5 Peluang Bisnis Buket Bunga Kering yang Paling Menjanjikan

4 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Pernahkah kamu berpikir, bahwa bunga segar yang sudah layu atau kering, bisa dijadikan peluang bisnis buket bunga kering, yang cantik dan bernilai?

Bahkan, kini sudah banyak pengrajin bunga, yang sengaja mengeringkan bunganya, untuk dijadikan kerajinan buket bunga, yang cantik nan estetik.

Bunga Kering Tidak Kalah Indah dan Romantis

Meski sudah sering, bunga kering atau biasa juga disebut dried flower ini, tak kalah memancarkan kecantikan, dan keromantisan.

Jadi, jangan berpikir bahwa memberikan bunga kering, artinya memberikan bunga bekas atau layu.

Pasalnya, bunga kering memiliki keindahan dan makna tersendiri. Bunga kering sering dimaknai dengan keabadian dan kesetiaan.

Hal tersebut dikarenakan, ketika bunga sudah kering, ia sudah berada dalam titik, yang tidak akan berubah bentuk lagi.

Jika bunga segar akan menjadi layu dan kering, dalam waktu beberapa hari. Sedangkan bunga kering, akan tetap memiliki kondisi seperti itu, dalam jangka waktu yang lama, bahkan hingga puluhan tahun.

(Baca Juga: Serba-serbi Bunga Kering, Mulai dari Jenis Hingga Cara Merawatnya)

Jadi, buat kamu yang malas mengurus bunga segar, bisa pilih hiasan bunga kering, sebagai simbol hadiah ulang tahun, wisuda, hari ibu, pernikahan dan lain-lain.

Adapun, kini sudah banyak pebisnis bunga kering, yang memanfaatkan peluang. Karena, semakin kesini, tren bunga kering semakin diminati, terutama untuk orang-orang yang menyukai tema vintage, aesthetic, hingga rustic.

Cara Mengeringkan Bunga

Nah, buat kamu yang ingin mencoba membangun peluang bisnis bunga kering, mungkin bisa coba memulai, dengan mempelajari bagaimana mengeringkan bunga terlebih dahulu.

Untuk cara mengeringkan bunga sendiri sangat mudah, namun memang akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

  • Pertama, siapkan bunga yang akan dikeringkan, sebut saja seperti bunga mawar
  • Pastikan bunga dalam kondisi segar, mekar dan tidak layu
  • Potong daun yang ada di batang paling bawah, agar mudah diikat
  • Ambil beberapa tangkai, misalnya 10 tangkai, lalu kat dengan tali
  • Setelah diikat, gantung bunga di tempat jemuran baju (jangan terkena matahari langsung), yang penting banyak sirkulasi udaranya
  • Biarkan menggantung (bunga menghadap bawah), sekitar 1 bulan.
  • Usahakan jangan sampai terkena percikan air, agar bunga tidak busuk, bulukan, dan berkutu.
  • Setelah benar-benar kering, bunga akan terasa ringan, dan siap dihias atau dijadikan buket.

Bagaimana? Cara mengeringkan bunga sangat mudah bukan? Jadi, sudah siap memanfaatkan peluang bisnis bunga kering?

Ada banyak jenis dan bentuk buket bunga kering, yang bisa kamu jadikan usaha. Seperti buket bunga kering untuk wisuda, untuk pengantin pernikahan, ulang tahun, lamaran, dan lainnya.

Yuk, intip saja ide peluang bisnis bunga kering, yang bisa dijadikan referensi bisnis kamu!

5 Peluang Bisnis Buket Bunga Kering

1. Buket Bunga Kering Wisuda/Birthday

Peluang bisnis bunga kering yang pertama, bisa kamu jadikan bunga kering, menjadi rangkaian buket yang indah, ditambah ornamen kertas dan pita.

Biasanya, jenis bunga yang digunakan untuk peluang bisnis bunga kering wisuda, diantaranya adalah bunga mawar, pikok, krisan, daun pakis, gandum, hingga bunny.

Setelah itu, rangkai bunga yang sudah kering, dan dibalut dengan kertas khusus, atau bisa juga menggunakan kain karung goni, untuk membuat buket bunga.

Jangan lupa diikat menggunakan pita, dan berikan kartu ucapan. Umumnya, satu buket bunga kering untuk wisuda ukuran sedang, dibanderol sekitar Rp50.000-Rp150.000 (tergantung jenis bunga).

2. Buket Bunga Kering Pengantin

Peluang bisnis bunga kering, ternyata juga bisa untuk momen pernikahan, di mana sang pengantin wanita, menggenggam buket bunga kering dan bukan bunga segar.

Selain lebih ringan, buket bunga kering juga bisa disesuaikan dengan tema pernikahan sang pengantin.

Biasanya, penggunaan buket bunga kering untuk pengantin, adalah pernikahan yang bertema rustic dan vintage.

Untuk jenis bunga kering, yang sering dijadikan buket pengantin adalah bunga baby breath, bunga edelweis, bunga bunny tail, bunga mawar, bunga teratai dan masih banyak lagi.

3. Bunga Kering Bingkai

Ide peluang bisnis buket bunga kering, juga bisa dijadikan hiasan di dalam bingkai. Biasanya, hiasan bunga kering dalam bingkai sering digunakan, sebagai simbol seserahan pernikahan, hingga kado anniversary.

Selain bunga kering, di dalam bingkai bisa disematkan nama pasangan pengantin, perhiasan, emas batang, foto, hingga kata-kata ucapan.

Bukan bingkai foto biasa, di sini kamu membutuhkan bingkai, dengan ruangan bagian dalam yang menjorok ke dalam, seperti peti.

Atau bisa juga, membuat bingkai bunga kering, dengan cara di-press atau ditekan. Untuk hiasan bunga kering yang satu ini, baru kamu bisa gunakan bingkai foto biasa.

4. Buket Bunga Kering Vas Pajangan

Selain untuk diberikan sebagai hadiah, bunga kering juga bisa dijadikan pajangan, yang estetik.

Bahkan, kini banyak para ibu rumah tangga, yang mengincar bunga kering untuk disimpan, di dalam vas keramik atau kayu, dan dipajang di atas meja, hingga sudut ruangan.

Untuk jenis bunga yang digunakan sebagai pajangan, biasanya adalah bunga kapas atau cotton flowers, lavender, gandum, pampas, lagurus, setaria, baby breath, dan masih banyak lagi.

5. Bunga Kering di Kartu Ucapan

Peluang bisnis buket bunga kering, ternyata tidak hanya bisa dijadikan berupa buket, tapi juga bisa dijadikan bentuk lain, seperti kartu ucapan.

Jika kamu hanya menemukan bunga-bunga, yang tidak kuat untuk tegak, bisa keringkan menggunakan teknik pres, di dalam buku.

Ketika bunga (mahkota bunga) sudah tertekan sempurna, hingga gepeng atau tipis dan kering, bunga bisa ditempel di kertas kartu ucapan.

Bahkan di Jepang, seni ini biasa disebut Oshibana. Yuk, buat kamu yang penasaran, bisa dicoba dulu dengan beberapa bunga, dan lihat hasilnya.

(Baca Juga: 9 Ide Hadiah Ramah Lingkungan)

Bagaimana? Apakah kamu melihat peluang bisnis yang bagus, hanya dengan bunga kering? Jika ia, mungkin kamu adalah seorang yang kreatif dan pintar melihat peluang usaha.

Namun, sekreatif apapun kamu, dalam membangun usaha, pasti membutuhkan modal.

Meski hanya bermodal bunga, kamu juga perlu membeli perlengkapan atau properti lain, seperti kertas buket, bingkai, tali, dan lainnya.

Jika kamu masih membutuhkan tambahan modal usaha, untuk bangun bisnis buket bunga kering, bisa ajukan pinjaman online dengan mudah, melalui CekAja.com

Pasalnya, dengan pinjaman online, kamu bisa mengajukan pinjaman, dengan jumlah yang kecil, sedang, hingga cukup besar, sesuai kebutuhanmu.

CekAja.com sendiri menyediakan banyak produk pinjaman online terbaik, dari berbagai perusahaan p2p ternama di Indonesia, dan pastinya aman.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera ajukan pinjaman online terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com, dan bangun bisnis gallery bunga kering impianmu.