10 Obat Alami Sakit Telinga yang Wajib Dicoba, Apa Saja?

Buat kamu yang sering mengalami sakit telinga, selain menggunakan obat medis, kamu juga bisa loh menggunakan obat alami sakit telinga. Yang mana, obat alami sakit telinga ini bisa dibuat sendiri di rumah dengan cara yang mudah.

Advertisement

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat obat alami sakit telinga pun, bisa kamu temukan di rumah.

Kalaupun harus membelinya, beberapa bahan alami tersebut dibanderol dengan harga yang terjangkau, sehingga tidak akan menguras kantong.

Jika kamu penasaran, apa saja obat alami sakit telinga yang bisa digunakan, pada kesempatan kali ini, CekAja.com akan memberikan beberapa daftarnya yang akan diulas secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Penyebab Telinga Terasa Sakit

Sebelum membahas lebih jauh tentang obat alami sakit telinga, ada baiknya kamu ketahui terlebih dahulu penyebab timbulnya rasa sakit pada telinga.

Karena, ada beberapa hal yang dapat membuat telinga menjadi terasa sakit, di antaranya yaitu iritasi, infeksi dan cedera.

Namun, selain itu sakit telinga juga bisa disebabkan oleh infeksi sinus. Di mana, hal itu dapat mengakibatkan cairan telinga terperangkap di bagian belakang telinga.

Sakit telinga pada dasarnya bisa terjadi di kedua bagian telinga. Hanya saja, sakit tersebut umumnya menyerang salah satu bagian telinga, baik itu bagian kiri atau kanan.

Rasa sakit telinga sendiri, bisa terasa terus-menerus maupun hilang timbul. Menariknya, intensitas sakitnya pun bervariasi, ada yang ringan, tajam, hingga terasa perih atau panas.

Maka dari itu, untuk mencegah dan mengatasi sakit telinga, langkah pertama yang sebaiknya dilakukan adalah menggunakan obat alami sakit telinga.

Tetapi, apabila hal itu tidak berlangsung baik, maka kamu perlu menggunakan obat-obatan medis, bahkan melakukan konsultasi terlebih dahulu ke dokter terkait, agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Apalagi, jika sakit telinga sudah disertai dengan demam dan kehilangan pendengaran. Maka hal itu harus segera ditangani oleh profesional, yaitu dokter THT.

(Baca Juga: Cara Atasi Sakit Telinga saat Naik Pesawat)

Obat Alami Sakit Telinga

Setelah di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui beberapa faktor penyebab sakit telinga, maka kali ini kamu akan mengetahui apa saja obat alami sakit telinga yang bisa digunakan.

Dari sekian banyak obat alami sakit telinga yang ada, di bawah ini CekAja.com telah merangkum 10 di antaranya yang dikenal ampuh dan efektif mengatasi sakit telinga.

Adapun 10 obat alami sakit telinga tersebut, akan diulas secara lengkap informasinya khusus untuk kamu sebagai berikut.

1. Kompres dengan air hangat

Obat alami sakit telinga pertama yang bisa kamu coba, yaitu kompres dengan air hangat.

Dalam hal ini, kompresan air hangat dikenal mampu meringankan sakit telinga yang sangat hebat, dalam waktu singkat.

Cara yang perlu kamu lakukan sangat mudah, cukup dengan memasukkan air hangat ke dalam botol plastik, lalu letakkan botol tersebut ke atas telinga yang sakit selama 10 menit.

Kamu bisa melakukan hal tersebut secara rutin, sampai rasa sakit di telinga benar-benar hilang dan sembuh.

2. Kompres dengan air dingin

Selain menggunakan air hangat, kamu juga bisa loh kompres telinga yang sakit dengan air dingin.

Karena nyatanya, kompres telinga menggunakan air dingin, merupakan salah satu obat alami sakit telinga yang efektif.

Caranya, cukup mencelupkan handuk ke dalam air dingin, lalu peras handuk tersebut sampai kering, dan letakkan di atas telinga yang sakit.

Selain menggunakan cara itu, kamu juga bisa membungkus beberapa bongkah es batu dengan handuk, lalu tempel di area bawah telinga selama kurang lebih 20 menit.

Apabila semua cara tersebut dilakukan secara rutin, maka sakit telinga akan lebih cepat mereda, kemudian hilang dan sembuh seperti semula.

3. Menggunakan jahe

Obat alami sakit telinga berikutnya yang bisa gunakan, yaitu jahe. Salah satu bumbu dapur ini, diketahui mampu meredakan rasa sakit dan nyeri pada telinga.

Hal tersebut karena, jahe memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi, yang mampu menghancurkan bakteri serta kuman pemicu sakit telinga, yang bersarang di dalam telinga.

Maka dari itu, jahe kerap kali dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi sakit telinga. Cara yang perlu dilakukan pun sangat mudah, cukup dengan satu jari jahe yang diparut halus, lalu mencampurkannya dengan dua sendok makan minyak zaitun.

Setelah kedua bahan tersebut tercampur rata, kamu bisa langsung meneteskan sarinya pada telinga yang sakit.

Sisa dari bahan tersebut, bisa kamu gunakan untuk dioles di sekitar permukaan telinga yang sakit.

4. Menggunakan minyak zaitun

Selain menggunakan tiga bahan di atas, ternyata kamu juga bisa memanfaatkan minyak zaitun sebagai obat alami sakit telinga.

Pasalnya, minyak zaitun diketahui mampu meredakan sakit telinga dengan efektif. Hal itu bisa terjadi, tentunya karena minyak zaitun mengandung banyak manfaat.

American Academy of Pediatrics pun mengatakan, kalau menaruh beberapa tetes minyak zaitun hangat di telinga yang sakit, dapat mengurangi rasa sakit yang ada akibat luka atau infeksi, karena memiliki efek antiinflamasi.

5. Menggunakan minyak tea tree

Jenis minyak lainnya, yang juga bisa dimanfaatkan sebagai obat alami sakit telinga, yaitu minyak tea tree.

Seperti yang diketahui, minyak tea tree memiliki kemampuan dalam merelaksasi tubuh. Hal itu karena, minyak ini dikemas dengan sifat antibakteri, antiseptik, antijamur dan antiinflamasi yang kuat.

Namun selain mampu merelaksasi tubuh, minyak ini juga mampu meredakan sakit telinga. Bagaimana caranya?

Tentu sangat mudah, karena kamu hanya perlu mencampurkan dua tetes minyak tea tree dengan empat tetes minyak zaitun, lalu aduk hingga rata.

Jika sudah, kamu bisa langsung meneteskan campuran bahan tersebut ke dalam telinga yang sakit, secara rutin hingga sembuh.

6. Menggunakan bawang putih

Siapa sangka, kalau ternyata bawang putih juga efektif untuk dipakai sebagai obat alami sakit telinga.

Memiliki sifat analgesik atau antibiotik alami, bawang putih baik digunakan untuk meredakan sakit telinga.

Cara mengolah bawang putih sebagai obat alami sakit telinga, yaitu dengan menghancurkan beberapa siung bawang putih, lalu mengoleskannya ke permukaan telinga yang sakit.

Setelah itu, diamkan sejenak sekitar 5 – 10 menit, lalu bersihkan telinga hingga bersih dengan kain dan air mengalir.

7. Menggunakan bawang bombay

Tak hanya bawang putih, bawang bombay pun cocok dimanfaatkan sebagai obat alami sakit telinga.

Tingginya senyawa flavonoid dan alkenyl sistein sulfoksida yang terkandung dalam bawang bombay, ternyata mampu membunuh bakteri dan kuman pemicu sakit telinga, yang bersarang di dalam telinga.

Namun untuk bisa menggunakan bawang bombay sebagai obat sakit telinga, kamu perlu menghaluskan seperempat bawang bombay terlebih dahulu.

Kemudian, panaskan ekstraknya dengan api kecil. Jika sudah, diamkan sejenak hingga suhu bawang bombay berubah menjadi hangat kuku, lalu teteskan ke bagian telinga yang sakit.

8. Melakukan pemijatan

Ini sebenarnya bukan obat alami yang terbuat dari suatu bahan, namun cara ini dinilai ampuh mengurangi rasa sakit pada telinga.

Dengan melakukan pemijatan di bagian yang tepat, maka rasa sakit yang terjadi dapat diatasi dengan baik.

Sebagai contoh, kamu merasakan sakit telinga di bagian belakang, maka bagian tubuh yang perlu kamu pijat untuk mengurangi rasa sakit telinga, yaitu bagian otot rahang dan leher.

Pertama, kamu bisa memulainya dari memijat bagian belakang telinga, kemudian arahkan ke bawah leher, dengan gerakan dari atas ke bawah.

Setelah itu, kamu bisa berpindah ke bagian depan telinga, dan pijat perlahan dengan gerakan yang sama, yaitu dari atas ke bawah.

Pijatan yang dilakukan di bagian depan telinga, ditujukan untuk mengalirkan cairan berlebih dari telinga, yang menjadi penyebab timbulnya rasa sakit telinga hebat.

9. Melakukan peregangan leher

Salah satu penyebab timbulnya sakit telinga, yaitu adanya tekanan di lubang atau saluran telinga. Hal itu tentu membuat telinga dan pendengaran menjadi tidak nyaman.

Oleh karena itu, untuk mengatasinya kamu bisa melakukan peregangan leher. Caranya, yaitu duduk tegak dengan kedua kaki menyentuh tanah, kemudian putar leher secara perlahan dari kanan ke kiri dan sebaliknya.

Setelah itu, angkat bahu tinggi-tinggi seperti kamu akan menutup telinga dengan bahu. Lakukan cara ini secara rutin setiap bangun tidur dan ketika telinga sakit, agar sakit telinga cepat sembuh dan balik seperti semula.

10. Mengatur posisi tidur

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit telinga, yaitu mengatur posisi tidur.

Mungkin di antara kamu ada yang beranggapan, “memang bisa posisi tidur menimbulkan sakit telinga?” jawabannya tentu bisa.

Untuk itu, mengatur posisi saat tidur sangat penting. Kamu bisa meletakkan kepala di atas dua bantal yang ditumpuk ketika telinga sedang sakit, agar posisi telinga lebih tinggi dari bagian tubuh lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa tidur dengan posisi miring. Misalnya telinga kamu yang sakit adalah telinga sebelah kiri, maka kamu bisa tidur dengan posisi miring ke kanan.

Hal ini bisa dipakai dan dijadikan sebagai posisi terbaik, karena akan mengurangi tekanan yang terjadi pada telinga.

(Baca Juga: Penyebab Gendang Telinga Pecah)

Itulah beberapa obat alami sakit telinga, yang sudah kamu ketahui ulasannya secara lengkap di pembahasan sebelumnya.

Semua obat sakit telinga itu bisa kamu buat sendiri di rumah, karena sangat mudah dan tidak membutuhkan bahan yang rumit.

Tetapi apabila penggunaan obat alami tidak mampu mengobati sakit telinga dengan baik, maka kamu harus mengkonsultasikannya ke dokter.

Karena bisa saja, sakit telinga yang kamu alami kondisinya sudah cukup parah, dan harus mendapatkan pengobatan khusus.

Mungkin biaya yang dibutuhkan untuk konsultasi ke dokter dan mendapat pengobatan khusus cukup besar, namun itu bukan suatu kendala apabila kamu memiliki asuransi kesehatan.

Sebab, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kamu sakit.

Sehingga, nantinya kamu tidak perlu lagi pusing memikirkan besarnya biaya pengobatan yang harus dibayarkan, karena sudah ditanggung oleh asuransi kesehatan.

Maka dari itu, buat kamu yang hingga saat ini belum memiliki asuransi kesehatan, bisa segera mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk asuransi kesehatan dari perusahaan ternama dan terpercaya, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan asuransi kesehatan terbaikmu sekarang juga!

Advertisement