

13. Semur Jengkol

Semur Jengkol - Daftar Makanan Khas Indonesia Paling Ikonik dan Tenar di Luar Negeri

Jangan salah, meski menghasilkan bau, ternyata semur jengkol juga termasuk makanan khas Indonesia loh. Bahkan, kabarnya dulu semur jengkol sempat menjadi viral, karena pernah diakui negara lain.

Semur jengkol sendiri merupakan makanan khas Betawi, Jakarta. Karena saking populernya, semur jengkol sudah sangat mudah untuk ditemui, bahkan di warung tegal (warteg), menu ini selalu terpajang.

14. Empal Gentong

Empal Gentong - Daftar Makanan Khas Indonesia Paling Ikonik dan Tenar di Luar Negeri

Berasal dari Cirebon, empal gentong ternyata juga masuk ke dalam daftar makanan khas Indonesia yang ikonik. Bahkan, rasanya yang lezat kini telah dibuat versi mie instan.

Empal gentong sendiri merupakan makanan yang mirip dengan gulai, namun keunikannya adalah cara pengolahannya. Yakni dimasak dengan kayu bakar di dalam gentong.

Empal gentong terdiri dari usus, babat, dan daging sapi. Makanan ini juga biasa disajikan dengan nasi, sambal, lontong, ketupat, dan kucai.

15. Tempe Mendoan

Tempe Mendoan - Daftar Makanan Khas Indonesia Paling Ikonik dan Tenar di Luar Negeri

Nah, untuk makanan yang satu ini, pasti kamu sudah pernah mencicipinya, bahkan hanya sebagai makanan mengganjal perut. Tempe mendoan merupakan makanan sejenis gorengan, yang digoreng menggunakan terigu.

Tidak digoreng hingga krispi, tempe mendoan dimasak ketika masih setengah matang. Sehingga, teksturnya menjadi lebih lembut.

Tempe mendoan merupakan makanan yang berasal dari Kabupaten Banyumas. Makanan ini juga biasa disajikan dengan sambal kecap, dengan irisan tomat dan jeruk limau.

(Baca Juga: 5 Resep Masak Soto Daging Paling Populer)

Nah, itu dia daftar makanan khas Indonesia, yang wajib kamu ketahui sekaligus dicoba. Dengan kayanya ragam makanan khas Indonesia, kamu bisa loh menjadikan hal ini peluang usaha yang menjanjikan.

Pinjaman Modal Usaha untuk Bisnis Makanan Khas Indonesia

Dari banyaknya makanan khas Indonesia, kamu bisa memilih salah satu atau beberapa di antaranya, untuk dijadikan bisnis kuliner. Bahkan, hanya sebuah tempe saja, bisa dijadikan peluang usaha kuliner yang menjanjikan, hingga bisa terkenal di luar negeri.

Dalam membangun bisnis makanan khas Indonesia, kamu dituntut untuk memiliki modal yang cukup, mulai dari membeli bahan makanan, menggaji karyawan, sewa tempat, membeli peralatan memasak, dan lain-lain. Sehingga kamu harus memiliki persiapan modal usaha, demi jalannya bisnis kuliner impianmu.

Adapun, jika tabunganmu belum cukup untuk dijadikan modal usaha, pinjaman dana tunai siap dijadikan alat bantu. Di mana kamu bisa menemukan produk pinjaman dana tunai untuk modal usaha?

Jangan khawatir, jika kamu punya masalah terkait kurangnya modal usaha, CekAja.com siap membantumu untuk bisa mendapatkan pinjaman dana modal usaha, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu, salah satunya seperti pinjaman dari JULO.

Kamu bisa mengajukan pinjaman mulai Rp1 juta hingga Rp15 juta, dengan jangka waktu 2-9 bulan. Jadi, tunggu apa lagi? Segera ajukan pinjaman dana tunai terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com!