Ketahui Manfaat Tabungan Bisnis untuk UMKM

Terdapat berbagai macam jenis tabungan yang bisa dipilih oleh masyarakat. Salah satunya adalah tabungan bisnis. Jenis tabungan ini sering dimanfaatkan pelaku usaha untuk mengelola keuangannya.

Kini kamu juga dapat mengenali manfaat tabungan bisnis, terutama untuk UMKM. Mari kita simak yuk!

Ketahui Manfaat Tabungan Bisnis untuk UMKM

Mengenal Tabungan Bisnis

Sebelum mengetahui manfaat tabungan bisnis, kita perlu terlebih dahulu mengenal apa itu tabungan bisnis.

Tabungan bisnis atau rekening bisnis adalah jenis tabungan yang diperuntukan khusus bagi pelaku usaha perorangan atau perusahaan untuk keperluan pengelolaan keuangan bisnis.

Umumnya, tabungan bisnis memberikan suku bunga yang lebih kompetitif jika dibandingkan dengan produk tabungan lainnya. Fitur dan fleksibilitas yang ditawarkan pun dapat mendukung kelancaran transaksi bisnis.

Fitur yang ditawarkan antara lain limit transaksi yang lebih tinggi, bebas biaya kliring dan RTGS serta bebas biaya tarik tunai dan transfer.

Banyak bank yang menawarkan tabungan bisnis untuk UMKM atau Usaha Mikro dan Kecil Menengah. Hal ini dikarenakan semakin meningkatnya jumlah pelaku usaha dalam skala ini.

Selain itu, pemilik usaha UMKM juga biasanya masih menggunakan rekening pribadi untuk menjadi sarana penyimpanan uang usahanya sehingga perpindahan ke tabungan bisnis penting untuk mereka.

Pemilik usaha UMKM yang umumnya masih awam mengenai finansial akan terbantu dengan penggunaan tabungan bisnis terutama dalam pembukuan usaha.

(Baca Juga: 6 Produk Tabungan Terbaik untuk Bisnis)

Manfaat Tabungan Bisnis

Jika kamu sudah memahami seputar tabungan bisnis, kini kamu dapat menilai keuntungan yang bisa didapatkan. Berikut daftar manfaat tabungan bisnis yang kita rangkum dari berbagai sumber.

1. Suku bunga yang lebih tinggi

Jika dibandingkan dengan tabungan pribadi, salah satu manfaat tabungan bisnis terbaik adalah suku bunga yang ditawarkan oleh bank lebih tinggi.

Dengan bertumbuhnya bisnis, maka jumlah saldo dalam tabungan bisnis akan semakin tinggi juga. Tabungan bisnis yang sehat memiliki kesempatan untuk memiliki bunga dari bank yang besar.

Suku bunga yang tinggi tentu dapat menguntungkan pemilik usaha, terutama untuk pemula yang ingin mengembangkan bisnisnya.

Cukup dengan meyimpan uang di tabungan, bank dapat memberikan pebisnis keuntungan hingga 4% dari total saldo dalam tabungan.

2. Meningkatkan kredibilitas bisnis

Sebuah usaha dapat dengan mudah berkembang dengan reputasi yang baik. Dengan mengetahui manfaat tabungan bisnis, pemilik usaha dapat meningkatkan kredibilitas usahanya.

Bisnis yang memiliki rekening perusahaan sendiri akan terlihat lebih profesional dibandingkan dengan usaha yang masih menggunakan rekening pribadi sebagai rekening utama.

Baik konsumen maupun klien cenderung akan lebih percaya dengan rekening yang mengatasnamakan perusahaan karena lebih terjamin legalitasnya.

3. Pengelolaan keuangan bisnis lebih mudah dan efisien

Untuk memastikan keberlangsungan usaha, diperlukan pengelolaan keuangan yang baik. Salah satu manfaat tabungan bisnis, tentu anda dapat mengetahui kemudahan mengelola bisnis dengan jenis tabungan ini.

Dengan memiliki tabungan bisnis, anda dapat mengatur keuangan perusahaan lebih baik. Hal ini karena setiap transaksi tercatat dengan jelas dan detail tiap transaksi yang dilakukan lengkap dengan deskripsi transaksi.

Apalagi pengembangan usaha terkait erat dengan penggunaan modal. Apabila transaksi bisnis tidak dapat dipantau, bisnis akan sulit berkembang dan terancam kolaps.

