Cara Tetap Sehat saat Merawat Keluarga yang Terkena Covid

Seperti yang diketahui, virus corona atau Covid-19 sifatnya menular. Siapa saja dapat terinfeksi virus tersebut dengan mudah, tidak terkecuali anggota keluarga mu. Apabila salah satu anggota keluarga, diduga terinfeksi virus corona, maka kamu perlu mengetahui bagaimana cara tetap sehat saat merawat keluarga yang terkena Covid.

Mengetahui Cara Tetap Sehat saat Merawat Keluarga yang Terkena Covid

Pasalnya, beberapa orang yang memiliki gejala terinfeksi virus corona belum tentu dinyatakan positif. Mungkin saja orang tersebut sudah terinfeksi virus corona, namun dalam skala ringan.

Dengan begitu, orang tersebut menjadi Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan hanya perlu beristirahat serta mengkarantina diri di rumah selama 14 hari.

Selama proses karantina, ODP tersebut harus dirawat oleh satu anggota keluarga yang sehat. Namun, agar selalu terjaga kesehatannya, anggota keluarga yang merawat pasien ODP, perlu memperhatikan beberapa hal serta cara tetap sehat saat merawat keluarga yang terkena Covid.

10 Cara Tetap Sehat saat Merawat Keluarga yang Terkena Covid

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, dalam merawat keluarga yang terinfeksi virus corona, anggota keluarga lainnya perlu melakukan beberapa hal agar kesehatannya selalu terjaga dengan baik.

Oleh karena itu, bawah ini CekAja.com telah merangkum 10 cara tetap sehat saat merawat keluarga yang terkena Covid khusus untuk kamu. 10 cara tersebut di antaranya, yaitu:

1. Menyediakan Ruang Isolasi

Cara tetap sehat saat merawat keluarga yang terkena Covid yang pertama adalah dengan menyediakan ruang isolasi. Maksud dari ruang isolasi di sini adalah ruangan khusus untuk ditempati pasien Covid-19.

Di rumah sendiri, kamu bisa menggunakan kamar tidur pasien sebagai ruang isolasi. Namun pastikan terlebih dahulu, kalau kamar tersebut hanya ditempati oleh pasien saja, tidak ada anggota keluarga lain yang juga menempati kamar tersebut.

Pasalnya, kamar sebagai ruangan pribadi, digunakan untuk tempat beristirahat sekaligus beraktivitas pasien virus corona. Hal tersebut menyebabkan, banyak sekali permukaan yang memungkinkan untuk disentuh pasien.

Beberapa permukaan tersebut, di antaranya seperti tempat tidur, lemari, kaca, meja, dinding dan barang-barang atau tempat lainnya yang pasien tersebut gunakan.

Selain itu, dalam menyediakan kamar, kamu juga harus memastikan bahwa kamar tersebut memiliki akses kamar mandi sendiri. Hal itu berguna agar kamar mandi pasien Covid tidak digunakan bersama dengan anggota keluarga lainnya.

Tentu, tujuannya adalah untuk menghindari penularan virus corona melalui benda-benda yang kerap kali disentuh oleh pasien. Seperti misalnya gagang pintu, keran air, tempat sabun, gagang shower, gayung, wc duduk dan beberapa benda lainnya.

Dengan begitu, penularan virus corona dapat diantisipasi dan kesehatan mu tetap terjaga dengan baik.

2. Menggunakan Masker

Cara tetap sehat saat merawat keluarga yang terkena Covid berikutnya adalah dengan menggunakan masker. Kamu bisa memberikan dan menyediakan stock masker untuk pasien atau keluarga mu yang terinfeksi virus corona.

Untuk pasien Covid sendiri, kamu bisa memberikannya masker medis yang satu kali pakai. Namun pastikan, bahwa masker tersebut digunakan oleh pasien selama masa karantina.

Khususnya ketika pasien sedang batuk, bersin dan sedang berkomunikasi dengan anggota keluarga lainnya.

Tujuan dari penggunaan masker tersebut adalah agar virus corona tidak menyebar dengan mudah, dan langsung menginfeksi orang-orang yang berada di lingkungan tersebut.

Selain itu, untuk anggota keluarga lainnya, termasuk kamu yang merawat pasien virus corona, sebisa mungkin juga menggunakan masker.

Tujuannya yaitu agar tidak dengan mudah terinfeksi virus corona, yang mungkin saja sudah menyebar di udara.

3. Beri Jarak 1 Meter saat Berkomunikasi

Cara tetap sehat saat merawat keluarga yang terkena Covid yang ketiga adalah dengan memberikan jarak 1 meter ketika berkomunikasi. Hal ini sangat penting dilakukan untuk mencegah penularan virus Covid-19.

Hindari juga anggota keluarga yang sudah tua, sangat muda atau pun memiliki Riwayat penyakit kesehatan turunan untuk sementara waktu tidak berinteraksi jarak dekat. Sebab, anggota keluarga tersebut sangat rentan untuk terinfeksi virus corona.

4. Perbanyak Ventilasi Udara

Cara kempat yang bisa kamu lakukan, untuk tetap menjaga kesehatan adalah dengan memperbanyak ventilasi udara.

Atau jika di rumahmu terdapat beberapa tempat dengan ventilasi yang banyak dan besar, kamu bisa jadikan ruangan tersebut sebagai ruang isolasi pasien Covid.

Hal tersebut dikarenakan, pasien Covid perlu menghirup udara segar untuk meningkatkan dan memperkuat imun tubuh.

Sehingga, ventilasi udara berfungsi untuk memberikan sirkulasi udara yang baik di sekitar rumah, khususnya di ruang isolasi pasien Covid-19.

(Baca Juga: Langkah Awal yang Perlu Kamu Lakukan Jika Terkena Corona)

5. Letakkan Makanan dan Minuman Pasien di Depan Pintu

Cara tetap sehat saat merawat keluarga yang terkena Covid yang kelima adalah dengan meletakkan makanan dan minuman untuk pasien di depan pintu ruang isolasi. Hal tersebut bisa kamu lakukan saat mengantar makanan dan minuman untuk pasien.

Meletakkan makanan dan minuman di depan pintu, juga menjadi salah satu cara untuk menghindari kontak langsung dengan pasien.

Dengan begitu, kamu sebagai perawat pasien dapat terhindar dari infeksi virus corona dan tubuhmu akan selalu terjaga kesehatannya.

Kemudian untuk makanan sendiri, kamu bisa memberikan pasien corona sup atau biscuit, sebagai pilihan makanan terbaik untuk pemulihan, seperti yang dilansir oleh USA Today.

6. Bersihkan Meja dan Perabotan Lainnya Memakai Disinfektan

Cara tetap sehat saat merawat keluarga yang terkena Covid selanjutnya adalah dengan rutin membersihkan meja dan perabotan lainnya menggunakan disinfektan. Cara ini sangat ampuh untuk membunuh virus corona.

Dengan rutin membersihkan meja dan perabotan lainnya menggunakan disinfektan, maka barang-barang mu dijamin bersih dari berbagai macam kuman dan virus, termasuk corona. Sehingga barang-barang mu berada dalam keadaan yang higienis.

7. Memisahkan Peralatan Makan dan Minum

Cara tetap sehat saat merawat keluarga yang terkena Covid yang ketujuh adalah dengan memisahkan peralatan makan dan minum yang digunakan.

Atau kamu juga bisa memberikan tanda khusus pada alat makan dan minum pasien, seperti misalnya menggunakan isolasi, lakban, atau pun diwarnai menggunakan spidol.

Memisahkan peralatan makan dan minum yang digunakan pasien sangat berguna, yaitu untuk menghindari penggunaan alat makan dan minum yang sama dengan anggota keluarga lainnya.

Dengan begitu, kemungkinan anggota keluarga lainnya untuk tertular dan terinfeksi virus corona menjadi kecil.

8. Pisahkan Kebutuhan Khusus untuk Pasien

Setelah memisahkan peralatan makan dan minum, hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mempersiapkan dan memisahkan kebutuhan khusus untuk pasien atau anggota keluarga yang terkena corona.

Beberapa kebutuhan khusus untuk pasien, diantaranya yaitu sprei, bantal, guling, selimut, dan lain sebagainya.

Dengan begitu, maka kebutuhan pasien tidak akan bercampur dengan kebutuhan anggota keluarga lainnya.

Selain itu, barang-barang yang sudah digunakan pasien tersebut perlu di cuci. Proses pencuciannya pun sama, yaitu harus dipisahkan dengan cucian anggota lainnya. Ketika mencuci, sebaiknya kamu juga menggunakan masker dan sarung tangan khusus.

Tujuannya adalah agar virus corona yang menempel pada pakaian mu tidak langsung terkena kulit. Sehingga kamu tidak terinfeksi virus corona dengan mudah dan kesehatan tubuh mu tetap terjaga dengan baik.

9. Hindari Kontak dengan Hewan Peliharaan

Cara tetap sehat saat merawat keluarga yang terkena Covid yang kesembilan adalah dengan menghindari kontak langsung dengan hewan. Pasalnya, virus Covid-19 tidak hanya menyerang manusia, tetapi juga mampu menular dengan mudah ke hewan.

10. Tidak Menerima Kunjungan Tamu

Cara yang terakhir adalah dengan tidak menerima kunjungan tamu untuk sementara waktu. Hal tersebut perlu kamu lakukan demi kesehatan dan keselamatan bersama.

Pasalnya, kamu tidak tahu bagaimana keadaan tamu tersebut, apakah dalam kondisi sehat atau justu sedang sakit.

Sebab, ketika tamu datang dalam keadaan sakit, maka tamu tersebut sangat rentan terkena virus corona.

Dan tidak menutup kemungkinan, jika tamu terinfeksi virus corona setelah pulang dari rumah mu, atau pun sebaliknya. Tamu tersebut menularkan virus corona yang ia bawa dari luar, ke anggota keluarga mu.

Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat

Nah, 10 cara tetap sehat saat merawat keluarga yang terkena Covid sudah kamu ketahui di atas. Seperti yang diketahui, virus corona atau Covid-19 menyerang imunitas tubuh seseorang.

Terlebih, virus tersebut dapat dengan mudah menyerang orang-orang lanjut usia, anak kecil serta orang dengan imun tubuh yang kurang baik. Oleh karena itu, kamu perlu menjaga kondisi tubuh mu agar tetap sehat.

Untuk itu, di bawah ini merupakan lima cara menjaga tubuh agar tetap sehat, yang akan diulas secara lengkap sebagai berikut. Yuk, simak bersama-sama!

(Baca Juga: Tips Sehat dari Dokter Spesialis, Agar Kamu Bisa Menjalani Hidup Sehat)

Rutin Berolahraga

Cara menjaga tubuh agar tetap sehat yang pertama adalah dengan rutin berolahraga. Kamu bisa melakukan sit up, push up, dan beberapa gerakan lainnya untuk meregangkan otot-otot mu.

Jika di daerah mu masih memperbolehkan untuk keluar rumah, kamu bisa lari berkeliling daerah mu atau pun bersepeda.

Karena yang terpenting adalah kamu membiasakan tubuh mu untuk bergerak dan berkeringat. Dengan begitu, tubuh mu akan lebih sehat, fit dan bugar.

Konsumsi Makanan yang Sehat dan Bergizi

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Makanan yang sehat dan bergizi adalah makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna, diantaranya yaitu terdiri dari nasi, sayur, daging, buah dan susu.

Jangan lupa untuk minum air putih yang cukup. Selain itu, hindari juga mengkonsumsi makanan yang manis dan junkfood.

Sebab, makanan-makanan tersebut dapat memicu timbulnya penyakit, seperti diabetes dan penyakit-penyakit lainnya.

Menjaga Kesehatan Mental

Menjaga kesehatan mental ternyata juga sangat penting di tengah pandemi virus corona, loh! Pasalnya, jika kamu tidak bahagia atau stress, maka tidak hanya pikiran mu saja yang terganggu, tetapi kesehatan tubuh mu juga terganggu.

Banyaknya pikiran juga membuat mu menjadi tidak akan nafsu makan dan lain sebagainya. Hal-hal semacam itu yang justru memicu tubuh mu untuk rentan terkena penyakit, termasuk virus corona.

Berhenti Sejenak dari Rutinitas Merokok

Cara menjaga kesehatan yang keempat adalah dengan berhenti sejenak dari rutinitas merokok. Karena seperti yang diketahui, merokok memiliki risiko tinggi untuk terkena berbagai jenis penyakit.

Terlebih, merokok juga dapat membuat paru-paru mu menjadi berkabut karena asapnya. Hal tersebut membuat kondisi paru-paru mu menjadi tidak sehat, dan kamu rentan terkena penyakit. Apabila kamu terkena virus corona, merokok hanya akan memperburuk kondisi tubuh mu.

Kurangi Konsumsi Minuman Beralkohol

Cara terakhir menjaga kesehatan yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengurangi konsumsi minuman beralkohol. Pasalnya, mengkonsumsi minuman beralkohol hanya membuat kesehatan tubuh mu terganggu.

Jika sudah begitu, maka tidak menutup kemungkinan apabila tubuh mu menjadi rentan untuk terinfeksi virus corona.

Nah, 10 cara tetap sehat saat merawat keluarga yang terkena infeksi Covid suah kamu ketahui di atas. Selain itu, kamu juga sudah mengetahui lima cara agar tubuh mu tetap terjaga dengan baik kesehatannya.

Kamu bisa menjadikan beberapa cara di atas sebagai referensi untuk hidup sehat dan melakukannya di rumah. Namun, rasanya beberapa cara di atas tidak cukup untuk melindungi dirimu dari infeksi virus corona.

Alangkah lebih baik, jika kamu melindungi diri dengan asuransi kesehatan. Kamu tidak perlu khawatir apabila belum memilikinya.

Sebab, kini kamu bisa mengajukannya dengan mudah dan proses yang cepat hanya di CekAja.com. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang!