Cara Mengaktifkan Kembali Kartu Kredit

7 min. membaca Oleh Gesti Weningtyas on

Pernahkah kamu mengalami kartu kredit yang terblokir alias tidak aktif? Padahal, sudah memiliki kartu kredit, hanya saja lupa melakukan aktivasi. Akhirnya kartu kredit pun hanya tersimpan di dompet. Pada waktu membutuhkan untuk pembayaran transaksi, ternyata sudah diblokir bank, duh!

mengaktifkan kembali kartu kredit

Perlu kamu ketahui, jenis pemblokiran kartu kredit ada dua. Yakni pemblokiran kartu kredit sementara dan pemblokiran kartu kredit permanen.

Kalau sudah diblokir permanen, kamu tidak bakal bisa menggunakan fisik dari kartu kredit yang sama. Pemblokiran permanen kartu ini biasanya dilakukan oleh perbankan yang menerbitkan kartu, ketika nasabah sudah tidak memba yarkan tagihan hingga tiga bulan berturut-turut.

Namun, ada juga pemblokiran permanen yang dilakukan atas permintaan nasabah pemilik kartu. Misalnya waktu kartu hilang atau dicuri.

Sedangkan pemblokiran sementara bisa saja terjadi ketika kamu salah memasukkan nomor pin. Pemblokiran sementara ini bisa dibuka dalam waktu 1×24 jam.

Tapi jika kamu tidak membuka kartu yang terblokir tersebut dalam waktu yang sudah ditentukan, maka kartu kredit mobil bisa terblokir dengan permanen. Jika sudah demikian maka hal yang bisa kamu lakukan adalah mengajukan kartu pengganti.

Sebab kamu tidak bisa menggunakan kartu yang sama jika sudah terblokir secara permanen. Nah buat kamu yang mengalami hal seperti ini, inilah beberapa tips untuk mengaktifkan kartu kredit kembali

1. Menghubungi Call Center

Hal pertama yang kamu lakukan untuk mengaktifkan kembali kartu kredit mu adalah menghubungi call center Bank penerbit. Kamu bisa meminta penggantian kartu kredit yang baru. Nasabah akan ditanya beberapa informasi pribadi seperti KTP tanggal lahir dan sebagainya.

2. Mengajukan Kartu Kredit Lagi

Ketika kartu kredit yang sudah terblokir secara permanen, mau tidak mau kamu harus melalui proses awal seperti saat kamu mengajukan kartu kredit. Proses pengajuan kartu kredit ini seperti halnya ada melalui sistem layanan informasi keuangan (SLIK) Otoritas Jasa Keuangan dan bank berhak menilai kembali apakah kamu layak memiliki kartu kredit itu.

Untuk mengajukan kartu kredit ada dua cara yang bisa kamu lakukan. Yaitu pengajuan kartu kredit secara online dan offline.

Mengajukan kartu kredit secara manual artinya kamu harus menyediakan waktu untuk mengisi formulir yang ditentukan oleh bank penerbit kartu kredit.

Setelah itu kamu juga harus menyiapkan beberapa dokumen seperti fotokopi KTP, slip gaji atau surat keterangan kerja dan dokumen pendukung lainnya. Berikut ini persyaratan-persyaratan dan dokumen yang perlu kamu siapkan untuk mengajukan kartu kredit secara manual alias offline:

  • Fotokopi KTP
  • Slip gaji atau bukti penghasilan lain
  • Fotocopy NPWP
  • Fotokopi buku tabungan 3 bulan terakhir
  • Tagihan kartu kredit 3 bulan terakhir (jika sudah memiliki kartu kredit lainnya)

Jika pengajuannya manual, dokumen harus dikirim langsung ke alamat Bank yang menerbitkan kartu mu. Biasanya alamat sudah ditentukan oleh bank.

Setelah itu kamu bisa menunggu proses konfirmasi dari pihak bank yang menerbitkan kartu kredit. Biasanya proses akan berlangsung sekitar 7 hingga 14 Hari.

Selain itu kamu juga bisa datang ke cabang Bank penerbit kartu kredit mu yang terdekat dengan membawa persyaratan yang sudah dipaparkan sebelumnya. Pengajuan kartu kredit secara offline 6 lebih cocok buat kamu yang lebih suka berinteraksi langsung dengan customer service.

Pengajuan Kartu Kredit Secara Online

Jika mobilitas mu cukup tinggi hingga tak bisa meluangkan waktu untuk mengaktifkan kembali kartu kredit secara offline atau manual kamu bisa mengajukan kartu kredit dengan mudah melalui online. Dengan cara ini, kamu tidak perlu datang ke kantor cabang Bank penerbit kartu kreditmu.

Mengajukan kartu kredit secara online akan lebih mudah karena kamu bisa mengajukan nya hanya dengan modal kuota atau sambungan internet. Pengajuan kartu kredit secara online ini bisa kamu lakukan dimana saja dan kapan saja. agar lebih mudah mengajukan kartu kredit dan bisa membandingkan berbagai produk kartu kredit dari Bank penerbit kamu bisa mengajukan kartu kreditmu di CekAja.

Bahkan, sebelum kamu mengajukan kartu kredit pilihanmu kamu bisa mendapatkan berbagai informasi yang detil terkait pilihan kartu kredit yang akan kamu ajukan.

Sehingga, kamu pun bisa mengetahui informasi yang mendalam terkait bunga hingga jumlah denda yang akan kamu dapatkan Jika kamu mengajukan kartu kredit yang dimaksud.

Kamu juga bisa membandingkan berbagai pilihan kartu kredit dari beragam bank yang ada di Indonesia. Setiap bank yang menerbitkan kartu kredit pastinya memiliki fasilitas yang berbeda-beda. Sehingga kamu bisa memilih kartu kredit sesuai dengan kebutuhan.

Setelah menemukan pilihan yang sesuai kemudian kamu bisa mengisi aplikasi pengajuan kartu kredit yang tersedia dan data secara lengkap setelah itu tinggal submit saja aplikasi mu akan segera diproses oleh bank. Mudah bukan?

3. Menunggu kartu kredit pengganti

Kamu sudah menghubungi call center Bank penerbit kartu kredit yang telah memblokir kartu kredit mu. Nah, kamu sekarang tinggal menunggu kartu kreditnya tiba.

Proses setiap penggantian kartu kredit ini berbeda-beda tergantung dari kebijakan bank yang menerbitkan kartu kredit. Ada yang prosesnya memakan waktu hingga dua minggu namun ada pula yang memakan waktu hingga 1 bulan.

Sedangkan untuk biaya penggantian kartu kredit berbeda. ada yang dibandrol dari Rp 30 ribu. Ada pula yang memberikan biaya penggantian kartu kredit senilai Rp 100 ribu.

Hal ini tergantung pada jenis kartu kredit yang kamu miliki. Setelah itu biaya penggantian kartu kredit biasanya akan langsung dikenakan pada tagihan Kartu Kreditmu. Dengan demikian kamu hanya tinggal menunggu kartu kreditmu datang.

4. Jangan Lupa Aktivasi!

Kamu sudah melaporkan kartu kredit yang terblokir pada bank penerbit kemudian menunggu kartu kredit pengganti tiba? Jika sudah tiba kartu kredit mu maka hal yang paling penting yang harus kamu lakukan dengan segera adalah aktivasi kartu kredit.

Meskipun kelihatannya sepele dan sederhana aktivasi kartu kredit ini penting untuk segera dilakukan. Sebab jika tidak maka kartu kredit mu bisa terblokir lagi karena lupa belum diaktivasi dan belum dipakai dalam waktu yang lama.

Jika kamu sudah mengaktifkan kartu kredit mu, maka kamu bisa menggunakan kartu kredit ini sewaktu-waktu saat kamu membutuhkan. Sebelum waktu habis kamu bisa mengaktivasi kartu kredit ini dengan registrasi pin yang telah ditentukan oleh bank.

Nah, setiap bank biasanya memiliki ketentuan dan cara yang pastinya berbeda untuk mendaftarkan pin kartu kredit ini.

Biasanya, registrasi PIN untuk mengaktifkan kartu kredit dilakukan secara online dengan mengunduh formulir yang tersedia di laman resmi bank penerbit kartu kredit. Pastikan laman itu atau website yang dimaksud adalah website yang resmi milik bank penerbit kartu kredit mu.

Untuk memastikannya kamu bisa bertanya pada customer service atau call center. Sebab jika website atau laman tersebut bukan milik bank penerbit kartu atau website palsu, maka data pribadimu rentan akan rentan disalahgunakan.

(Baca Juga: Biaya-Biaya yang Terdapat pada Kartu Kredit)

Kamu bisa melengkapi data diri yang dibutuhkan dan dikirim ke email yang bersangkutan. Kamu akan mendapatkan kode otentikasi yang dikirim melalui SMS. Kode ini dibutuhkan untuk proses aktivasi kartu kreditmu.

Setelah kamu sudah menerima kode otentikasi lewat SMS, segera lakukan aktivasi PIN kartu kredit. beberapa cara untuk aktivasi pin kartu kredit ini adalah pertama datang ke ATM sesuai bank penerbit kartu kredit.

Kamu bisa memasukkan kartu kredit tersebut ke mesin ATM lalu pilih menu aktivasi kartu kredit. Kemudian segera masukkan kode otentikasi yang kamu dapat dari SMS sebelumnya. Di sana ada petunjuk untuk memasukkan 6 digit PIN sesuai keinginan. Setelah itu kamu bisa menunggu konfirmasi pengaktifan antigen melalui SMS dengan demikian kartu kredit mu sudah bisa digunakan.

Cara kedua yang bisa kamu lakukan yaitu lewat website Bank penerbit kartu kredit. Di situ ada fasilitas aktivasi PIN kartu kredit. Setelah itu kamu bisa mengisi data kemudian formulir yang telah disediakan oleh bank penerbit kartu kredit mu lalu proses.

Kode otentikasi yang telah kamu dapat dari SMS tadi bisa dimasukkan ke kolom yang tersedia pada laman resmi bank yang menerbitkan kartu kredit mu. Setelah itu kamu bisa mengikuti petunjuk yang tersedia pada website tersebut lalu mengisi PIN sesuai dengan keinginanmu setelah itu bank akan memberikan konfirmasi jika kartu kredit sudah aktif dan bisa segera digunakan.

Aktivasi Dengan Menghubungi Call Center

Cara lain mengaktifkan kembali kartu kredit yaitu bisa dengan menghubungi call center Bank penerbit kartu kredit. setelah kamu menghubungi call center maka customer service akan memberikan instruksi, kamu hanya perlu mengikuti instruksi yang telah diberikan oleh customer service.

Jika kamu menggunakan cara ini maka persiapkan kartu kredit ada di depanmu atau pastikan kamu memegang kartu kredit yang akan kamu aktifkan tersebut. pasalnya, biasanya kamu akan dimintai nomor yang berada di kartu kredit mu. dengan memegang langsung kartu kredit saat menelpon call center tentunya akan memudahkan pemberian informasi 16 angka yang tertera di bagian depan kartu kredit.

Setelah itu kamu akan diminta menyebutkan jenis kartu kredit Anda apakah jenis platinum gold atau silver. Informasi lainnya yang mungkin perlu kamu ketahui adalah nama yang tertera di kartu kredit bagian depan. kemudian jumlah limit kartu kredit. dan data pribadi Seperti nama ibu kandung, nomor telepon kantor atau nomor telepon rumah, dan nomor telepon ponsel.

Pastikan nomor telepon ponsel yang kamu berikan sama dengan nomor telepon ponsel yang kamu gunakan untuk aktivasi PIN kartu kredit. Informasi lainnya tentang kartu yaitu 3 digit angka di belakang kartu kredit Anda lalu alamat lengkap yang perlu kamu berikan pada customer service untuk mengaktivasi kartu kreditmu.

Aktivasi Dengan SMS Banking

Kamu juga mengaktifkan kembali kartu kredit melalui SMS Banking dengan langkah yang hampir sama. Satu hal yang perlu kamu pastikan adalah nomor handphone mu sudah sesuai dengan yang didaftarkan pada pengajuan kartu kredit di awal. lalu kamu bisa mengetik format aktivasi seperti yang telah ditentukan oleh bank penerbit kartumu. Kemudian kirim ke nomor operator yang telah ditentukan bank penerbit kartu kredit.

Demikian cara mengaktifkan kartu kredit kembali yang bisa kamu lakukan. untuk pengajuan kartu kredit dengan mudah dan bunga yang kompetitif tentunya, kamu bisa mengajukan ke CekAja.

Tentang kami

Gesti Weningtyas

Gesti Weningtyas