Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Mengenal Pekerjaan Jurusan Ilmu Gizi, Salah Satu Profesi Paling Mulia

by Kyla Damasha on 5 November, 2019

Apa yang pertama kali keluar di dalam benakmu ketika berbicara mengenai pekerjaan jurusan ilmu gizi? Pastinya merupakan pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan makanan dan nutrisi.

Berbeda dengan jurusan kedokteran yang masih cenderung luas, apalagi untuk para mahasiswa S1, maka jurusan ilmu gizi sudah belajar mengenai hal-hal yang lebih fokus, sehingga tidak akan sulit bagi para lulusannya yang ingin segera terjun ke pekerjaan jurusan ilmu gizi setelah lulus dari bangku kuliah pada nantinya.

Tetapi, meski merupakan ilmu yang pasti dan fokus, tentu prospek pekerjaan jurusan ilmu gizi itu sendiri tidak hanya satu dua biji saja. Saat ini sudah banyak sekali prospek pekerjaan jurusan ilmu gizi yang bisa kamu jadikan pilihan. Nah, apabila kamu termasuk yang masih bingung untuk memilih profesi yang sesuai, maka kamu baru saja membuat keputusan yang tepat untuk membaca artikel ini.

Karena, dalam kesempatan kali ini kita akan mengulas lengkap mengenai jurusan ilmu gizi di bangku kuliah beserta prospek pekerjaan jurusan Ilmu gizi itu sendiri yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan.

Apa yang Dipelajari?

Sesuai dengan namanya, jurusan ilmu gizi mempelajari hal-hal seputar gizi dan nutrisi yang sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan fakultas kedokteran. Pada tahun pertama kamu akan mendapatkan matakuliah biokimia-biomolekuler serta anatomi fisiologi, meskipun ilmu yang kamu dapat tidak mendalam seperti para mahasiswa dari Fakultas Kedokteran.

Kemudian, di tahun kedua kamu akan mendapatkan mata pelajaran tentang interaksi dan hubungan antara obat dan makanan. Sedangkan untuk tahun ketiga, beberapa universitas sudah ada yang mengadakan PBL (problem based learning), namun ada pula yang justru telah mengadakan PBL itu sendiri sejak di tahun pertama.

Di tahun ketiga ini pula, para mahasiswa sudah berhak untuk mengambil peminatan yang mereka inginkan agar ilmu yang didapatpun menjadi lebih mendalam dari sebelumnya. Para mahasiwa akan dibagi ke dalam tiga kelompok, yaitu:

  • Gizi Klinik
  • Gizi Komunitas
  • Food Service

Di dalam jurusan ilmu gizi, kamu akan mendapatkan beberapa mata kuliah wajib dan beberapa mata kuliah pilihan, yang biasanya hal tersebut bergantung pada masing-masing universitas. Namun, secara garis besar akan ada beberapa mata kuliah yang akan kamu dapatkan ketika mengambil jurusan ilmu gizi yang tentunya sangat bermanfaat ketika kamu sudah siap terjun langsung ke pekerjaan jurusan ilmu gizi yang diinginkan, diantaranya adalah:

1. Biokimia Gizi

Mata kuliah satu ini akan belajar tentang reaksi kimia di dalam tubuh yang akan dihubungkan dengan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh manusia.

2. Ilmu Bahan Pangan

Mempelajari ilmu gizi jelas tidak akan jauh dari hal-hal berbau pangan. Karena, tentu saja gizi yang masuk ke dalam tubuh berasal dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari, sehingga ilmu bahan pangan menjadi salah satu mata kuliah wajib yang harus kamu pelajari.

3. Prinsip-Prinsip Ilmu Gizi

Sebagai mahasiswa tahun pertama, mata kuliah satu ini sangatlah wajib untuk kamu pelajari. Karena pada nantinya mata kuliah prinsip ilmu gizi menjadi gerbang atau awal mula mu untuk mempelajari hal-hal lainnya seputar gizi. Di mata kuliah ini kamu akan belajar mengenai ilmu dasar untuk menyelami lebih jauh dari ilmu gizi itu sendiri.

4. Metabolisme Zat Gizi

Metabolisme zat gizi merupakan salah satu mata kuliah yang akan mempelajari seputar hal-hal yang berhubungan dengan proses metabolisme gizi yang masuk ke dalam tubuh. Mulai dari zat gizi yang dicerna hingga proses metabolisme yang harus dilalui merupakan hal-hal yang akan kamu pelajari.

Secara garis besar, para mahasiswa dari jurusan ilmu Gizi akan mempelajari beberapa hal yang baru saja disebutkan diatas, meskipun mata kuliah mereka akan jauh lebih banyak dan rumit lagi, khususnya di tahun ketiga dan tahun keempat perkuliahan.

Selain itu, perlu diketahui pula bahwa jurusan ilmu gizi tidak hanya mempelajari hal-hal seputar asupan makanan saja, melainkan juga berhubungan dengan hal-hal kesehatan. Tidak hanya itu saja, disini kamu juga akan mempelajari beberapa pelajaran seputar kedokteran serta istilah-istilah medis lainnya.

Kamu juga akan mendapatkan mata kuliah umum seperti manajemen, kewirausahaan, gizi olahraga dan kerja, hingga psikologi. Seru banget kan! Nah, bagi yang baru akan mengambil jurusan ilmu gizi atau yang sudah berada di tengah masa perkuliahan namun masih bingung akan rencana kedepannya setelah lulus, ada beberapa prospek pekerjaan jurusan ilmu gizi yang bisa kamu jadikan pilihan lho.

(Baca Juga: 7 Prospek Pekerjaan Jurusan Ilmu Filsafat Paling Menjanjikan)

Pekerjaan Jurusan Ilmu Gizi
1. Bekerja di Rumah Sakit

Hampir di setiap rumah sakit pasti memiliki yang namanya unit atau instalasi gizi yang dimana memang bertugas untuk mengatur dan mempersiapkan makanan para pasien yang tengah dirawat di rumah sakit tersebut. Tentu saja pekerjaan jurusan ilmu gizi satu ini tidak hanya berkutat pada makanan saja, tetapi juga harus memperhatikan gizi dan nutrisi dari setiap menu yang dihidangkan dan tentunya harus sesuai dengan jenis penyakit yang diderita oleh pasien tersebut.

Melalui pekerjaan jurusan ilmu gizi inilah seseorang memberikan penting sekaligus tugas yang begitu mulia.

2. Konsultan Gizi

Saat ini sudah banyak instansi yang membutuhkan jasa dari konsultas gizi. Mulai dari sekolah, klinik kesehatan, pusat kebugaran, hingga perusahaan swasta. Nah, biasanya pusat kebugaran atau klinik kesehatan terfokus pada pelayanan diet sehingga membutuhkan jasa dari konsultan gizi dalam menunjang keberhasilan para anggotanya.

3. Lembaga Kesehatan Masyarakat

Pekerjaan jurusan ilmu gizi lainnya yang bisa tak kalah mulianya yaitu bekerja sebagai lembaga kesehatan masyarakat. Setiap pusat kesehatan atau yang biasa dikenal sebagai puskesmas biasanya membutuhkan setidaknya 1 orang ahli gizi.

Hanya saja, saat ini masih cukup banyak puskesmas yang belum memiliki ahli gizi karena jumlah para lulusan ilmu gizi yang masih cenderung kurang.

4. Bekerja di Perusahaan Gizi Makanan dan Minuman

Pasti banyak diantara kamu yang sering melihat cakupan nutrisi atau nutrition facts yang tertera di belakang sebuah kemasan makanan ataupun minuman yang dijual di supermarket. Nah, ternyata nutrition facts merupakan salah satu pekerjaan jurusan ilmu gizi yang cukup menjanjikan untuk saat ini.

Jadi, seorang ahli gizi yang bekerja di perusahaan industri makanan dan minuman bisa memegang jabatan sebagai quality control lho. Banyak sekali perusahaan pangan terkemuka yang ada di Indonesia saat ini dan kamu bisa memiliki kesempatan untuk bekerja di salah satunya. Keren banget kan!

5. Pengusaha Kuliner

Sepertinya sudah menjadi pengetahuan umum bahwa untuk saat ini bisnis kuliner merupakan salah satu pekerjaan jurusan ilmu gizi yang paling prospektif. Namun, berbeda dari bisnis kuliner lainnya yang sebagian besar hanya mengutamkaan rasa, pengusaha kuliner yang dimaksud ini ialah kuliner yang jauh lebih spesifik dengan pangsa atau target pasar tertentu, bukan untuk umum dan hanya untuk kelompok usia tertentu.

Kamu bisa mengambil contoh seperti bisnis kuliner bubur bayi dan balita atau makanan khusus lansia yang sudah tidak memiliki gigi yang terlalu kuat. Tentu pekerjaan jurusan ilmu gizi satu ini bisa menjadi peluang yang sangat besar serta mendatangkan keuntungan yang fantastis.

Bagi kamu yang saat ini tengah menempuh pendidikan di jurusan ilmu gizi, sudah tidak perlu khawatir lagi untuk mencari pekerjaan jurusan ilmu gizi yang sesuai. Karena saat ini, sudah banyak sekali prospek pekerjaan yang bisa kamu dapat. Tidak hanya sangat dibutuhkan, pekerjaan jurusan ilmu gizi juga merupakan pekerjaan yang sangat mulia dan dapat menyelamatkan berjuta-juta nyawa yang membutuhkan.

Dapatkan berbagai informasi menarik seputar sektor ekonomi dan tips finansial lainnya, hanya di CekAja.com, di mana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda