Penyebab Gendang Telinga Pecah dan Cara Mengatasinya

4 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Menjadi salah satu panca indera yang paling penting, telinga juga butuh dirawat dan dijaga kesehatannya, begitu pun ketika kamu mengalami masalah gendang telinga pecah. Adapun, penyebab gendang telinga pecah dan cara mengatasinya, berikut ini wajib kamu ketahui.

Apa Itu Gendang Telinga?

Buat kamu yang masih ingat pelajaran biologi di bangku sekolah, pasti tahu tentang struktur telinga.

Adapun, telinga memiliki beberapa struktur, mulai dari daun telinga, saluran telinga, tulang telinga, hingga gendang telinga.

Nah, jika salah satu struktur tersebut bermasalah, maka pendengaran mu juga ikut akan bermasalah, bahkan mungkin kamu tidak bisa mendengar suara.

Gendang telinga atau biasa disebut dengan membrana timpani, merupakan lapisan jaringan ikat, yang memiliki tekstur sangat tipis.

Gendang telinga ini, juga berguna sebagai pembatas antara telinga bagian tengah, dengan telinga bagian luar.

(Baca Juga: 7 Cara Atasi Telinga Sakit saat Naik Pesawat Alias Barotrauma yang Efektif)

Adapun fungsi gendang telinga bagi pendengaran adalah menangkap gelombang suara, serta menghantarkannya ke telinga bagian tengah, dan dalam.

Gendang telinga juga menjadi salah satu struktur penting, agar seseorang bisa mendengar suara dengan baik.

Fungsi lain dari gendang telinga yang takal penting, adalah untuk mencegah adanya infeksi, yang disebabkan bakteri, cairan, atau benda asing masuk.

Pasalnya, ada banyak kasus yang terjadi gendang telinga pecah atau robek, dan infeksi akibat membersihkan telinga terlalu dalam.

Meskipun kamu merasa sudah melakukannya dengan hati dan lembut, tapi gendang telinga sangatlah tipis, jadi memang sangat rentang mengalami kerusakan.

Penyebab Gendang Telinga Pecah

Beberapa hal ini, bisa menjadi salah satu penyebab gendang telinga pecah:

1. Infeksi

Penyebab gendang telinga pecah yang paling umum terjadi adalah karena adanya infeksi telinga.

Hal ini biasanya, terjadi pada anak-anak. Adapun gendang telinga pecah bisa terjadi, karena infeksi di telinga bagian tengah membuat cairan menumpuk, di belakang gendang telinga.

Nah, dari situ bisa menyebabkan tekanan di dalam telinga tengah, akan meningkat dan mendorong gendang telinga, ke arah luar. Nah, tekanan tersebutlah, yang membuat gendang telinga menjadi robekan.

2. Cedera

Penyebab gendang telinga pecah yang berikutnya adalah, bisa terjadi karena cedera, seperti kepala terbentur keras, keretakan tulang tengkorak, membersihkan telinga terlalu dalam dengan benda asing, atau karena benda kecil atau serangga, masuk ke dalam telinga.

3. Perubahan Tekanan

Penyebab gendang telinga pecah, yang juga sering dialami adalah karena perubahan tekanan. Adapun hal ini bisa terjadi, umumnya disebabkan ketika tekanan udara di telinga bagian tengah, dan lingkungan tidak seimbang.

Karena tekanan udara yang tidak seimbang, maka bisa membuat gendang telinga tertekan dan tidak kuat menahan tekanan, lalu robek atau pecah.

Nah, kondisi Ini juga biasa disebut sebagai barotrauma. Barotrauma bisa terjadi ketika seseorang menyelam di kedalaman yang tidak normal, mengemudi di dataran tinggi, melaju ke atas dengan kecepatan tinggi (seperti naik lift atau wahana), atau naik pesawat terbang.

4. Trauma Akustik

Buat kamu yang sering menggunakan musik keras-keras, hati-hati karena hal tersebut juga masuk sebagai salah satu penyebab gendang telinga pecah.

Tidak hanya dari mendengarkan musik keras lewat pengeras suara atau headphone, gendang telinga pecah juga bisa terjadi, karena suara keras dari (ledakan atau tembakan).

Cara Atasi Gendang Telinga Pecah

Karena sangat berbahaya, sebisa mungkin kamu harus segera menindak, jika mengalami gendang telinga pecah. Meskipun, gendang telinga pecah bisa sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan, namun waktunya lama.

Tapi, itu semua tergantung dari kondisi kerusakan gendang telinga itu sendiri. Biasanya, jika tidak terjadi perbaikan, maka dokter akan memberikan obat saja.

Lantas, bagaimana untuk penanganan lainnya? Intip cara atasi gendang telinga pecah berikut ini.

  • Antibiotik

Jika kondisi gendang telinga pecah masih bisa diobati dengan obat, maka dokter akan memberikan obat berupa antibiotik.

Umumnya, antibiotik yang digunakan adalah berupa pil (obat yang diminum) atau obat tetes telinga.

Adapun obat tetes telinga, bisa berfungsi untuk membersihkan infeksi, serta bisa melindungi telinga, dari infeksi baru.

Obat antibiotik, biasanya diberikan untuk pasien yang mengalami pecah gendang telinga, akibat infeksi.

  • Penambalan Gendang Telinga

Cara atasi gendang telinga pecah yang berikutnya, adalah dengan melakukan penambalan gendang telinga.

Hal ini akan dilakukan, jika gendang telinga yang pecah, tidak bisa tertutup dengan sendirinya.

Maka dari itu, pasien disarankan untuk datang ke dokter spesialis THT, yang bisa melakukan penambalan gendang telinga.

Bagaimana caranya? Apakah diberikan lapisan yang mirip gendang telinga? Bukan, jadi caranya adalah dengan mengoleskan bahan kimia di tepi robekan, untuk merangsang pertumbuhan selaput baru.

Selaput gendang yang tumbuh, akan digunakan untuk menambal selaput yang robek. Tidak hanya sekali, prosedur ini mungkin perlu diulang beberapa kali, hingga lubang atau robekan, tertutup dengan sempurna.

  • Operasi

Bagaimana jika penambalan, tidak bisa dilakukan? Maka cara atasi gendang telinga pecah yang terakhir adalah, dengan melakukan operasi.

Operasi yang dilakukan adalah operasi timpanoplasti. Bagaimana caranya?

Berbeda dari proses penambalan, operasi ini dilakukan oleh dokter spesialis THT, yang akan mencangkok sedikit kulit, dari tubuh pasien guna menutup lubang di gendang telinga.

(Baca Juga: 7 Bahaya Menggunakan Earphone Terlalu Sering Bagi Kesehatan Telinga)

Prosesnya bisa dibilang sebentar, karena setelah melakukan prosedur bedah dan selesai, pasien sudah diizinkan pulang ke rumah di hari yang sama.

Namun, jika kondisinya masih belum memungkinkan untuk pulang, maka pasien dianjurkan untuk menjalani rawat inap.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Proses Penyembuhan

Selama proses penyembuhan, kamu juga harus memperhatikan beberapa hal, agar proses penyembuhan bisa berlangsung cepat.

  • Menjaganya Agar Tetap Kering
  • Tidak Berenang
  • Tidak Membersihkan Telinga dengan benda Apapun
  • Tidak Menghembuskan Napas dengan Cara Menutup Mulut dan Hidung

Nah, itu dia beberapa informasi penting yang wajib kalian tahu, tentang penyebab gendang telinga pecah dan cara mengatasinya.

Jadi, setelah mengetahui informasi di atas, sebaiknya hati-hati dalam merawat telinga dan berkegiatan, yang bisa merusak fungsi telinga ya.

Namun, jika ada suatu hal terjadi di telingamu, meski bukan karena gendang telinga pecah, ada baiknya segera pergi ke dokter.

Agar proses pengobatan lancar tanpa hambatan, yuk pakai asuransi kesehatan, karena dengan asuransi kesehatan, kamu bisa kunjungi berbagai fasilitas kesehatan terbaik.

Selain itu, asuransi kesehatan juga bisa digunakan sebagai proteksi, untuk meminimalisir risiko kerugian finansial.

Adapun produk asuransi kesehatan terbaik, bisa kamu cek, bandingkan, dan ajukan melalui situs CekAja.com.

Di CekAja.com ada banyak produk asuransi kesehatan, dari berbagai perusahaan asuransi kesehatan ternama di Indonesia.

Yuk, tunggu apa lagi? Segera ajukan asuransi kesehatan terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com.