4. Perlindungan aset pribadi pelaku usaha

Dalam memiliki bisnis, pemisahan antara rekening pribadi dengan rekening bisnis penting dilakukan. Melindungi aset pribadi merupakan salah satu manfaat tabungan bisns.

Hal ini penting karena jika dua jenis rekening ini tidak terpisah, terdapat kemungkinan aset dapat tercampur penggunaannya.

Jika tercampur, dana pribadi dapat terpakai untuk keperluan bisnis jangka panjang yang berakibat berkurangnya aset cair pribadi yang penting sebagai dana darurat pemilik usaha.

5. Pengajuan pinjaman usaha ke bank lebih mudah

Salah satu kunci dari pengembangan usaha adalah dengan adanya modal. Bank menyediakan layanan pinjaman sebagai sarana bagi pemilik usaha untuk mendapatkan modal dalam jumlah besar dan aman.

Dalam pengajuan pinjaman modal bisnis, diperlukan dokumen-dokumen penting untuk memastikan Kesehatan keuangan bisnis kita. Di sinilah manfaat tabungan bisnis bisa membantu pelaku usaha.

Untuk membuktikan potensi pengembangan usaha, diperlukan laporan pemasukan-pengeluaran dan arus kas bisnis. Tabungan bisnis dengan detail transaksi yang lengkap mampu membantu anda melengkapi laporan ini.

Bahkan, anda dapat meminta bank terkait untuk membantu menyusun laporan keuangan usaha anda. Anda dapat mengelola keuangan anda dari laporan-laporan tersebut.

Tata Cara Buka Tabungan Bisnis

Setelah mengetahui penjelasan dan manfaat tabungan bisnis, langkah yang bisa anda ambil selanjutnya adalah membuka rekening bisnis di bank pilihan anda.

Untuk memudahkan proses transisi, anda bisa menggunakan bank yang sama dengan rekening bank pribadi anda agar anda dapat mengelola dana pribadi dan perusahaan di satu instansi yang sama.

Langkah pertama yang harus diambil dalam membuka tabungan bisnis adalah menentukan bank yang sesuai dengan kebutuhan pemilik usaha.

Tiap bank menawarkan fitur dan bunga dengan persyaratan yang berbeda. Anda harus menentukan kebutuhan usaha anda terlebih dahulu agar dapat mendapatkan manfaat tabung bisnis dari bank yang sesuai.

Langkah selanjutnya adalah mengisi formulir pembukaan rekening. Masing-masing bank memiliki format formular tersendiri yang harus diisi.

Dokumen utama yang harus ditunjukkan adalah Kartu Tanda Penduduk atau KTP untuk WNI atau Paspora dan KITAP/KITAS/KIMS. Selanjutnya, pemilik usaha diharapkan mampu menunjukkan surat izin usaha.

Dokumen penting lain yang wajib dimiliki adalah Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Akte Pendirian Perusahaam, serta Tanda Daftar Perusahaan. Tiap bank memiliki persyaratannya sendiri dalam kelengkapan dokumen.

Dalam mengisi formulir, pemilik usaha juga perlu melengkapi dokumen penting untuk memastikan legalitas usaha.

(Baca Juga: Strategi UMKM Untuk Meningkatkan Penjualan)

Berikut penjelasan, tata cara, serta manfaat tabungan bisnis yang kami siapkan untuk anda. Tentu anda perlu menentukan layanan yang anda butuhkan dengan mencari informasi lebih lanjut tentang tabungan bisnis.

Jika anda masih ingin mencari tahu tentang produk finansial tabungan yang sesuai dengan kebutuhan, anda dapat menggunakan layanan perbandingan di CekAja.com.

CekAja sebagai aggregator finansial di Indonesia menawarkan informasi mengenai produk -produk tabungan dari berbagai bank di Indonesia.

Dengan menggunakan layanan ini, anda dapat membandingkan secara langsung tabungan dari bank mana yang cocok untuk kebutuhan anda mulai dari konvensional, investasi, hingga anak.

Selain layanan pembandingan, anda dapat mengajukan tabungan secara online dengan mendaftar melalui CekAja.  CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses pengajuan dijamin aman.

Segera pilih produk tabungan terbaik dan buka tabungan dengan CekAja.com dengan proses mudah, cepat, dan aman.