Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Mengulik Berbagai Jenis Madu dan Manfaatnya Untuk Kehidupan Sehari-hari

by Ilena Umayanti on 30 Desember, 2019

Siapa yang tidak asing dengan istilah madu? Di indonesia sendiri madu sudah sangat terkenal. Banyak yang mengenal madu sebagai obat, atau bahan makanan dan tak jarang yang di minum langsung layaknya minum sirup.tapi sebenarnya apa sih madu itu ? Madu merupakan cairan alamiah yang banyak mengandung zat gula dan di hasilkan oleh lebah dari nektar bunga. Sebenarnya madu merupakan hasil hutan yang non kayu.

Jika sebelumnya banyak pertanyaan kenapa madu rasanya manis, jawabannya adalah karena di dalam madu terdapar kandungan seperti unsur monoksida fruktosa dan glukosa, bahkan manisnya madu hampir sama dengan manisnya gula.

Madu merupakan hasil hutan yang sangat di gemari karena manfaatnya sangat beragam. Selain di konsumsi langsung, madu juga bisa menjadi bahan membuat beberbagai jenis makanan.

Secara umum kandungan madu sangat mirip dengan sirup gula, di dalam madu terdapat fruktosa (38,5 %) dan glukosa (31,0 %) dan juga terdapat karbohidrat di dalamnya termasuk maltosa, sukrosa dan karbohidrat kompleks lainnya.

Karena mirip seklai dengan kandungan pemanis pada umumnya, madu sangat sedikit mengandung mineral atau vitamin. Selain itu madu juga mengandung beberapa senyawa yang dianggap berfungsi sebagai antioksidan dimana terdapat chrysin, pinobanksin, vitamin c, katalase dan pinocembrin.

Kandungan yang terdapat dalam madu tergantung pada jenis bunga yang di hisap oleh lebah untuk mengasilkan madu. Berikut merupakan jenis madu dan manfaatnya yang perlu kamu ketahui :

Jenis Madu
1. Madu Embun

Madu embun merupakan jenis madu yang berbeda dari madu pada umumnya, madu ini ada jika nektar bunga tidak dapat di hisap lagi oleh lebah, nektar bunga tidak dapat di hisap lagi karena kandungan di dalamnya diangap tidak cukup untuk oleh lebah. Hal ini membuat lebah menghisap cairan milik tumbungan yang lebih kaya akan mineral.

2. Madu Bunga Karet

Madu bunga karet merupakan madu yang di hasilkan dari lebah yang mengisap nektar dari bunga pohon karet. Kelebihan dari madu ini adalah aromanya yang cenderung harum dan memiliki warna kuning kecoklatan. Selain itu madu ini juga memiliki rasa yang sangat manis dan tidak kecut.

3. Madu Randu

Madu randu merupakan madu yang di hasilkan dari lebah yang menghisap nektar pohon randu. Madu randu memiliki rasa yang khas, rasanya manis dan sedikit asam. Madu randu memiliki warna cokelat terang.

4. Madu Kaliandra

Sesuai dengan namanya, madu kaliandra merupakan madu yang di hasilkan dari hisapan bunga kaliandra. Madu kaliandra merupakan salah satu madu yang sangat populer di indonesia.

Madu ini sangat mudah di temukan di seluruh indonesia karena untuk mendapatkannya tidak begitu sulit. Hampir semua masyarakat indonesia mengkonsumsi madu untuk alasan kesehatan atau bahkan kecantikan, dan tak jarang juga yang menggunakan madu sebagai bahan olahan.

5. Madu kopi

Dilihat dari namanya, madu kopi merupakan madu yang di hasilkan dari nektar bunga pohon kopi. Lebah yang secara sengaja di ternak di perkebunan kopi biasanaya akan menghasilkan madu kopi.

Aroma kopi yang kuat tidak dapat di hindari, sehingga lebah yang menghisap nektar bunga kopi juga akan mengasilkan madu kopi yang memiliki aroma harum seperti kopi. Siapa sangka, madu kpi ini sangat kaya akan zat hidrat arang dan vitamin lainnya.

6. Madu Pahit Bangka

Madu pahit bangka juga di kenal sebagai madu pelawan. Hal ini tak lain dikarenakan madu pahit bangka ini berasal dari lebah liar apos dosata yang menghisap sari bunga pohon pelawan. Madu ini menjadi sangat langka karena pohon pelawan merupakan pohon langka yang hanya tumbuh di pulau Bangka, Sumatera.

7. Madu Hutan Sumatera

Madu hutan Sumatera merupakan madu yang juga paling populer di indonesia. Madu ini merupakan madu yang banyak di jual- di supermarket dan tempat-tempat lainnya.

Pada umunya madu ini akan semakin populer dan banyak di cari menjelang bulan suci Ramadhan atau Hari Raya Idul Fitri. Seperti yang sudah di jelaskan bahwa madu bisa menjadi bahan olahan yang lezat. Menjelang Hari Raya Idul Fitri banyak kalangan masyarakat yang membuat olahan kue berbahan dasar madu.

8. Madu Hutan Timor

Salah satu daerah yang oleh-oleh khasnya madu adalah daerah Nusa Tenggara Timur. Madu hutan Timor merupakan madu yang paling banyak di cari oleh para wisatawan yang berkunjung ke Nusa Tenggara Timur.

Hal ini di karenakan madu ini termasuk ke dalam madu terbaik di Dunia ke 3 setelah Yunani dan Australia. Madu hutan Timor merupakan madu yang di ambil dari pohon tertinggi yang ada di pulau Timor, pantas saja ya madu ini jadi madu terbaik, untuk mendapatkannya saja butuh perjuangan.

9. Madu Hutan Sumbawa

Madu ini berasal dari lebah liar penghisap nektar bunga di hutan daerah Sumbawa. Pohon bidara atau ziziphus mauritiana biasanya menjadi tempat para lebah untuk bersarang hingga mengasilkan madu hutan Sumbawa.

Daerah Sumbawa merupakan daerah yang cukup panas dan kering sehingga madu yang di hasilkan juga memiliki kadar air yang rendah di banding madu yang lainnya.

10. Madu Kelengkeng

Madu kelengkeng merupakan madu yang di hasilkan dari lebah yang berada di kawasan yang di dominasi oleh pohon kelengkeng. Madu kelengkeng ini merupakan madu yang memiliki campuran antara rasa manis dan gurih.

Jika dibandingkan dengan madu lainnya madu kelengkeng ini merupakan madu yang paling banyak di gunakakan untuk di konsumsi langsung.

11. Madu Klanceng

Terakhir ada jenis madu klanceng yang merupakan madu yang di hasilkan oleh lebah yang menghisap nektar dari berbagai jenis bunga, atau dengan kata lain madu ini merupakan madu perpaduan dari beberapa khas nya rasa madu yang lain.

Dari berbagai macam jenis madu, mari temukan banyak manfaat nya, simak di sini yuk!

(Baca Juga: Panduan Budidaya Ternak Lebah Madu, Pemula Wajib Tahu!)
Manfaat Madu

Tidak tahu kapan pastinya manusia mulai menggunakan madu untuk pengobatan, namun sejak jaman dulu madu sudah menjadi hasil alam yang di gunakan untuk kesehatan, untuk bahan makanan dll. Berikut manfaat madu yang harus kamu tahu !

Pengobatan penderita diabetes

Yang paling populer dari manfaat madu adalah bisa di gunakan sebagai obat pada luka untuk penderita diabetes. Seperti yang kita tahu bahwa penderita diabetes tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi antibiotik.

Mencegah Pertumbuhan Bakteri

Madu juga dipercaya sebagai pencegah tumbunya bakteri, hal ini karena tingkat keasaman yang dimiliki oleh madu. Keasaman madu berkisar 3,2 sampai 4,5.

Efek osmotik

Pada dsarnya masu merupakan campuran dari monosakarida dengan aktivitas air yang rendah. Kebanyakan molekul air selalu berhubungan dengan gula dan juga mikroorganisme. Hal ini yang membuat madu menjadi media yang tidak bagus untuk mikroorganisme perkembangan biak.

Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida terbentuk dari pelepasan yang lambat oleh enzim glukosa oksida yang terdapat dalam madu. Pada saat madu digunakan atau di oleskan pada luka kemudian hidrogen peroksida dihasilkan saat madu mencair terkena cairan tubuh. Sehingga hidrogen peroksida dilepaskan perlahan dan menjadi antiseptik.

Efek nutraseutikal

Antioksidan dalam madu pernah di ujikan pada tikus dan mampu mengurai kerusakan yang terjadi si usus besar. Hal ini sesuai dengan banyak penjelasan pada beberapa pengobatan tradisional.

Meredakan Sakit Tenggorokan dan Batuk

Untuk mengobati sakit tenggorokan, madu juga sudah di percaya dan dirasa cukup efektif. Saat ini mencampurkan madu dengan air hangat dan menambahkannya dengan lemon. Bisa kamu lakukan di rumah dengan cara yang sangat sederhana.

Itulah macam-macam madu dengan berbagai macam manfaatnya, kamu bisa pilih sesuai dengan yang kamu mau karena saat ini madu cukup gampang untuk di dapatkan. Semoga bermanfaat ya buat kamu.

Dapatkan berbagai informasi menarik lainnya, hanya di CekAja.com, di mana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan

Tentang Penulis