10 Merek Air Purifier Terbaik Bikin Udara di Rumah Bersih dan Berkualitas!

7 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Udara di rumahmu tak tersirkulasi dengan baik? 10 merek air purifier terbaik ini, mungkin bisa jadi solusi, untuk membersihkan udara di rumahmu!

Terlebih, buat kamu yang tinggal di daerah perkotaan, mungkin sangat sering mengeluhkan udara yang telah terkontaminasi, akibat banyaknya polusi udara dari alat transportasi hingga pabrik.

Sehingga, sulit untuk mendapatkan udara yang bersih dan sejuk, seperti udara di pedesaan atau pegunungan yang masih asri.

Bahkan, beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta dan Palembang, masuk dalam kategori kota dengan tingkat polusi terburuk di dunia.

Bahaya Menghirup Kualitas Udara yang Buruk di Ruangan

Kualitas udara yang buruk, ternyata bisa berdampak pada kesehatan tubuh. Sehingga, sangat rentan untuk terserang infeksi akibat virus dan bakteri.

Seperti infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), asma, influenza, batuk berkepanjangan, bersin-bersin, hingga penyakit paru-paru, seperti pneumonia atau paru-paru basah.

Bahkan, dilansir dari kompas.com sebuah studi dari Environmental Protection Agency (EPA), membuktikan bahwa level polutan di dalam ruangan, bisa 2-5 kali lebih tinggi dari polutan di luar ruangan.

(Baca Juga: Air Humidifier Murah Terbaik)

Hal tersebut dikarenakan, kurangnya perputaran udara yang bebas di dalam ruangan.

Masalah lain juga dikarenakan sumber polutan yang melepas gas atau partikel ke udara. Misalnya, dari asap rokok, material bangunan, hingga perabotan rumah tangga.

Maka dari itu, masyarakat yang hidup di kota besar, seperti di Jakarta tentunya membutuhkan sistem ventilasi yang cukup, agar pertukaran udara di dalam ruangan dan luar ruangan, bisa bergantian.

Namun, akan lebih baik lagi jika kamu menggunakan alat pembersih udara seperti air purifier. Adapun, selanjutnya kamu akan memberikan rekomendasi merek air purifier terbaik untuk kamu.

Apa Bedanya Air Purifier dengan Air Humidifier?

Air purifier adalah alat pembersih udara, sehingga bisa menghasilkan udara baru yang lebih bersih dan berkualitas.

Sedangkan air humidifier adalah alat untuk meningkatkan kelembaban udara, di sebuah ruangan yang berkondisi kering.

Contohnya seperti ruangan ber AC. Selain itu, air humidifier juga biasa campur dengan essential oil, agar menghasilkan aroma menenangkan.

Manfaat Air Purifier

Adapun, selain membersihkan udara, berikut beberapa manfaat lain dari air purifier:

  • Bisa bantu menghilangkan bau tak sedap
  • Mencegah alergi, dari udara yang buruk
  • Membantu bami virus dan bakteri, yang dibawa oleh udara
  • Bisa melindungi orang yang sedang sakit, agar cepat pulih
  • Mengurangi risiko terkena penyakit asma
  • Menangani asap rokok
  • Memberantas jamur, yang dihasilkan dari perabotan rumah

Nah, sudah tahu kan alasannya pentingnya menggunakan air purifier beserta manfaatnya?

Yuk, buat kamu yang membutuhkan alat ini, berikut kami rekomendasikan merek air purifier terbaik untuk kamu!

10 Merek Air Purifier Terbaik

1. Sharp

Merek air purifier terbaik yang pertama adalah Sharp air purifier, dengan mengadopsi teknologi plasmacluster.

Adapun air purifier yang satu ini, diklaim dan terbukti efektif, untuk mencegah virus mikroba yang terbawa oleh udara, sehingga udara menjadi lebih bersih dan sehat.

Selain itu, air purifier dari Sharp juga mampu membersihkan udara di ruangan besar, bahkan hingga seluas 23 meter persegi, dengan tiga tingkatan kecepatan yakni max, high, dan low.

Lantas gunanya apa teknologi plasmacluster tersebut? Teknologi ini dipercaya bisa menghasilkan hingga menyebarkan ion positif dan negatif, ke udara untuk memerangkap elemen tak kasat mata.

Misalnya saja, jika di rumah kamu ada seorang perokok, maka air purifier ini bia menghilangkan bau asap rokoknya.

Air purifier dari Sharp ini juga menyediakan banyak tipe, mulai dari air purifier Sharp FP-J30Y-P Air hingga Sharp FU-A80Y-W, yang mampu mencakup ruangan seluas 62 meter persegi.

Harga: Sekitar Rp650.000 – Rp4.000.000

2. Samsung

Merek air purifier terbaik yang kedua, berasal dari merek kenamaan produk handphone dan peralatan elektronik rumah, yakni Samsung Air Purifier.

Air purifier yang satu ini memiliki keunggulan dari teknologi, yang membuatnya tidak menghasilkan suara yang bising.

Selain itu, Samsung air purifier juga dilengkapi dengan teknologi HEPA Pro Filter yang mampu mengoptimalkan kinerja menyaring udara hingga ke ruangan seluas 93,1 meter persegi.

Fitur lainnya yang terdapat dalam Samsung air purifier adalah LED Indicators, power button, fan speed, timer control, hingga child locking.

Harga: Sekitar Rp279.000 – Rp3.920.000

3. Xiaomi

Bukan hanya mengeluarkan produk handphone, Xiaomi juga meluncurkan produk air purifier, yang masuk ke dalam jajaran merk air purifier terbaik.

Bahkan, Xiaomi air purifier, disebut sebagai High Performance Smart Air Purifier, yang mampu membersihkan udara di ruangan seluas 406 meter kubik per jam.

Jadi, air purifier ini tidak hanya bisa digunakan untuk membersihkan di area rumah saja, tapi juga bisa digunakan di area yang luas, seperti perkantoran.

Fitur lainnya yang terdapat dalam alat ini,di antaranya seperti aerodynamic principles, dual blower 4-duct, hingga tripel filter protection.

Harga: Sekitar Rp239.000 – Rp3.800.000

4. Panasonic

Merek kenamaan asal Jepang yakni Panasonic ini juga mengeluarkan produk air purifier yang tak kalah canggih, dan menjadi merek air purifier terbaik.

Beragam fitur canggih pun, bisa kamu coba untuk membersihkan udara, serta meningkatkan kualitas kesehatan keluarga di rumah.

Selain itu, alat ini juga bisa digunakan sebagai humidifier, yang bisa memaksimalkan nilai kejernihan udara, bahkan hingga 95 persen.

Terlebih khusus air purifier Panasonic tipe F-PXJ30AHN, juga dilengkapi dengan teknologi Direct Front Suction. Teknologi tersebut bisa menyerap polusi secara efektif, hingga ke sudut ruangan.

Alat ini juga bisa menjangkau ruangan seluas hingga 42 meter persegi, sehingga cocok untuk diletakan di ruangan keluarga yang besar.

Harga: Sekitar Rp600.000 – Rp13.050.000

5. Sanken

Mampu menghilangkan udara yang terkontaminasi polusi, partikel kotor, jamur, bakteri, hingga virus, Sanken menjadi merek air purifier terbaik berikutnya.

Selain menyaring udara kotor, air purifier ini juga bisa digunakan sebagai anti nyamuk loh. Dengan kecepatan alat, yang bisa disesuaikan penggunanya.

Air purifier dari Sanken dengan tipe SAP-300 juga dilengkapi dengan timer controller, sehingga membuat kamu lebih mudah dalam melakukan pengaturan waktu operasi,mulai dari satu hingga tiga jam.

Harga: Sekitar Rp1.035.000 – Rp2.990.000

6. Honeywell

Merek air purifier terbaik berikutnya yang tak kalah bagus, dan membuat udara bersih seketika adalah air purifier dari Honeywell.

Air purifier yang satu ini tidak hanya berkualitas, tapi juga dirancang dengan teknologi yang cerdas, bahkan hingga ramah pengguna.

Pasalnya, Honeywell air purifier ini memiliki kontrol terhadap sentuhan, dalam penggunaannya ketikan ingin dioperasikan.

Selain itu, air purifier ini juga memiliki cakupan kerja 3D, untuk memastikan udara di dalam ruangan, bisa bersih lebih optimal.

Untuk kapasitasnya, air purifier dari Honeywell mampu mengalirkan udara ke ruangan dengan kapasitas 42 meter persegi.

Meski begitu, alat ini tergolong hemat listrik, karena hanya membutuhkan listrik sebanyak 7,5 – 52 Watt.

Harga: Sekitar Rp950.000 Rp10.396.000

7. Daikin

Merek air purifier terbaik dengan banyak fitur canggih, bisa kamu dapatkan pada Daikin Air Purifier.

Penjernih udara yang satu ini, memiliki streamer, yang bisa meradiasi jamur dan bakteri yang terperangkap. Sehingga, filter yang ada dalam alat ini tidak perlu diganti.

Alat ini juga mampu menangkap 99,97 persen partikel, hingga ukuran 0.3mikron, dengan teknologi HEPA Filter. Sehingga, udara di dalam ruangan dijamin bersih dan sehat.

Tidak hanya itu, air purifier dari Daikin dengan tipe MC40UVM6 ini, juga dilengkapi dengan child-proof lock, sehingga aman bagi anak kecil.

Harga: Sekita Rp1.775.000 – Rp3.549.000

8. Blueair

Biasa digunakan untuk kebutuhan pembersih udara di area perkantoran, merek air purifier terbaik yang satu ini adalah Blueair.

Blueair biasa digunakan untuk membersihkan udara dengan cakupan ruangan yang besar, seperti di perkantoran terlebih alat ini telah bersertifikasi dan standar performa program CADR dari Association of Hone Appliances Manufactures (AHAM).

Adapun Blueair tercatat sebagai penjernih udara dengan rekor CADR paling tinggi, yakni bisa mencakup ruangan atau area yang begitu luas.

(Baca Juga: 7 Cara Sederhana Menghemat Energi)

Alat ini tentunya sangat bermanfaat untuk menyediakan udara bersih, para karyawannya. Sehingga bisa meningkatkan energi dan kesehatan.

Khusus pada air purifier pada tipe ini, yakni Blueair Pro M Smokestop Filter, ia akan bekerja untuk menjebak produk kimia berbahaya dalam bentuk gas dan bau tak sedap seperti asap rokok.

Adapun, alat ini juga akan menyaring paparan gas volatile organic compounds, yang bisa menimbulkan berbagai risiko kesehatan.

Harga: Sekitar Rp5.000.000 – Rp18.999.000

9. Hitachi

Tak kalah bagus, merek air purifier terbaik dari Hitachi juga bisa dijadikan pilihan terbaik, untuk membantu kamu membersihkan udara di rumah.

Air purifier dari Hitachi dengan tipe EP-A7000 ini juga mampu membersihkan udara di ruangan berkapasitas maksimal 50 meter persegi.

Buat kamu yang kebetulan memiliki hewan peliharaan, karena sangat berisiko menyebarkan tungau, kutu, jamur, dan lainnya, air purifier Hitachi ini bisa menguraikan partikel tersebut dari udara.

Begitupun ketika ada anggota keluarga yang merokok, sehingga bau asap rokok beserta bahayanya bisa terurai, dan tergantikan dengan udara yang bersih.

Harga: Sekitar Rp1.000.000 – Rp13.950.000

10. Coway

Merek air purifier terbaik, yang dikenal hemat energi ini adalah Coway Air Purifier.

Air purifier ini dilengkapi dengan fitur canggih, yakni RBD Plasma serta AntiBacterial Catalyst Filter.

Adapun fitur tersebut mampu membersihkan udara, dari kuman, jamur, bakteri, virus, leih efektif dan efisien.

Coway air purifier juga dilengkapi dengan teknologi Anti Flu HEPA filter, yang mampu mematikan virus influenza.

Harga: Sekitar Rp3.198.000 – Rp15.199.000

Nah, itu dia beberapa rekomendasi merek air purifier terbaik, yang bisa membantumu menghasilkan udara yang bersih dan sehat di rumah.

Untuk bisa memilikinya, kamu bisa membelinya di toko elektronik atau bahkan di toko online. Karena, kini air purifier sudah banyak tersedia di banyak toko online atau e-commerce.

Harga yang ditawarkan juga beragam, dan jika ingin lebih hemat serta praktis, kamu bisa membeli air purifier terbaik, dengan kartu kredit loh.

Kamu hanya tinggal pilih air purifier yang diinginkan, melalui online lalu bayar menggunakan kartu kredit, dengan cepat dan mudah.

Bagaimana jika belum punya kartu kredit? Jangan khawatir, kamu bisa ajukan kartu kredit melalui CekAja.com dengan cepat dan mudah secara online, tanpa ribet.

Di sini CekAja.com akan membantu kamu untuk memilihkan produk kartu kredit yang tepat dan sesuai dengan kebutuhanmu.

CekAja.com juga menyediakan banyak produk kartu kredit, dari berbagai bank ternama Indonesia.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera ajukan akrtu kredit terbaik pilihamu, hanya di CekAja.com, dan air purifier terbaik impianmu!