Manfaat Lada Hitam Bagi Kesehatan Tubuh Hingga Reproduksi

4 min. membaca Oleh Ayunindya Annistri on

Bagi sebagian wanita yang gemar masak, pasti sudah tidak asing lagi dengan lada hitam. Bumbu masakan yang seringkali dipakai untuk menambahkan cita rasa pedas ini memiliki segudang manfaat baik sebagaimana rempah-rempah pada umumnya. Lantas, apa sajakah manfaat lada hitam?

manfaat lada hitam

Apa saja Kandungan Lada Hitam?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai manfaat lada hitam, setidaknya kamu mesti tahu dulu apa saja kandungan yang terdapat dalam lada hitam. Hal ini agar kamu paham dan bisa memenuhi berbagai kebutuhan baik untuk tubuh, tanpa mengurangi atau bahkan melebihi porsinya.

Berikut sejumlah kandungan yang ada di dalam lada hitam:

  • Kalium, salah satu mineral penting untuk menjaga keseimbangan tubuh
  • Magnesium, untuk membantu pembentukan struktur tulang
  • Kalsium, membantu pembentukan dan pemeliharaan tulang serta gigi
  • Natrium, menyeimbangkan cairan dan elektrolit tubuh serta menjaga tekanan darah tetap stabil
  • Fosfor, untuk kesehatan tulang dan bantu mengurangi nyeri otot setelah berolahraga
  • Protein, menjaga dan memelihara jaringan tubuh
  • Vitamin K, bantu proses pembekuan darah dan mencegah risiko penyakit kanker
  • Asam Folat, untuk pembentukan sel darah merah
  • Vitamin E, antioksidan alami bagi tubuh
  • Niasin, untuk turunkan kadar kolesterol tubuh
  • Vitamin B6, mencegah risiko penyakit jantung dan mengatasi depresi

(Baca Juga: Manfaat Kunyit Putih Untuk Kesehatan Yang Mengejutkan)

Apa Perbedaan Lada Hitam dan Lada Putih?

Meski keduanya termasuk dalam jenis lada dan jelas memiliki warna yang tak sama, lada hitam dan lada putih ternyata masih memiliki perbedaan mencolok lainnya loh. Salah satunya seperti proses pengolahan diantara kedua jenis lada tersebut.

Dari proses ini pula, lada hitam dan lada putih menghasilkan perbedaan warna, tekstur, dan cita rasa yang membuat keduanya memiliki ciri khas tersendiri.

Jika lada hitam berasal dari buah lada yang hampir busuk dan dikeringkan di bawah terik sinar matahari. Lain halnya dengan lada putih yang dibuat dari buah lada matang, kemudian direndam dalam air garam agar kulitnya terlepas dan hanya tersisa bagian dalamnya saja.

Mengenai rasa, lada putih memang lebih dominan dalam menghasilkan cita rasa pedas dibandingkan lada hitam. Namun aroma yang dimiliki tidak lebih khas dari lada hitam.

Manfaat Lada Hitam Bagi Tubuh

Walaupun mungkin masih banyak yang menganggap lada hitam hanya sebagai bumbu penyedap masakan. Tapi dilihat dari banyaknya kandungan bermanfaat yang terdapat dalam lada tersebut, kamu tentu sudah bisa menebak bukan apa saja manfaat dari lada hitam? Berikut beberapa diantaranya:

1. Mengurangi risiko kanker

Manfaat lada hitam yang pertama adalah untuk mengurangi risiko kanker payudara dan prostat pada tubuh. Hal ini karena zat piperin yang terkandung dalam lada mampu menghambat laju pertumbuhan sel kanker akibat efek radikal bebas, serta mengatur sistem kerja sel dengan cara mengendalikan sejumlah protein tertentu.

Zat ini juga mampu memelihara kesehatan usus karena tingkatan penyerapan nutrisi yang dilakukan oleh vitamin B, curcumin, dan selenium. Dengan begitu, bagian pencernaan kamu bakal terlindungi dari risiko terserang kanker usus.

2. Bantu menangkal radikal bebas

Vitamin E yang dianggap sebagai antioksidan alami bagi tubuh juga terdapat dalam lada hitam. Ini berarti dengan mengonsumsi lada hitam sesuai porsinya bisa bantu tubuh untuk melawan radikal bebas.

Seperti yang diketahui, radikal bebas sebetulnya termasuk dalam proses alami yang dilakukan dari dalam tubuh. Namun tidak menutup kemungkinan, radikal bebas juga bersumber dari luar, seperti polusi udara, asap rokok, minuman keras, dan radiasi x-ray.

Jika kadar radikal bebas melebihi batas normal yang tidak dapat ditangani oleh tubuh, maka akan terjadi kerusakan sel dan DNA, yang tak jarang menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

3. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Sama seperti yang telah dibahas pada poin pertama, bahwa manfaat lada hitam adalah memelihara kesehatan usus. Hal ini lagi-lagi karena zat piperin yang terkandung pada lada hitam dapat meningkatkan produksi enzim pencernaan, sehingga bagian pencernaan menjadi lebih lancar dan sehat.

Ketimbang menggunakan bubuk cabai untuk menambah cita rasa pedas pada masakan, lebih baik gunakan saja lada hitam yang juga dapat menurunkan kadar gas berlebih di lambung, penyebab perut kembung.

4. Menurunkan risiko penyakit jantung

Umumnya penyakit jantung terjadi akibat kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh. Untuk mengurangi risiko penyakit ini, dibutuhkan asupan makanan yang efeknya bisa menurunkan kadar kolesterol, salah satunya seperti kunyit.

Tapi mengonsumsi kunyit saja tidak cukup, karena dibutuhkan pula zat piperin yang terdapat pada lada hitam untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung akibat kolesterol.

5. Meningkatkan kesuburan pria dan gairah seksual

Manfaat lada hitam yang terakhir adalah untuk kesuburan pria dan juga meningkatkan gairah seksual pasangan. Hal ini bukan karena zat piperin yang terkandung dalam rempah-rempah tersebut, melainkan adanya kandungan magnesium dan zink.

Kedua mineral tersebut merupakan perangsang alami tubuh untuk membantu pergerakan sperma dan memproduksi hormon testosterone pada pria. Hormon ini normalnya berkisar antara 250 sampai 110 ng/dL dengan kadar sekitar 680 ng/dL.

(Baca Juga: Pengajuan Asuransi Kesehatan Secara Online)

Beri Proteksi Tambahan dengan Asuransi Kesehatan

Manfaat lada hitam untuk tubuh memang sangat banyak! Namun perlindungan dengan mengandalkan asupan makanan dan menerapkan aturan gaya hidup sehat saja enggak cukup loh. Kamu juga butuh perlindungan ekstra dari sisi finansial, untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di masa depan. Caranya dengan menggunakan produk asuransi kesehatan.

Salah satu yang terbaik untuk memberi proteksi tambahan bagimu dan keluarga tercinta adalah CekAja.com. Yuk, miliki sekarang juga dan rasakan manfaatnya hingga jangka panjang.

Tentang kami

Ayunindya Annistri

Ayunindya Annistri