5 Merk Subwoofer Mobil Terbaik, Harga di Bawah Rp3 Juta

4 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Untuk menghasilkan kualitas suara yang enak didengar, kamu perlu mengetahui merk subwoofer mobil terbaik. Dengan begitu, proses memilih produk sebelum membeli akan jauh lebih mudah. Berikut rekomendasinya!

Kebutuhan mendengarkan konten dengan audio atau suara jernih di mobil kini dibutuhkan hampir semua orang. Berkendara jadi makin asyik sambil mendengarkan berbagai konten yang kita pilih.

Konten-konten seperti video dan musik akan lebih enak dinikmati dengan kualitas audio yang bagus pula, tak terkecuali saat sedang berada di dalam mobil.

Nah, untuk mendukung hal tersebut, teknologi instalasi audio pun diciptakan. Di antaranya seperti speaker, dan subwoofer.

Pada artikel ini, CekAja akan memberikan rekomendasi merk subwoofer mobil terbaik. Tapi sebelum itu, ketahui dulu perbedaan antara produk speaker dengan subwoofer berikut ini.

Perbedaan Speaker dan Subwoofer

Meskipun sama-sama merupakan produk instalasi audio dengan bentuk yang hampir sama dan bisa digunakan di mobil, namun ada perbedaan antara speaker dengan subwoofer.

Speaker adalah media yang mengubah daya listrik kemudian mereproduksinya menjadi sebuah hasil suara.

Speaker terbagi atas tiga tipe, yakni woofer untuk hasil suara rendah, midrange untuk hasil suara menengah, dan twitter untuk hasil suara tinggi.

Nah, sedangkan subwoofer adalah sistem speaker bass yang menghasilkan frekuensi lebih rendah, mulai dari 10 Hz sampai 200 Hz.

Sehingga suara yang dihasilkan lebih terdengar lembut dibandingkan dengan hasil suara dari speaker atau woofer saja.

Kualitas suara musikalitas yang dihasilkan subwoofer juga lebih bagus. Kamu bisa mendengarkan suara komponen alat musik lebih detail, dan enak didengar.

Maka dari itu, enggak mengherankan jika banyak orang yang mencari merk subwoofer mobil terbaik untuk menikmati hasil suara yang bagus dan nyaman didengar saat berkendara.

FYI, berdasarkan peletakan komponen amlifiernya, jenis subwoofer terbagi menjadi dua.

Yakni subwoofer aktif yang memiliki kemampuan meningkatkan kualitas bass dengan hasil suara yang besar, serta subwoofer pasif yang peletakan amplifiernya tidak menyatu dengan sistem audio lainnya.

Tips Memilih Subwoofer Mobil Terbaik

Tidak hanya memperhatikan merk subwoofer terbaik, kamu juga harus memerhatikan tips memilih lainnya. Di antaranya sebagai berikut ini:

  • Untuk subwoofer aktif, kualitas suara bass akan makin tinggi jika ukuran subwoofer semakin besar. Maka dari itu, pilih ukuran sesuai dengan kebutuhan hasil suara yang kamu inginkan.
  • Sedangkan untuk subwoofer pasif dengan kualitas suara terbaik biasanya berukuran antara 10 inchi sampai 12 inchi.
  • Angka frekuensi response (fs) dan angka desible yang semakin tinggi juga bisa berpengaruh pada kualitas hasil suara gebukan bass yang lebih baik.

(Baca Juga: 10 Merek Speaker Bluetooth Terbaik, Murah, & Praktis Dibawa-bawa!)

Merk Subwoofer Mobil Terbaik Harga Murah

Berikut ini rekomendasi merk subwoofer mobil terbaik yang bisa menjadi pilihanmu.

1. Pioneer TS-W254R

Harga: Rp550.000

Pioneer wajib banget masuk ke dalam daftar merk subwoofer mobil terbaik. Merk ini sudah dikenal sejak dulu sebagai produsen berbagai instalasi audio dengan kualitas yang memuaskan.

Untuk subwoofer tipe TS-W254R yang terbuat dari material polypropylene ini, sensitivitas suara yang dihasilkan bisa mencapai 93 dB, dengan range power 50 watts sampai 250 watts.

Kemudian peak power 1100 watts, dan frequencu response antara 20 Hz sampai 220 Hz.

Soal desain, Pioneer TS-W254R berukuran 10 inchi terlihat solid, modern, dan sporty dengan warna hitam dan sedikit aksen merah. Sangat cocok untuk mobil ukuran besar atau mobil sport.

2. Pioneer TSSWX2502

Harga: Rp1,8 juta

Sedangkan untuk merk subwoofer mobil terbaik Pioneer dengan harga menengah, kamu bisa memilih tipe TSSWX2502.

Perbedaan dari varian dengan harga murah lainnya adalah soal kualitas material subwoofer.

Dimana struktur Pioneer TSSWX2502 dibuat dari bahan premium dengan injeksi kuat, anti gores dan anti licin, dan mudah dipasang di mobilmu.

Ukurannya 10 inchi dengan impedansi 4 ohm, dan peak power hingga 1200 watt, dan fs antara 20 Hz sampai 200 Hz.

3. Pyle PLPW10D

Harga: Rp700.000

Merk subwoofer mobil terbaik selanjutnya adalah Pyle PLPW10D yang memiliki efek surround terbaik. Sebab, subwoofer ini dibekali oleh 4 Layer Dual Voice Coil dan impedansi 4 ohm.

Dengan ukuran 10 inchi dan hasil suara 90 desible yang jernih dan berkualitas, kamu dijamin nyaman mendengarkan berbagai konten dengan audio. Gebukan bass terasa detail dan mantap didengar.

Daya maksimal yang dibutuhkan bagi Pyle PLPW10D ini adalah 1000 watt dan RMS 500 watt.

(Baca Juga: 10 Merk Power Bank Terbaik dan Harganya)

4. Kicker 10C124

Harga: Rp1,5 juta

Untuk merk subwoofer mobil terbaik berukuran 12 inchi, kamu bisa memilih Kicker 10C124. Varian ini menjadi pilihan terbaik karena termasuk murah untuk kualitas sekelasnya.

Material polypropylene cone serta baja menghasilkan suara yang jernih, musikalitas yang detail, dan awet digunakan.

Peak power handling dari subwoofer tipe 4 ohm ini bisa mencapai 300 watt, dengan fs antara 27 Hz sampai 500 Hz dan angka desible 88,3 dB.

5. Dual BP1204

Harga: Rp2,5 juta

Merk subwoofer mobil terbaik dengan harga terjangkau lainnya adalah Dual BP1204. Dengan ukuran 12 inchi, kualitas suara mobil dijamin kencang dan enak didengar.

Material yang digunakan berupa Brused Alumunium Cones Woofer juga menjadikannya kuat dan awet digunakan.

Subwoofer ini memiliki impedansi 4 ohm dengan peak power 1100 watt, RMS 600 watt, fs 30 Hz sampai 200 kHz, dan angka desible 87 dB.

Tersedia pula crossover yang memudahkanmu menghubungkan subwoofer ke dalam mobil.

Jadi, bisa dibayangkan hentakan suara dan gebukan bass yang dihasilkan bakal terdengar mantap di telinga.

Dengan harga Rp2,5 juta, kamu sudah mendapatkan dua buah subwoofer ukuran 12 inchi. Harga ini sangat worth it untuk kamu pertimbangkan.

Itulah rekomendasi merk subwoofer mobil terbaik dengan harga di bawah Rp3 juta. Mana nih yang akan kamu incar untuk dibeli?

Miliki semua kebutuhan dengan belanja menggunakan kartu kredit cicilan ringan yang bisa diajukan via CekAja.com.

Ada banyak promo menarik di ratusan merchant rekanan yang membuatmu lebih irit dan untung saat berbelanja.

Di CekAja.com, kami akan memberikan kamu rekomendasi kartu kredit sesuai dengan kebutuhan dan profil finansial.

Proses pengajuan juga dijamin enggak ribet, karena dilakukan secara online. Jadi, kamu bisa mengajukan kepemilikan kartu kredit tanpa harus pergi ke luar rumah di masa pandemi ini.

Sebab, jika formulir pengajuan sudah diisi lengkap dan dokumen yang dibutuhkan sudah dilampirkan, maka petugas kami akan mengurus lebih lanjut.

Selanjutnya, kartu kredit siap pakai akan dikirimkan ke alamat tempat tinggalmu. Praktis banget, kan?

Yuk, segera miliki kartu kredit untuk menikmati kebebasan belanja sekarang juga!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah