7 Merk AC Portable Terbaik, Hemat Listrik Ekonomis

5 min. membaca Oleh Vera Khairifah pada

Merk AC portable terbaik perlu kamu ketahui untuk mempermudah memilih produk berkualitas. Berikut rekomendasi beserta harganya.

Tinggal di negara beriklim tropis seperti Indonesia terkadang menimbulkan ketidaknyamanan saat dihadapkan dengan cuaca yang sangat panas.

Keringat yang timbul dari efek kepanasan bisa menyebabkan kulit lengket, bahkan alergi.

Maka dari itu, produk-produk penyejuk udara laris manis di pasaran dalam negeri. Hampir setiap rumah maupun hunian lainnya menggunakan kipas angin, Air Conditioner (AC), atau AC portable.

Keunggulan AC Portable

AC portable menjadi salah satu produk yang dipertimbangkan untuk dibeli konsumen karena beberapa kelebihan. Apalagi jika produk dipilih dari merk AC portable terbaik.

Berikut ini beberapa keunggulan dari produk AC portable sebagai penyejuk udara di rumahmu:

Harga Menengah

Soal harga, AC portable berada di tengah antara harga kipas angin dan AC. Sehingga terjangkau untuk konsumen yang enggan membeli AC karena harganya yang terlalu mahal.

Kisaran harga AC portable yakni mulai dari Rp200.000-an untuk ukuran mini, sampai Rp6 juta-an untuk ukuran sedang dan besar.

Hasil Angin Sejuk

Meskipun ukurannya sedang dan bentuknya praktis dibawa kemana-mana, namun angin yang dihasilkan tetap sejuk seperti layaknya AC ukuran normal.

Angin yang sejuk dihasilkan dari isian es batu atau air yang ditampung ke wadah yang tersedia.

Jadi, tidak membutuhkan exhaust atau pembuang udara panas terpisah seperti AC. Sehingga lebih praktis dan mudah digunakan.

Mudah Dipindahkan

Sesuai dengan namanya, AC portable mudah dipindahkan kemana-mana. Dengan pegangan khusus dan kaki-kaki yang kuat, produk ini bisa dipindahkan dari satu ruangan, ke ruangan lainnya.

Cukup dengan menarik kabel dan mencolokkannya ke stop kontak listrik, AC portable sangat mudah digunakan.

(Baca Juga: 10 Rekomendasi Robot Vacuum Cleaner Terbaik Harga Murah)

Rekomendasi Merk AC Portable Terbaik

Berikut ini daftar merk AC portable terbaik yang direkomendasikan untukmu. Produk-produk ini mungkin bisa menjadi referensi, sehingga kamu lebih mudah memilih produk terbaik sebelum membeli.

1. Tori Air Cooler THC-030

Harga: Rp900.000 – Rp1,1 juta

Tori Air Cooler THC-030 menjadi merk AC portable terbaik dengan harga yang sangat terjangkau. Ukurannya sedang, sehingga tidak memakan tempat pada ruanganmu.

Hembusan angin yang dihasilkan cukup kuat, tanpa menimbulkan suara bising dari mesin.

Untuk mengatur waktu penggunan AC portable ini, kamu bisa mengaturnya dengan fitur timer antara 1 sampai 7 jam.

Sedangkan untuk mengatur fitur-fitur lainnya seperti mode hembusan angin dan lain-lain, kamu bisa menggunakan remote control yang sangat memudahkan.

2. Denpoo AR 1208

Harga: Rp 900.000 – Rp1 jutaan

Selain Tori, merk AC portable terbaik seperti Denpoo juga memiliki kisaran harga yang sama.

Dengan kapasitas wadah air pendingin hingga 6,5 liter, hasil hembusan angin bisa terasa sejuk maksimal mendinginkan suhu ruangan di rumah.

Arah angin, kecepatan angin, serta mode hembusan angin juga bisa kamu atur sesuai selera. Pengaturan ini makin mudah dilakukan dengan remote control.

Bagian filter atau penyaring udara bekerja dengan baik, dan yang paling penting mudah dibersihkan. Peremajaan produk bisa dilakukan secara mudah, sehingga AC portable ini bisa awet digunakan.

Walaupun murah, desain produk ini cukup bagus dengan warna monokrom, hitam-putih yang elegan.

3. Sekai AC 0402 Air Cooler

Harga: Rp1,1 juta

Merk AC portable terbaik lainnya adalah dari produsen Sekai yang dikenal memiliki kualitas baik untuk produk elektronik rumah tangga.

Varian Sekai AC 0402 Air Cooler memiliki body yang ramping, sehingga cocok digunakan di ruangan yang tidak terlalu besar.

Setiap hembusan angin yang dihasilkan sudah melalui proses penyaringan udara lewat sistem canggihnya. Debu dan kotoran dijamin hilang, udara pun akan lebih sehat.

Hasil angin juga mengandung partikel ion yang membuatnya terasa lebih sejuk.

Berbagai fitur yang tersedia antara lain fitur pengaturan mode hembusan angin, fitur timer otomatis, dan dilengkapi dengan remote control.

Tak usah khawatir dengan daya listriknya, sebab Sekai memproduksi AC portable ini dengan teknologi hemat listrik.

4. Sanken SAC-55

Harga: Rp1,3 juta – Rp1,6 juta

Sebagian masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan merk Sanken yang merupakan merk AC portable terbaik dalam negeri yang mengadopsi teknologi Jepang yang canggih.

Untuk produk AC portable-nya, varian SAC-55 menyediakan tiga pilihan kecepatan hembusan angin. Ada pula fitur Wide Swing Angle yang memungkinkan angin berhembus dalam jangkauan yang lebih luas.

Teknologi penyaringan ion membuat hasil udara lebih bersih, lembap, dan sehat. Serta fitur timer, water diagnoses, dan teknologi hemat listrik hanya 55 watt.

Kapasitas tangki air yang dimiliki Sanken SAC-55 adalah 6 liter, dan wadah peletak ice pack sebanyak 4 buah.

(Baca Juga: 9 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Beserta Solusinya)

5. Sharp PJ-A55TY-B

Harga: Rp880.000 – Rp1,1 juta

Merk terkenal seperti Sharp juga memiliki produk AC portable. Tipe PJ-A55TY-B dijual dengan harga terjangkau, enggak bikin kantong bolong.

Spesifikasi dari merk AC portable terbaik ini terdiri dari tangki air berkapasitas 5 liter dan wadah ice pack hingga 4 kantong, fitur pengaturan waktu atau timer mulai dari 1 jam sampai dengan 15 jam, serta tampilan panel dengan LCD digital.

Fitur Auto Swing Louver memungkinkan angin berhembus sesuai dengan kondisi suhu ruangan.

Sedangkan untuk daya yang digunakan pun tidak membuat tagihan listrikmu membengkak, karena produk ini hanya membutuhkan daya 65 watt.

6. Midea MPF 12CRN1 AC Portable

Harga: Rp3,5 juta – Rp4 juta

Merk AC portable terbaik selanjutnya adalah Midea MPF 12CRN1 AC Portable. Keunggulannya antara lain hembusan udara maksimal yang cepat membuat ruangan terasa dingin dan sejuk.

Ukurannya yang tidak terlalu besar serta dilengkapi dengan kaki beroda membuatnya mudah dipindahkan ke ruangan mana saja.

Mode hembusan angin bisa kamu atur sesuai dengan kebutuhan.

Misalnya mode Auto Protection untuk menghindari overheat pada mesin, mode Sweet Dreams untuk hembusan angin yang pas saat pengguna sedang tidur, dan lain sebagainya.

Teknologi Freon membuat produk Midea ini ramah lingkungan, aman digunakan.

Namun perlu diketahui, besaran daya maksimalnya cukup besar yani 1255 watt. Jadi, pastikan besar daya aliran listrik di rumahmu mencukupi kebutuhan penggunaan AC portable ini, ya.

7. AC AUX Portable AM 09A4 LR1

Harga: Rp3,6 juta

Untuk AC portable dengan desain modern minimalis dan tampilan panel digital, AC AUX Portable AM 09A4 LR1 sangat cocok jadi pilihanmu.

Tidak hanya tampilannya yang kece, merk AC portable terbaik ini juga hemat listrik karena hanya membutuhkan daya sebesar 800 watt saja.

Meskipun begitu, hasil hembusan angin tetap memberikan kesejukan. Apalagi AC AUX Portable AM 09A4 LR1 dilengkapi dengan saringan udara yang berkualitas.

Ini menjadikan keluaran udara yang dihasilkan lebih bersih.

Mode yang bisa kamu pilih saat menggunakan AC portable ini antara lain mode pengaturan kelembapan udara, mode tidur (sleep mode), dan mode self diagnosis function untuk penyesuaian hasil hembusan angin dengan suhu awal ruangan.

Rekomendasi merk AC portable terbaik di atas bisa menjadi pilihan yang memudahkanmu dalam membeli produk penyejuk udara di rumah.

Belanja produk elektronik di masa pandemi seperti sekarang lebih baik dilakukan secara online lewat e-commerce langganan.

Biar makin untung, manfaatkan promo menarik dari pembayaran dengan kartu kredit cicilan ringan.

Belum punya kartu kredit tapi mau dapat rekomendasi kartu kredit terbaik sesuai kebutuhanmu? Cek perbandingannya lewat sistem online yang canggih di CekAja.com.

Kami akan membandingkan produk kartu kredit dari berbagai bank yang sesuai dengan kebutuhan dan profil finansialmu.

Suku bunga dijamin kompetitif, sehingga cicilan ringan. Nikmati juga promo menarik di banyak merchant rekanan.

Penasaran dengan produk kartu kredit yang cocok untukmu? Yuk, langsung cek rekomendasinya lewat CekAja.com!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah