Ini 8 Negara yang Tidak Memiliki Pantai, Indonesia Patut Bangga, Punya Banyak Pantai!

Tidak seperti Indonesia yang memiliki ribuan pantai, beberapa negara yang tidak memiliki pantai dan laut berikut ini, bahkan harus membuat pantai buatan sendiri!

Ini 8 Negara yang Tidak Memiliki Pantai, Indonesia Patut Bangga, Punya Banyak Pantai!

Pantas saja Indonesia selalu disebut sebagai negara kepulauan, yang memiliki wilayah perairan luas dan besar.

Di sini, kita patut bersyukur, karena beberapa negara di luar sana, justru dikepung oleh daratan negara lain, sehingga tidak memiliki garis pantai menuju laut.

Sehingga, mereka juga tidak memiliki wisata pantai negara sendiri, dan tidak memiliki mata pencaharian, yang bisa didapatkan di pantai maupun laut.

Namun, perlu kamu tahu juga, bahwa ada istilah-istilah bagi negara-negara tersebut, karena terkurung oleh daratan negara lain.

(Baca Juga: Khusus Warga Lokal! Ini Rekomendasi Pantai Buat Berjemur)

Negara yang Terkurung Daratan Negara Lain – Landlock

Negara tersebut bisa terkurung oleh satu daratan (satu negara), bisa juga terkurung oleh beberapa daratan (beberapa negara).

San Marino adalah salah satu contoh landlock. Negara ini hanya terkurung oleh satu negara, yakni Italia.

Negara yang Terkurung oleh Negara Landock – Double Landlock

negara ini dikurung oleh negara lain yang tidak punya laut. Contohnya adalah Liechtenstein di Eropa Tengah.

Liechtenstein dikurung oleh Austria dan Swiss. Austria dan Swiss termasuk negara yang tidak punya laut.

Selain itu, beberapa negara yang tidak memiliki laut ini juga, ternyata tetap punya Angkatan Laut untuk melindungi negara mereka.

Nah, kira-kira negara mana saja sih, yang tidak memiliki pantai dan laut? Yuk, intip informasi selengkapnya berikut ini, karena salah satunya ada di Asia Tenggara!

Negara yang Tidak Memiliki Pantai

1. Republik Ceko

Negara yang Tidak Memiliki Pantai - Republik Ceko

Negara yang tidak memiliki pantai, yang pertama adalah Republik Ceko. Mempunyai luas wilayah mencapai 78.867 km persegi, Republik Ceko merupakan negara yang berbatasan dan dikelilingi oleh negara Jerman, Polandia, Slovakia, dan Austria.

Bahkan Republik Ceko sampai harus membuat pantai buatan, yang tercipta dari danau dan sungai, seperti Lhota, Zlute Lazne, serta Hostivařská Přehrada.

2. Afghanistan

Negara yang Tidak Memiliki Pantai - Afghanistan

Afghanistan menjadi negara berikutnya yang tidak memiliki pantai. Namun, meski Afganistan tidak memiliki pantai, kamu tetap bisa loh mengunjungi beberapa tempat wisata ini.

Misalnya seperti taman nasional Afganistan, yang bisa jadi alternatif wisata untuk melihat laut dari ketinggian, seperti Band-e Amir dan Puncak Noshaq.

Afghanistan sendiri merupakan negara, yang terletak di daerah Timur Tengah. Maka tak heran jika ia dikelilingi oleh Iran, Turkmenistan, Uzbekistan, Tajikistan, Tiongkok, dan Pakistan.

3. Austria

Negara yang Tidak Memiliki Pantai - Austria

Negara yang tidak memiliki pantai selanjutnya adalah Austria. Adapun negara ini tetap memiliki wisata air, seperti danau sebagai pengganti pantai.

Danau yang bisa dikunjungi sebagai wisata air, diantaranya adalah Danau Wolfgang, Achen, dan Traunsee, yang menawarkan pemandangan luar biasa indah!

Mengapa Austria tidak memiliki pantai? Hal tersebut, dikarenakan negara di Eropa Tengah, yang ini dikelilingi oleh Jerman, Republik Ceko, Slovakia, Hungaria, Slovenia, Italia, Liechtenstein, dan Swiss.

4. Burkina Faso

Negara yang Tidak Memiliki Pantai - Burkina Faso

Negara yang tidak memiliki pantai berikutnya adalah Burkina Faso. Negara ini terletak di Afrika Barat yang terkurung daratan (landlock).

Sebelum menjadi Burkina Faso, nama lama negara ini adalah Volta Hulu, yang diambil dari nama tiga sungai yang mengalirinya: Mouhoun (dulu disebut Volta Hitam), Nakambé (Volta Putih) dan Nazinon (Volta Merah).

Mouhoun, bersama dengan Comoé yang mengalir ke barat daya, adalah satu-satunya sungai yang mengalir sepanjang tahun.

Burkina Faso sendiri dikelilingi oleh Mali, Niger, Benin, Togo, Ghana, dan Ivory Coast.

5. Kazakhstan

Negara yang Tidak Memiliki Pantai - Kazakhstan

Tahukah kamu, selain menjadi negara yang tidak memiliki pantai, Kazakhstan juga merupakan negara yang berada di perbatasan Benua Asia dan Benua Eropa, yang masuk ke dalam negara tanpa laut terbesar di dunia.

Pasalnya, Kazakhstan memiliki total luas daratan mencapai 2.724.900 km persegi. Adapun Kazakhstan juga merupakan negara besar, yang benar-benar tidak memiliki laut dan tertutup oleh daratan negara lain.

Uniknya lagi, negara ini juga dinobatkan sebagai Negara Terbesar ke-9 yang ada di dunia.

Nah, untuk warganya yang ingin melihat laut, mereka harus menyeberangi 1 negara lain atau 2 negara ke sisi lainnya.

Negara yang ada di wilayah Eropa Timur dan Asia tengah ini dikelilingi oleh Tiongkok, Kyrgyzstan, Rusia, Turkmenistan, dan Uzbekistan.

6. Laos

Negara yang Tidak Memiliki Pantai - Laos

Laos menjadi satu-satunya negara yang tidak memiliki pantai di kawasan Asia Tenggara. Sehingga, masyarakat Laos hanya bisa menikmati wisata air berupa air terjun.

Wisata air terjun yang terkenal di Laos, adalah Air Terjun Kuang Si, Gunung Phousi, dan Kuil-kuil Budha.

Laos, merupakan negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Adapun negara ini dikelilingi dan kepung oleh negara-negara yang memiliki pantai seperti Myanmar, Tiongkok, Vietnam, Kamboja, dan Thailand.

7. Macedonia

Negara yang Tidak Memiliki Pantai - Macedonia

Macedonia atau Republik Makedonia Utara, merupakan negara yang terletak di Semenanjung Balkan, Eropa Selatan. Negara ini, juga termasuk negara yang tidak memiliki pantai.

Negara ini dikelilingi oleh Kosovo, Serbia, Bulgaria, Albania, dan Yunani. Republik Makedonia Utara mencakup 35,8% wilayah dan 40,9% populasi wilayah Makedonia.

Ibu kota dari Macedonia adalah Skopje, yang dihuni 506.926 jiwa penduduk pada tahun 2004.

Negara ini juga memiliki beberapa kota yang lebih kecil, seperti Bitola, Kumanovo, Prilep, Tetovo, Ohrid, Veles, Štip, Kočani, Gostivar, dan Strumica.

Untuk wisata air yang bisa dijadikan alternatif selain pantai, Makedonia Utara memiliki lebih daripada 50 danau alami dan waduk, dan juga memiliki enam belas gunung yang memiliki tinggi lebih dari 2.000 meter dari permukaan laut.

8. Paraguay

Negara yang Tidak Memiliki Pantai - Paraguay

Negara yang memiliki luas wilayah 406.752 km persegi ini, juga masuk ke dalam negara yang tidak memiliki pantai.

Negara yang ada di Amerika Selatan ini dikeilingi oleh Argentina, Brazil, dan Bolivia. Uniknya, meski negara ini tidak memiliki pantai dan laut, namun mereka tetap memiliki pasukan Angkatan Laut loh.

Dilansir dari Kompas.com, Pasukan angkatan laut Paraguay, pertama kali dibentuk di bawah Francia yang memelihara armada sebelas kapal.

Lalu, di bawah Presiden Lespezes, angkatan laut ini diperluas mencakup batalion laut dan artileri angkatan laut.

Pangkalan utama angkatan ini terletak di ibu kota, Puerto Sanjon, termasuk sebuah galangan kapal dan gudang senjata angkatan laut.

(Baca Juga: Negara dengan Pulau Terbanyak di Dunia)

Nah, itu dia beberapa negara yang tidak memiliki pantai. Adapun, selain delapan negara tersebut, masih ada 41 negara yang tidak memiliki lainnya.

Hal tersebut tentu menjadi hal yang bisa negatif dan juga positif bagi warga dan negaranya.

Kamu sendiri, bagaimana jika tidak bisa berlibur ke pantai? Berarti, harus liburan di pantai negara lain, alias harus pergi ke luar negeri dulu.

Namun, tidak ada salahnya kok menikmati keindahan alam, termasuk pantai milik negara lain.

Contohnya saja seperti Bali, karena banyak wisatawan lokal hingga mancanegara yang rela terbang, hanya untuk menikmati pantai Kuta dan pantai indah lainnya, yang ada di Bali.

Yuk, Kunjungi Pantai-pantai Indah di Indonesia!

Terlebih, Indonesia memang bisa disebut sebagai surganya pantai. Bicara soal pantai, wisata air ini, bisa dijadikan salah satu destinasi wisata, untuk long weekend minggu depan nih!

Karena, long weekend, lebih baik kamu persiapkan semua hal seperti booking pesawat, hotel, dan lainnya, agar liburanmu lebih tenang dan nyaman.

Agar lebih mudah dalam urusan booking tiket, pastikan kamu menggunakan kartu kredit! Dengan kartu kredit, kamu juga bisa mendapatkan berbagai promo menarik loh.

Misalnya diskon, cashback, hingga rewards. Asik banget bukan? Yuk, yang belum punya kartu kredit, bisa segera ajukan melalui CekAja.com secara online!