10 Film Bertema Dunia Kedokteran Terbaik Wajib Tonton

6 min. membaca Oleh Vera Khairifah on

Film bertema dunia kedokteran terbaik sering dipilih karena selalu seru. Selain itu, pengetahuanmu tentang dunia kesehatan juga pasti bertambah setelah menontonnya. Ini dia rekomendasi film terbaik untukmu.

Beberapa film series bertema dunia kedokteran mungkin sudah sering kamu nonton. Karya seni ini memiliki ide cerita yang beragam.

Mulai dari kaitan dunia kedokteran dengan cerita cinta, kaitan dengan konflik keluarga atau warisan, hingga kasus pengobatan penyakit tertentu.

Tapi, bagaimana dengan versi film? Ternyata, film bertema dunia kedokteran terbaik juga tak kalah seru.

Secara umum, film bertema dunia kedokteran dibagi menjadi beberapa jenis. Yakni film pendek, film panjang fiksi, dan film non-fiksi alias film dokumenter.

Memuat ide cerita yang nyata maupun tidak, film dengan tema ini selalu menarik untuk ditonton.

Sebab, penyampaian konflik dengan kaitan dunia kedokteran dan kesehatan memuat pengetahuan baru untuk penontonnya.

Jadi, kamu enggak hanya terhibur dengan ceritanya saja, tetapi juga mendapatkan edukasi dan pengetahuan baru setelah menonton film ini.

film bertema dunia kedokteran terbaik membuktikan kualitasnya dengan raihan berbagai penghargaan di ajang bergengsi. Review bagus juga diterima dari banyak kritikus film, maupun penonton umum.

Makanya, jangan ragu deh untuk menonton film bertema kedokteran.

(Baca Juga: 6 Film tentang Pahlawan Indonesia untuk Peringati Hari Pahlawan Nasional)

Rekomendasi Film Bertema Dunia Kedokteran Terbaik

Enggak usah bingung memilih film bertema dunia kedokteran terbaik, kami akan memberikan rekomendasinya untukmu.

Ini dia daftar film bertema dunia kedokteran terbaik yang recommended banget.

1. One Flew Over The Cuckoo’s Nest (1975)

Film bertema dunia kedokteran terbaik yang pertama adalah One Flew Over The Cuckoo’s Nest karya sutradara Milos Forman.

Cerita dari film ini dimulai ketika seorang kriminal bernama Randle McMurphy (diperankan oleh Jack Nicholson) yang berpura-pura menjadi gila demi terhindar dari hukuman penjara.

Randle pun dibawa ke sebuah rumah sakit jiwa untuk mendapat perawatan. Di sana, Randle yang merupakan tersangka kasus pemerkosaan malah bersimpati dengan para pasien di rumah sakit jiwa itu.

Sebab, ada banyak hak-hak pasien yang tidak dicukupi oleh pihak rumah sakit. Randle kemudian membuat pemberontakan guna menuntut hak para pasien di sana.

Film yang diangkat dari novel ini meraih banyak penghargaan di ajang Academy Award, Golden Globe, BAFTA Award, dan lain-lain.

2. Awakenings (1990)

Aktor legendaris sekelas Robin Williams juga pernah lho beradu peran di film bertema dunia kedokteran terbaik.

Awakenings menceritakan seorang dokter psikiater bernama Malcom Sayer yang bekerja di sebuah rumah sakit jiwa.

Suatu ketika, ditemukan penyakit aneh baru yang menuntut Sayer untuk melakukan penelitian lebih lanjut.

Sayer kemudian menjadikan salah satu pasien sebagai objek penelitiannya. Pada saat percobaan itu dilakukan, ikatan antara dokter dan pasien benar-benar terjalin dengan cerita yang apik.

3. The Doctor (1991)

Sudah seharusnya setiap dokter menjalin hubungan baik dengan pasien, demi proses pemulihan yang lebih baik.

Namun, hal ini tidak diterapkan oleh dr. Jack (diperankan oleh William Hurt) dalam film bertema dunia kedokteran terbaik berjudul The Doctor.

Dia adalah seorang dokter spesialis bedah yang sukses, tetapi memiliki pribadi yang cuek terhadap keluarga dan pasien-pasiennya.

Sampai akhirnya, dr. Jack divonis mengidap kanker tenggorokan. Peristiwa ini kemudian menjadi momen penting, dimana dr. Jack mau berempati dan melihat kehidupan dari sudut pandang pasien.

4. Patch Adams (1998)

Film bertema dunia kedokteran terbaik selanjutnya adalah Patch Adams yang diperankan lagi oleh Robin Williams, sebagai tokoh utama yakni dr Patch Adams.

Cerita film ini menarik karena mengangkat kisah percobaan yang dilakukan seorang dr Patch Adam yang meyakini bahwa kebahagiaan dan tertawa adalah obat terbaik untuk penyembuhan penyakit apapun.

Dia pun mencoba menambah terapi penyembuhan pasien dengan menggunakan lawakan yang mengundang tawa.

Dr Patch juga berusaha membangun koneksi yang baik dengan para pasiennya, dengan menjadi karakter lucu dengan memakai hidung badut.

Film ini mengundang rasa haru dan menonjolkan nilai etos kerja serta dedikasi yang tinggi sebagai seorang dokter.

5. A Beautiful Mind (2001)

Film bertema dunia kedokteran terbaik ini meraih penghargaan di ajang Academy Award untuk kategori Best Picture, sehingga kualitasnya sudah tak perlu diragukan lagi.

A Beautiful Mind menceritakan tokoh bernama John Nash yang merupakan seorang peraih Nobel di bidang ekonomi yang jenius, namun ternyata dia mengidap skizofrenia.

Gambaran jelas tentang penyakit kejiwaan ini dijamin membuatmu takjub. Sutradara Ron Howard, dan aktor Russell Crowe dkk berhasil membuat film ini menjadi sangat bagus.

(Baca Juga: 7 Merek Home Theater Terbaik, Nonton Film Dijamin jadi Lebih Seru!)

6. Wit (2001)

Buat kamu yang ingin menonton film bertema dunia kedokteran terbaik dengan genre drama, Wit adalah pilihan yang tepat.

Film ini mengisahkan seorang professor sastra bernama Vivian yang divonis menderita kanker ovarium stadium lanjut.

Vivian pun harus menjalani rangkaian pengobatan, termasuk kemoterapi bersama dokter yang menanganinya.

Di tengah harapan antara hidup dan mati, Vivian kemudian merefleksikan lagi kehidupan pribadi dan pekerjaannya di masa lalu.

7. Something The Lord Made (2004)

Tak hanya film komersil yang dipasarkan di bioskop, film TV juga ada yang masuk ke daftar film bertema dunia kedokteran terbaik.

Something The Lord Mad adalah film yang diperankan oleh Alan Rickman dan Mos Def, yang bercerita tentang dinamika dunia kedokteran dengan isu rasis orang berkulit hitam.

Film ini memiliki nilai moral yang bagus sekaligus menyentuh. Kita diajarkan bahwa dalam dunia kedokteran, sistem kerjasama untuk menangani pasien adalah hal terpenting dari pekerjaan sebagai seorang dokter atau pekerja medis lainnya.

8. The English Surgeon (2007)

The English Surgeon merupakan film dokumenter yang bercerita tentang seorang ahli bedah saraf asal Inggris bernama Henry yang harus bertugas ke Ukraina.

Di sana, Henry harus beradaptasi dan bekerja dengan dokter serta pasien lokal setempat.

Konflik muncul ketika terjadi dilema yang dialami Henry. Dedikasinya yang tinggi untuk memberikan perawatan medis terbaik harus diuji dengan keterbatasan jumlah tenaga medis dan obat-obatan.

Henry kemudian menyadari seberapa besar tanggungjawab seorang dokter kepada para pasiennya.

9. Gifted Hands (2009)

Masih bercerita tentang dokter bedah saraf, Gifted Hands mengisahkan berbagai penanganan pasien dengan penyakit yang dirasa tak mungkin diatasi.

Karena merupakan film auto-biografi, maka karakter utama dalam film ini sesuai dengan tokoh di kehidupan nyata, yakni bernama dr Ben Carson (diperankan oleh Cuba Gooding Jr).

Cerita perjuangan dr Ben untuk menjadi ahli bedah saraf dikemas dengan bagus, serta menyelipkan momen hal yang memotivasi serta penanganan pasien pada kasus tersulit.

Misalnya saja pada operasi pemisahan bayi kembar siam dempet kepala pertama di dunia yang berhasil dilakukan oleh dr Ben.

10. Side Effects (2013)

Film bertema dunia kedokteran terbaik yang terakhir adalah Side Effects. Sebelum menonton film bergenre thriller psikologi ini, kamu harus menyiapkan kondisi mentalmu terlebih dulu deh.

Sebab, Side Effects mengangkat isu kesehatan mental yang dikaitkan dengan efek penggunaan obat anti-depresan.

Diceritakan seorang gadis yang mengidap gangguan mental berkonsultasi dengan dokter ahli. Dirinya pun diberikan obat jenis baru, yang ternyata memiliki efek samping yang tidak biasa.

Yang menarik dari film ini adalah gambaran soal segala pikiran dan perasaan seseorang yang mengalami gangguan mental ditampilkan secara nyata.

Itulah daftar film bertema dunia kedokteran terbaik yang direkomendasikan untukmu. Jadi, film mana yang akan kamu masukan watch list minggu ini?

Tonton film favoritmu di aplikasi layanan streaming dengan kualitas gambar yang bagus. Bayar langganan aplikasi bisa kamu lakukan dengan menggunakan kartu kredit cicilan ringan.

Belum punya kartu kredit? Bandingkan dan ajukan sekarang juga lewat CekAja.com.

Sistem online CekAja.com akan memberikanmu rekomendasi kartu kredit terbaik, dengan proses pengajuan yang cepat dan mudah.

Tak usah khawatir dengan legalitasnya, sebab CekAja.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Yuk, miliki kartu kredit terbaik untukmu sekarang juga!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah