4 Manfaat Aplikasi Pengatur Keuangan, Buat Keuangan Lebih Teratur!

Apakah kamu pernah menggunakan aplikasi pengatur keuangan? Ternyata, banyak manfaat aplikasi pengatur keuangan yang bisa kamu rasakan loh! Yuk, simak apa saja manfaatnya!

4 Manfaat Aplikasi Pengatur Keuangan, Buat Keuangan Lebih Teratur!

Memiliki perencanaan keuangan perlu dilakukan sejak dini. Dibandingkan mengutamakan kepuasan sesaat, rasanya memperhatikan keuangan untuk masa depan menjadi hal yang perlu lebih diperhatikan.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mengatur keuangan yang dimiliki dengan sebaik-baiknya.

Namun, mengatur keuangan tidak semudah yang dibayangkan. Tidak jarang, ada yang merasa gaji yang didapatkan tidak cukup untuk waktu sebulan, sebelum waktu gajian tiba kembali.

Di zaman yang semakin berkembang, saat ini kamu bisa mengatur keuangan dengan mudah menggunakan aplikasi pengatur keuangan.

Dengan aplikasi tersebut, kamu bisa dengan mudah memasukkan biaya pemasukan dan rencana pengeluaran yang akan dikeluarkan setiap bulan.

Aplikasi juga dapat memberikan perhitungan, berapa saja biaya yang seharusnya dikeluarkan, agar keuanganmu tidak ‘membengkak’.

Selain itu, ada banyak manfaat aplikasi pengatur keuangan yang bisa kamu rasakan. Diantaranya sebagai berikut ini!

5 Manfaat Aplikasi Pengatur Keuangan

1. Mengatur Keuangan Lebih Mudah

Sesuai namanya, manfaat aplikasi pengatur keuangan yang paling utama adalah memudahkan para pengguna dalam mengatur keuangan mereka.

Pasalnya, tidak sedikit yang merasa kesulitan dalam mengatur keuangan miliknya. Bahkan, beberapa diantaranya sering merasa kehabisan uang gaji di tengah bulan.

Menggunakan aplikasi pengatur uang ini, kamu jadi bisa mengatur pengeluaran dan pemasukan kamu setiap waktunya. Kamu bisa atur, misal pengeluaran per bulan atau per minggu.

2. Menghemat Waktu

Melakukan pencatatan pengeluaran dan pemasukan dana cukup menguras waktu dan perlu ketelitian ekstra.

Oleh sebab itu, tidak jarang orang malas melakukan pencatatan keuangan yang mereka, dan dibiarkan begitu saja.

Dengan menggunakan aplikasi keuangan, seluruh pencatatan bisa dilakukan dengan mudah dan efisien.

Kamu hanya perlu menginput data, dan laporan keuangan akan muncul. Proses ini akan lebih menghemat waktu dibandingkan proses pencatatan secara manual.

Jika kamu melakukan kesalahan dalam memasukkan angka, melalui aplikasi pengatur uang, angka tersebut bisa diubah dengan mudah dan hasil yang diberikan bisa otomatis berubah.

3. Menghindari Kesalahan Perhitungan

Bermain dengan angka, tentu akan berisiko terjadinya kesalahan perhitungan. Apalagi, jika kamu melakukan pengaturan keuangan secara manual.

Jika tidak teliti dan hati-hati, kemungkinan kesalahan perhitungan bisa saja terjadi. Terlebih, jika kamu melakukan mengatur uang untuk banyak kebutuhan, atau dengan nominal besar.

Manfaat aplikasi pengatur keuangan selanjutnya, bisa kamu manfaatkan untuk meminimalisir terjadinya kesalahan tersebut.

Sebab, dengan menggunakan aplikasi pengatur uang, kamu bisa membuat pencatatan keuangan lebih akurat dan terhindar dari risiko kesalahan perhitungan.

4. Laporan Keuangan Lebih Tepat

Saat melakukan pencatatan keuangan secara manual, terkadang terdapat beberapa keperluan kecil yang terlewat.

Namun, hal tersebut bisa diminimalisir dengan menggunakan aplikasi pengatur keuangan. Kamu bisa melakukan pencatatan secara detail melalui aplikasi, dan laporan keuangan bisa dihasilkan secara tepat dan akurat.

(Baca Juga: Mengatur Uang Pinjaman dengan Baik Agar Tidak Jadi Beban)

Rekomendasi Aplikasi Pengatur Keuangan

Setelah mengetahui sederet manfaat aplikasi pengatur keuangan, kamu mungkin penasaran aplikasi apa saja yang memiliki fungsi sebagai pengatur keuangan.

Agar tidak penasaran, khusus untuk kamu CekAja telah kumpulkan beberapa rekomendasi aplikasi pengatur keuangan yang bisa digunakan, seperti berikut ini:

1. Money Lover

Rekomendasi aplikasi pengatur keuangan pertama yang disarankan adalah Money Lover. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengatur keuangan dengan mudah dan juga praktis.

Mulai dari mengatur keuangan untuk makan, belanja, hingga hiburan, bisa kamu atur melalui aplikasi Money Lover

Telah diunduh lebih dari 5 juta pengguna, aplikasi ini memberikan berbagai fitur yang menarik untuk kamu nikmati, mulai dari Budget, Savings, hingga Event.

2. UangKu

Memiliki fitur terstruktur dan mudah dipahami, aplikasi UangKu rasanya cocok untuk kamu yang sebelumnya belum pernah menggunakan aplikasi pengatur keuangan.

Tidak hanya untuk mencatat keuangan, aplikasi ini juga bisa menjadi tempat pengingat kamu untuk menabung.

Dengan memasukkan target tabungan dan jumlah pemasukan bulanan, kamu akan diberikan saran untuk besaran pengeluaran harian yang bisa dikeluarkan, dan agar bisa ditabung.

3. Mint

Rekomendasi aplikasi pengatur keuangan terakhir adalah Mint. Aplikasi ini menghadirkan fitur all-in-one yang memudahkan para penggunanya.

Hanya melalui akun ini, kamu bisa mengatur berbagai keuangan. Mulai dari keuangan di rekening bank, pinjaman kredit, giro, tagihan bulanan, hingga portofolio investasi.

Untuk kamu yang suka belanja, dan sering kali kalap. Tenang, aplikasi ini bisa membantu kamu untuk mengelompokkan anggaran belanja.

Dengan begitu, kamu bisa mengatur keuangan dan berbelanja dengan tenang, tanpa takut boros.

Aplikasi ini juga memudahkan para pengguna untuk melihat kondisi keuangan, dengan menampilkan dalam bentuk grafik dan bagan.

(Baca Juga: 6 Produk Tabungan Terbaik untuk Bisnis)

Nah, itu dia beberapa manfaat aplikasi pengatur keuangan, serta rekomendasi dari aplikasinya yang bisa kamu gunakan untuk memulai mengatur keuangan.

Selain mengatur keuangan agar tidak boros, pastikan juga kamu menyisihkan uang untuk ditabung ya!

Agar tidak kesulitan dalam menabung, kamu bisa membuka rekening khusus tabungan. Rekening tabungan ini sudah hadir dari berbagai bank, dengan berbagai fasilitas.

Sebelum membuka tabungan, kamu perlu memilih dengan seksama jenis tabungan yang sesuai dengan tujuan dan kebutuhan.

Selanjutnya, jika sudah menetapkan jenis tabungan yang diinginkan, kamu bisa langsung mempersiapkan seluruh dokumen persyaratan dan mendatangi kantor cabang dari Bank yang diinginkan.

Namun, jika kamu tidak mau repot, saat ini ajukan pembukaan tabungan bisa dilakukan secara online. Salah satu cara mendaftarkan tabungan secara online yaitu melalui CekAja.com.

Proses pengajuan melalui CekAja.com terbilang cukup cepat dan juga mudah. Selain itu, CekAja juga sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jadi sudah pasti aman untuk digunakan.

Nah, tunggu apalagi? Yuk segera buka tabungan melalui CekAja.com!