Manfaatkan Cicilan 0% dari Kartu Kredit untuk Ganti Smartphone Impian

Kamu mungkin banyak menjumpai beberapa produk yang menawarkan promo kartu kredit berupa cicilan 0%. Mulai dari produk fashion, tiket pesawat, elektronik, hingga gadget sekalipun. Untuk itu, bagi kamu yang berencana untuk ganti smartphone bisa manfaatkan cicilan 0% dari kartu kredit untuk ganti smartphone.

Manfaatkan Cicilan 0% dari Kartu Kredit untuk Ganti Smartphone Impian

Sekilas tentang Cicilan 0%

Bagi kamu pengguna kartu kredit, mungkin sedikit banyak sudah pernah mendengar dan mengetahui tentang cicilan 0%.

Program ini sebenarnya merupakan sebuah promo yang diberikan kartu kredit, berupa skema cicilan yang memperbolehkan para penggunanya untuk membeli barang dengan cicilan sesuai dengan harga aslinya.

Seperti misalnya, kamu membeli sebuah smartphone dengan harga Rp12 juta dan masa tenor 12 bulan.

Maka setiap bulannya, kamu hanya perlu membayar cicilan sebesar Rp1 juta tanpa dikenakan bunga apapun. Itulah yang disebut dengan cicilan 0%.

Sehingga, selama periode cicilan kamu tidak akan dikenakan tagihan bunga apapun untuk smartphone yang kamu beli menggunakan program cicilan 0% tersebut.

Bagaimana, manfaatkan cicilan 0% dari kartu kredit untuk ganti smartphone sangat menguntungkan bukan?

(Baca Juga: Aturan Main Kartu Kredit Cicilan 0%)

Prosedur Menggunakan Cicilan 0%

Setelah di pembahasan sebelumnya kamu mengetahui definisi dari cicilan 0%, maka di pembahasan kali ini kamu akan mengetahui tentang prosedur menggunakan cicilan 0%.

Sejatinya, gambaran dari prosedur memakai cicilan 0% ini sama dengan simulasi yang dijelaskan di pembahasan sebelumnya.

Kamu tidak akan dikenakan biaya apapun selain biaya cicilan untuk smartphone yang kamu beli. Kamu tidak akan dikenakan bunga dan biaya tambahan lainnya.

Beberapa bank mungkin ada yang memberikan biaya administrasi. Namun secara keseluruhan tidak ada biaya tambahan apapun selain biaya cicilan.

Sebelum kamu menggunakan cicilan 0% dari kartu kredit, kamu tentu harus mengetahui dan memenuhi terlebih dahulu beberapa persyaratan, yang umumnya diberikan oleh semua bank penerbit kartu kredit. Adapun beberapa persyaratan tersebut, di antaranya:

  • Memenuhi minimal pembelian yang diberlakukan produk yang akan kamu beli (dalam hal ini smartphone)
  • Barang yang dibeli masuk ke dalam program cicilan 0%
  • Umumnya memberikan pilihan masa tenor 3, 6 dan 12 bulan
  • Beberapa bank ada yang memberikan biaya administrasi

Jika dirasa semua persyaratan tersebut sudah terpenuhi dan kamu setuju dengan persyaratan yang diberikan, maka langkah selanjutnya adalah kamu bisa langsung melakukan transaksi menggunakan kartu kredit seperti biasa.

Namun sebelum melakukan transaksi menggunakan program cicilan 0%, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu sudah mengajukan program cicilan kartu kredit tersebut sebagai metode pembayaran.

Jika kesepakatan antara kamu dan pihak toko sudah didapatkan, maka kamu sudah dinyatakan sah menggunakan program cicilan 0%.

Selanjutnya, kamu tinggal membayar cicilan bulan berikutnya sesuai dengan tenggat waktu yang diberikan, hingga masa tenor selesai.

Sebab, jika kamu membayar cicilan diluar batas waktu yang sudah ditentukan, kamu akan dikenakan bunga sesuai dengan kebijakan kartu kredit.

Manfaatkan Cicilan 0% dari Kartu Kredit untuk Ganti Smartphone

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa program cicilan 0% ini tidak hanya berlaku untuk produk-produk fashion, elektronik atau pembelian tiket pesawat saja.

Tetapi program ini juga berlaku untuk gadget. Sehingga, kamu bisa manfaatkan cicilan 0% dari kartu kredit untuk ganti smartphone.

Pasalnya, dengan menggunakan program cicilan ini kamu tidak hanya dapat menghemat pengeluaran dan mengatur keuangan dengan lebih bijak.

Tetapi kamu akan mendapat lebih banyak keuntungan, yang di antaranya akan diulas di bawah ini.

Keuntungan Cicilan 0% Kartu Kredit

Buat kamu yang menggunakan program cicilan 0% dari kartu kredit, berikut beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan, yaitu:

  • Pembayaran dapat dilakukan dengan cara dicicil
  • Tidak dikenakan bunga
  • Angsuran akan lebih murah
  • Mendapatkan tambahan promo menarik lainnya
  • Masa tenor hingga 12 bulan
  • Dapat dilakukan kapan saja, baik secara online ataupun offline
  • Uang tunai yang dimiliki bisa digunakan untuk investasi
  • Dan lain sebagainya.

Kelemahan Cicilan 0% Kartu Kredit

Meski keuntungan yang kamu dapatkan dari program cicilan 0% ini cukup banyak, namun nyatanya program ini memiliki beberapa kelemahan, yang di antaranya yaitu:

  • Limit kartu kredit menjadi berkurang
  • Perlu menghubungi call center untuk mengubah transaksi menjadi cicilan
  • Kamu bisa saja dikenakan surcharge sebesar 3% dari merchant gadget
  • Dan lain sebagainya.

Jika menggunakan program cicilan 0%, tentu kamu tidak ingin mendapatkan kelemahan-kelemahan di atas bukan?

Maka dari itu, kamu perlu mengetahui beberapa tips menggunakan program cicilan 0% sebelum membeli barang.

Tips Menggunakan Program Cicilan 0% dari Kartu Kredit

Agar kamu bisa menggunakan program cicilan 0% dengan maksimal, ada baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu beberapa tips yang telah CekAja.com rangkum sebagai berikut.

Pastikan Program Cicilan 0% Masih Berlaku

Tips pertama yaitu pastikan bahwa program cicilan 0% yang ditawarkan masih berlaku. Cara memastikannya kamu bisa datang ke toko yang menjual barang kebutuhanmu, seperti smartphone dan memasang banner program cicilan 0%.

Atau untuk lebih jelasnya, kamu juga bisa langsung memastikan ke bank penerbit kartu kredit yang memberikan program cicilan 0%. Sekiranya toko atau produk-produk dengan merek apa saja yang menawarkan program cicilan 0%.

Sebab, terkadang ada beberapa toko yang masih memasang banner program cicilan 0% untuk produk yang mereka jual, namun sebenarnya promo atau program tersebut sudah habis masa berlakunya.

Bayar Angsuran Tepat Waktu

Tips berikutnya adalah membayar angsuran tepat waktu. Hal ini sangat penting untuk kamu perhatikan, sebab kamu akan dikenakan denda apabila membayar angsuran lebih dari waktu yang sudah ditentukan.

Oleh karena itu, pada saat proses transaksi di awal, pastikan kamu mengingat jatuh tempo bayar angsuran dan jumlh tagihannya. Sehingga, kamu bisa membayarnya tepat waktu dan terhindar dari denda.

Waspada dengan Adanya Tambahan Biaya

Tips terakhir yang perlu kamu perhatikan adalah waspada dengan adanya tambahan biaya. Karena biasanya, akan ada biaya administrasi dan pajak yang harus kamu bayar ke bank penerbit kartu kredit, sebesar 3% – 4% dari total transaksi yang harus dibayar.

Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir apabila nanti saat menggunakan program cicilan 0%, kamu dikenakan biaya administrasi. Sebab, itu buka tipuan dan lain sebagainya.

(Baca Juga: Kartu Kredit yang Bebas Iuran Tahunan. Apa Saja?)

Itulah beberapa hal seputar program kartu kredit cicilan 0%, sangat menguntungkan bukan? Program tersebut tidak hanya meringankan biaya, tetapi juga memudahkan proses transaksi.

Maka dari itu, kamu bisa manfaatkan cicilan 0% dari kartu kredit untuk ganti smartphone terbaru yang kamu inginkan.

Jangan lupa, ajukan kartu kredit dahulu di CekAja.com, sebelum menggunakan program cicilan 0%. Karena, CekAja.com menyediakan banyak produk kartu kredit yang bisa kamu jadikan pilihan.

Terlebih ada sederet kartu kredit khusus belanja dan promo-promonya. Jadi, tunggu apalagi? Ajukan sekarang dan dapatkan segudang keuntungan!