8 Merk Susu Ibu Hamil Terbaik, Rasa Enak dan Nutrisi Lengkap

6 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Merk susu ibu hamil terbaik kini semakin mudah dicari. Berbagai merk berinovasi untuk menyiptakan susu ibu hamil dengan rasa yang enak dan nutrisi lengkap. Simak rekomendasi lengkapnya berikut ini.

Kebutuhan Susu Pada Ibu Hamil

Kehamilan merupakan anugerah yang dinanti-nantikan semua pasangan. Ibu hamil wajib memperhatikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, seperti dengan meningkatkan asupan makanan bergizi dan mematuhi makanan yang dilarang untuk ibu hamil.

Janin yang semakin berkembang membutuhkan nutrisi yang lengkap, agar pertumbuhan fisik dan kecerdasannya dapat terproses dengan baik. Nutrisi ini tentu saja disalurkan oleh tubuh sang ibu, salah satunya dengan meminum susu ibu hamil.

Susu ibu hamil dapat menjadi pilihan minuman yang bermanfaat selama masa kehamilan, karena mengandung nutrisi yang lengkap dibandingkan produk susu lainnya.

Tak hanya kalsium, susu ibu hamil juga mengandung asam folat, zat besi, beraneka vitamin, serat pangan inulin, omega 3, dan zat baik lainnya. Semua kandungan itu sangat baik untuk perkembangan janin.

Meskipun memberi kandungan baik, konsumsi susu ibu hamil juga memiliki tingkat kecocokan yang beragam untuk setiap orang.

Sebagian ibu hamil merasakan rasa mual berlebih setelah meminum susu ibu hamil, sedangkan sebagian lainnya justru merasa rasa mual ternetralisir setelah meminumnya.

Semuanya bergantung pada kecocokan setiap individu.

Nah, untuk kamu para ibu hamil yang merasa tidak cocok mengonsumsi susu ibu hamil, kamu bisa mengganti dengan susu berkalsium lain yang biasa kamu konsumsi dan rasanya lebih kamu sukai.

Namun, pastikan susu sudah melewati proses pasteurisasi sehingga aman dikonsumsi ibu hamil.

Di sisi lain, jika kamu memilih tidak mengonsumsi susu ibu hamil dan hanya mengonsumsi susu biasa, kamu wajib menjaga asupan nutrisi selengkap mungkin.

Misalnya dengan makan makanan empat sehat lima sempurna, dengan gizi seimbang.

Pastikan juga untuk berkonsultasi ke dokter kandungan, jika kamu memilih tidak mengonsumsi susu ibu hamil, ya.

Tips Memilih Merk Susu Ibu Hamil Terbaik

Memang, tidak semua ibu hamil mudah merasa cocok dengan susu ibu hamil. Maka dari itu, perhatikan tips memilih merk susu ibu hamil terbaik berikut ini.

Cek Kandungan Nutrisi

Tips memilih susu ibu hamil terbaik adalah dengan mengecek kandungan nutrisi. Di setiap kemasan susu terdapat informasi nilai gizi yang harus kamu lihat.

Meskipun begitu, umumnya kandungan nutrisi susu ibu hamil terbilang sama, hanya takarannya saja yang mungkin berbeda-beda.

Pilih Rasa yang Enak

Sebab, kini beberapa merk susu ibu hamil terbaik mulai berinovasi untuk memberikan formula rasa yang enak pada produknya.

Sehingga konsumen bisa meminum susu tanpa rasa eneg. Tersedia juga varian rasa susu yang beragam, seperti cokelat, vanilla, moka, stroberi, melon, dan lain-lain.

Pertimbangkan Testimoni Konsumen Lain

Mencari merk susu ibu hamil terbaik juga membutuhkan riset. Kamu bisa membaca berbagai testimoni susu ibu hamil yang kini banyak tersedia di media online, forum ibu hamil, blog, atau sekadar bertanya ke kerabat dekatmu.

Jangan Tertipu Harga Mahal

Tidak semua merk susu ibu hamil terbaik dijual dengan harga mahal kok. Jangan hanya melihat harga atau asal produk (baik produk lokal atau produk impor). Sebab, kecocokan mengonsumsi susu ibu hamil berbeda-beda untuk setiap orang.

(Baca Juga: 5 Obat Mual untuk Ibu Hamil yang Aman dan Efektif)

Merk Susu Ibu Hamil Terbaik

Berikut ini rekomendasi merk susu ibu hamil terbaik:

1. Lovamil

merk susu ibu hamil terbaik yang pertama adalah Lovamil yang mudah ditemukan di pasaran. Harganya yang terjangkau dan kandungan yang lengkap menjadi pilihan banyak ibu hamil.

Setiap porsi susu Lovamil mengandung asam folat, serat pangan inulin, omega 3 dan 6, zat besi, protein, kalsium, fosfor, dan vitamin B kompleks. Para ibu hamil bisa mendapatkan satu bungkus Lovamil seharga Rp22.000 saja.

2. SUN Ibu

SUN Ibu juga menjadi salah satu merk susu ibu hamil terbaik dari kategori susu dengan harga terjangkau. Produk dari Indofood ini mengandung zat besi, kalsium, asam folat, Omega 3 dan 6, dan vitamin B6 yang membantu mengurangi rasa mual pada ibu hamil.

Selain kandungannya lengkap, SUN Ibu juga varian rasa yang unik. Seperti cokelat, cokelat alpukat, dan stroberi vanilla. Aneka rasa ini juga bisa ibu jadikan smooties yang nikmat. Harga SUN Ibu hanya Rp20.000 per kemasan.

Rasa-rasa yang tersedia pada produk SUN Ibu masih terbilang umum. Yakni seperti cokelat, stroberi, vanilla, dan kacang hijau.

3. SGM Bunda

Merk SGM yang sejak dulu memproduksi susu formula untuk bayi dan balita akhirnya kini memproduksi susu ibu hamil.

Sebenarnya, susu ini juga diperuntukkan sebagai minuman bernutrisi tambahan untuk ibu menyusui. Anjuran penggunaan juga cukup satu gelas sehari, sehingga memudahkan para konsumennya.

Kandungan beraneka mikronitrisi dapat sangat pas untuk pemenuhan nutisi ibu hamil. SGM Bunda tersedia dalam varian rasa cokelat, jeruk, dan stroberi, dengan harga pasaran mulai dari Rp24.500.

4. Prenagen Mommy

Untuk merk susu ibu hamil terbaik kategori harga menengah, nama merk Prenagen rasanya sudah tak asing di telinga para ibu hamil.

Meskipun masih hadir dalam varian rasa yang terbilang umum, namun kini Prenagen menawarkan formula rasa yang lebih enak. Jadi, ibu hamil akan menyukainya karena tak bikin eneg.

Produk Prenagen Mommy dibagi menjadi dua jenis, yakn Prenagen Mommy emesis untuk ibu hamil di usia kehamilan trimester pertama dan Prenagen Mommy untuk ibu hamil di usia kehamilan trimester kedua dan ketiga.

Kandungannya antara lain asam folat, zat besi, kalsium, protein, lemak, vitamin B6, dan lain-lain.

Harga setiap kemasan Prenagen isi 200 gram susu bubuk yakni sekitar Rp36.000, sedangkan Prenagen Mommy dalam kemasan susu UHT botol dijual seharga Rp10.000.

Varian rasa Prenagen Mommy yang tersedia adalah cokelat, french vanilla, vanilla delight, dan stroberi.

5. Lactamil

Selain Prenagen, ada Lactamil juga yang menjadi merk susu ibu hamil terbaik dengan rasa enak anti eneg. Susu jenis ini cocok untuk ibu hamil trimester pertama yang sedang mengalami masa morning sickness yang parah.

Untuk susu anti eneg, pilih Lactamil Inisis. Sedangkan untuk susu ibu hamil rendah gula dan lemak, pilih Lactamil Pregnansis. Produk Lactamil diperkaya dengan asam folat, kalsium, zat besi, vitamin D, dan kandungan senyawa baik lainnya.

Harga susu Lactamil berkisar mulai dari Rp25.000 per kemasan.

(Baca Juga: 11 Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil)

6. Anmum Materna

Merk susu ibu hamil terbaik selanjutnya adalah Anmum yang memiliki susu rendah lemak untuk ibu hamil. Kandungan asam folat pada susu ini terbilang tinggi, dengan tambahan DHA, GA, dan nuelipid yang penting untuk perkembangan otak dan mental janin.

Meskipun memiliki kandungan tambahan yang berbeda dengan prosuk susu lain, harga Anmum Materna masih terjangkau. Yakni mulai dari Rp40.000-an per kemasan.

7. Bebemama

Bebemama merupakan produk dari Nutricia yang memiliki kandungan yang sangat baik. Seperti asam folat, zat besi, kalsium, serat pangan inulin, dan DHA.

Selain itu, formula rasa dari susu Bebemama enak, dengan tekstur yang ringan saat diseduh. Sehingga ibu hamil tidak akan merasa eneg saat meminumnya. Pilihan rasa yang bisa kamu pilih adalah choco breeze dan vanilla berry.

Harga per kemasan Bebemama isi 400 gram adalah Rp65.000.

8. Enfamama

Merk susu ibu hamil terbaik yang terakhir adalah Enfamama yang juga bisa dikonsumsi sebagai susu ibu menyusui.

Sederet kandungan baik terkandung di dalamnya, mulai dari asam folat, kalsium, zat besi, vitamin C dan mineral, protein, dan serat pangan inulin.

Karena merupakan produk dari Mead Johnson yang berlisensi Amerika Serikat, harga susu Enfamama terbilang cukup mahal. Yakni mulai dari Rp90.000 untuk per kemasan 400 gram.

Itulah beberapa rekomendasi merk susu ibu hamil terbaik. Selain minum susu, pastikan juga ibu hamil melindungi kesehatan tubuh dan janinnya dari berbagai risiko dengan memiliki asuransi kesehatan.

Di CekAja.com, kamu bisa membandingkan berbagai asuransi kesehatan sesuai kebutuhanmu.

Kami akan memberikan rekomendasi yang cocok sesuai dengan pendapatanmu, serta manfaat dan uang pertanggungan yang kamu inginkan.

Pengajuan asuransi kesehatan di CekAja.com dijamin aman karena diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan. Jadi, yuk, bandingkan dan ajukan sekarang juga!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah