8 Merek Bubur Bayi Instan Terbaik dengan Komposisi Bergizi

5 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Merek bubur bayi instan terbaik memiliki komposisi bergizi sekaligus menyehatkan. Beberapa di antaranya bahkan bebas gula dan kandungan susu sapi, sehingga aman untuk anak yang alergi. Berikut rekomendasinya!

Bayi berusia 6 bulan ke atas mulai mengonsumsi Makanan Pendamping Air Susu Ibu atau MPASI. Artinya, ada menu makanan baru yang harus orang tua siapkan untuk si kecil.

Jenis makanan dan tekstur MPASI disesuaikan dengan usia bayi. Semakin besar, bayi harus dikenalkan dengan makanan dengan komposisi yang lebih beragam, dan tekstur yang semakin kasar dan padat.

Namun yang pasti, bayi harus mendapatkan gizi seimbang mulai dari karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin serta mineral lainnya.

MPASI sebaiknya dibuat sendiri, karena sudah terjamin kualitas komposisi atau bahan-bahannya serta kebersihan yang terjaga.

i pasaran, ada juga produk bubur bayi instan yang dijual bebas. Produk ini merupakan makanan siap saji, yang praktis karena hanya perlu diseduh dengan air hangat saja.

Ya, dalam beberapa kondisi, bubur bayi instan dipilih para orang tua sebagai selingan MPASI untuk bayi.

Produk bubur bayi instan memudahkan para orang tua, karena praktis dibuat dan kemasannya bisa dibawa ke mana saja.

Merek bubur bayi instan terbaik wajib sekali diketahui para orang tua agar tak salah memilih.

Amankah Bayi Mengonsumsi Bubur Instan Setiap Hari?

Meskipun setiap ahli kesehatan menyarankan pembuatan MPASI sendiri di rumah, masih ada saja sebagian orang tua yang belum mengetahui porsi pemberian bubur bayi instan.

Meskipun produk bubur bayi instan yang dijual mengikuti aturan dan standar gizi dari World Health Organization (WHO), ada beberapa hal juga yang harus diperhatikan konsumen.

Sesuai namanya, bubur bayi instan yang siap dikonsumsi hanya dengan seduhan air hangat ini mengandung zat pengawet.

Sebagian di antaranya juga mengandung kadar gula yang tinggi, dan mengandung susu sapi.

Bagi para orang tua yang memiliki bayi dengan alergi susu sapi, kamu harus memperhatikan komposisi bubur bayi instan sebelum membelinya.

Lalu, amankah bayi diberikan konsumsi bubur bayi instan setiap hari?

Jawabannya, tidak. Hal ini disebabkan karena kebutuhan gizi bayi hanya dengan bubur instan tidak dapat sepenuhnya terpenuhi.

Bayi juga membutuhkan asupan MPASI yang orang tua buat sendiri, karena akan membuat mereka merasakan rasa dan tekstur makanan yang baru.

Mengonsumsi bubur bayi instan setiap hari hanya akan membuat bayi terbiasa makan makanan bertekstur sangat halus.

Padahal, seiring pertumbuhannya, tekstur makanan pun harus ditingkatkan menjadi lebih kasar dan padat.

Bubur bayi instan tetap boleh diberikan hanya sebagai selingan MPASI saja, ya.

Jangan terlalu sering memberikan bubur bayi instan, agar bayi lebih berkesempatan mengeksplor rasa, jenis, dan tekstur makanan lainnya.

Jika kamu ingin tetap membeli produk ini, pastikan kamu hanya memilih merek bubur bayi instan terbaik yang memiliki komposisi berkualitas, aman, dan diminati banyak konsumen.

(Baca Juga: Bahaya MPASI Dini pada Bayi yang Wajib Diketahui Orangtua)

Rekomendasi Merek Bubur Bayi Instan Terbaik

Bubur bayi instan yang dijual terdiri dari berbagai merek yang mematok harga yang beragam.

Semua dijual dengan cantuman usia bayi yang diperuntukkan mengonsumsi produk tersebut. Mulai dari usia 6 bulan, 8 bulan, hingga 12 bulan ke atas.

Berikut ini daftar rekomendasi merek bubur bayi instan terbaik yang bisa menjadi referensimu sebelum membeli:

1. Yummy Bites Cereal

Harga: Rp40.000

Merek bubur bayi instan terbaik yang pertama adalah Yummy Bites. Sebagai merek produsen makanan bayi yang baru muncul di pasaran, Yummy Bites memiliki pilihan rasa yang berbeda, namun tetap enak.

Di antaranya seperti bubur bayi instan rasa buah berry, pasta, keju, wortel, aneka buah tropikal, dan lain-lain.

Keunggulan dari produk Yummy Bites Cereal adalah komposisi alami dan sehat tanpa gula, kemudian diperkaya dengan 9 vitamin dan 3 mineral, kalsium, zat besi, dan bebas zat gluten.

Bubur bayi ini diperuntukkan bagi bayi usia di atas 6 bulan.

