6 Masalah Umum Mobil Matic Yang Harus Kamu Tahu

Menjadi salah satu idola saat ini jika dibandingkan mobil manual, membuat beberapa masalah umum mobil matic yang terkadang diabaikan.

Mobil matic sekarang memang menjadi primadona di kalangan masyarakat. Mobil ini kerap menjadi andalan mereka untuk berkendara dengan nyaman.

Banyak yang beranggapan, bahwa menggunakan mobil bertransmisi otomatis akan lebih mudah ketika mengendarainya.

Apalagi mobil matic juga sering diiringi dengan fitur canggih, yang semakin menarik minat masyarakat untuk membelinya.

Namun seperti halnya mobil manual, mobil matic juga juga memiliki masalah yang bisa menghambat kita saat berkendara.

Jika kamu memiliki mobil matic, lebih baik untuk berjaga-jaga, cari tahu dulu masalah umum mobil matic, agar kamu tidak panik saat mengalaminya.

Simak terus tulisan masalah umum mobil matic di bawah ini ya!

(Baca Juga: Bedanya Mobil Matic dan Manual)

Masalah Umum Mobil Matic

Mobil matic memiliki sistem yang cukup kompleks. Maka dari itu jika kamu merasakan sedikit perbedaan yang terjadi pada mobil maka kamu harus perhatikan lebih seksama.

Ada banyak masalah umum mobil matic yang perlu kamu pahami, selama kamu memiliki mobil matic.

Ini untuk menjaga agar mobil juga tetap nyaman saat dipakai berkendara. Masalah umum mobil matic yang sering terjadi antara lain:

1. Ada rasa hentakan kasar saat perpindahan gigi

Mobil matic biasanya beroperasi dengan mulus saat berpindah dari satu gigi ke gigi lain. Kamu seharusnya tidak merasakan sensasi bergesekan, terpeleset apalagi hentakan kasar saat mobil berpindah gigi.

Ketika kamu merasakan hentakan yang kasar, seperti ada yang mendorong mobil, ada baiknya untuk segera memeriksanya di bengkel resmi.

Ini merupakan masalah umum mobil matic, namun jangan biarkan ketidakwajaran di mobil matic semakin menjadi.

Jika tidak segera diperbaiki maka potensi kerusakan besar bisa terjadi. Dan ini akan menguras kantong untuk perbaikan jika terlambat.

2. Ada getaran yang berbeda 

Saat kamu berkendara dengan kondisi mobil matic ini prima tentu akan merasa mulus saja. Sebaiknya kamu ingat bagaimana performa mobil jika dalam kondisi prima.

Jadi jika kamu merasakan ada getaran aneh atau berbeda pada mobil terutama saat dipakai segera lakukan pemeriksaan. Ketika mesin mobil bekerja memang wajar terjadi getaran.

Tapi kalau kamu menemukan getarannya berbeda dan itu cukup mengganggu mungkin system transmisi mobil matic kamu bermasalah. Kopling yang sudah mulai aus juga bisa menjadi sebab getaran yang tidak wajar.

Masalah umum mobil matic ini harus benar-benar kamu pahami. Agar kamu dapat berkendara dengan nyaman dan aman.

3. Tuas sulit dipindahkan

Ketika memakai mobil matic mungkin kamu pernah mengalami gagalnya perpindahan gigi. Mungkin saja ini karena ada kendala di switch pada sistem transmisi otomatis mobil kamu.

Ini mengakibatkan tuas menjadi sulit dipindahkan dan tersangkut. Dari mode parking bisa jadi kamu tak bisa memindahkannya.

Komputer mobil matic biasanya akan memberi tahu transmisi kapan harus berpindah antara satu gigi ke gigi lainnya. Ini memberitahu mobil kapan harus mengirim tenaga ke roda.

Jika ada yang tidak berfungsi di sini, sinyal tidak dikirim dengan benar.

4. Gigi tidak bisa berpindah mengikuti tuas

Masalah umum mobil matic selanjutnya adalah gigi yang tidak bisa berpindah mengikuti tuas. Jika hal ini terjadi artinya bukan hanya tuasnya saja yang bermasalah.

Tapi gigi di transmisinya juga beresiko tinggi ada masalah juga. Ketika masalah umum mobil matic ini terjadi coba untuk memeriksa gearbox mobil dan cek pada bagian kabelnya.

Kabel yang mengelupas atau bahkan putus bisa menjadi sebab gigi gagal mengikuti perpindahan tuas.

5. Susah memundurkan mobil

Masalah umum mobil matic seperti sulit untuk memundurkan mobil juga kadang sering terjadi. Ini biasanya terjadi karena kesalahan dalam sistem mekanik transmisi otomatisnya.

Masalah ini tak boleh diabaikan karena ini bisa berpengaruh dengan bagaimana kamu akan menjalankan mobil matic ini terutama saat parkir. Jika ini terjadi segera periksa ke mekanik yang ahli dalam transmisi otomatis mobil matic.

6. Mobil tidak merespons saat persneling

Ketika kamu memasukkan mobil ke dalam mode drive atau mundur, apakah itu langsung merespons atau ada penundaan? Apakah transmisi mobil tidak bekerja sama sekali saat kamu menyetir atau mundur?

(Baca Juga: Pentingnya Service Mobil 1000KM Pertama)

Keduanya adalah masalah yang mungkin menandakan adanya masalah. Ini bisa menunjukkan masalah dengan cairan yang sifat pelindungnya telah menurun dan menjadi kental.

Dalam hal ini mengganti cairan yang baik bisa membantumu memecahkan masalah. Jadi pastikan untuk selalu memeriksanya.

Di lain waktu kamu mungkin mengalami masalah sistem komputer. Terkadang mengatur ulang komputer mobil juga bisa menyelesaikan masalah.

Kamu bisa melakukannya sendiri dengan melepas baterai selama sekitar 30 menit. Ini memungkinkannya untuk diatur ulang.

Jika ini tidak membantu, inilah saatnya untuk membiarkan mekanik transmisi yang berkualifikasi memeriksa mobil matic kamu. Dan mendatangi servis resmi mobilmu.

Nah itu dia beberapa masalah umum mobil matic yang mesti kamu tahu dan pahami. Dengan tahu lebih dulu masalah-masalah ini nanti diharapkan kamu tidak panik untuk menyelesaikannya.

Walaupun mobil matic lebih praktis saat dipakai tapi ternyata jika ada kerusakan kecil terutama pada transmisi maka itu bisa jadi hal besar. Untuk itu kamu harus lebih cermat dalam merawat mobil matic.

Pemeriksaan secara berkala, atau tiap 10.000 km ke bengkel resmi bisa menjadi cara tepat merawat mobilmu.

Dan kamu juga bisa memanfaatkan asuransi kendaraanmu, agar semua perbaikan bisa maksimal diberikan.

Namun jika mobil kamu belum memiliki asuransi, maka segeralah lengkapi mobilmu dengan asuransi kendaraan yang terpercaya. Dan ini bisa kamu temukan di CekAja.com.

Melalui CekAja.com kamu bisa mendaftar langsung asuransi kendaraan yang terbaik dan terjamin.

Yuk, tunggu apalagi? Siapkan asuransi kendaraan terbaikmu di CekAja.com.