Masalah Umum Vespa Modern Beserta Solusinya, Calon Pemilik Vespa Wajib Tahu!

Tidak hanya versi antiknya saja yang digemari, Vespa modern juga tak kalah menjadi primadona warga Indonesia. Meski dikenal dengan kualitas mesin yang bagus, namun beberapa masalah umum Vespa modern, juga sering dialami.

Nah, bagi kamu pemilik baru motor bermesin 2-tak ini, sepertinya wajib memahami masalah-masalah umum Vespa modern, beserta cara mengatasinya, yang akan dibahas berikut ini.

Sehingga, kamu bisa mempertimbangkan dalam memilih, tipe motor Vespa mana yang harus kamu beli. Hal tersebut juga dilakukan, untuk meminimalisir masalah-masalah yang sering muncul.

Terlebih, biaya service motor Vespa modern tergolong cukup mahal, ketimbang biaya service motor biasa seperti motor bebek, hingga motor matik.

(Baca Juga: Daftar Motor Matic Terbaru di Indonesia)

Tipe-tipe Motor Vespa Modern di Indonesia

Sebelum membahas lebih dalam terkait masalah umum Vespa modern, yang sering terjadi, yuk ketahui dulu tipe-tipe motor Vespa modern berikut ini. Kamu sendiri punya Vespa modern tipe apa?

Motor yang dipasarkan melalui PT. Piaggio Indonesia ini, merupakan tipe motor skuter, dengan kubikasi mesin kecil. Vespa modern sendiri terdiri dari 7 tipe, yang dipasarkan di Indonesia, di antaranya adalah:

  • Vespa S 125 I-GET
  • Vespa LX 125 I-GET
  • Vespa Primavera 150 I-GET ABS
  • Vespa Sprint 150 I-GET ABS
  • Vespa GTS 150
  • Vespa GTS Super Tech 300
  • Vespa 946

Dari ketujuh tipe Vespa modern di atas, tentunya masalah umum yang terjadi, berbeda-beda.

Bahkan, masalah umum Vespa modern, biasa terjadi pada Vespa modern tipe Sprint. Kira-kira apa saja masalah yang umum terjadi pada Vespa tersebut? Yuk simak rangkumannya berikut ini.

Masalah Umum Vespa Modern Beserta Cara Mengatasinya

1. Masalah Gejala Gregel

Masalah umum Vespa modern yang pertama adalah adanya gejala gregel atau gredek. Apa itu gejala gregel?

Gregel atau gredek ini merupakan masalah umum, yang terjadi pada kampas kopling bawaan pabrik, yang kurang bagus.

Tidak sedikit, tapi banyak mengeluhkan Vespa modern mengalami masalah gregel, bahkan sebelum motor digunakan pada jarak 4.000 km, jadi termasuk baru.

Jadi, masalah gregel ini umumnya terjadi, akibat adanya slip antara kampas kopling, dengan mangkok di CVT.

Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, yang pertama bisa ganti kampas, yang sesuai dengan kampas milik Piaggio MP3. Untuk harga ganti kampas ini biaya sekitar Rp800.000.

Selanjutnya, dengan cara bersihkan area CVT dengan teratur, karena biasanya gregel juga terjadi akibat kampas yang kotor.

Selain membersihkanya, ketika kamu melakukan service rutin, cara lain mengatasi gregel, bisa juga dengan cara mengganti satu set komponen CVT.

2. Masalah Tali rem

Masalah umum Vespa modern yang selanjutnya adalah masalah tali rem. Bukan masalah kecil dan sepele, tali rem menjadi salah satu komponen penting, yang ada di kendaraan terutama motor.

Jika tali rem bermasalah seperti macet, maka tumpuan kamu ketika hendak berhenti menjadi kurang baik.

Namun, kondisi ini ternyata memang sering terjadi pada Vespa modern. Biasanya masalahnya adalah tali rem macet dan diameter kabel lebih besar, jadi lebih mudah berkarat.

Jika sudah berkarat, besar kemungkinan pengereman, akan menjadi berat. Solusi untuk mengatasi masalah ini, satu-satunya adalah mengganti tali rem.

Jadi, bagi pemilik Vespa modern, perhatikan betul kondisi tali rem. Jika sudah tidak enak digunakan, maka segera lakukan pengecekan.

Jika sudah diganti pun, kamu harus tetap rajin melakukan pengecekan terhadap rem, secara rutin.

3. Masalah pada Karet Bushing

Masalah umum Vespa modern yang terakhir adalah masalah di karet bushing. Pasalnya, karet bushing Vespa rentan rusak, jika sudah rusak, maka performa jadi berkurang.

Adapun penyebab utama kerusakan karet bushing adalah kondisi jalanan yang rusak atau tidak mulus.

Ketika Vespa modern melewati jalanan rusak, maka engine mountingnya juga cepat haus. Nah, untuk cara mengatasi masalah ini, yakni dengan cara rutin mengganti karet bushing.

Semakin kamu sering melewati jalanan rusak dan jelek, maka akan semakin besar risiko kerusakan karet bushing. Jadi, pastikan rutin mengganti karet bushing, ketika motor sudah tidak nyaman digunakan.

Jangan tunggu parah, sebaiknya rutin lakukan pengecekan pada semua kondisi motor. Karena, jika salah satu komponen rusak, bisa mempengaruhi komponen lain.

Bahkan, jika beberapa komponen sudah rusak secara bersamaan, maka biaya service jauh akan lebih mahal.

Nah setelah kamu mengetahui apa saja masalah umum yang sering terjadi pada Vespa modern, sebaiknya langsung ditindak secepatnya.

Di mana kamu bisa berkonsultasi dan memperbaiki beberapa masalah Vespa modern tersebut? Nah, kamu bisa datangi Scooter VIP yang berlokasi di Galaxy, Bekasi.

(Baca Juga: Vespa Limited Edition yang Ada di Indonesia)

Ada layanan apa saja di sana? Kamu dan motor Vespa kesayanganmu, bisa mendapatkan berbagai layanan seperti handling, power, style, dan maintenance.

Semua suku cadang juga dijamin berkualitas dan orisinil. Adapun harga suku cadang masalah di atas, mulai dari Rp55.000 – Rp800.000.

Harga suku cadang tersebut juga belum termasuk biaya jasa service. Jadi jika ditotal, biaya service yang kamu keluarkan untuk masalah umum di atas, berkisar Rp1,5 jutaan.

Bagaimana? Cukup mahal bukan biaya service kendaraan bermotor?

Tidak mau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terhadap kendaraan bermotor kesayanganmu bukan?

Yuk, segera ajukan asuransi kendaraan, agar kendaraan kesayangan kamu bisa terlindungi. Pemilik kendaraan juga bisa terhindar dari risiko kerugian finansial yang besar.

Ajukan Asuransi Kendaraan Terbaik hanya di CekAja.com

Mau dapat produk asuransi kendaraan terbaik dan tepat sesuai dengan kebutuhan? Ajukan saja di CekAja.com!

Di CekAja.com, kamu bisa melihat banyak produk asuransi kendaraan, dari berbagai perusahaan asuransi kendaraan ternama Indonesia.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk lihat, bandingkan, dan ajukan asuransi kendaraan terbaik, hanya di CekAja.com, sekarang juga!