Mengenal Kode OTP Secara Lengkap, Mulai dari Definisi hingga Tips Melindunginya

Istilah OTP mungkin sudah banyak didengar dan diketahui masyarakat, namun apakah itu berarti mereka benar-benar mengenal kode OTP? Mengingat kode OTP sendiri merupakan sebuah kode yang dikirim ke SMS, aplikasi chat atau email untuk memperkuat autentikasi.

Jadi, OTP atau One Time Password ini akan digunakan ketika pengguna memasukkan ID atau password ke dalam sebuah aplikasi atau platform tertentu.

Nah dengan menggunakan kode OTP ini, kamu dapat mencegah dan mengurangi berbagai tindakan pencurian.

Maka dari itu, kode OTP hanya bisa digunakan satu kali, tidak berulang kali dan di banyak aplikasi atau platform.

Apalagi, kode OTP juga tidak bisa bertahan lama. Sehingga, ketika kamu mendapatkan kode OTP, itu hanya bisa dipakai dalam jangka waktu tertentu, biasanya selama 3 – 6 menit.

Lalu, kalau terlambat menggunakan kode tersebut bagaimana? Untuk menjawab pertanyaan satu ini, yuk cari tahu dan temukan jawabannya di pembahasan selanjutnya!

Mengenal Kode OTP

Berbicara tentang mengenal kode OTP, sepertinya banyak dari masyarakat yang sudah tidak asing dengan istilah ini.

Namun sayangnya, mereka hanya tahu dan menggunakan seperlunya saja, tanpa benar-benar mengenal kode OTP itu sendiri.

Padahal, kode OTP adalah sebuah kode yang bisa mencegah terjadinya tindak pencurian. Yang mana, kode OTP ini hanya dikirimkan sekali untuk langsung digunakan.

Sebab, sifat kode ini tidak tahan lama, hanya sekitar 3 – 6 menit saja. Jika kode ini baru akan digunakan lebih dari jangka waktu yang ditentukan tersebut, maka bisa dipastikan kode OTP sudah hangus dan kamu perlu meminta ulang.

Hal itu dilakukan tentu mengikuti fungsi dan tujuan dari hadirnya kode OTP, yaitu mencegah berbagai tindakan kriminal dan pencurian.

(Baca Juga: Langkah Mengatasi Whatsapp di Hack)

Jenis-jenis Kode OTP

Setelah sedikit mengenal kode OTP dari informasi dasar sebelumnya, maka kini saatnya kamu mengetahui jenis-jenis kode OTP.

Pasalnya, kode OTP terbagi ke dalam tiga jenis berbeda, yang dilihat dari tingkat keamanannya, yaitu mulai dari OTP paling aman, cukup aman, hingga kurang aman.

Jika kamu ingin tahu dengan jelas jenis-jenis kode OTP tersebut, di bawah ini CekAja.com akan mengulasnya secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

1. OTP Paling Aman – Hard Token

Jenis kode OTP yang pertama, yaitu OTP Hard Token. Kode OTP yang satu ini disebut paling aman, karena tidak terhubung dengan perangkat lain. Jadi, cara kerjanya dengan mengakses fisik token kalkulator.

Selain itu, jenis OTP ini juga aman digunakan karena tidak memanfaatkan jaringan pihak ketiga, seperti misalnya SMS, email atau Whatsapp.

Sebab, jaringan pihak ketiga merupakan jaringan eksternal, yang secara teknis bisa disadap dengan mudah.

2. OTP Cukup Aman – Soft Token

Soft Token merupakan jenis OTP cukup aman, karena menggunakan aplikasi otentikasi seperti Google Authenticator atau Twilio Authy, yang mampu mengkalkulasi kode OTP berdasarkan set kunci yang dimilikinya.

Hanya saja kekurangannya, apabila terinstall di perangkat lain dan ada pihak yang memiliki akses ke perangkat tersebut, maka secara teknis pihak itu juga memiliki akses ke aplikasi OTP.

Oleh karena itu, untuk mengatasinya kamu bisa memilih aplikasi otentikasi yang sudah dilindungi dengan PIN, dan memperkuatnya dengan penggunaan PIN untuk mengunci ponsel

3. OTP Kurang Aman – On Demand Token

Jenis OTP yang terakhir yaitu On Demand Token. OTP ini bisa dibilang merupakan jenis OTP yang kurang aman, namun paling banyak digunakan karena murah dan mudah dirawat.

Jika dilihat dari prinsip kerjanya, jenis OTP ini memiliki prinsip kerja yang sama dengan OTP token.

Tetapi, yang membedakan adalah jenis OTP ini tidak memiliki kemampuan mengolah kode, sehingga membutuhkan bantuan pihak ketiga seperti SMS, Whatsapp dan email, untuk mendapatkan kode tersebut.

Karakteristik OTP

Kalau membahas tentang karakteristik OTP, sebenarnya di awal pembahasan sudah disinggung sedikit karakteristiknya.

Namun, untuk memudahkanmu mengetahui lebih jelas tentang karakteristik dari OTP itu sendiri, di bawah ini akan disebutkan dengan jelas secara lengkap, yang di antaranya yaitu:

  • Kode OTP hanya bisa digunakan satu kali, karena untuk mencegah berbagai penyadapan password yang bisa digunakan siapa saja
  • Hanya bisa dipakai dalam jangka waktu tertentu dan biasanya tidak lama, yaitu hanya 3 – 6 menit saja
  • Konteks dari kode OTP sendiri cukup sempit, karena hanya bisa digunakan untuk kepentingan tertentu saja

Keunggulan OTP

Dari semua informasi yang sudah dijelaskan sebelumnya, sebenarnya sudah terlihat jelas kalau penggunaan kode OTP ini memiliki sejumlah keunggulan.

Yang mana, keunggulan-keunggulan tersebut membawa banyak manfaat, seperti:

  • Mempermudah proses dan penyetujuan transaksi internet banking
  • Bisa untuk mengganti akun bank pada situs ecommerce
  • Bisa mengubah password akun digital, seperti aplikasi dan lain sebagainya milikmu.

Tips Melindungi OTP

Kode OTP memang diketahui mampu mencegah risiko terjadinya tindakan kriminal, serta pencurian.

Namun dalam beberapa kasus, kode OTP juga bisa dijebol dan diakses oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Maka dari itu, untuk mencegah hal tersebut sangat penting untuk kamu mengetahui sejumlah tips melindungi OTP.

Cara-cara yang perlu kamu lakukan dalam tips ini pun cukup mudah, di antaranya yaitu:

  • Selalu waspada dan teliti apabila ada nomor asing yang menghubungi, lalu mengaku menjadi perwakilan dari suatu pihak, misalnya bank.
  • Jangan berikan kode OTP yang kamu terima kepada pihak manapun, untuk mencegah terjadinya tindakan kriminal, seperti pencurian dan penipuan
  • Rutin mengganti password dan PIN aplikasi mu secara berkala, dan pastikan PIN tidak menggunakan angka yang mudah ditebak oleh orang lain
  • Aktif melakukan aktivitas di aplikasi, agar transaksi apapun yang dilakukan bisa dideteksi dengan baik di aplikasi yang kamu gunakan
  • Hindari memberikan atau membiarkan begitu saja kartu mu di orang lain, seperti misalnya saat melakukan transaksi di kasir
  • Ketika kartu sedang tidak digunakan, sebaiknya lakukan temporary block untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

(Baca Juga: Cara Mencegah Hack Kartu Kredit)

Nah, dari semua informasi yang sudah diberikan di atas, apakah kamu sudah cukup mengenal kode OTP?

Seharusnya jika dilihat dari definisi, jenis-jenis kode OTP, karakteristik, keunggulan hingga tips melindungi kode OTP di atas, kamu sudah cukup mengenal kode OTP dengan baik.

Kode OTP ini pun banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan, khususnya yang bergerak di bidang pelayanan.

Jadi, apabila kamu adalah pebisnis yang juga bergerak di bidang pelayanan, dan tertarik untuk menggunakan OTP, maka sebaiknya pilih jenis OTP yang aman dan sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan finansialmu.

Tetapi, jika bisnis yang kamu jalani masih berskala kecil, sebaiknya kamu berfokus pada pengembangannya terlebih dahulu.

Kamu bisa menggunakan sisa modal yang ada atau sedikit keuntungan dari bisnis, sebagai dana untuk mengembangkan bisnis tersebut.

Namun, apabila dana yang dimiliki ternyata belum mencukupi, jangan khawatir. Kamu bisa langsung berkunjung ke situs CekAja.com, dan mengajukan pinjaman dana di sana.

Pasalnya, proses proses pengajuan pinjaman dana di CekAja.com sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang juga!