10 Negara Paling Makmur di Dunia, Gimana dengan Indonesia?

3 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Indonesia dikenal dengan negara yang kaya akan sumber daya alam (SDA) serta banyaknya jumlah sumber daya manusia (SDM). Namun, apakah negara kita masuk ke daftar negara paling makmur di dunia?

10 Negara Paling Makmur di Dunia, Gimana dengan Indonesia?

Ada daftar 10 negara paling makmur di dunia yang diterbitkan oleh Legatum Institute pada akhir tahun 2018.

Legatum Institute merupakan sebuah lembaga di London, Inggris, yang fokus meneliti tingkat kemakmuran sebuah daerah.

Visinya yakni mendorong keluar masyarakat yang masih terjebak dalam kemiskinan.

Legatum Institute mengurutkan beberapa negara paling makmur. Peringkat ini diberikan berdasarkan penilaian dan pengukuran terhadap beberapa hal.

Yakni kualitas ekonomi, lingkungan bisnis, pemerintahan, kebebasan personal / individu, modal sosial, keselamatan dan keamanan, sisi edukasi, kesehatan, dan lingkungan alam.

Menurut Legatum Institute, sebagian besar negara semakin meningkatkan nilai kemakmurannya. Sebab dari 149 negara, 113 di antaranya menunjukkan peningkatan.

(Baca juga: Negara Terkorup hingga Jumlah Fantastis Uang Korupsi, Cek Yuk!)

Negara Paling Makmur di Dunia

1. Norwegia

Norwegia - Negara Paling Makmur di Dunia

Norwegia menjadi negara paling makmur di dunia nomor satu. Negara ini unggul dalam penilaian keselamatan dan keamanan, serta modal sosial. Tak heran jika penilaian keamanan negara ini sangat terjamin.

Sebab, tingkat kriminalitas di negara ini sangat rendah. Tidak banyak ditemukan kasus kejahatan, bahkan penjara pun sepi narapidana.

Meskipun begitu, sebenarnya kondisi penjara di Norwegia sangat bagus dengan fasilitas lengkap dan nyaman.

Hal ini dikarenakan pemerintahnya yakin bahwa pelaku kejahatan juga perlu diperlakukan layak seperti manusia pada umumnya.

2. Selandia Baru

Selandia Baru - Negara Paling Makmur di Dunia

Negara kepulauan yang berada di barat daya Samudera Pasifik ini memiliki SDA yang beragam serta SDM yang berkualitas.

Selain itu, negara ini juga dikenal memiliki tingkat toleransi yang tinggi. Sehingga negaranya damai, aman dan tenteram.

3. Finlandia

Finlandia - Negara Paling Makmur di Dunia

Finlandia seolah menjadi negara yang sempurna. Selain menduduki peringkat ke-3 negara paling makmur di dunia, negara ini juga menjadi negara paling bahagia tahun 2019.

Serta dikenal pula sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

4. Swiss

Swiss - Negara Paling Makmur di Dunia

Selain cokelat berkualitas, Swiss juga terkenal dengan industri pariwisatanya yang dikelola baik.

Mulai dari daerah pegunungan dingin, hingga area perkotaan modern namun tetap menjaga bangunan tuanya yang klasik. Sektor perbankan negara ini juga sangat maju.

5. Denmark

Denmark - Negara Paling Makmur di Dunia

Denmark adalah negara Nordik paling kecil di Eropa Utara. Meskipun begitu, masyarakatnya memiliki pondasi yang menjadikan Denmark sebagai negara paling Makmur.

Yakni tingkat kejujuran yang tinggi sehingga negara ini sangat aman. Kemudian pemerintahnya yang memfasilitasi sarana dan prasarana yang menunjang kesehatan. Pendapatan per kapita negara ini juga tertinggi ke-8 di dunia.

6. Swedia

Swedia - Negara Paling Makmur di Dunia

Kehidupan sosial di Swedia dimudahkan dengan kehadiran teknologi canggih. Para warganya di himbau untuk mandiri dengan berbagai layanan self service yang melibatkan metode pembayaran cashless.

Seperti saat memesan tiket kendaraan umum, membayar transaksi pembelian di supermarket, dan lainnya. Mereka juga begitu taat dengan semua peraturan yang ada.

7. Inggris

Inggris - Negara Paling Makmur di Dunia

Jika melihat dari sisi edukasi, Inggris memang memiliki beberapa universitas terkenal dengan kualitas terbaik dunia. Sebut saja Oxford University, Cambridge University, Sheffield University, masih banyak lagi lainnya.

Tingkat pengangguran negara ini juga terus turun sejak tahun 1975. Hal itu menunjukkan bahwa Inggris semakin makmur.

8. Kanada

Kanada - Negara Paling Makmur di Dunia

Tahu kah kamu, bahwa 90% daratan Kanada tidak berpenghuni? Ya, negara ini memang terhitung sepi, namun masyarakat dan pemerintahnya sangat menerima kedatangan para imigran dengan baik.

Di sisi lain, pemerintah juga bisa memaksimalkan SDA yang ada sehingga menjadi negara maju dan sangat modern.

9. Belanda

Belanda - Negara Paling Makmur di Dunia

Negara yang dikenal dengan ikon bunga tulip dan kincir angin ini rupanya juga masuk ke posisi 9 negara paling makmur di dunia. Tak mengherankan, sebab Belanda mengekspor banyak hasil pertanian, makanan dan SDA lainnya ke banyak negara.

Perekonomian Belanda juga unggul dalam pemrosesan makanan, pemrosesan minyak, serta pembuatan mesin listrik.

(Baca juga: Hari Ibu, Ini Negara yang Paling Baik Bagi Wanita!)

10. Irlandia

Irlandia - Negara Paling Makmur di Dunia

Irlandia adalah salah satu negara di Eropa yang memiliki budaya yang sangat baik. Dimana penduduknya dikenal sangat ramah, menyenangkan, serta romantis.

Masyarakat Irlandia juga memiliki sikap yang terbuka pada warga asing. Sehingga sangat direkomendasikan menjadi tujuan wisata para wisatawan dunia.

Indonesia Tak Masuk Hitungan

Sayangnya, Indonesia tidak masuk ke deretan 10 negara paling makmur. Bahkan Amerika Serikat (AS) saja hanya mampu menduduki peringkat ke-17, meskipun AS memiliki lingkungan bisnis yang sangat baik. Wah, sayang sekali, ya?

Mulai cari tambahan pendapatan dengan usaha sampingan untuk memakmurkan kondisi keuanganmu. Enggak usah ribet, KTA cicilan ringan bisa kamu ajukan di CekAja.com untuk modal usaha. Yuk, ajukan!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah