Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Mengenal Perbedaan Jenis Asuransi untuk Proteksi Aset dan Diri

by Teti Purwanti on 6 Mei, 2019

Asuransi adalah salah satu produk finansial yang masih dianggap kebutuhan tersier bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Padahal dengan memiliki asuransi, kamu bukan saja dapat memproteksi diri, namun juga aset dari berbagai risiko yang mungkin terjadi di kemudian hari.

mobil ditabrak _ asuransi kendaraan - CekAja.com

Di Indonesia sendiri ada banyak jenis asuransi yang bisa kamu pilih. Kalau kamu masih bingung dalam menentukan asuransi apa yang kamu butuhkan, simak penjelasannya berikut ini:

  • Asuransi Jiwa

Jenis asuransi ini cukup populer di Indonesia, karena bisa digunakan untuk mengantisipasi kemungkinan jika kamu terkena musibah dan meninggalkan keluarga yang kamu nafkahi untuk selamanya. Asuransi jiwa sendiri merupakan jenis asuransi yang biasanya memberikan keuntungan finansial pada tertanggung atas peristiwa yang tidak terduga, misalnya meninggal dunia.

Meski begitu, ada pula perusahaan asurasi yang memungkinkan tertanggung pemegang polis asuransi ini untuk mengklaim dana sebelum meninggal dunia. Dengan begitu, kamu bisa memiliki tabungan, karena premi dibayarkan secara berkala. Sayangnya, hal tersebut tidak dianjurkan mengingat ada pinalti yang harus kamu tanggung.

Asuransi jiwa bisa dibeli baik untuk kepentingan diri sendiri dan atas nama tertanggung saja atau dibeli untuk kepentingan orang ketiga.

  • Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan asuransi yang paling populer dan paling banyak digunakan di Indonesia. Asuransi kesehatan merupakan produk asuransi yang menangani masalah kesehatan tertanggung karena suatu penyakit, termasuk menanggung biaya proses perawatan.

(Baca juga: Motor Rusak Dibanting Karena Ditilang Bisa Klaim Asuransi Gak Ya?)

Biasanya, jenis penyakit yang biayanya dapat ditanggung oleh perusahaan adalah cedera, cacat, sakit, hingga kematian karena kecelakaan.

Asuransi kesehatan juga bisa dibeli untuk kepentingan tertanggung saja atau kepentingan orang ketiga. Baik asuransi kesehatan maupun asuransi jiwa akan sangat baik apabila mulai dibeli sejak usia muda, sehingga dana yang kamu miliki besar dan makin cepat bisa digunakan.

  • Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan saat ini menjadi hal yang penting, pasalnya biaya pendidikan terus naik setiap tahunnya. Sementara itu orang tua selalu ingin memberikan yang terbaik bagi anaknya.

Jadilah asuransi pendidikan salah satu solusi yang diyakini dapat membantu orang tua untuk menyiapkan dana pendidikan bagi anak mereka.

Asuransi pendidikan merupakan alternatif terbaik dan solusi menjamin kehidupan yang lebih baik terutama pada aset pendidikan anak. Biaya premi yang harus dibayarkan tertanggung kepada perusahaan asuransi biasanya berbeda-beda sesuai dengan jenjang  pendidikan yang ingin didapat. Biasanya, semakin kecil usia si anak, maka jumlah premi yang dibayarkan akan semakin murah.

  • Asuransi Properti

Berbeda dari asuransi jiwa dan kesehatan, asuransi properti menanggung aset berharga kamu, yaitu properti, baik rumah tapak maupun apartemen. Karena itu, demi menghindari risiko dari hal yang tidak terduga, masyarakat banyak yang mencari jenis asuransi ini untuk melindungi rumahnya.

Asuransi ini dapat memberikan proteksi terhadap kehilangan atau kerusakan yang mungkin terjadi terhadap aset milik tertanggung, juga beragam bencana alam seperti, tersambar petir, banjir, gempa bumi, dan juga kebakaran.

Asuransi properti juga dapat digabungkan dengan paket yang menjamin perlindungan terhadap segala harta benda di dalam rumah. Jadi, tidak hanya bangunan yang dilindungi, tetapi juga barang-barang berharga di dalamnya, seperti perhiasan dan benda koleksi.

Asuransi properti juga melindungi dan memberikan keringanan apabila rumah atau properti tertanggung lainnya mengalami musibah lain seperti kebakaran.

  • Asuransi Kendaraan

Meski tidak umum ditemui di beberapa negara, namun asuransi ini cukup populer di Indonesia. Sebagai negara dengan tingkat penjualan kendaraan yang besar di Asia Tenggara, maka jenis asuransi ini banyak ditawarkan oleh agen asuransi.

Tujuannya, sudah tentu untuk melindungi kerusakan kendaraan milik tertanggung, apalagi kalau kendaraan yang dimilikinya cukup mahal dan mewah. Asuransi kendaraan juga bisa untuk membayar kehilangan atau kerusakan kendaraan bermotor tertanggung.

Asuransi kendaraan juga dianggap solusi untuk memastikan aset aman mengingat tingkat pencurian kendaraan bermotor di Indonesia juga terbilang tinggi.

(Baca juga: Jangan Bingung, Ini Cara Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik)

Kalaupun saat ini kamu belum bisa melindungi seluruh aset kamu, asuransi jenis apa yang paling kamu butuhkan?

Untuk membantumu mencari jenis asuransi yang paling tepat sesuai dengan kebutuhan, kunjungi CekAja.com, toko finansial pertama di Indonesia yang memudahkanmu dalam mendapatkan perlindungan terbaik untuk diri dan aset yang kamu miliki.

Tentang Penulis

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.