10 Merek Minyak Telon Terbaik untuk Bayi Pilihan Para Ibu dari Masa ke Masa

7 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Dalam memilih minyak telon untuk si kecil, biasanya ibu tidak pernah coba-coba, dan selalu pilih merek minyak telon terbaik. Pasalnya, minyak telon akan langsung digunakan, ketika bayi lahir untuk menghangatkan badannya.

Minyak Telon Berbeda dengan Minyak Kayu Putih

Memiliki wangi yang khas, merek minyak telon terbaik juga memiliki kehangatan yang pas terlebih untuk bayi.

Berbeda dengan minyak kayu putih, minyak telon lebih aman digunakan untuk bayi, karena dicampur dengan bahan berkualitas, yang aman untuk kulit bayi.

Komposisi Minyak Telon Secara Umum

Minyak telon terbaik umumnya terdiri dari:

  • Minyak Adas Manis/Anisi (Oleum Anisi)
    Minyak adas merupakan minyak hasil ekstraksi dari tanaman adas. Kandungan minyak adas yang ada dalam minyak telon, biasanya efektif untuk meredakan berbagai masalah kesehatan, seperti perut kembung akibat masuk angin ataupun gas berlebih di dalam tubuh.
  • Minyak Kayu Putih (Oleum Cajuput)
    Minyak kayu putih merupakan minyak yang berasal dari ekstrak penyulingan daun dan ranting pohon kayu putih. Setelah dilakukan penyulingan, minyak yang dihasilkan ini mengandung bahan kimia bernama Sineol (sineol), dimana bisa memberikan sensasi hangat ketika dioleskan ke tubuh.
  • Minyak Kelapa (Oleum Cocos) 
    Minyak kelapa merupakan minyak terbaik yang diekstrak dari kelapa segar tanpa campuran bahan kimia apapun, dimana digunakan sebagai minyak pembawa pada minyak telon. Memiliki kandungan antioksidan tinggi, sehingga mampu menangkal radikal bebas.

Selain itu, minyak kelapa juga bersifat antimikroba yang memiliki kemampuan untuk melindungi kulit dari mikroorganisme dan menghindari kulit si kecil dari infeksi dan gatal-gatal.

Tidak hanya itu, beberapa merek minyak telon terbaik juga, menambahkan minyak tambahan.

Biasanya untuk meningkatkan kualitas, selain untuk menghangatkan. Seperti untuk melindungi dari nyamuk, memberikan wangi yang berbeda, sehingga memiliki banyak varian aroma.

Adapun manfaat minyak telon, ternyata tidak hanya bisa menghangatkan saja loh. Berikut deretan manfaat minyak telon, yang wajib ibu tahu!

Manfaat Minyak Telon

  • Menghangatkan tubuh
  • Melindungi dari gigitan nyamuk
  • Membantu mengatasi masalah pernapasan
  • Membantu meringankan kejang otot (untuk pijat/urut)
  • Meredakan perut kembung
  • Membuat bayi menjadi harum seharian

(Baca Juga: Lindungi Si Kecil Sejak Dini Dengan Asuransi Untuk Bayi)

Jadi sudah tahu merek minyak telon terbaik apa saja, yang bisa jadi rekomendasi para ibu? Yuk, intip rangkumannya di sini!

10 Merek Minyak Telon Terbaik Paling Direkomendasikan

1. Minyak Telon Tresno Joyo

Merek minyak telon terbaik yang sudah digunakan oleh para ibu, dari masa ke masa adalah minyak telon Tresno Joyo, yang memiliki banyak varian aroma.

Minyak telon ini juga bisa sekaligus digunakan untuk pengobatan herbal, dengan aroma yang khas dan menenangkan.

Minyak telon Tresno Joyo sendiri memiliki tiga varian aroma, yakni citronella (minyak sereh), lavender, dan kulit jeruk.

Mengapa minyak telon ini disebut sebagai pionir pengobatan herbal? Karena, minyak telon ini, selain untuk menghangatkan, juga bisa digunakan untuk media pijat, urut, dan lainnya ketika bayi sakit.

Dengan formula minyak yang tidak lengket, membuat minyak bisa cepat meresap, sehingga hangat lebih cepat, dan membuat kulit bayi nyaman.

Harga: Sekitar Rp17.500

2. Minyak Telon My Baby

Merek minyak telon terbaik untuk bayi, yang tak kalah populer di kalangan ibu-ibu adalah minyak telon My Baby.

Pasalnya, minyak telon ini tidak hanya mengandung tiga minyak utama saja. Tapi, juga mengandung minyak tambahan, yang bermanfaat untuk melindungi bayi dari gigitan nyamuk.

Adapun kandungan minyak tambahan di dalam minyak telon My Baby ini adalah minyak eucalyptus, minyak sereh, hingga chamomile.

Sehingga, untuk Anda yang tinggal di wilayah yang terdapat banyak nyamuk atau serangga lainnya, minyak telon ini sangat cocok. Bahkan, perlindungannya, bisa tahan hingga 12 jam.

Selain itu, wanginya yang khas My Baby, membuat bayi wangi seharian. Formulanya yang cepat meresap ke kulit, sehingga tidak akan membuat kulit menjadi lengket.

Harga: Sekitar Rp27.000

3. Minyak Telon Sleek Baby Telon Oil

Siapa bilang Sleek Baby hanya memiliki produk pencuci botol susu bayi? Nyatanya, Sleek Baby Telon Oil masuk ke dalam salah satu merek minyak telon terbaik.

Selain itu, minyak telon dari Sleek Baby Telon Oil ini, juga dirancang khusus untuk bayi dan anak. Sleek Baby Telon Oil juga memiliki komposisi yang pas, yakni 20:20:60 (minyak adas:minyak kayu putih:minyak kelapa).

Sehingga, si kecil akan mendapatkan kehangatan yang pas, tidak terlalu panas, dan tidak tidak juga kurang hangat. Aromanya pun sangat khas minyak telon, dan wangi bayi yang segar dan bikin rileks.

Tidak hanya itu, kemasan produk Sleek Baby Telon Oil juga sangat praktis, tidak mudah tumpah, dan mudah digunakan, karena tutupnya yang menyatu dengan botol, dilengkapi dengan sistem lock.

Jadi bunda tak perlu takut bocor dan tumpah, ketika botol minyak telon dimainkan si kecil.

Harga: Sekitar Rp13.000 – Rp28.000

4. Minyak Telon Sidola

Menjadi merek minyak telon terbaik, dan juga terkenal dengan minyak kayu putihnya, Sidola juga mengeluarkan produk minyak telon, yang tak kalah berkualitas.

Aromanya yang khas dan bisa memberi kehangatan untuk bayi, membuat minyak telon Sidola selalu menjadi “perlengkapan” wajib sang bayi.

Untuk soal aroma dan dan kehangatan, dipastikan hampir semua ibu suka menggunakan minyak telon Sidola, untuk bayinya. Bahkan, ini sudah menjadi kebiasaan yang turun menurun.

Minyak Telon Sidola sendiri, dibuat dari bahan-bahan alami pilihan, yaitu campuran dari minyak adas (oleum foeniculi), minyak kelapa (oleum cocos), dan minyak kayu putih (oleum cajuputi).

Harga: Sekitar Rp40.000

5. Minyak Telon Konicare

Tidak hanya memberikan aroma khas bayi dan memberikan kehangatan, minyak telon juga bisa bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah bayi.

Mulai dari perut kembung, digigit serangga, sebagai media pijat, dan lainnya. Nah, merek minyak telon terbaik dari Konicare, disebut bisa mengatasi semuanya loh, dan sangat direkomendasikan.

Hal tersebut dikarenakan, minyak telon Konicare, akan memberikan khasiat baik dalam menghilangkan kembung pada bayi.

Minyak telon Konicare juga berguna untuk menjauhkan bayi dari gigitan nyamuk serta serangga, karena mengandung lavender.

Harga: Sekitar Rp40.000

6. Minyak Telon Huki

Bukan hanya dikenal dengan merek botol bayi, Huki juga masuk ke dalam daftar merek minyak telon terbaik, untuk bayi.

Dirancang khusus untuk kulit bayi, minyak telon Huki mengandung bahan dasar alami, yang aman untuk segala jenis kulit bayi, bahkan yang memiliki kulit sensitif sekalipun.

Selain itu, aromanya yang menenangkan juga bisa membuat kualitas tidur si kecil, lebih baik.

Harga: Sekitar Rp20.000 – Rp35.000

7. Minyak Telon Lang

Merek minyak telon terbaik, yang tidak kalah populer di kalangan ibu-ibu adalah minyak telon lang. Minyak telon ini, sering digunakan para ibu untuk menghangatkan bayinya yang baru lahir.

Minyak telon ini terbuat dari bahan dasar alami, sehingga bisa memberi kehangatan yang pas, dan tentunya aman untuk kulit bayi.

Aromanya yang menenangkan, membuat bayi bisa tidur lebih nyenyak. Ditambah, terdapat bahan tambahan seperti minyak sereh dan chamomile, yang membuat bayi terlindung dari gigitan nyamuk.

Harga: Sekitar Rp6.000 – Rp35.000

8. Minyak Telon Zwitsal

Ibu mau mencari merek minyak telon terbaik, yang natural dan sudah teruji hypo-allergenic? Minyak telon Zwitsal solusinya.

Nah, jika bayi memiliki kulit sensitif, maka ibu bisa memberikannya minyak telon ini, karena dipastikan aman.

Dengan formulanya yang lembut, membuat minyak telon ini, mampu memberikan kehangatan yang pas, untuk kulit lembutnya.

Harga: Sekitar Rp28.000

9. Minyak Telon Doodle

Sudah pernah coba minyak telon dengan aroma green tea yang segar? Jawabannya ada di merek minyak telon terbaik, yang satu ini, yakni minyak telon Doodle.

Memiliki desain yang mewah dan exclusive, membuat minyak telon ini patut jadi pertimbangan ibu.

Berbeda dari minyak telon biasanya, aroma green tea membuat wangi bayi menjadi lebih mewah. Sehingga, tak perlu lagi pakai minyak wangi bayi.

Dibalik kemewahan aromanya, green tea ternyata juga bisa mencegah bayi dari gigitan nyamuk loh.

Harga: Sekitar Rp36.000

10. Minyak Telon Bambi

Diformulasikan dengan anti-irritant, membuat merek minyak telon terbaik, dari Bambi ini, sering dipilih ibu, untuk bayinya yang baru lahir.

Terlebih, kulit bayi yang baru lahir, tentu masih sensitif dan tipis. Sehingga, dengan formula yang dimiliki minyak telon Bambi, bisa membuat ibu lebih tenang dalam menggunakannya.

(Baca Juga: Benarkah Eukaliptus Mencegah Corona? Berikut Penjelasannya!)

Selain itu, kandungan minyak chamomile nya juga bisa melembutkan kulit, dan terhindar dari iritasi.

Harga: Sekitar Rp25.500

Nah, itu dia beberapa rekomendasi merek minyak telon yang bisa dijadikan pilihan para ibu, yang memiliki bayi atau anak.

Bahkan, saking wanginya, minyak telon juga sering digunakan oleh orang dewasa, untuk memberikan kesan wangi bayi di tubuhnya.

Nah, setelah ibu tahu beberapa rekomendasi minyak telon di atas, ibu bisa langsung memilih dan membeli minyak telon yang dipilih.

Tidak perlu jauh-jauh pergi ke supermarket, minimarket, atau toko perlengkapan bayi, untuk bisa mendapatkan produk minyak telon di atas.

Karena, kini berbagai merek minyak telon terbaik, sudah banyak tersedia di berbagai e-commerce langganan Anda, mulai dari Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, Blibli, dan masih banyak lagi.

Agar lebih hemat, ibu juga bisa loh, membeli minyak telon menggunakan kartu kredit. Karena, berbelanja menggunakan kartu kredit, dijamin banyak promonya.

Belum Punya Kartu Kredit? Ajukan di CekAja.com Saja!

Di CekAja.com, kamu bisa mendapatkan produk kartu kredit, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan, secara online.

Ada banyak pilihan kartu kredit yang disediakan CekAja.com, dari berbagai bank ternama di Indonesia.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera ajukan kartu kredit terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com, dan dapatkan produk minyak telon terbaik, dan aman untuk si kecil.