6 Makanan yang Boleh Dikonsumsi Penderita Wasir, Yuk Simak!

Bagi penderita wasir, terdapat makanan yang boleh dikonsumsi penderita wasir agar sakit yang dirasa bisa sedikit berkurang. Yuk simak apa saja!

6 Makanan yang Boleh Dikonsumsi Penderita Wasir, Yuk Simak!

Mengenal Penyakit Wasir

Wasir atau disebut juga hemoroid, merupakan pembengkakan atau pembesaran dari pembuluh darah di usus besar akhir (rektrum), serta dubur atau anus.

Terdapat 2 tipe penyakit wasir, yaitu internal dan eksternal. Hemoroid internal adalah pembengkakan pada pembuluh darah yang terjadi di dalam dubur, dan tidak bisa dilihat dari luar.

Sedangkan, hemoroid eksternal, yaitu pembengkakan yang terjadi di dekat dubur, tetapi terlihat dari luar dan menyebabkan rasa nyeri.

Penyakit wasir bukan penyakit yang berbahaya, tetapi meski begitu, penyakit ini akan mengganggu kenyamanan penderita akibat rasa nyeri yang di rasa.

Penyakit wasir ini bisa menyerang manusia di semua kalangan usia. Namun, umumnya lebih sering menyerang pada usia 50 tahun keatas.

Institusi Nasional Diabetes dan Penyakit Pencernaan dan Ginjal (NIDDK) menyebutkan, bahwa sekitar 50% orang dewasa dengan usia diatas 50 tahun, akan menderita wasir di beberapa titik.

Gejala Wasir

Dapat menyerang siapa saja, penting untuk kamu ketahui apa saja gejala munculnya penyakit satu ini.

Wasir bisa ditandai dengan adanya benjolan yang muncul. Tetapi, tidak hanya itu, terdapat beberapa gejala yang kerap hadir dan menandakan adanya penyakit wasir, seperti:

  • Mengalami iritasi, gatal, rasa nyeri, serta pembengkakan dan berwarna kemerahan di sekitar anus
  • Muncul benjolan keras di dekat anus dan terasa lembut ketika disentuh
  • Pendarahan dari anus saat buang air besar
  • Keluar lendir dari lubang anus

Jika kamu mengalami beberapa ciri tersebut, ada baiknya segera memeriksa diri ke dokter. Agar, kamu lebih mengetahui pasti penyakit yang diderita.

Terlebih, wasir yang tidak ditangani juga bisa menimbulkan rasa nyeri yang hebat, akibat adanya pembengkakan dan benjolan keras di sekitar anus. Penderita juga akan mengalami rasa tidak nyaman dalam melakukan aktifitasnya.

Makanan yang Boleh Dikonsumsi Penderita Wasir

Wasir dapat terjadi akibat berbagai faktor, salah satu hal yang dapat memicu penyakit ni adalah pola hidup yang tidak sehat.

Agar bisa mengurangi atau mencegah gejala wasir, kamu bisa mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi.

Hal ini dikarenakan, serat dapat meningkatkan berat tinja, serta mengurangi waktu yang dibutuhkan makanan untuk melewati usus besar.

Selain itu, dengan makan makanan berserat, mampu menghasilkan tinja yang lebih lembut, sehingga lebih mudah keluar.

Nah, agar tidak bingung, kamu bisa menyimak beberapa makanan yang boleh dikonsumsi penderita wasir berikut ini!

(Baca Juga: 5 Cara Mengobati Wasir secara Alami)

1. Buah-buahan

Makanan yang boleh dikonsumsi penderita wasir pertama adalah buah-buahan. Hal ini dikarenakan, banyak buah-buahan yang kaya akan serat.

Selain itu kandungan yang dimiliki oleh buah-buahan memberikan efek yang baik untuk pencernaan. Salah satunya adalah mampu mengatur gerakan usus.

Salah satu buah yang bisa kamu konsumsi adalah buah apel. Apel juga merupakan salah satu buah yang kaya akan serat. Apel juga bisa membantu pencernaan dan sebagai efek pencahar.

Tidak hanya apel, kamu juga bisa mengkonsumsi buah lain seperti anggur, pir, atau buah lainnya, yang mengandung serat, mineral, dan vitamin.

2. Sayuran Hijau

Sayuran hijau juga merupakan makanan yang boleh dikonsumsi penderita wasir. Bahkan, penderita wasir diharuskan banyak mengkonsumsinya secara teratur.

Sebab, sayuran hijau mengandung banyak vitamin, mineral, serta antioksidan. Selain itu zat yang dimilikinya juga bisa meningkatkan kesehatan pencernaan.

3. Ubi

Tidak hanya kaya akan karbohidrat, ubi juga mengandung serat yang sangat tinggi. Kandungan ini berlaku untuk semua jenis ubi, termasuk ubi jalar.

Ubi juga merupakan makanan yang sering dikonsumsi untuk program diet. Tidak hanya untuk program diet, ubi nyatanya juga cocok untuk makanan penderita wasir.

Sebab, kandungan yang dimilikinya dapat membantu merangsang kelancaran buang air besar. Selain itu, juga memiliki efek pencahar yang kuat.

4. Beras Merah

Sebagian masyarakat mungkin masih jarang mengkonsumsi beras merah. Padahal, beras merah mengandung banyak manfaat. Mulai dari vitamin B6, forsor, hingga selenium.

Kandungan yang dimiliki oleh beras merah, membuat beras ini masuk kedalam makanan yang boleh dikonsumsi penderita wasir.

Sebab, kandungan tersebut dapat mengurangi pembengkakan pembuluh darah di rektum yang diderita oleh penderita wasir.

5. Jagung

Siapa yang tidak kenal jagung? Makanan yang mengandung antioksian ini ternyata juga kaya akan serat.

Oleh sebab itu, jagung masuk kedalam makanan Makanan yang boleh dikonsumsi penderita wasir. Bahkan, banyak juga yang menggunakan jagung sebagai obat untuk wasir.

Serat yang terkandung dalam jagung dapat memperlancar pencernaan kamu. sedangkan antioksidan yang tinggi bisa mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas dan senyawa lain yang dapat membantu mengurangi nyeri.

6. Kacang-kacangan

Jenis kacang-kacangan seperti kacang polong, lentil, buncis, atau kacang lima merupakan makanan yang boleh dikonsumsi penderita wasir.

Hal tersebut dikarenakan kandungan serat yang dimiliki kacang-kacangan sangat tinggi. Terdapat juga penelitian terkait konsumsi lentil hijau.

Berdasarkan penelitian tersebut, mengkonsumsi lentil hijau dapat meningkatkan berat tinja yang signifikan, dan juga mengurangi waktu di usus besar.

(Baca Juga: 25 Cara Meningkatkan Imun Tubuh)

Nah, itu dia 6 makanan yang boleh dikonsumsi penderita wasir. Selain itu, bagi penderita wasir, kamu juga sebaiknya rutin mengkonsumsi air putih untuk mencegah sekaligus mengobati wasir.

Selain memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi, penderita wasir juga sebaiknya memiliki perlindungan tambahan.

Salah satunya seperti asuransi kesehatan. Adanya asuransi kesehatan ini dapat mengurangi berbagai risiko yang tidak diinginkan.

Seperti tiba-tiba kamu jatuh sakit, kamu tidak perlu lagi khawatir soal biaya yang akan dikeluarkan. Sebab, seluruh biaya rumah sakit akan ditanggung oleh pihak asuransi.

Produk asuransi kesehatan saat ini ada banyak ragamnya. Kamu bisa melakukan perbandingkan dan menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial kamu terlebih dahulu.

Soal mengajukan asuransi kesehatan, kamu bisa mengajukannya melalui CekAja.com. Di sana, terdapat banyak produk asuransi kesehatan yang bisa kamu pilih.

Terlebih, kamu juga bisa membandingkan terlebih dahulu produk asuransi kesehatan mana yang tepat dan sesuai dengan kebutuhanmu.

Proses pengajuan di CekAja.com juga terbilang cukup mudah, cepat, dan aman. CekAja.com juga sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera ajukan asuransi kesehatan melalui CekAja.com sekarang juga!