Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Pekerjaan di Mana Gaji Wanita Lebih Tinggi daripada Pria

by Ariesta on 25 Oktober, 2016

wanita karier - CekAja.com

Sudah banyak studi yang menyimpulkan wanita dibayar lebih rendah daripada pria. Bahkan hal ini pun berlaku di dunia film Hollywood. Sebagai contoh, aktris termahal Jennifer Lawrence mendapat bayaran US$52 juta. Angka ini jauh lebih rendah dari Robert Downey, Jr yang mendapat bayaran US$80 juta meski sama-sama menempati aktor dan aktris termahal.

Meski demikian rata-rata penghasilan wanita sebenarnya meningkat dari tahun ke tahun. Saat ini 23% wanita punya penghasilan lebih tinggi dari suami mereka. Sementara, pada tahun 1960 jumlahnya hanya 4%. Meski demikian ini tidak bisa menjadi patokan bahwa wanita mendapat bayaran sama dengan pria untuk posisi yang sama.

Sebab, di bidang-bidang seperti teknologi dan kesehatan, perbedaan gaji antara pria dan wanita masih jauh. Selain karena alasan gender, perbedaan gaji juga disebabkan karena faktor negosiasi. Pria dinilai lebih berani bernegosiasi. Di sisi lain karier wanita tidak selalu mulus karena ada saatnya mereka harus berhenti untuk mengurus anak. Jika di bidang teknologi dan pendidikan wanita cenderung digaji lebih rendah, di bidang apa wanita digaji lebih tinggi dari pria? Berikut ulasannya.

Model

gigi

Coba sebutkan nama-nama model wanita yang terkenal? Mungkin kamu akan menjawab Kate Moss, Kendall Jenner, Gigi Hadid, dan Gisele Bundchen. Tapi coba sebutkan tiga nama model pria yang terkenal? Mungkin kamu akan bingung.

Berdasarkan situs PayScale, gaji rata-rata model wanita 148,8% lebih tinggi dibandingkan model pria. Jika seorang model wanita punya pengalaman yang sama dengan model pria, maka gaji model wanita lebih tinggi 28,4% lebih tinggi.

Di saat Gisele Bundchen menjadi wanita terkaya nomor 16 di industri hiburan, model pria yang punya pengalaman sama dengannya mungkin tidak menjadikan modelling sebagai mata pencaharian karena pendapatannya kurang menjanjikan.

(Baca juga: Ini Daftar Harta yang Harus Masuk SPT Tahunan, Cek Yuk!)

Praktisi kesehatan

kesehatan

Farmasis, dokter gigi, dan dokter bedah perempuan berpenghasilan 5% lebih tinggi daripada pria. Sikap perhatian dan sosok lemah lembut terhadap pasien membuat wanita yang bekerja di bidang kesehatan lebih disukai. Alhasil, pendapatan mereka pun lebih tinggi.

Broker saham

broker

Siapa bilang wanita tidak bisa berjaya di bidang finansial? Bidang asuransi dan saham ternyata tidak hanya didominasi oleh pria. Berdasarkan situs PayScale, wanita menguasai 55% bidang finansial. Rata-rata pendapatan seorang broker saham wanita bahkan 13,2% lebih tinggi dibandingkan pria. Jika seorang broker saham wanita punya pengalaman dan tingkat pendidikan yang sama dengan broker saham pria, maka wanita mendapatkan gaji 8,9% lebih tinggi.

Bidang kecantikan

make up artis - CekAja.com

Make-up artist (MUA), terapis kecantikan yang bertugas untuk memotong rambut, menikur, pedikur, dan profesi lain di salon dan spa yang digeluti wanita menghasilan 0,7% pendapatan lebih tinggi dari pria yang bekerja di bidang sama. Salah satu alasannya karena pelanggan salon kebanyakan wanita sehingga lebih nyaman dilayani oleh terapis kecantikan wanita. Oleh karena itu, tips yang diperoleh wanita pun lebih tinggi.

(Baca juga: Sederet Hal yang Bedakan Cara Perhitungan Pesangon)

HRD

hrd

Masih dari situs Payscale, 90% HRD perusahaan adalah wanita. Di bidang ini, penghasilan wanita 3,4% lebih tinggi daripada pria. Hal ini terkait kemampuan mereka dalam menggali informasi secara psikologis terhadap kandidat, ditambah penampilan, dan sikap ramah.

Psikolog

psikolog

Bunda Romi, Tika Bisono, Kasandra, dan Zoya Amirin merupakan psikolog kenamaan Indonesia yang wajahnya wara-wiri di televisi. Tapi coba kamu sebutkan psikolog pria selain Kak Seto? Rupanya psikolog dan konselor wanita lebih digemari daripada psikolog dan konselor pria.

Penghasilan rata-rata psikolog wanita pun lebih tinggi 2,6% dari pria. Hampir sama dengan praktisi kesehatan, pendekatan psikolog wanita untuk menggali masalah pasien lebih disukai.

(Baca juga: 9 Pekerjaan Online Paling Dicari Perusahaan di Masa Depan)

Pembeli retail

retail

Kalau kamu senang belanja, mungkin profesi ini cocok untukmu. Seorang retail buyer atau pembeli retail adalah seseorang yang tugasnya berbelanja di toko/mal/supermarket. Menurut situs GlassDoor, pendapatan pembeli retail wanita 108% lebih tinggi daripada pembeli retail pria. Ini karena belanja memang bakat alamiah wanita. Intiusi, kemampuan memilih, dan mempertimbangkan membuat perusahaan lebih memercayai wanita sebagai retail buyer.

Mau kartu kredit yang berikan diskon belanja dan aneka reward seperti tiket pesawat dan voucher hotel gratis? Daftar sekarang juga di CekAja!

Tentang Penulis