Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Manfaat Susu Kambing Etawa yang Belum Banyak Diketahui

by Vera Khairifah on 12 Februari, 2020

Susu hewan sebagai sumber protein hewani terbaik umumnya kita konsumsi dari sapi. Padahal, kambing juga bisa dijadikan alternatif. Buat kamu yang belum tahu, berikut manfaat susu kambing etawa untuk kesehatan.

Manfaat Susu Kambing Etawa yang Belum Banyak Diketahui

Mengenal Kambing Etawa

Mengkonsumsi susu kambing saja masih terdengar asing untuk sebagian orang, apalagi susu kambing etawa. Sebenarnya, kambing etawa adalah jenis kambing yang berasal dari India dan juga dikenal dengan sebutan kambing jamnapari.

Walau namanya asing, namun jenis kambing ini sudah sangat banyak tersebar di Indonesia. Kini, kambing etawa juga dikawinkan silang dengan kambing lokal yang menghasilkan jenis kambing etawa senduro yang harganya lebih mahal.

Yakni hingga harga Rp5 juta untuk kambing etawa senduro dengan tinggi 95 meter ke atas. Tak heran jika bisnis ternak kambing etawa juga banyak dilirik pengusaha.

Hewan dengan nama ilmiah Capra Aegagrus Hircus ini dikembangbiakkan khusus untuk diambil susunya, maupun dagingnya sebagai konsumsi. Berat kambing etawa betina dewasa bisa mencapai 80 kilogram, dan jantan sekitar 85 kilogram.

Sebelum kamu mengonsumsi dan mengambil manfaat susu kambing etawa, simak dulu ciri-ciri kambing etawa berkualitas super.

Ciri-ciri kambing etawa super:

(Baca Juga: Nikmat di Lidah,  Ini 8 Makanan Penghilang Stres)
Kandungan Susu Kambing Etawa

Susu kambing memang mengandung lebih banyak nutrisi dibandingkan dengan susu sapi. Demikian pula dengan kandungan dan manfaat susu kambing etawa. Yakni kaya akan protein, asam laktat, rendah gula dan kolesterol, kalsium, zinc, magnesium, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin A, vitamin C, dan potassium.

Semua zat itu jumlahnya lebih tinggi dibandingkan susu sapi. Bahkan, susu kambing etawa digadang-gadang memiliki kandungan yang hampir sama dengan Air Susu Ibu (ASI). Kandungan-kandungan pada susu kambing etawa lebih mudah diserap oleh tubuh.

Kadar dan efek laktosa  pada susu kambing etawa juga lebih ringan, sehingga manfaat susu kambing etawa sangat cocok untuk orang dengan alergi atau mudah diare karena susu. Risiko perut terasa melilit akan lebih sedikit.

Manfaat Susu Kambing Etawa

Jika melihat kandungan-kandungan di atas, rasanya kita tak perlu heran lagi dengan banyaknya manfaat susu kambing etawa. Diantarnya sebagai berikut:

1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat susu kambing etawa yang pertama adalah menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini karena kandungan kalsium dan potasium yang teruji klinis dapat menstabilkan tekanan darah kita.

2. Menyembuhkan penyakit pernapasan

Manfaat susu kambing etawa yang kedua yakni menjadi obat untuk terapi penyembuhan penyakit pernapasan. Seperti asma, TBC, paru-paru, dan lain sebagainya.

3. Merawat kulit

Tekstur lembut dan kandungan vitamin pada manfaat susu kambing etawa juga membantu mempercepat regenerasi kulit, serta melembabkannya. Ini sangat baik untuk mencegah penuaan dini dan memperbaiki tekstur kulit yang kering.

4. Mencegah osteoporosis

Dengan banyaknya kalsium yang terkandung di dalamnya, tulang akan lebih kuat. Para ibu hamil sangat disarankan mengkonsumsi susu kambing etawa, sebab mereka rentan terkena osteoporosis seperti layaknya kaum lansia.

5. Mengembangkan kecerdasan otak

Manfaat susu kambing etawa lainnya adalah vitamin B2 dan B3 yang membantu kinerja otak meningkat. Ini sangat bagus untuk anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Kecerdasan dan daya ingat akan lebih terasah dengan mengkonsumsi susu kambing etawa secara rutin.

6. Membantu pertumbuhan janin

Para ibu hamil juga bisa mengambil manfaat susu kambing etawa yang membantu pertumbuhan janin agar makin sehat. Kalsium akan membuat pertumbuhan jaringan tulang janin lebih maksimal, dan beragam vitamin untuk kecerdasan otak si kecil.

7. Mencegah stres

Susu kambing etawa yang diminum dalam suhu hangat akan membantumu lebih rileks. Zinc dan magnesium juga akan membantu otak untuk lebih tenang dan memperkuat jaringan syaraf.

Penatnya pikiran yang memicu stres muncul pun akan tercegah karenanya.

8. Meningkatkan daya tahan tubuh

Zat flourin yang tinggi pada susu kambing tak hanya baik untuk penyembuhan penyakit pernapasan, tapi juga meningkatkan daya tahan tubuh. Di musim pancaroba dan maraknya virus yang tersebar membuatmu harus lebih ekstra menjaga kesehatan.

9. Cocok untuk diet

Susu kambing etawa yang rendah lemak juga malah meningkatkan metabolism tubuh. Jadi, buat kamu yang sedang diet, susu ini akan mudah mengenyangkan namun enggak bikin berat badanmu bertambah.

10. Mencegah dan mengobati diabetes

Susu kambing etawa yang segar tanpa campuran pemanis, pengawet dan tambahan zat apapun sangat baik untuk penderita diabetes. Pembentukan insulin akan terbantu berkat kandungan A2-Betakasein dan Asam Amino Esensial dari susu kambing etawa.

(Baca Juga: Pengen Lebih Sehat di 2020? Konsumsi 10 Jenis Makanan Ini)
Beragam Produk Susu Kambing Etawa

Manfaat susu kambing bisa kamu dapatkan dengan membeli susu segar langsung dari peternakan, atau dari produk olahan yang lebih praktis. Produk instan susu kambing yang ada antara lain berupa susu bubuk merk Skygoat, AMH, Naga SP, ProVit, HPAI, dan masih banyak lagi.

Sementara produk kecantikan yang berbahan susu kambing adalah moisturizing cream dari merk Kate Somerville yang juga bagian dari Unilever. Serta serum dari NNS, body lotion dari Shea Terra, hand cream dari Dionis, dan masih banyak lagi lainnya.

Manfaat susu kambing begitu banyak untuk kesehatan. Tapi, jangan lupa juga untuk melindungi kesehatanmu dengan kepemilikan asuransi. Ini saatnya cek produk asuransi sesuai kebutuhan dan ajukan dengan mudah melalui CekAja.com.

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast