Oven Kue Terbaik untuk Pemula, Mulai Dari Jenis, Tips, Hingga Rekomendasi

11 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Bagi kamu yang gemar membuat kue, baik itu untuk sebagai camilan maupun sebagai bisnis, daftar oven kue terbaik yang akan kita bahas kali ini mungkin bisa sedikit membantu. Khususnya untuk pembuatan berbagai jenis kue, oven merupakan salah satu barang yang wajib dimiliki.

Memilih oven kue terbaik

Walaupun memang terdapat beberapa kue yang bisa diproses dengan cara dikukus ataupun dimasak, namun tetap saja metode memanggang menggunakan oven merupakan salah satu cara yang paling sering muncul di berbagai resep. Oleh karena itu, mengetahui tentang daftar oven kue terbaik yang sesuai dengan kebutuhan sangatlah penting.

Oven kue itu sendiri sebenarnya terbagi menjadi beberapa jenis, mulai dari oven kompor, oven oven listrik, hingga oven gas. Nah, bagi masyarakat awam, mungkin hal tersebut akan membingungkan. Kira-kira oven kue terbaik manakah yang layak untuk dipertimbangkan dan dijadikan pilihan?

Maka dari itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang jenis-jenis oven, tips cara memilih oven, serta beberapa rekomendasi oven kue terbaik yang bisa kamu pilih. Yuk disimak bersama-sama.

Mengenal Jenis-jenis Oven

Sebelum kita membahas tentang daftar oven kue terbaik, ada baiknya jika kamu juga turut mengetahui tentang jenis-jenis oven yang perlu kamu ketahui, agar tidak bingung apabila kedepannya kamu ingin membeli oven.

Masing-masing dari oven kue yang akan kita bahas kali ini memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Sehingga, kamu bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Dilansir dari resepkoki.id, terdapat 3 jenis oven kue yang ada saat ini, yaitu oven tangkring, oven listrik, dan oven gas, yang mana penjelasannya bisa dilihat sebagaimana berikut ini:

A. Oven Tangkring

Sesuai dengan namanya, oven tangkring berarti oven yang harus nangkring di atas sumber panas lainnya agar bisa melakukan proses pemanggangan. Sebagai contoh seperti di atas kompor ataupun bara api. Oven tangkring atau yang juga bisa disingkat sebagai “otang” ini terbuat dari alumunium atau besi dan dijual dalam bentuk dua versi, yaitu otang dengan bagian atas cekung dan otang dengan bagian atas lurus.

Kelebihan

  • Memiliki harga yang sangat terjangkau
  •  Cocok untuk pemula yang baru belajar membuat kue
  • Mudah dipindahkan dan dibawa pegergian, selama terdapat sumber panas seperti api
  • Lebih cepat panas dibandingkan oven listrik

Kekurangan

  • Terdapat otang yang memiliki penunjuk suhu (termometer), tetapi ada pula yang tidak. Jadi, kamu diharuskan untuk membeli termometer secara terpisah.
  • Jika kamu menggunakan termometer, maka harus rajin mengecek bahan panggangnya, karena ada jenis otang yang panasnya tidak merata. Selain itu, terkadang suhu di termometer terlihat lebih tinggi dibandingkan suhu di dalam oven.
  • Otang harus disangga agar dapat berdiri kokoh dan stabil. Penempatannya pun juga harus tepat di atas kompor, jika ingin kualitas kue memberikan hasil yang sesuai harapan.

Oven tangkring ini dapat digunakan untuk memanggang berbagai jenis cake, kue kering, macaroni schotel, lasagna, pizza, hingga roti. Sebagai tips, jika kamu ingin memanggang roti, maka gunakanlah api besar. Sementara jika kamu ingin memanggang cake, kue kering, pizza, dan macaroni, maka gunakanlah api kecil hingga sedang.

(Baca Juga: Mesin Cuci Terbaik)

B. Oven Listrik

Saat ini, banyak yang menyarankan oven listrik sebagai salah satu oven kue terbaik. Karena, terhitung paling serbaguna dan praktis. Tanpa memerlukan kompor ataupun sumber panas lainnya, kamu hanya perlu mencolokannya pada sumber listrik. Terdapat oven listrik dengan kapasitas yang kecil, namun ada pula yang memiliki kapasitas besar hingga mencapai 9 liter.

Kelebihan

  • Hampir semua oven listrik memiliki pengaturan waktu dan suhu secara otomatis sesuai dengan jenis makanan yang sedang dipanggang.
  • Harganya juga tidak terlalu mahal, sesuai dengan merek yang dipilih. Namun, jika kamu ingin mendapatkan oven kue terbaik, maka disarankan pula untuk memilih merek yang sekiranya sudah terkenal dengan reputasi yang bagus.
  • Mudah dipindahkan kemanapun
  • Panasnya dapat dikombinasikan, yaitu api atas saja, api bawah saja, atau api atas-bawah.

Kekurangan

  • Karena menggunakan sumber utama listrik, maka hal tersebut berkemungkinan membuat tagihan listrik semakin membengkak.

Oven listrik dapat digunakan untuk memasak berbagai hidangan, mulai dari cake, kue kering, roti, pizza, macaroni schotel, hingga daging.

C. Oven Gas

Oven gas merupakan turut masuk ke dalam jajaran oven kue terbaik karena memiliki kapasitas paling besar. Sesuai dengan namanya, oven satu ini memerlukan gas elpiji untuk menghasilkan panas. Terdapat dua jenis oven gas yang bisa kamu jadikan pilihan, yaitu oven yang menyatu dengan kompor dan oven yang berdiri sendiri.

Kelebihan

  • Dengan kapasitas yang besar, maka oven ini dapat digunakan untuk memanggang makanan dalam jumlah banyak, sehingga sangat cocok untuk kamu yang sedang menjalankan bisnis kue.
  • Hampir semua oven gas memiliki pengaturan suhu otomatis, begitu pula dengan termometer atau penunjuk suhu.
  • Hemat tempat jika kamu membeli oven yang menyatu dengan kompor. Sangat cocok untuk di dapur dengan konsep minimalis.

Kekurangan

  • Harga yang jauh lebih mahal
  • Jika sering menggunakan kompor dan oven secara bebarengan, maka akan sangat boros pada penggunaan gas.
  • Pastikan selalu rajin mengecek kualitas oven karena rentan kebocoran gas.

Penggunaan oven gas sangat cocok untuk industri makanan atau kue yang memang membutuhkan kapasitas yang besar dalam sekali pemanggangan. Contohnya seperti restoran, toko roti, toko kue, dan sebagainya.

Oven satu ini sangat serbaguna dan dapat digunakan untuk memasak berbagai jenis hidangan, mulai dari cake, daging panggang, kue kering, roti, macaroni schotel, pizza, hingga casseroles.

Tips Memilih Oven Kue Terbaik

Oven terbaik untuk pemula biasanya lebih disarankan menggunakan oven listrik karena penggunaannya yang lebih praktis dan efisien serta mampu menghasilkan kue yang kualitas yang sesuai dengan harapan.

Hanya saja, memilih oven kue terbaik juga tidak boleh sembarangan dan diperlukannya beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu adalah:

  • Daya Oven

Pertama, memilih oven kue terbaik harus disesuaikan dengan daya listrik yang ada di rumah kamu. Khususnya untuk kamu yang gemar menghabiskan waktu di dapur, oven jelas menjadi salah satu barang yang paling sering digunakan. Oleh karena itu, pastikan bahwa oven yang kamu pilih tidak memiliki daya listrik yang sesuai.

  • Kapasitas Oven

Kedua, memilih oven kue terbaik juga harus disesuaikan dengan kapasitas. Hal satu ini sebenarnya tergantung dari kebutuhan masing-masing. Apabila kamu merupakan pelaku usaha untuk berbagai jenis kue, maka jelas kamu harus memilih oven dengan kapasitas yang besar dan dapat memproduksi kue dalam jumlah banyak.

  • Material dan Fitur Oven

Terakhir, yang perlu diperhatikan ketika membeli oven kue terbaik adalah material dan fitur dari oven itu sendiri. Stainless steel merupakan salah satu jenis bahan yang dianggap paling baik untuk oven listrik. Selain karena cenderung lebih tahan lama dan tidak mudah penyok, oven yang terbuat dari bahan satu ini juga mampu dianggap mampu menghasilkan panas yang merasa, sehingga membuat kue menjadi lebih cepat matang dengan tingkat kematangan yang merata.

Rekomendasi Daftar Oven kue Terbaik

Saat ini, sudah banyak sekali oven kue terbaik yang dijual di pasaran, khususnya untuk oven listrik. Namun, ternyata tidak semua oven yang ada memiliki daya yang rendah. Sementara jika kamu gunakan di dalam kehidupan sehari-hari, jelas oven dengan daya listrik yang rendah menjadi satu hal yang lebih dijadikan pilihan.

Maka dari itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa rekomendasi daftar oven kue terbaik dengan daya listrik terendah. Apa sajakah itu?

1. Oxone OX-858BR

Oxone OX-858BR - Oven Kue Terbaik untuk Pemula Mulai Dari Jenis Tips Hingga Rekomendasi

Pertama, ada oven listrik dari Oxone yang memiliki kapasitas 18 liter dan dilengkapi dengan rotisserie, yaitu fitur untuk memanggang daging ala BBQ dengan cara ditusuk. Didukung oleh timer maksimal 60 menit, membuat berbagai macam hidangan menggunakan oven ini menjadi lebih mudah. Tak hanya itu, kamu bahkan bisa menggunakannya untuk membakar, memanaskan, serta mencairkan makanan lho.

Itulah mengapa oven terbaik satu ini layak disebut sebagai oven serbaguna. Selain itu, oven ini juga menjamin hasil makanan dengan tingkat kematangan yang merata tanpa gosong.

Kelebihan

  • Memiliki fitur timer
  • Kapasitas yang besar
  • Dapat digunakan untuk membuat BBQ
  • Terbuat dari bahan stainless steel
  • Mudah digunakan
  • Multifungsi untuk menyajikan berbagai jenis hidangan

Kekurangan

  • Perawatan yang cukup sulit
  • Ukuran yang besar sehingga membutuhkan ruang yang lebih luas pula

Spesifikasi

Tipe Tipe Oven, Panggangan
Ukuran Dimensi 44.5 x 34.6 x 31.5 cm
Berat 5.8 Kg
Kapasitas Kapasitas 18 Liter
Lainnya Penggunaan Daya Listrik 800 W
Keistimewaan – Galvanized Plate Cavity
– Multifunction Oven
Kisaran Harga Rp700.000 – Rp860.000

2. Sharp EO-28LP

Sharp EO-28LP - Oven Kue Terbaik untuk Pemula Mulai Dari Jenis Tips Hingga Rekomendasi

Oven kue terbaik selanjutnya adalah keluaran dari Sharp dengan seri EO-28LP. Oven satu ini memiliki daya listrik 1500 watt dan terbuat dari bahan stainless steel. Dilengkapi dengan 3 pengaturan suhu berikut fitur automatic timer membuat penggunaan menjadi jauh lebih mudah. Selain itu, oven ini juga memiliki fitur multifungsi lainnya yang sangat mendukung berbagai kebutuhan di dapur.

Selain itu, bahan stainless steel pada baik yang dapat dilepas-pasang serta keseluruhan heating element membuat oven satu ini menjadi sangat mudah jika ingin dibersihkan.

Kelebihan

  • Kapasitas mencapai 28 liter
  • Terbuat dari bahan stainless steel yang membuat hasil panas menjadi lebih merata
  • Dilengkapi dengan fitur automatic timer
  • Kaca penyangga yang cukup kuat
  • Harga yang cukup terjangkau

Kekurangan

  • Desain yang kura minimalis dan terlihat kurang modern
  • Konsumsi daya listrik yang tergolong cukup besar

Spesifikasi

Tipe Tipe Oven, Panggangan
Kapasitas Kapasitas 28 Liter
Lainnya Penggunaan Daya Listrik 1500 W
Keistimewaan – 3 Mode Heater Selection
– Stainless Steel Heating Element
– Glass Turntable
Kisaran Harga Rp570.000 – Rp680.000

3. Maspion MOT 600

Maspion MOT 600 - Oven Kue Terbaik untuk Pemula Mulai Dari Jenis Tips Hingga Rekomendasi

Maspion merupakan salah satu oven kue terbaik dari Indonesia dengan daya listrik 850 watt. Memiliki kapasitas hingga 20 liter dan dilengkapi dengan rak roaster, sehingga sangat cocok untuk memanggang berbagai jenis kue ataupun menghangatkan makanan.

(Baca Juga: Tips Memilih Kartu Kredit untuk Kebutuhan Keluarga)

Oven ini juga turut dilengkapi dengan timer maksimal 60 menit dan pengaturan suhu 250 derajat celcius yang membuat proses pemanggangan menjadi lebih cepat dan efisien.

Kelebihan

  • Daya listrik yang relatif lebih hemat
  • Dilengkapi timer
  • Harga sangat terjangkau
  • Desain minimalis
  • Multifungsi bisa digunakan untuk roaster

Kekurangan

  • Karena terbuat dari material kaca, maka cukup berat jika ingin sewaktu-waktu dipindahkan
  • Perlu memerlukan perawatan khusus agar oven tidak mudah rusak

Spesifikasi

Tipe Tipe Oven
Ukuran Dimensi 24 x 28 x 23 cm
Berat 12 Kg
Lainnya Penggunaan Daya Listrik 850 W
Keistimewaan – Low Wattage Energy Saver
– 60 Minutes Timer with Bell
– Removable Accessories for Easy Cleaning
– Perfect for Baking Cakes & Chicken
Kisaran Harga Rp300.000 – Rp400.000

4. Denpoo DEO 18T

Denpoo DEO 18T - Oven Kue Terbaik untuk Pemula Mulai Dari Jenis Tips Hingga Rekomendasi

Oven kue terbaik dari Depoo satu ini sangat cocok digunakan untuk memanggang kue kering maupun daging. Terbuat dari stainless steel yang membuatnya sangat awet dan tidak mudah penyok, material ini juga mampu menghantarkan panas secara maksimal.

Turut dilengkapi dengan dua pemanas yang membuat hasil panggangan menjadi lebih memuaskan, bagian depan oven juga terdapat kaca agar kamu bisa lebih mudah mengontrol proses pemanggangan. Ukuran body yang minimalis juga sangat cocok diletakan di dapur kecil.

Kelebihan

  • Terbuat dari stainless steel membuatnya menjadi tidak mudah rusak
  • Mampu menghantarkan panas secara merata
  • Menggunakan teknologi canggih untuk dapat mengatur suhu dan waktu
  • Ukurannya sangat cocok untuk membuat kue kering dalam jumlah kecil
  • Hemat daya listrik
  • Harga yang cukup terjangkau

Kekurangan

  • Cukup berat sehingga akan sulit apabila ingin dipindahkan
  • Diperlukannya perawatan khusus agar tidak mudah rusak

Spesifikasi

Tipe Tipe Oven, Panggangan
Kapasitas Kapasitas 20 Liter
Lainnya Penggunaan Daya Listrik 950 W
Kisaran Harga Rp400.000 – Rp900.000

5. Galanz TS-811-B

Galanz TS-811-B - Oven Kue Terbaik untuk Pemula Mulai Dari Jenis Tips Hingga Rekomendasi

Nah, oven kue terbaik yang akan kita bahas terakhir adalah produk keluaran Galanz yang memiliki kapasitas tak terlalu besar, yakni 9 liter saja, sehingga sangat cocok digunakan untuk membuat makanan dengan jumlah yang tidak terlalu banyak.

Hanya mengkonsumsi daya listrik sebesar 400 watt, oven kue terbaik satu ini juga turut dilengkapi dengan pemanas canggih yang mampu memanaskan makanan secara merata. Dengan teknologi quartz, oven mampu memanaskan makanan dari atas, bawah, dan samping kanan kiri. Tak lupa juga dengan fitur pengatur suhu dan timer sehingga penggunaan menjadi lebih mudah dan efisien.

Kelebihan

  •  Harga yang cukup terjangkau
  •  Mampu memanaskan dari empat arah sekaligus
  • Material kokoh sehingga tidak mudah rusak
  • Mudah dibersihkan
  • Daya listrik yang sangat rendah

Kekurangan

  • Perawatan yang cukup sulit karena suku cadang yang sulit didapat
  • Desain yang kurang stylish

Spesifikasi

Tipe Tipe Oven
Kapasitas Kapasitas 9 Liter
Ukuran Dimensi 37 x 24 x 18 cm
Berat 8 Kg
Lainnya Pengaturan Waktu 15 Menit
Pengaturan Suhu 90 – 230 Derajat Celcius
Penggunaan Daya Listrik 400 W
Kisaran Harga Rp330.000 – Rp350.000

Jadi, itulah beberapa rekomendasi oven kue terbaik yang bisa kamu jadikan pilihan, khususnya bagi para pemula. Oven memang merupakan salah satu barang paling penting yang setidaknya harus ada di dapur. Hanya saja, penggunaan oven yang terlalu sering membuat kita juga harus memilih jenis oven yang tepat agar jauh lebih awet sekaligus memberikan kemudahan.

Sebagian oven kue terbaik yang baru saja kita bahas memang memiliki harga yang relatif terjangkau. Tetapi, kamu juga bisa lho membelinya dengan harga yang lebih murah lagi. Bagaimana caranya? Yaitu dengan melakukan transaksi menggunakan kartu kredit.

Hanya saja, masing-masing kartu kredit yang ada tentunya memberikan keuntungan yang berbeda-beda pula. Oleh karena itu, kamu harus memilih kartu kredit yang tepat agar bisa menunjang seluruh kebutuhan dan gaya hidup kamu secara maksimal. Masih bingung memilih kartu kredit?

Jangan khawatir! Karena melalui CekAja.com, kamu justru bisa melakukan perbandingan tentang jenis-jenis kartu kredit manakah yang dirasa paling sesuai. Nah, setelah menemukan kartu kredit yang tepat, barulah kamu bisa langsung mengajukannya di platform yang sama tanpa perlu ribet. Sangat efektif, bukan? Jadi, tunggu apa lagi! Yuk segera bandingkan dan ajukan kartu kreditmu hanya di CekAja.com.

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha