6 Manfaat Investasi Reksadana, Investor Pemula Wajib Tahu!

Terdapat berbagai manfaat investasi reksadana, yang mungkin belum diketahui oleh investor pemula. Untuk mengetahui manfaat investasi reksadana secara lengkap, yuk simak bahasan berikut ini!

6 Manfaat Investasi Reksadana, Investor Pemula Wajib Tahu!

Seiring berjalannya waktu, saat ini masyarakat sudah mulai sadar akan keuntungan yang diberikan oleh investasi terkait keuangan masa depan.

Instrumen investasi saat ini ada banyak. Salah satu instrumen investasi yang menjadi incaran investor pemula adalah reksadana.

Bahkan di tahun 2021, menurut data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), nilai aktiva bersih reksadana di indonesia mencapai Rp572,2 triliun.

Berdasarkan data tersebut, bisa diketahui bahwa banyak investor yang melakukan investasi di reksadana, dan mempercayakan mendapatkan keuntungan darinya.

Di tahun 2022 ini, tidak menutup kemungkinan reksadana menjadi instrumen investasi yang semakin diminati.

Diminati banyak orang, mungkin kamu penasaran apa yang menyebabkan reksadana menjadi incaran?

Hal ini tentu karena berbagai manfaat serta kelebihan yang dimiliki reksadana untuk para investor. Kira-kira apa saja ya manfaat investasi reksadana ini? Yuk, simak!

Berbagai Manfaat Investasi Reksadana yang Bisa Dinikmati

1. Proses yang Mudah dan Praktis

Manfaat investasi reksadana pertama adalah kamu bisa mulai investasi dengan mudah dan praktis. Syarat membuka reksadana juga mudah, hanya perlu memiliki rekening bank dan juga NPWP.

Investasi reksadana juga sangat cocok untuk investor pemula yang masih takut dan bingung dalam memilih produk investasi.

Sebab, di reksadana, kamu akan dibantu oleh manajer investasi yang profesional untuk membantu mengelola aset investasi.

Adanya manajer investasi ini, tentu akan menguntungkan bagi investor pemula. Sebab, kamu tidak perlu lagi pusing melakukan riset data dan khawatir salah dalam memilih produk investasi.

2. Modal Investasi Kecil

Selain prosesnya yang mudah dan praktis, kamu juga tidak perlu khawatir jika belum memiliki dana besar untuk berinvestasi. Pasalnya, di reksadana kamu bisa berinvestasi mulai dari Rp100 ribu saja.

Dengan begitu, para investor, terlebih pemula yang baru ingin terjun untuk berinvestasi, tidak akan kesulitan untuk memulai.

(Baca Juga: 5 Pilihan Investasi Terbaik di Masa Depan untuk Milenial)

3. Diversifikasi Mudah

Di reksadana, diversifikasi aset bisa dilakukan dengan mudah. Hal ini juga menjadi salah satu manfaat investasi reksadana yang bisa kamu rasakan.

Untuk yang belum tahu, diversifikasi merupakan salah satu strategi untuk meminimalisir kerugian pada investasi.

Melalui Diversifikasi, kamu dapat mencoba peluang keuntungan tidak hanya pada satu produk. Dengan begitu, kamu bisa mengurangi dampak dari fluktuasi pasar, dan meminimalisir kerugian.

4. Minim Risiko

Apapun jenis investasinya, risiko terjadinya kerugian tentu akan kamu hadapi. Tetapi, jika kamu menggunakan instrumen reksadana, risiko yang akan ditanggung akan lebih minim dibandingkan instrumen lainnya.

Terjadinya risiko ini bisa dari banyak faktor. Mulai dari fluktuasi harga, hingga kemampuan diri dalam melakukan investasi.

Nah, reksadana bisa dikatakan memiliki risiko lebih minim karena dikelola oleh manajemen yang profesional.

Reksadana juga memiliki prinsip diversifikasi, sehingga dapat melindungi kamu dari kerugian yang besar.

5. Transparan

Untuk memberikan kenyamanan bagi para investor. Reksadana diatur dengan baik oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Reksadana juga akan memberikan nilai aktiva bersih yang bisa di lihat oleh investor setiap harinya. Data tersebut berupa kenaikan ataupun penurunan harga instrumen yang dimiliki.

Transparansi data yang diberikan ini, tentu sangat berguna dan mempermudah investor dalam mengambil keputusan.

(Baca Juga: 10 Rekomendasi Aplikasi Investasi Terbaik yang Sudah Terdaftar di OJK)

Nah, itu di 5 manfaat investasi reksadana, yang membuat banyak orang gencar melakukan investasi di reksadana.

Meski memiliki risiko yang lebih minim dibandingkan instrumen lainnya, kemungkinan terjadinya kerugian tetap masih ada.

Oleh sebab itu, agar tidak mengganggu rancangan keuanganmu kelak, kamu bisa menyiapkan tabungan untuk segala keperluan dari sekarang.

Mulai dari tabungan untuk dana darurat, tabungan pendidikan, dan tabungan untuk berbagai keperluan lainnya.

Untuk memiliki tabungan ini, kamu bisa mendapatkannya melalui CekAja.com. Dilakukan secara online tentu mempermudah kamu dalam memiliki tabungan ini.

Terlebih, produk di CekAja.com cukup banyak dan beragam, sehingga kamu memiliki pilihan sebelum mengajukan.

Proses pengajuan di CekAja.com cukup mudah, cepat, dan juga praktis. Soal keamanan, CekAja sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Jadi, sudah pasti pelayanannya aman untuk digunakan.

Nah, tunggu apalagi? Yuk segera ajukan pembukaan tabungan melalui CekAja.com!