Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Makanan untuk Penderita Asam Lambung yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi beserta Cara Mencegahnya

by Kyla Damasha on 29 November, 2019

Tubuh manusia membutuhkan lambung untuk mencerna makanan. Namun, ada kalanya jumlah asam lambung justru meningkat yang menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan.

Nah, hal inilah yang sering kali dialami oleh para penderita asam lambung. Sebenarnya penyakit dari asam lambung itu sendiri bisa diobati dan dicegah dengan cara merubah gaya hidup. Tetapi ternyata hal tersebut tidaklah cukup.

Ada beberapa makanan untuk penderita asam lambung yang ternyata boleh dan tidak boleh dikonsumsi, dan hal inilah yang patut untuk diketahui dan diperhatikan. Hanya saja, sering kali makanan untuk penderita asam lambung yang baik dan tidak baik ini sering kali membuat banyak orang bingung.

Pasalnya, jika salah memilih makanan, produksi asam lambung berkemungkinan untuk meningkat dan memperparah keluhan akibat penyakit asam lambung yang dideritanya.

Bagi kamu yang sering terkena asam lambung, yuk ketahui dulu beberapa jenis makanan untuk penderita asam lambung yang boleh maupun tidak boleh dikonsumsi. Apa sajakah itu?

Makanan untuk Penderita Asam Lambung

Yang Baik Dikonsumsi:

1. Gandum dan Biji-Bijian

Makanan untuk penderita asam lambung yang baik dikonsumsi pertama adalah gandum dan biji-bijian. Makanan seperti roti atau sereal biasanya memiliki kandungan serat yang baik bagi tubuh dan dapat dengan mudah dicerna oleh lambung. Biasanya, makanan untuk penderita asam lambung yang baik adalah seperti berat merah, roti gandum, dan oatmeal.

2. Kayak Protein

Jenis makanan dengan kandungan protein yang kayak juga merupakan makanan untuk penderita asam lambung yang cocok. Meskipun daging dan ikan memang bisa dicerna oleh lambung dengan baik, namun alangkah baiknya apabila kamu justru memiliki jenis daging dan ikan dengan kandungan protein yang kata.

Tetapi, sebenarnya seperti apa sih daging dengan kaya protein itu? Nah, contohnya adalah seperti daging rendah lemak tanpa kulit atau ikan dengan kandungan manfaat protein di dalamnya.

3. Sayuran dan Buah-Buahan

Aneka sayuran hijau seperti brokoli, kembang kol, selada, dan timun merupakan beberapa makanan untuk penderita asam lambung yang baik dikonsumsi karena dipercaya mampu menurunkan asam lambung yang tengah kamu alami. Selain itu, buah-buahan seperti pisang, pir, apel, atau melon juga baik untuk dikonsumsi karena memiliki kandungan pH sekitar 5,6 yang memang sangat baik untuk penderita asam lambung.

Yang Tidak Baik Dikonsumsi:

1. Makanan Manis

Baik penggemar manis, sepertinya kamu harus mengorbankan makan satu ini jika tidak ingin asam lambung semakin parah. Makanan manis seperti donut, coklat, kue, dan lainnya merupakan salah satu jenis makanan untuk penderita asam lambung yang memiliki kandungan gula refinasi yang dapat menyebabkan lonjakan kadar insulin sehingga dapat menyebabkan fluktuasi gula darah.

Nah, ketik gula darah meningkat, maka lambung akan terasa begitu sakit dan perih. Hal tersebut juga bisa menyebabkan penderitanya berkeringat dan gemetar secara bersamaan.

(Baca Juga: Jenis Makanan untuk Penderita Asam Urat, Apa Saja?)
2. Makanan Bersantan dan Mengandung Gas

Makanan untuk penderita asam lambung selanjutnya yang tidak baik dikonsumsi adalah jenis-jenis makanan yang mengandung santan dan gas karena dapat membuat asam lambung menjadi naik. Jenis-jenis makanan dengan kandungan santan dan gula diantaranya seperti opor, lontong sayur, buah nangka, dan sayur sawi.

3. Makanan Pedas

Makanan untuk penderita asam lambung yang mengandung pedas akan membuat dinding lambung menjadi iritasi dan tentunya akan memperparah penyakit asam lambung yang tengah kamu alami. Makanan pedas yang seharusnya dihindari seperti cabai, sambal, dan aneka ragam makanan yang mengandung merica atau lada.

Tips Mencegah Penyakit Asam Lambung

Setelah mengetahui beberapa jenis makanan untuk penderita asam lambung yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi, sekarang saatnya kita mengetahui tips mencegah penyakit asam lambung yang bisa kamu lakukan agar asam lambung tidak kambuh kembali.

a. Merubah Gaya Hidup

Memang sepertinya berbagai penyakit yang kita alami saat ini berhubungan erat dengan gaya hidup itu sendiri. Karena pada intinya, gaya hidup yang kita jalani memang berdampak pada kesehatan dan kondisi tubuh, seperti terlalu sering begadang, stress karena pekerjaan, mengkonsumsi makanan tidak sehat, dan masih banyak lagi hal-hal lainnya.

Maka dari itu, salah satu cara untuk mencegah penyakit asam lambung selain dengan mengkonsumsi makanan untuk penderita asam lambung, kamu juga harus turut serta dalam merubah gaya hidup menjadi lebih baik.

  • Menghindari Makanan Pemicu dan Mengatur Porsi Makan

Penyakit asam lambung dapat dipicu oleh makanan untuk penderita asam lambung yang tidak baik untuk dikonsumsi, seperti contohnya yaitu makanan dengan kandungan lemak yang tinggi.

Perlu diketahui bahwa makanan berlemak dicerna lebih lama oleh lambung, sehingga lambung memproduksi asam lambung lebih banyak yang berisiko naik ke kerongkongan.

Sedangkan untuk kopi, coklat, alkohol, dan makanan pedas justru berpotensi membuat kantung kerongkongan bagian bawah menjadi rileks yang membuat asam lambung menjadi mudah untuk naik ke kerongkongan.

Tidak hanya itu saja, bagi kamu yang menderita asam lambung juga ada baiknya untuk mengkonsumsi makanan dengan porsi kecil yang mudah dikunyah agar lambung lebih mudah dalam mencerna makanan.

  • Hindari Kebiasaan Tidak Sehat

Merokok, meminum alkohol, dan langsung berbaring setelah makan merupakan beberapa kebiasaan yang dapat membuat asam lambung menjadi semakin parah.

Maka dari itu, ada baiknya kamu menghindari beberapa kebiasaan tidak baik tersebut. Selain itu, alangkah baiknya pula apabila kamu memberikan waktu jeda sekitar 3 jam an setelah makan sebelum kamu berbaring di kasur.

  • Tidur yang Cukup

Refluks asam lambung dapat terpicu apabila tubuh kamu memproduksi hormon stress akibat kurang tidur. Maka dari itu, janganlah pernah mengabaikan kondisi satu ini karena berkemungkinan untuk menimbulkan komplikasi, seperti menyebabkan penyakit kronis yang pada akhirnya menurunkan kualitas dan angka harapan hidup. Maka dari itu, ada baiknya agar kamu sesegera mungkin untuk memperbaiki pola tidur.

  • Jangan Melakukan Gerakan yang Menekan Perut

Berolahraga memang sangatlah menyehatkan. Namun bagi kamu penderita asam lambung, cobalah untuk menghindari gerakan-gerakan yang berpotensi untuk menekan perut, seperti melompat atau bergoyak-goyang.

Selain itu, jangan pernah melakukan olahraga sehabis makan. Berikanlah jeda sekitar 2-4 jam setelah makan sebelum pada akhirnya kamu berolahraga.

Menjadi sakit pastinya sangat tidak mengenakan, bukan? Setiap orang pasti ingin tetap hidup dengan sehat dan nyaman. Maka dari itu, ada baiknya untuk selalu menjaga kesehatan, apalagi jika dilakukan sejak dini.

Menjaga kesehatan tidak terlalu sulit kok. Kamu hanya perlu merubah pola makan dan gaya hidup menjadi lebih sehat dan bermakna.

Berolahraga juga menjadi salah satu upaya yang bisa dilakukan agar selalu sehat. Nah, selain hal-hal yang baru saja disebutkan, ada lagi lho upaya yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan serta mengantisipasi sesuatu yang tidak diinginkan, yaitu dengan memiliki asuransi kesehatan.

Yuk segera ajukan asuransi kesehatan di CekAja.com agar hidupmu menjadi lebih aman dan nyaman.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda