Manfaat Bawang Putih Tunggal bagi Kesehatan, Wajib Kamu Ketahui!

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan bawang putih. Selain dapat digunakan sebagai bumbu dasar dalam masakan, ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan juga. Berikut ini manfaat bawang putih tunggal bagi kesehatan yang wajib kamu ketahui.

Manfaat Bawang Putih Tunggal bagi Kesehatan, Wajib Kamu Ketahui!

Bawang putih yang umum kita gunakan, biasanya memiliki banyak siung dalam satu bonggolnya. Tetapi, kamu tau gak, ternyata bawang putih memiliki berbagai macam jenis loh. Setiap jenis bawang putih, memiliki aroma, tekstur, dan rasa yang berbeda satu sama lainnya.

Salah satu jenis bawang putih, yang akan CekAja bahas kali ini adalah bawang putih tunggal, atau biasa disebut juga bawang putih lanang. Bawang ini cukup unik, berbeda dengan bawang putih biasanya, bawang putih tunggal hanya memiliki satu siung saja (single bulb garlic).

Tetapi, kamu tau tidak, bentuk bawah putih tunggal yang unik ini ternyata terjadi secara tidak sengaja loh! Tanaman ini terbentuk secara tidak sengaja karena lingkungan penanaman yang tidak cocok.

Bawang putih tunggal memiliki karakteristik dengan umbi berwarna krem keputihan, memiliki cita rasa yang kuat dan tajam, aroma yang dikeluarkan juga kuat karena kandungan alliaceous, serta tekstur berupa serbuk kasar.

Selain berfungsi sebagai rempah-rempah dalam masakan, bawang putih juga memiliki manfaat bagi kesehatan loh. Berikut ini adalah rangkuman manfaat bawang putih tunggal yang bisa kamu manfaatkan!

Manfaat Bawang Putih Tunggal

Bawang putih tunggal memiliki kandungan kalium, protein, lemak, karbohidrat, zat besi, dan vitamin, yang bagus untuk tubuh. Perlu diketahui, kandungan zat pada bawang putih tunggal ini, 5 – 6 kali lebih banyak dibandingkan bawang putih biasa loh. Sehingga gak heran, jika manfaat bawang putih tunggal akan lebih banyak.

Kandungan senyawa alisin dan scordinin dalam bawang putih, diduga dapat dijadikan sebagai obat. Hal ini karena, senyawa alisin berfungsi sebagai antibiotik alami, dan senyawa scordinin dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Yuk simak apa saja manfaat bawang putih tunggal bagi kesehatan!

1. Penurun Kadar Kolesterol

Manfaat bawang putih yang pertama adalah sebagai penurun kadar kolesterol. Bawang putih tunggal mengandung senyawa aktif allicin, yang jumlahnya lebih banyak 5 – 6 kali dibandingkan bawang putih biasa.

Senyawa aktif allicin dalam bawang putih ini, diketahui mampu menekan jumlah kolesterol dalam tubuh. Selain menekan jumlah kolesterol, kandungan yang dimiliki bawang putih tunggal juga mampu menurunkan kadar trigliserida. Sehingga untuk menurunkan kadar kolesterol, kamu dapat mengkonsumsi bawang putih tunggal ini.

(Baca Juga : Manfaat Bawang Bombay)

2. Mengatasi Diabetes

Selain bermanfaat sebagai penurun kolesterol, kandungan senyawa aktif allicin yang dimiliki pada bawang putih tunggal juga mampu untuk mengatasi masalah penyakit diabetes, dan menjadi antidiabetes.

Berdasarkan penelitian bawang putih ini dapat digunakan sebagai alternatif terapi diabetes melitus tipe 2, karena kandungan allicin yang dimilikinya.

Selain senyawa allicin, bawang putih ini juga memiliki sifat hipoglikemik yang dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh loh.

3. Antibakteri

Berdasarkan penelitian, kandungan dalam bawang putih tunggal dapat sebagai antibakteri. Aktivitas antibakteri yang dimaksud adalah terhadap bakteri Staphylococcus aureus dan bakteri Escherichia coli.

Sebagai antibakteri, ekstrak bawang putih tunggal juga lebih unggul dibandingkan ekstrak bawang putih majemuk, terhadap bakteri Salmonella typhi.

4. Mengatasi Flu

Aroma yang khas dari bawang putih tunggal ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit flu loh. Kandungan sulfur yang menghasilkan aroma khas pada bawang putih tunggal bermanfaat untuk mempercepat kegiatan membran mucous pada saluran pernafasan, dan membantu penyumbatan hidung saat flu.

5. Antimikroba

Manfaat bawang putih tunggal lainnya adalah sebagai antimikroba. Kandungan yang dimiliki bawang putih tunggal menjadikan bawang ini berpotensi sebagai anti mikroba.

Bawang putih ini mampu menghambat pertumbuhan berbagai mikroba, seperti virus, bakteri, protozoa, dan jamur. Selain itu, juga mampu menghambat pertumbuhan pertumbuhan bakteri gram positif maupun bakteri gram negatif.

6. Mengatasi Ambeien

Sepertinya sudah tidak asing ya, mengatasi sakit ambeien menggunakan bawang putih. Bawang putih dapat digunakan karena mengandung senyawa allicin yang tinggi, dan memiliki fungsi sebagai antioksidan dan antibakteri.

Cara penggunaan bawang putih dalam mengobati penyakit ambeien adalah dengan menghaluskan bawang putih terlebih dahulu, kemudian dioleskan ke bagian yang sakit, agar membantu meredakan pembengkakan atau rasa sakit.

(Baca Juga : Cara Efektif Budidaya Bawang Putih)

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Bawang putih tunggal juga memiliki fungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini karena, kandungan enzim alliin dan alliinase yang terdapat di dalam bawang putih tunggal, yang mampu melawan virus dan meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk meningkatkan kekebalan dalam tubuh,Kamu bisa mengkonsumsi bawang putih tunggal ini.

8. Mengatasi Infeksi Jamur

Bawang putih tunggal juga memiliki manfaat untuk mengatasi infeksi jamur. Infeksi jamur yang dapat diatas adalah Candida albicans. Hal ini bisa terjadi, karena kandungan ekstrak etanol yang terdapat dalam bawang putih tunggal mampu menghambat pertumbuhan jamur Candida albicans.

9. Mempercepat Penurunan Eritema pada Luka

Manfaat bawang putih tunggal yang terakhir adalah mampu mempercepat penurunan eritema pada luka yang terkontaminasi. Berdasarkan penelitian, tingginya kandungan allicin yang dimiliki bawang putih tunggal, mampu mempercepat penurunan eritema pada luka yang terkontaminasi.

Nah itu dia, beberapa manfaat baik bawang putih tunggal bagi kesehatan tubuh kita. Tetapi mengkonsumsi bawang putih saja tidaklah cukup. Kamu juga harus makan makanan sehat dan kaya akan nutrisi agar kesehatanmu tetap terjaga.

Kamu juga harus rajin olahraga dan tidur yang cukup, terlebih di musim pancaroba ini. Di musim pancaroba, resiko terkena penyakit akan lebih tinggi, sehingga kamu harus memberikan proteksi lebih untuk diri sendiri dengan mempunyai asuransi kesehatan.

Kamu belum memiliki asuransi kesehatan? Tenang saja, kamu bisa mendaftarkannya secara online melalui CekAja.com. Kamu juga bisa memilih dan membandingkan produk asuransi kesehatan mana yang cocok untuk kondisi dan finansial kamu.

Selain itu proses pengajuan asuransi kesehatan melalui CekAja.com juga mudah dan cepat. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera daftarkan asuransi kesehatan pilihanmu!