2. Nayz Bubur Bayi Organik

Harga: Rp41.000

Nays merupakan merek bubur bayi instan terbaik yang menonjolkan keunggulan bahan organik. Kamu tak perlu lagi menyeduhnya, karena bubur ini dikemas dalam kemasan kaleng ukuran 300 gram.

Pilihan rasa yang tersedia adalah rasa sapi, ayam, sayuran, dan lainnya. Kandungan beras, daging, serta sayuran organik dijamin menyehatkan dan aman dikonsumsi bayi.

Prebiotik di dalam bubur ini juga bermanfaat melancarkan sistem pencernaan bayi. Sehingga enggak bikin sembelit.

3. Bitzy Organic Baby Puree

Harga: Rp37.000

Jika Nayz hadir dalam kemasan kaleng, maka merek bubur bayi instan terbaik lainnya seperti Bitzy memiliki kemasan unik, yakni dalam jar kaca.

Puree merupakan sari makanan dalam bentuk sangat lembut, yang dikonsumsi bati yang baru dikenalkan MPASI (usia 6 bulan).

Dengan adanya puree instan ini, kamu akan dimudahkan dalam pemberian MPASI di waktu tertentu.

Produk bubur bayi ini homemade, dengan bahan organic, serta tanpa garam dan gula. Selain menyehatkan, kemasan jar bisa dibawa kemana saja.

4. Heinz Bubur Bayi

Harga: Rp57.000

Merek bubur bayi instan terbaik yang selanjutnya adalah Heinz yang merupakan produk buatan pabrik Farley’s asal Amerika Serikat.

Bubur bayi ini mengandung 12 vitamin dan mineral, serta tanpa campuran gula. Heinz tersedia dalam berbagai varian rasa, mulai dari pisang, pasta keju, blueberry, yogurt, dan lain-lain.

Heinz bisa dikonsumsi untuk bayi usia 4 bulan, 7 bulan, dan 12 bulan ke atas.

5. Promina Bubur Tim Daging dan Brokoli

Harga: Rp13.000

Promina adalah merek bubur bayi instan terbaik yang sudah dikenal publik sejak dulu. Dari banyak produk bubur bayi yang diproduksinya, varian bubur tim daging digemari banyak konsumen.

Promina Bubur Tim Daging dan Brokoli terbuat dari beras, susu skim bubuk, minyak ikan, vitamin, sayuran kering, tepung daging, dan brokoli.

Dengan tekstur bubur tim yang padat, produk ini cocok dikonsumsi bayi usia 8 bulan hingga 24 bulan.

(Baca Juga: 9 Merek Popok Bayi yang Bagus, Terbaik untuk Kulit Bayi)

6. Milna Bubur Bayi

Harga: Rp15.000

Milna juga menjadi salah satu merek bubur bayi instan terbaik buatan pabrik lokal, yakni Kalbe.

Ada 15 vitamin, mineral, omega 6, omega 3, serta kalsium dan zat besi yang melengkapi nutrisi setiap sajian Milna Bubur Bayi.

Tekstur lembut cocok diberikan untuk bayi usia 6 bulan hingga 12 bulan. Pilihan rasa yang tersedia antara lain ayam wortel, pisang, beras merah, tim hati ayam bayam, dan daging brokoli.

7. Nestle Cerelac

Harga: Rp32.000

Merek bubur bayi instan terbaik yang juga populer di pasaran adalah Nestle Cerelac. Produk iini cocok dikonsumsi bayi di atas 1 tahun yang membutuhkan MPASI dengan tekstur agak kasar dan padat.

Di dalam setiap sajian Nestle Cerelac mengandung komposisi gandum, sayuran, buah, minyak ikan, vitamin, mineral, zat besi, dan yodium.

Bubur bayi instan ini aman dikonsumsi untuk bayi yang alergi dengan produk mengandung susu sapi.

8. SUN Bubur Sereal Susu

Harga: Rp8.000

Jika kamu menjadi produk merek bubur bayi instan terbaik namun tetap berkualitas, SUN bisa menjadi pilihan tepat untuk bayi usia 6 bulan ke atas.

SUN Bubur Sereal Susu dibuat dengan bahan-bahan alami yang dibutuhkan bayi sebagai pilihan rasa. Seperti ubi ungu, beras merah, ubi ungu, brokoli, ayam, kacang hijau, pisang, dan lain-lain.

Sedangkan bahan tambahan lainnya adalah susu bubuk skim, minyak nabati, dan vitamin A, vitamin C, vitamin E, serta betakaroten.

Itulah beberapa merek bubur bayi instan terbaik dengan komposisi berkualitas untuk pilihanmu. Penuhi gizi si kecil dengan memberikan aneka makanan bergizi dan menyehatkan.

Belanja kebutuhan rumah tangga dan bahan makanan kini makin gampang. Kamu bisa belanja online dengan mudah, serta pembayaran cicilan ringan beserta promo dari kartu kredit.

Belum punya kartu kredit? Yuk, bandingkan dan ajukan hanya lewat CekAja.com. Kami akan memberikan rekomendasi kartu kredit terbaik dan proses pengajuan cepat via online.

Cek kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhanmu sekarang juga!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah