9 Merk Ban Mobil Terbaik, Berkualitas dan Awet Digunakan

Merk ban mobil terbaik harus kamu ketahui agar jeli dalam memilih produk berkualitas. Tak hanya merk luar negeri, merk lokal juga bisa menjadi pilihanmu. Simak rekomendasinya berikut ini.

Ban merupakan komponen terpenting yang ada dalam sebuah kendaraan, termasuk mobil.

Karet berbentuk lingkaran dengan gerigi di bagian luarnya ini menghadapi berbagai medan kemana pun pengendara membawa mobil.

Peforma ban yang berkualitas akan memberikan kenyamanan saat berkendara, baik saat menghadapi medan jalan yang mulus, ataupun bergelombang.

Seiring dengan bertambahnya waktu pemakaian, ban harus mendapat perawatan dan diganti secara rutin.

Kualitas ban yang terjaga akan membawamu pada perjalanan yang selamat. Risiko kecelakaan akan terminimalisir jika ban berada dalam kondisi yang baik.

Ciri-Ciri Ban Sudah Harus Diganti

Buat kamu yang baru saja memiliki mobil, ciri-ciri ban yang sudah harus diganti harus diketahui.

Jadi, kamu tahu kapan harus melakukan service ban mobil ke bengkel langganan. Berikut ini ciri-ciri ban yang sudah harus kamu ganti dengan segera:

Ban Sudah Dipakai Selama 3 Tahun

Rata-ratanya, dalam waktu 3 tahun sekali, ban mobil harus diganti dengan yang baru.

Meskipun sekilas tampilan ban masih bagus dan tebal, namun ban dengan usia 3 tahun biasanya sudah mulai memberikan tanda ketidaknyamanan ketika digunakan.

Ketebalan Ban Sudah Tak Sesuai

Setiap ban dari berbagai merk memiliki kadar ketebalan dan batas keausan ban yang menunjukkan layak tidaknya digunakan berkendara.

Standar pengukuran ini dinamakan Tread Wear Indicator (TWI).

Jarak Tempuh Mencapai 40.000 Kilometer

Ban yang sudah dipakai dalam waktu 3 tahun juga umumnya mencapai jarak tempuh penggunaan sejauh 40.000 kilometer.

Ban Gundul, Benjol, dan Retak

Tanda ban yang gundul tentu saja sudah mencari ciri bahwa ban harus segera diganti. Adanya benjolan pada ban yang diakibatkan kawat penguat ban yang putus juga harus kamu sadari sebagai tanda penting.

Sedangkan retakan ban berarti sudah terlalu sering adanya kontak dengan panas dalam waktu yang lama.

(Baca Juga: 10 Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan)

Rekomendasi Merk Ban Mobil Terbaik

Memilih ban dari merk ban mobil terbaik dibutuhkan agar kenyamanan dan keselamatan berkendara terjamin.

Berikut ini rekomendasi merk ban mobil terbaik yang memiliki kualitas bagus dan awet digunakan.

1. Bridgestone

Harga: mulai dari Rp630.000

Merk ban mobil terbaik yang pertama adalah Bridgestone yang berasal dari Jepang. Bridgestone banyak dipilih karena harganya yang terjangkau dan kualitasnya bagus.

Ciri khas utama dari ban Bridgestone adalah material yang menggunakan lembar cord sebagai rangka ban, anti selip, cengkraman yang kuat dan kokoh saat menghadapi medan jalanan, namun tampilannya tetap stylish.

2. GT Radial

Harga: mulai dari Rp380.000

Jangan salah, merek ban mobil terbaik juga ada yang berasal dari dalam negeri. GT Radial merupakan merk ban berkualitas yang diproduksi oleh PT Gajah Tunggal.

Walau dijual dengan harga yang terjangkau, daya cengkram ban GT Radial sangat mantap, dan menjaga keseimbangan mobil meskipun dipacu dalam kecepatan tinggi.

Ban GT Radial dikenal sebagai produk ban yang awet, tahan tusukan benda tajam, dan tidak mudah terkikis atau menipis.

Dengan kualitasnya ini, tak heran jika GT Radial berhasil mengimpor ban hingga ke puluhan negara di Asia, Eropa, Amerika,Timur Tengah, Australia, dan Selandia Baru.

3. Yokohama

Harga: mulai dari Rp850.000

Yokohama adalah merk ban mobil terbaik asal Jepang yang pernah mensponsori kejuaraan dunia, seperti F1 dan MotoGP.

Variasi ban Yokohama sangat lengkap, bisa dipakai untuk mobil sport, mobil modifikasi, atau mobil keluarga pada umumnya. Kualitasnya dijamin mantap, dengan tampilan ban yang keren.

Sayangnya, pemasaran ban Yokohama yang terbatas membuat harganya di Indonesia masih terbilang mahal.

4. Hankook

Harga: mulai dari Rp465.000

Hankook adalah salah satu produsen ban terbesar di dunia. Maka dari itu, kualitasnya yang tak perlu diragukan lagi membuatnya masuk ke daftar merk ban mobil terbaik.

Material ban Hankook dipilih dari bahan berkualitas, dan memastikan penggunanya tetap berkendara dengan nyaman anti-selip, meskipun melewati jalanan basah.

Meskipun populer, Hankook menjual produknya dengan harga yang bersahabat. Cocok banget dijadikan pilihan terbaikmu.

5. Toyo

Harga: mulai dari Rp1,7 juta

Jika kamu ingin memilih merk ban mobil terbaik yang sudah terjamin dari harganya yang pricey, maka ban Toyo lah pilihan tepat.

Ban Toyo mudah dikontrol dan memiliki tingkat kestabilan yang tinggi. Mobil yang menggunakan ban ini dijamin akan berkendara dengan nyaman dan seimbang.

Harga memang tak akan bohong, kualitas ban Toyo bisa kamu buktikan sendiri.

(Baca Juga: 5 Merk Busi Mobil Terbaik dan Tahan Lama)

6. Falken

Harga: mulai dari Rp500.000

Merk ban mobil terbaik didominasi oleh produsen asal Jepang, termasuk Falken. Keunggulan dari merk ban yang satu ini terdapat pada struktur ban yang variatif, disesuaikan dengan jenis mobil.

Ban Falken memiliki tampilan yang stylish, modern, namun terjamin kokoh dan daya cengkram yang tinggi. Harganya juga terjangkau, dimulai dari Rp500.000 saja.

7. Achilles

Harga: mulai dari Rp450.000

Merk ban mobil terbaik selanjutnya adalah Achilles yang juga merupakan merk lokal asli Indonesia. Produsen ban ini adalah PT Multistrada Arah Sarana Tbk (MASA).

Dengan kualitasnya yang sangat baik, Achilles pernah meraih penghargaan untuk merk lokal terbaik pada ajang Indonesia Original Brands 2014.

Ban Achilles memiliki daya cengkram dan daya tahan yang baik, serta awet digunakan dalam waktu yang lama di segala medan.

Jenis kendaraan yang bisa menggunakan ban ini juga bervariasi, mulai dari kendaraan pribadi, hingga kendaraan besar seperti bus bahkan truk.

8. Continental

Harga: mulai dari Rp1,4 juta

Satu lagi merk ban mobil terbaik kategori premium dengan harga yang cukup mahal, yakni Continental.

Merk asal Jerman ini semakin dikenal saat menjadi sponsor ajang Euro 2012 dan Fifa World Cup 2014. Kualitasnya terletak pada daya cengkram yang kuat, serta kemantapan saat pengereman.

Ada banyak jenis ban yang bisa kamu pilih, namun Continental memang lebih dikenal dengan jenis ban run flat tyre (RFT).

9. Dunlop

Harga: mulai dari Rp470.000

Dunlop juga masuk ke deretan merk ban mobil terbaik. Namanya sudah populer sejak lama di dunia otomotif.

Keunggulan dari ban impor ini adalah daya cengkram yang kuat, kokoh, serta daya redam yang maksimal. Sehingga kenyamanan berkendara terjamin, karena mobil akan minim guncangan.

Itulah daftar merk ban mobil terbaik yang direkomendasikan untukmu. Pilihlah ban dengan kualitas bagus dan sesuai dengan jenis kendaraanmu.

Untuk menjaga keselamatan berkendara, pastikan juga kamu memiliki perlindungan ekstra pada mobil kesayangan dengan asuransi kendaraan.

Di CekAja.com, kamu bisa mendapatkan rekomendasi asuransi kendaraan sesuai dengan kebutuhan dan profil finansialmu.

Untuk mengajukannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengisi formulir pengajuan online dengan lengkap. Selanjutnya, petugas CekAja.com akan menindaklanjuti pengajuan asuransi tersebut.

Semua transaksi yang dilakukan via CekAja.com dijamin aman karena CekAja.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Ini saatnya untuk memberi perlindungan ekstra pada mobil dari berbagai risiko di masa depan. Bandingkan dan ajukan asuransi kendaraan yang tepat hanya melalui CekAja.com!