12 Merek Vacuum Cleaner Terbaik beserta Cara Memilihnya yang Benar

10 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Banyaknya pilihan merek vacuum cleaner terbaik yang kini tersedia, membuat beberapa orang terkadang bingung untuk membedakan, mana merek yang paling sesuai dengan kebutuhannya.

Sebab, setiap merek vacuum cleaner pasti memiliki keunggulannya masing-masing, yang tidak bisa dibandingkan dengan merek vacuum cleaner lainnya.

Vacuum cleaner sendiri, sejatinya merupakan alat pembersih kotoran praktis, yang mampu menghisap debu dan kotoran lainnya dengan cepat, sehingga membantu memudahkan proses merapikan rumah.

Selain itu, vacuum cleaner juga menggunakan pompa udara, untuk bisa menghisap semua debu dan kotoran.

Yang mana, kotoran tersebut nantinya akan dikumpulkan dengan sistem penyaringan, maupun siklon untuk selanjutnya dibuang.

Kini, vacuum cleaner tidak hanya mampu menghisap debu dan kotoran saja, tetapi juga mampu menghisap permukaan yang basah.

Hanya saja, kemampuan vacuum cleaner ini baru bisa digunakan, di beberapa jenis dan merek vacuum cleaner terbaik, yang memiliki fungsi Wet and Dry.

Biasanya, vacuum cleaner dengan fungsi tersebut, digunakan oleh orang-orang yang memiliki usaha cuci mobil, untuk membersihkan bagian interior mobil, seperti jok, karpet dan lainnya.

Daya yang Digunakan Vacuum Cleaner

Jika berbicara tentang vacuum cleaner, sebenarnya banyak sekali hal yang bisa dibahas, salah satunya yaitu daya yang digunakan.

Perlu diketahui, daya yang digunakan untuk setiap jenis dan merek vacuum cleaner berbeda-beda. Semuanya balik lagi tergantung pada ukurannya.

Namun satu yang pasti, besarnya daya yang digunakan sebuah vacuum cleaner, mempengaruhi kekuatan menghisap debunya.

Untuk vacuum cleaner ukuran kecil atau genggam, daya yang digunakan juga terbilang cukup kecil, yaitu mulai dari 120 watt untuk sumber listrik dari mobil, dan mulai dari 350 watt untuk penggunaan di rumah sehari-hari.

Kemudian untuk vacuum cleaner ukuran sedang, daya yang digunakan pun tidak terlalu kecil dan besar, yaitu mulai dari 600 watt.

Dengan daya sebesar itu, kemampuan menghisap kotoran suatu vacuum cleaner lebih kuat, dibandingkan dengan vacuum cleaner ukuran kecil.

(Baca Juga: Jasa Pembersih Rumah Panggilan)

Apalagi vacuum cleaner ukuran besar, daya yang digunakan untuk menghisap debu dan kotoran pun jauh lebih besar lagi, yaitu mencapai 1500 watt.

Bagaimana, sudah terbayang bukan, seberapa kuat dan besarnya kemampuan vacuum cleaner tersebut, dalam menghisap debu dan kotoran?

Hanya saja, daya yang tertera pada vacuum cleaner adalah daya maksimal pada saat mesin pertama kali dinyalakan.

Setelah itu, daya akan berkurang menjadi sekitar 100 watt untuk vacuum cleaner berdaya kecil, dan sekitar 390 watt untuk daya yang besar.

Tipe-tipe Vacuum Cleaner

Mengetahui tipe-tipe vacuum cleaner rasanya sangat penting, sebelum kamu mengetahui apa saja merek vacuum cleaner terbaik, yang patut dijadikan pilihan.

Sebab, tipe-tipe vacuum cleaner ada sangat banyak. Agar memudahkanmu memilih vacuum cleaner yang sesuai kebutuhan, ada baiknya kamu ketahui tipe-tipe vacuum cleaner yang di antaranya, yaitu:

  • Tipe Canister

Ini merupakan tipe vacuum cleaner, yang mampu menjangkau sudut ruangan menjadi lebih mudah, karena memiliki pipa penyedot.

Selain itu, vacuum cleaner tipe ini juga memiliki komponen-komponen yang dapat dilepas pasang, serta kotak pembuangan yang terpisah.

  • Tipe Upright

Tipe upright merupakan tipe vacuum cleaner yang memiliki bentuk tegak, serta memiliki head vacuum yang cukup besar bentuk persegi di bagian bawahnya, yang mampu mengangkat kotoran dengan maksimal.

  • Tipe Handheld

Tipe vacuum cleaner yang satu ini, merupakan tipe vacuum yang cocok untuk kamu, yang tinggal di ruangan tidak terlalu besar, seperti kos, rumah susun atau apartemen.

Sebab, vacuum cleaner tipe ini memiliki bentuk yang kompak, kecil, ringan dan tidak menggunakan kabel atau cordless. Sehingga, mampu menjangkau sudut-sudut terkecil ruangan.

  • Tipe Cordless

Memiliki bentuk stik tanpa kabel yang mengganggu, tipe vacuum cleaner cordless ini lebih menggunakan baterai yang bisa diisi ulang, sebagai sumber tenaganya.

Dengan begitu, maka kamu bisa menggunakan vacuum cleaner yang satu ini, untuk membersihkan bagian rumah yang sulit dijangkau, seperti langit-langit rumah, gorden dan lain sebagainya.

  • Tipe Wet and Dry

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kalau tipe vacuum cleaner wet and dry ini, tidak hanya mampu membersihkan debu dan kotoran saja, melainkan juga mampu membersihkan kotoran yang basah.

Untuk tipe yang satu ini, biasanya terdapat sebuah tombol, yang berguna untuk mengubah mode debu yang akan dihisap.

  • Tipe Robotic

Tipe vacuum cleaner yang terakhir adalah tipe robotic. Ini merupakan tipe vacuum cleaner paling canggih, karena mampu menghisap debu dan kotoran dengan maksimal secara otomatis.

Untuk bisa menggunakan vacuum cleaner tipe ini, kamu hanya perlu memberikan perintah, kemudian robot akan bergerak ke berbagai arah, untuk menghisap debu dan kotoran yang ada di permukaan.

Cara Memilih Vacuum Cleaner Terbaik

Sebelum memilih dan menentukan merek vacuum cleaner terbaik, sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu cara memilih vacuum cleaner yang tepat.

Hal ini penting dilakukan, guna meminimalisir kesalahan pembelian vacuum cleaner dan kerugian. Adapun cara-cara yang perlu kamu lakukan, di antaranya:

  • Ketahui terlebih dahulu tujuan dan kegunaan dari membeli vacuum cleaner
  • Ketahui jenis-jenis vacuum cleaner
  • Ketahui fitur-fitur yang dimiliki suatu vacuum cleaner
  • Pilih jenis vacuum cleaner yang sesuai dengan kebutuhan
  • Pastikan kalau filter yang digunakan suatu vacuum cleaner berkualitas baik
  • Ketahui kemampuan yang dimiliki suatu vacuum cleaner
  • Ketahui daya yang digunakan suatu vacuum cleaner
  • Pilih vacuum cleaner dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan
  • Ketahui suara yang dihasilkan suatu vacuum cleaner
  • Ketahui harga yang diberikan suatu vacuum cleaner
  • Pastikan membeli vacuum cleaner yang sesuai dengan kemampuan finansial

12 Merek Vacuum Cleaner Terbaik

Seperti yang diketahui, merek vacuum cleaner ada sangat banyak. Sehingga, seringkali membuatmu bingung menentukan merek vacuum cleaner terbaik yang mana, yang akan kamu beli.

Oleh sebab itu, untuk memudahkanmu menentukan merek vacuum cleaner terbaik, di bawah ini CekAja.com telah merangkum dan akan mengulasnya khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

1. IDEALIFE 1L-150V Vacuum Cleaner & Blow Cleaner

Kisaran Harga: Rp774 ribu

Merek vacuum cleaner terbaik yang pertama adalah IDEALIFE 1L-150V. Vacuum cleaner dengan body full stainless steel ini, memiliki cerobong penghisap yang dapat digunakan sebagai blower.

Selain itu, vacuum cleaner berkapasitas 15 liter ini juga mampu menjangkau sudut-sudut, atau area yang sulit dijangkau, seperti misalnya langit-langit ruangan.

Dengan daya sebesar 1000 watt, vacuum cleaner IDEALIFE ini mampu menghisap debu serta kotoran yang kering maupun basah.

2. Panasonic MC-CCG240

Kisaran Harga: Rp755 ribu

Berikutnya ada Panasonic MC-CCG240, yang menjadi merek vacuum cleaner terbaik versi CekAja.com. Bagaimana tidak, pasalnya vacuum cleaner ini memiliki kapasitas yang cukup besar.

Sehingga, Panasonic MC-CCG240 menjadi pilihan yang tepat, untuk kamu yang tinggal di ruangan berukuran kecil, seperti apartemen maupun kos.

Terlebih, vacuum cleaner ini dapat membuat aktivitas bersih-bersihmu menjadi lebih efektif dan fleksibel, karena sudah dilengkapi dengan gagang penyangga.

Kamu pun tidak perlu khawatir, apabila vacuum cleaner ini berat untuk dibawa dan dipindahkan, sebab Panasonic MC-CCG240 hanya memiliki berat sekitar 2,8 kg.

3. Sharp EC-8305

Kisaran Harga: Rp729 ribu

Buat kamu yang mencari merek vacuum cleaner terbaik dan hemat, Sharp EC-8305 sepertinya pilihan yang tepat untukmu.

Dengan penggunaan daya yang minim, yaitu hanya sekitar 40 watt, kamu sudah bisa menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan seluruh ruangan di rumah, tanpa khawatir biaya listrik membludak.

Dan menariknya, meski daya yang digunakan kecil, namun kemampuan menghisap debu dari vacuum cleaner ini sangat besar dan kuat.

Lebih dari itu, Sharp EC-8305 juga memiliki keunggulan, yaitu kamu dapat menyesuaikan nozzle vacuum cleaner dengan area yang akan dibersihkan.

Sehingga, dengan semua kemampuan dan keunggulan tersebut, aktivitas membersihkan ruangan menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

4. Modena VC 2313

Kisaran Harga: Rp840 ribu

Merek vacuum cleaner terbaik yang dibanderol dengan harga sekitar R840 ribu ini, memiliki kapasitas tabung debu sebesar 1,1 liter.

Yang mana, dengan kapasitas tersebut kamu bisa memanfaatkannya untuk menampung debu, serta kotoran dan partikel kecil lainnya dalam jumlah yang banyak.

Kemudian untuk dayanya sendiri, kamu bisa menyesuaikan dan mengatur dayan yang digunakan vacuum cleaner ini antara 400 – 1.000 watt.

Dengan adanya tiga nozzle yang tersedia, kamu bisa menggunakan ketiganya untuk menghisap debu dan kotoran yang ada di permukaan, baik itu permukaan yang empuk maupun keras.

5. Philips FC8291

Kisaran Harga: Rp850 ribu

Memiliki cerobong penghisap yang sifatnya fleksibel, Philips FC8291 mampu digunakan di semua jenis permukaan, baik itu permukaan yang empuk maupun keras, seperti lantai, beton dan lain sebagainya.

Meski terlihat sangat tangguh, namun ternyata vacuum cleaner yang satu ini memiliki bentuk yang kecil dan ringan, dengan berat sekitar 3,5 kg.

Kecilnya bentuk yang dimiliki vacuum cleaner berwarna merah ceri ini, membuatnya mampu membersihkan seluruh area yang kotor, bahkan hingga ke sudut yang sulit dijangkau sekalipun.

6. Electrolux EC31-2BB

Kisaran Harga: Rp1,5 juta

Di urutan keenam ada Electrolux EC31-2BB, sebagai merek vacuum cleaner terbaik versi CekAja.com yang bisa dijadikan pilihan.

Pasalnya, vacuum cleaner ini mampu menjaga tanganmu agar tetap bersih, serta terhindar dari paparan debu dan kotoran secara langsung, saat hendak membersihkan wadah penampung debu.

Hal tersebut tentunya dikarenakan, Electrolux EC31-2BB ini hanya memiliki satu tombol yang perlu kamu tekan, untuk bisa membuka dan membersihkan wadah penampung debu.

Tidak hanya itu, wadah penampung ini juga tidak perlu dibersihkan terlalu sering. Sebab, dalam keadaan penuh sekalipun, mesin vacuum cleaner tetap mampu menghisap debu secara maksimal.

7. Black and Decker VM1450-B5 Dry

Kisaran Harga: Rp809 ribu

Meski menjadi rival dari merek Electrolux, namun Black and Decker VM1450-B5 Dry tetap menjadi merek vacuum cleaner terbaik, yang juga patut dijadikan pilihan dan rekomendasi.

Dilengkapi dengan roda ergonomis, vacuum cleaner yang satu ini memiliki tingkat kestabilan yang cukup baik, khususnya pada saat digunakan.

Vacuum cleaner ini juga mampu membersihkan beberapa area, dan sudut-sudut ruangan yang sulit dijangkau, seperti gorden, langit-langit ruangan, bagian bawah kursi dan lain sebagainya.

Kemampuan menjangkau area atau sudut-sudut ruangan tersebut, ditunjang oleh kabel gulung sepanjang lima meter yang tersedia.

8. Samsung Canister VC18M2120SB/SE

Kisaran Harga: Rp1 juta

Apabila tempat tinggalmu tidak memiliki banyak stop kontak, atau letaknya berada di tempat-tempat yang tidak strategis, jangan khawatir!

Sebab, merek vacuum cleaner terbaik yang satu ini, mampu menjangkau area dengan jarak mencapai sembilan meter.

Apalagi, vacuum cleaner ini sudah dilengkapi dengan fitur Anti-Tangle Turbine, yang membuat daya hisap vacuum cleaner ini tetap konsisten sejak awal pemakaian.

Handle yang dimiliki Samsung Canister VC18M2120SB/SE pun, dirancang sedemikian rupa agar ergonomis. Dengan begitu, ketika digunakan tangan tidak mudah pegal dan sakit.

9. Denpoo HRV-8003

Kisaran Harga: Rp415 ribu

Mengusung tipe handheld, merek vacuum cleaner terbaik yang satu ini menggunakan daya listrik sebesar 400 watt.

Dengan daya listrik tersebut, produk ini memiliki kekuatan menghisap debu yang cukup kuat. Untuk bisa menggunakannya, kamu hanya perlu menekan tombol yang tersedia.

Satu hal yang membuat vacuum cleaner ini menarik adalah sifatnya yang all in one. Di mana, produk ini mampu membersihkan dan menghisap debu di seluruh permukaan.

Mulai dari permukaan lantai, karpet, tirai, permukaan meja, beberapa perabotan kecil, hingga menghisap debu dan kotoran di bagian atas lemari.

10. Bosch BGS 4210

Kisaran Harga: Rp3 juta

Vacuum cleaner yang dibanderol dengan harga fantastis ini, memiliki berat sekitar 5,8 kg dan telah dilengkapi fitur Motor HiSpin.

Buat kamu yang belum tahu fitur Motor HiSpin, ini sejatinya merupakan fitur yang mampu menciptakan daya listrik menjadi lebih irit.

Tidak hanya itu, vacuum cleaner ini juga tidak mengeluarkan suara bising yang mengganggu ketenangan. Justru sebaliknya, suara yang dikeluarkan sangat halus, sampai dinobatkan sebagai vacuum cleaner tersunyi.

Meski begitu, namun vacuum cleaner ini dapat menyerap debu secara ekstra, dengan bantuan tenaga Unique Sensor Bagless yang dimilikinya.

11. Kurumi Mites UV

Kisaran Harga: Rp875 ribu

Di urutan ke-11 ada Kurumi Mites UV. Merek vacuum cleaner yang memiliki sistem pembuangan bagless ini, memiliki konsumsi listrik sebesar 400 watt.

Vacuum cleaner ini juga sudah dirancang menggunakan teknologi HEPA Filter, sehingga nantinya partikel terkecil dari debu dan kotoran yang sudah terhisap, tidak bisa lagi keluar melalui udara.

Perlu diketahui, kalau Kurumi Mites UV ini mampu membersihkan semua jenis kotoran, hingga ke partikel yang berukuran 0,3 mikron dan mencapai 99,9 persen.

12. Multipro Expert VC10-1 YS

Kisaran Harga: Rp600 ribu

Merek vacuum cleaner terbaik yang terakhir adalah Multipro Expert VC10-1 YS. Ini merupakan merek vacuum cleaner yang dibanderol dengan harga ekonomis, namun berkualitas.

Pasalnya, produk yang satu ini menawarkan fungsi 3 in 1, yang terdiri dari wet, dry dan blow. Dengan banyaknya fungsi yang dihadirkan, itu akan memudahkan aktivitas dan membuatmu menjadi lebih hemat.

(Baca Juga: Benda dan Ruangan di Rumah yang Harus Rutin Dibersihkan)

Beberapa merek vacuum cleaner terbaik, beserta informasi lainnya seputar vacuum cleaner sudah kamu ketahui di pembahasan sebelumnya.

Untuk itu, kamu kini tidak perlu lagi merasa bingung atau pusing, saat memilih merek vacuum cleaner terbaik. Sebab, CekAja.com telah memberikan beberapa rekomendasi yang bisa dipilih.

Apabila kamu tertarik dengan salah satu dari beberapa rekomendasi di atas, maka kamu bisa langsung membelinya di toko peralatan rumah tangga, maupun secara online melalui e-commerce.

Agar kegiatan belanja menjadi lebih praktis dan hemat, kamu bisa membeli vacuum cleaner menggunakan kartu kredit.

Sebab, kartu kredit seringkali memberikan promo menarik, yang dapat dinikmati para penggunanya, baik dalam bentuk diskon, cashback, atau rewards point.

Nah, buat kamu yang juga ingin menikmati promo tersebut, namun belum memiliki kartu kredit, tunggu apalagi? Langsung saja ajukan melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk kartu kredit khusus belanja, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Terlebih, proses pengajuannya pun mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com udah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kalau begitu, tunggu apalagi? Yuk, ajukan kartu kredit terbaikmu sekarang juga!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani