Mengenal Payment Gateway Beserta Manfaat dan Cara Kerjanya

Kehadiran payment gateway sangat memudahkan transaksi pembayaran secara online. Yuk, mengenal payment gateway lebih jauh dan memahami manfaat beserta cara kerjanya.

Advertisement

Di era kemajuan teknologi seperti sekarang, segala kegiatan dimudahkan dengan adanya bantuan fasilitas canggih. Seperti kegiatan belanja untuk memenuhi kebutuhan harian hingga kebutuhan tambahan misalnya.

Jika dulu kita harus pergi ke pusat perbelanjaan seperti pasar, supermarket, atau mall, maka tidak halnya dengan zaman sekarang. Cukup menggunakan gadget, dan akses internet, kamu sudah bisa belanja apa saja di aplikasi atau situs e-commerce terkenal.

Belanja online makin menarik banyak pelanggan, karena kepraktisannya dan banyaknya pilihan produk. Bukan hanya itu, kamu juga bebas memilih produk dari dalam maupun luar negeri.

Produk manapun yang kamu suka dan ingin beli, kamu cukup mengklik dan menuntaskan pembayaran dengan berbagai metode. Misalnya melalui transfer bank, kartu kredit, saldo e-wallet, atau bahkan layanan paylater.

Apapun metode pembayarannya, penjual tetap akan mendapatkan uang yang menjadi haknya secara cepat, saat transaksi jual-beli sepenuhnya selesai. Pembeli dan penjual pun sama-sama diuntungkan.

Jadi, tidak ada pengaruh kerugian penjual sekalipun pembeli menggunakan metode pembayaran kredit. Kok bisa, ya?

Nah, di balik kemudahan transaksi belanja online ini, ada peran payment gateway yang mempercepat proses konfirmasi pembayaran. Seberapa jauh pengetahuanmu mengenai teknologi pembayaran online dengan payment gateway?

Kali ini, CekAja akan mengajakmu mengenal payment gateway dan segala seluk beluknya. Mulai dari manfaat hingga cara kerjanya.

(Baca Juga: Panduan Lengkap Menggunakan PayPal, Cara Daftar, Hingga Untung Ruginya)

Mengenal Payment Gateway

Saat melakukan transaksi pembayaran belanja online produk luar negeri atau transfer uang, sebagian di antara kamu mungkin pernah menggunakan layanan aplikasi PayPal atau Amazon Pay?

Dengan layanan ini, penjual produk-produk online bisa mendapatkan uang hasil berjualannya, tanpa dipengaruhi oleh metode pembayaran yang digunakan pembeli.

Jika pembeli menggunakan metode pembayaran kartu kredit, maka pembeli akan berhutang pada pihak penyedia kartu kredit, bukan pada penjual produk yang dibeli.

Maka dari itu, layanan dan mengenal payment gateway sangat dibutuhkan bagi setiap pelaku bisnis online.

Jadi, apa yang dimaksud dengan payment gateway? Payment gateway adalah aplikasi yang memiliki sistem khusus untuk mengesahkan pembayaran berbasis online.

Informasi rahasia dari sumber pembayaran (kartu kredit, kartu debit, dan lain sebagainya) akan dienkripsi sedemikian rupa. Sehingga pencocokan data pembeli dan penjual dapat dilakukan dengan benar.

Payment gateway memiliki otorisasi atau wewenang dalam memproses pembayaran dengan berbagai metode, mulai dari kertu kredit, kartu debit, e-wallet, transfer bank, layanan mobile banking maupun internet banking.

Dengan begitu, transaksi transfer dana melalui metode pembayaran apapun lebih aman, mudah, dan terjamin kebenarannya.

Besarnya peranan payment gateway ini membuat jumlah layanan payment gateway tidak terlalu banyak, meskipun terus berkembang. Biasanya, pelaku bisnis online menggunakan payment gateway populer yang sudah memiliki nama alias sudah eksis sejak lama, dan integritasnya terbukti.

Aplikasi Payment Gateway Populer di Indonesia

Buat kamu yang ingin membuka toko online, kamu wajib mengenal payment gateway dengan mengunduh aplikasi payment gateway yang terpercaya.

Untuk transaksi belanja online dunia, beberapa nama payment gateway yang sudah lama dikenal publik antara lain PayPal, Amazon Pay, Payza, Stripe, Skrill, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk di Indonesia, payment gateway terbaik antara lain sebagai berikut:

  • Doku
  • iPaymu
  • Ipay88
  • Xendit
  • TrueMoney
  • Finpay
  • Veritrans
  • Prismalink Internasional
  • Midtrans
  • Faspay
  • Dan lain-lain..

(Baca Juga: 6 Jenis Kartu Kredit Co-Branding BNI dengan Sederet Keuntungannya)

Manfaat Payment Gateway

Untuk mengenal payment gateway lebih jauh, kamu perlu mengetahui manfaat-manfaat yang diberikan dari layanan aplikasi ini. Di antaranya:

  • Memberikan keamanan dalam transaksi pembayaran belanja online.
  • Transaksi antara penjual dan pembeli lebih mudah, tanpa harus melibatkan pihak ketiga.
  • Transaksi dengan kartu debit maupun kartu kredit dari bank apa saja bisa cepat terproses dan diperiksa status pembayarannya.
  • Fitur laporan keuangan memudahkan penjual menerima atau mengembalikan dana ke pihak pembeli, jika dibutuhkan.
  • Data kartu debit dan kartu kredit terlindungi, serta terjamin dari risiko kecurangan pembayaran.

Cara Kerja Payment Gateway

Mengenal payment gateway juga berarti harus memahami cara kerja dari sistem yang diberlakukan. Ada beberapa tahapan dalam proses pembayaran yang dilakukan pembeli ke penjual dengan payment gateway.

Pertama, pembeli memilih produk yang akan dibeli, kemudian melakukan pembayaran. Selanjutnya, payment gateway akan menyimpan informasi data kartu atau akun pembayaran lain yang dipilih, lalu meneruskan informasi ke prosesor pembayaran.

Di tahap ini, prosesor pembayaran akan menyesuaikan nominal pembayaran dengan asosiasi penerbit kartu. Seperti bank tertentu, VISA, MasterCard, dan lain sebagainya. Jika sudah sesuai, maka data dikirim ke pihak asosiasi penerbit kartu itu.

Pihak asosiasi penerbit kartu (bank) menerima data yang dikirim, dan kembali mengirimkan kode khusus serta memberi konfirmasi keberhasilan transaksi pembayaran.

Status keberhasilan transaksi dari asosiasi penerbit kartu dikirim kembali ke prosesor pembayaran, kemudian ke payment gateway, dan ke situs atau akun penjual.

Dari sinilah penjual bisa melihat dan memastikan apakah pembayaran sudah berhasil dilakukan pembeli atau gagal.

Belanja Online Makin Untung Pakai Kartu Kredit

Itulah penjelasan untuk mengenal payment gateway secara lengkap. Dengan fitur canggih dari payment gateway, kamu lebih mudah melakukan transaksi pembayaran dan konfirmasi transfer dana.

Di masa pandemi ini, lebih aman jika kamu berbelanja online agar tetap di rumah aja. Dapatkan promo menarik dari produk kartu kredit cicilan ringan yang bisa diajukan melalui CekAja.com.

Di CekAja.com, kamu bisa membandingkan dan memilih kartu kredit yang ingin diajukan sesuai dengan kebutuhanmu. Nikmati kebebasan belanja dengan cicilan ringan dan suku bunga terjangkau.

Selain itu, ada pula berbagai promo menarik di banyak merchant rekanan pilihan. Belanja pun makin untung karena promo yang bikin irit.

Berbagai produk kartu kredit dari bank terkemuka bisa kamu pilih di CekAja.com. Semua produk dijamin aman karena sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Yuk, segera bandingkan dan ajukan kartu kredit sekarang juga melalui CekAja.com!

Advertisement